cover
Contact Name
Muchamad Subali Noto
Contact Email
msnoto@ugj.ac.id
Phone
+6282117556837
Journal Mail Official
euclid.unswagati@gmail.com
Editorial Address
Lembaga Penelitian Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ). Jalan Pemuda No. 32, Kota Cirebon, Jawa Barat, Indonesia. Kode Pos 45132.
Location
Kota cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Euclid
ISSN : 25414453     EISSN : 23551712     DOI : https://doi.org/10.33603/e.v10i1.7258
Core Subject : Education, Social,
The aim of Euclid, p-ISSN 2355-1712 and e-ISSN 2541-4453, is to provide a national forum for sharing, dissemination and discussion of research, experience and perspectives across a wide range of pure and applied mathematics, education, teaching, development, instruction, educational projects and innovations, learning methodologies, and new technologies in mathematics education. The Journal invites original articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The whole spectrum of research in pure mathematics, applied mathematics, and mathematics education are welcome, which includes, but not limited to the following topics: Mathematics Learning Model, Assesment and Evaluation in Mathematics Teaching, Design/Development Research in Mathematics Education, Mathematics Ability, ICT in Mathematics Education, Ethnomathematics. Applied Mathematics: Environmental Mathematics, Industrial Mathematics, Computational Mathematics, Mathematical Economics, Financial Mathematics, Statistics. Pure Mathematics: Algebra, Geometry, Analysis, Discrete Mathematics/ Combinatorics.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2014): EDISI JANUARI" : 6 Documents clear
Perbandingan Kemampuan Pemahaman Matematis Antara Siswa Yang Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dan Model Pembelajaran Group Investigation (Gi) Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2 Jalaksana Laelasari Laelasari; Ira Ratnasari
Euclid Vol 1, No 1 (2014): EDISI JANUARI
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1042.08 KB) | DOI: 10.33603/e.v1i1.340

Abstract

Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa adalah dengan melalui model pembelajaran Problem Based Learning dan model pembelajaran Group Investigation. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran PBL dan  model pembelajaran GI, untuk mengetahui respons siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran PBL, serta untuk mengetahui respons siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran GI. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman matematis siswa antara yang menggunakan model pembelajaran PBL dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran GI”. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Jalaksana yang sampelnya dipilih secara random sampling yaitu kelas VIII A dan VIII B. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemahaman matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran PBL dengan kemampuan pemahaman matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran GI dalam pokok bahasan relasi dan fungsi pada kelas VIII SMP Negeri 2 Jalaksana. Kemampuan pemahaman matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran GI lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran PBL.Kata kunci: kemampuan pemahaman matematis, model pembelajaran Problem Based Learning, model pembelajaran Group Investigation.
Pembelajaran Matematika Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Fslc Bernuansa Konstruktivisme Pada Materi Turunan Fungsi Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sma Anggar Titis Prayitno
Euclid Vol 1, No 1 (2014): EDISI JANUARI
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1042.105 KB) | DOI: 10.33603/e.v1i1.341

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe Formulate Share Listen and Create bernuansa konstruktivisme untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis pada materi turunan fungsi yang efektif dengan perangkat yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Plomp. Perangkat yang dikembangkan terdiri atas silabus, RPP, buku siswa, LKS, dan tes kemampuan komunikasi matematis. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Indramayu di kabupaten Indramayu. Kelas XI IPS 2 dipilih  sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol. Klasifikasi perangkat yang dikembangkan tergolong valid. Perangkat secara praktis dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis berdasarkan respon siswa dan guru yang positif. Selain itu, kemampuan komunikasi matematis kelas eksperimen mencapai ketuntasan proporsi lebih baik daripada kelas kontrol. Aktivitas dan motivasi berpengaruh positif terhadap kemampuan komunikasi matematis mereka.  Ada peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen.Kata Kunci : Developing learning devices, cooperative learning, Formulate Share Listen and Create, differential function and mathematics communication ability.
Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematis : Apa, Mengapa, Dan Bagaimana Ditingkatkan Pada Mahasiswa Cita Dwi Rosita
Euclid Vol 1, No 1 (2014): EDISI JANUARI
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1042.129 KB) | DOI: 10.33603/e.v1i1.342

Abstract

Matematika diberikan kepada semua siswa tanpa terkecuali agar terlatih berpikir secara logis, analitis, sistematis, dan kreatif. Dengan kompetensi-kompetensi tersebut diharapkan siswa dapat memiliki kemampuan menerima, mengelola, dan memanfaatkan pengetahuan yang diperolehnya untuk bertahan hidup dalam keadaan yang selalu berubah dan kompetitif. Latihan berpikir, merumuskan dan memecahkan masalah serta mengambil kesimpulan akan membantu siswa untuk mengembangkan pemikirannya atau intelegensinya. Dengan demikian, semakin banyak siswa berlatih memecahkan masalah matematis maka akan semakin mengerti dan berkembang cara berpikirnya. Kemahiran siswa dalam memecahkan masalah matematis, dipengaruhi oleh kemampuannya dalam memahami matematika. Kemampuan bernalar berperan penting dalam memahami matematika. Bernalar secara matematis merupakan suatu kebiasaan berpikir, dan layaknya suatu kebiasaan, maka penalaran semestinya menjadi bagian yang konsisten dalam setiap pengalaman-pengalaman matematis siswa. Dari pengalaman-pengalaman awal siswa belajar materi matematika, penting bagi guru untuk membantu siswa memahami bahwa penegasan-penegasan harus selalu mempunyai alasan. Komunikasi matematis berperan penting pada proses pemecahan masalah. Melalui komunikasi ide bisa menjadi objek yang dihasilkan dari sebuah refleksi, penghalusan, diskusi, dan pengembangan. Proses komunikasi juga membantu dalam proses pembangunan makna dan pempublikasian ide. Ketika para siswa ditantang untuk berpikir dan bernalar tentang matematika dan mengomunikasikan hasil pikiran mereka secara lisan atau dalam bentuk tulisan, sebenarnya mereka sedang belajar menjelaskan dan meyakinkan. Mendengarkan penjelasan lain, berarti sedang memberi kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan pemahaman mereka.
Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Problem Posing Ferry Ferdianto; Ghanny Ghanny
Euclid Vol 1, No 1 (2014): EDISI JANUARI
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1042.709 KB) | DOI: 10.33603/e.v1i1.343

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk melihat adanya peningkatan kemampuan pemahaan matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran problem posing, dimana pada model pembelajaran ini siswa membuat soal sendiri yang sebelumnya harus menguasai dan memahami terhadap materi yang akan dipertanyakan pada soal. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 3 Sumberjaya Kabupaten Majalengka dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian ini instrumen atau alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah; (a) Seperangkat Soal, (b) Angket, (c) Pedoman Kriteria Ketuntasan Minimal. Untuk melihat hasil dari penelitian, penulis menganalisis data hasil pretes dan postes siswa diperoleh rata-rata pretes adalah 44,86 dan rata-rata pada postes 74,14. Hal ini menunjukan bahwa terdapat peningkatan pemahaman matematis siswa melalui pendekatan problem posing dalam penyelesaian soal cerita lebih efektif. Hal ini dibuktikan dengan gain ternormalisasi yang menunjukan bahwa rata-rata gain ternormalisasi ada peningkatan dari siklus I ke siklus II, siklus II ke siklus III dan pretes ke postes. Hal serupa juga dibuktikan dengan uji signifikansi.Kata Kunci: problem posing, pemahaman matematis
Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Delapan Kebiasaan Dalam Pendidikan Matematika Mintarsih Danumihardja
Euclid Vol 1, No 1 (2014): EDISI JANUARI
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1042.11 KB) | DOI: 10.33603/e.v1i1.339

Abstract

Pembelajaran melalui 8 kebiasaan yang dikemukakan oleh Stephen R Corvey, sudah mulai harus dipikirkan dalam proses pembelajaran ini. Agar 8 kebiasaan ini menjadi milik peserta didik diharapkan setiap pengajar dapat mentransfer informasi sesuai dengan bidang studi masing masing.secara profesional. Apabila kebiasaan ini diterapkan dalam dunia pendidikan melalui proses pembelajaran diharapkan kuantitas dan kualitas akan bisa diwujudkan dan tujuan pendidikan mencerdaskan kehidupan bangsa dan mencapai tujuan pendidikan efektif dan efisien bisa dilaksanakan.Kata Kunci :  Pembelajaran, Pembiasaan, Efektif dan Efisien
Analisis Kemampuan Pedagogik dan Self Confidence Calon Guru Matematika dalam Menghadapi Praktek Pengalaman Lapangan Neneng Aminah
Euclid Vol 1, No 1 (2014): EDISI JANUARI
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (597.037 KB) | DOI: 10.33603/e.v1i1.344

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilakukan di FKIP Unswagati Cirebon semester ganjil tahun ajaran 2013/2014. Sumber data yang digunakan adalah mahasiswa prodi pendidikan matematika yang mengikuti perkuliahan pembelajaran mikro sebanyak 235 orang, Pemilihan sampel penelitian dilakukan secara purposive sampling dengan mengambil sebanyak 30% dari jumlah populasi yang di ambil berdasarkan prestasi belajar mahasiswa dengan kategori tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukan kemampuan pedagogik mahasiswa pada kategori baik, sedangkan Self confidence dari subyek yang diteliti relatif sama. Kata Kunci : Self confidence Kemampuan Pedagogik, .

Page 1 of 1 | Total Record : 6