cover
Contact Name
Saifullah
Contact Email
tsaifullah@unimal.ac.id
Phone
+6283899908686
Journal Mail Official
penerbitdarulhuda@gmail.com
Editorial Address
Jln Pendidikan No. 1, Cot Seurani, Muara Batu, Aceh Utara, 24355 Phone: 083899908686
Location
Kab. aceh utara,
Aceh
INDONESIA
Madani: Multidisciplinary Scientific Journal
ISSN : -     EISSN : 29866340     DOI : https://doi.org/10.5281/zenodo.8360194
Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin diterbitkan oleh Yayasan Daarul Huda Kruengmane. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin menerbitkan artikel bidang multidisiplin, mencakupi bidang Pendidikan, Hukum, Ekonomi, Agama, Pendidikan, Kesehatan, Teknik, Kebijakan Publik, Pariwisata, Sosial dan Politik, Budaya dan Seni.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 9 (2023): Oktober (In Progress)" : 6 Documents clear
Pengaruh Pinjaman Online di Kalangan Masyarakat Bengkalis Nur Ulfadillah; Annisa Budy Aulia; Eni Kurnia; Gina Okta Rahmadani
Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol 1, No 9 (2023): Oktober (In Progress)
Publisher : Penerbit Yayasan Daarul Huda Kruengmane

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/zenodo.8414580

Abstract

Fintech telah menjadi salah satu teknologi yang akan merevolusi industri perbankan karena telah menjadi perhatian publik sebagai tantangan teknologi yang akan memberdayakan perusahaan untuk bersaing secara efektif  pada abad ke-21, bahkan beberapa pemerintahan di dunia telah memperhatikan tantangan ini dan menyusun kebijakan serta peraturan untuk mendukung pengembangan Fintech. Salah satu jenis fintech yang marak digunakan oleh masyarakat adalah peer to peer lending atau pinjaman. Permasalahan timbul pada saat terjadi keterlambatan pembayaran karena apabila masyarakat menggunakan fintech ilegal  atau fintech yang tidak terdaftar maupun terizin di OJK, maka konsekuensi yang diterima oleh peminjam dapat saja sangat mengerikan karena   fintech lending tersebut tidak diawasi oleh OJK. Kasus-kasus ini akan semakin bertambah karena  kurangnya pengetahuan masyarakat tentang pinjaman online baik legalitas, suku bunga, dan metode penawaran. Dalam menyelesaikan permasalahan yang ada, peneliti menggunakan jenis data sekunder yang didapat dari berbagai sumber, seperti: buku, artikel, jurnal, prosiding maupun informasi akurat dari website-website terpercaya dan relevan dengan penelitian ini, sehingga pada akhirnya mampu   menjawab permasalahan yang ada. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa pengetahuan masyarakat Kota Bengkalis yang dihimpun menggunakan 3 aspek teori pengetahuan Taksonomi Bloom (kognitif, afektif dan psikomotorik) (Magdalena, Fajriyati Islami, Rasid, & Diasty, 2020) Meski keberadaaan lembaga   pinjaman online banyak, namun masyarakat tetap melakukan pilah-pilih untuk hanya berinteraksi dengan lembaga pinjaman online yang legal. Aspek pengetahuan tersebut yang mendorong masyarakat untung melakukan cek dan ricek kepada Otoritas Jasa Keuangan.
Analisis Implementasi Budaya 5 S di Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Amira Malang Isnaeni Lila Astuti; Fadiah Nadhilah Anam; Roni Angger Aditama
Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol 1, No 9 (2023): Oktober (In Progress)
Publisher : Penerbit Yayasan Daarul Huda Kruengmane

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/zenodo.8428341

Abstract

Penelitian ini mencoba untuk memastikan bagaimana budaya kerja yang diterapkan di BPR Amira Malang, serta tantangan yang dihadapi dan solusi yang ditemukannya. Dalam penelitian ini, pendekatan studi kasus dikombinasikan dengan metodologi kualitatif deskriptif. Berdasarkan kajian, dapat dikatakan bahwa karyawan tertentu tidak dapat mengadopsi proses budaya kerja ini karena adanya pembatasan tatanan yang ambigu dan upaya membangun lingkungan kerja yang di bawah standar. Faktor-faktor berikut membatasi penggunaan budaya kerja ini: (1) perbedaan karakter individu; (2) Pekerjaan yang tidak dapat diselesaikan tepat waktu; (3) Instrumen tidak dapat dipahami; dan (4) Keengganan untuk menegur staf senior. Untuk mengatasi tantangan tersebut, perlu dilakukan upaya untuk: (1) Mengembangkan komitmen staf; (2) membentuk kelompok kerja; (3) Memberikan pembinaan dan pembekalan; dan (4) melakukan penilaian secara berkala. Wawancara langsung, observasi lapangan, dan analisis dokumen adalah semua metode yang digunakan oleh peneliti untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana budaya kerja organisasi BPR Amira diwujudkan. Triangulasi sumber dan triangulasi teknik kemudian digunakan untuk mengevaluasi data dari berbagai sumber dan metode ketika membandingkan data observasional dengan data wawancara dari satu informan ke informan lainnya.
Hubungan Asosiasi Antara Skala Belanja Online dengan Jenis Kelamin Aryanti A; Dudin Atmadhikara; Hana Sonadinata; Hatini Diningsih; Nadira Hermaprilida
Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol 1, No 9 (2023): Oktober (In Progress)
Publisher : Penerbit Yayasan Daarul Huda Kruengmane

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/zenodo.10008882

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang semakin popular adalah belanja online. Banyak masyarakat yang merasa bahwa belanja online lebih efektif sebab mereka bisa membeli barang sekadar lewat smartphone mereka dengan satu klik saja. Kelebihan belanja online untuk pembeli antara lain memudahkan dalam mencari barang yang diperlukan, kemampuan untuk membeli barang dari mana saja dan kapan saja, serta berbagai macam pilihan payment. Bukan hanya itu saja, belanja online juga menjadi alternatif yang populer bagi para pebisnis untuk merekomendasikan barang atau jasa yang mereka jual. Semakin banyak user internet yang murah dan tidak sulit digunakan, semakin berkembang juga bisnis belanja online. Hal ini juga didukung oleh industri yang memproduksi berbagai macam barang yang dapat jual-belikan melalui internet. Menurut berbagai penelitian, pembeli laki-laki cenderung lebih tertarik pada kenyamanan dan kurang tertarik pada interaksi sosial saat berbelanja. Sementara itu, perempuan memiliki sikap positif yang lebih tinggi terhadap berbelanja dan pria cenderung lebih memilih berbelanja melalui internet. Pada jurnal ini akan dibahas keterkaitan skala belanja online dengan jenis kelamin, pengambilan data dilakukan menggunakan teknik purposive sampling. Setelah pengambilan data sebanyak 153 angket baik laki-laki maupun Perempuan dilakukan uji kebebasan, lalu didapat hasilnya, bahwa tidak cukup bukti untuk menyatakan adanya hubungan asosiasi antara skala belanja online dengan jenis kelamin.
Analisis Strategi Fundraising Zakat, Infak dan Shodaqah di Lazismu Kabupaten Jepara Suparwi S; Khofifatur Rohmaniah; Regitta Adeleana Norestanti; Aliyatus Sa’diyah
Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol 1, No 9 (2023): Oktober (In Progress)
Publisher : Penerbit Yayasan Daarul Huda Kruengmane

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/zenodo.10028143

Abstract

This research was conducted at LAZISMU Jepara which is related to the fundraising strategy and distribution of zakat, infaq and shodaqah in order to develop mustahiq small businesses at LAZISMU Jepara.  The aim of this research is to find out existing fundraising strategies at LAZISMU Jepara, to find out the obstacles in implementing fundraising at LAZISMU Jepara, and to get solutions to overcome fundraising obstacles at LAZISMU Jepara.  This research was conducted at LAZISMU Jepara regarding the fundraising strategy for zakat, infaq and shodaqah in order to develop mustahik small businesses at LAZISMU Jepara.  This type of research uses field research with qualitative methods and appropriate depictions in the field.  This research uses primary and secondary data sources to obtain data at LAZISMU Jepara.  Data collection uses observation, interviews, documentation, and analyzing data.  Data analysis by summarizing all the data, and presenting the data.  The results of this research are an analysis of zakat infaq and shodaqah fundraising in efforts to develop mustahik small businesses at LAZISMU Jepara through services provided directly and indirectly which will be distributed to mustahik who are entitled to receive them.  There are also obstacles in carrying out fundraising activities, namely lack of human resources and lack of public awareness.  Meanwhile, the only obstacle that occurs in distribution is the lack of human resources or members.  The solution that can be provided for fundraising activities is by adding human resources and increasing public awareness so that they are willing to channel their zakat and alms funds to LAZISMU Jepara.  Meanwhile, distribution also requires additional high-quality human resources.
Kajian Literatur Terhadap Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Novita Wulandari; Siti Rukiyah; Missriani M
Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol 1, No 9 (2023): Oktober (In Progress)
Publisher : Penerbit Yayasan Daarul Huda Kruengmane

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/zenodo.10058876

Abstract

Kajian ini dilakukan dengan tujuan mendeskripsikan pola implementasi pendidikan karakter pada satuan lembaga pendidikan di Indonesia, mulai dari tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi literatur. Sumber data dalam penelitian ini berwujud artikel, skripsi, buku, dan juga karya tulis ilmiah yang dianalisis berdasarkan tujuan yang telah dirumuskan. Data penelitian berwujud kutipan kalimat yang merepresentasikan fokus penelitian. Data tersebut dikumpulkan melalui teknik simak-catat. Setelah terkumpul, data dianalisis secara deskriptif menggunakan teknik interaktif. Berdasarkan kajian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pendidikan karakter merupakan seperangkat kinerja lembaga pendidikan yang melibatkan berbagai pihak dengan tujuan utama menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter pada diri peserta didik. Keterlibatan banyak pihak dalam implementasi pendidikan karakter menunjukkan bahwa pendidikan karakter merupakan pola implementasi pendidikan yang cukup kompleks dan rumit. Selain itu, pendidikan karakter memiliki tujuan besar, yaitu menjadikan manusia Indonesia sebagai pribadi yang beriman, bertakwa, dan berjiwa pancasila. Oleh karena itu, keterlibatan pihak-pihak di dalamnya menjadi suatu keniscayaan yang harus dijalankan.
Pengaruh Usability Aplikasi Transaksi Antar Bank (Studi Kasus: Fintech Payment) Vivi Novika; Tuti Anggraini; M. Ikhsan Harahap
Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol 1, No 9 (2023): Oktober (In Progress)
Publisher : Penerbit Yayasan Daarul Huda Kruengmane

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/zenodo.10049550

Abstract

This research aims to test the level of usability in fintech payment applications. The type of research in this thesis is quantitative. The data used is primary data which was processed through distributing questionnaires with variable instruments using a Likert scale which was distributed to respondents totaling approximately 100 people. The research method in this thesis uses a quantitative method using the PACMAD (People At The Center of Mobile Application Development) usability model. The data analysis technique used is a data analysis test consisting of validity test, reliability test, classic assumption test consisting of normality test, multicollinearity test and heteroscedasticity test, and also using multiple linear analysis, which consists of F test, T test, and test the coefficient of determination (R²) using the SPSS version 22 application to process the data. The results of this research show that the effectiveness aspect has a significant positive effect on the usability of fintech payment applications. The efficiency aspect has a significant positive effect on the usability of fintech payment applications. The Satisfaction aspect does not affect the usability of fintech payment applications. The Learnability aspect has a significant positive effect on the usability of fintech payment applications. The Memorability aspect does not affect the usability of fintech payment applications. The error aspect does not affect the usability of fintech payment applications. And the risk aspect has a significant positive effect on the usability of fintech payment applications.

Page 1 of 1 | Total Record : 6