cover
Contact Name
Muchamad Subali Noto
Contact Email
msnoto@ugj.ac.id
Phone
+6282117556837
Journal Mail Official
euclid.unswagati@gmail.com
Editorial Address
Lembaga Penelitian Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ). Jalan Pemuda No. 32, Kota Cirebon, Jawa Barat, Indonesia. Kode Pos 45132.
Location
Kota cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Euclid
ISSN : 25414453     EISSN : 23551712     DOI : https://doi.org/10.33603/e.v10i1.7258
Core Subject : Education, Social,
The aim of Euclid, p-ISSN 2355-1712 and e-ISSN 2541-4453, is to provide a national forum for sharing, dissemination and discussion of research, experience and perspectives across a wide range of pure and applied mathematics, education, teaching, development, instruction, educational projects and innovations, learning methodologies, and new technologies in mathematics education. The Journal invites original articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The whole spectrum of research in pure mathematics, applied mathematics, and mathematics education are welcome, which includes, but not limited to the following topics: Mathematics Learning Model, Assesment and Evaluation in Mathematics Teaching, Design/Development Research in Mathematics Education, Mathematics Ability, ICT in Mathematics Education, Ethnomathematics. Applied Mathematics: Environmental Mathematics, Industrial Mathematics, Computational Mathematics, Mathematical Economics, Financial Mathematics, Statistics. Pure Mathematics: Algebra, Geometry, Analysis, Discrete Mathematics/ Combinatorics.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2015): EDISI JANUARI" : 9 Documents clear
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL PLOMP MATERI SEGIEMPAT Nurul Ikhsan Karimah
Euclid Vol 2, No 1 (2015): EDISI JANUARI
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (558.02 KB) | DOI: 10.33603/e.v2i1.354

Abstract

Abstrak Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan modifikasi model Plomp terdiri dari fase investigasi awal, fase desain, fase realisasi/konstruksi, dan fase tes, evaluasi dan revisi. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), dan Buku Ajar. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data terdiri dari lembar validasi.Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan model kooperatif TSTS melalui pendekatan multiple intelligencepada materi segiempat untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis.Hasil pengembangan perangkat pembelajaran sebagai berikut: (1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid menurut validator dengan rata-rata nilai validasi silabus 3.50, RPP 3.54, LKS 3.52, dan buku ajar 3.58. Pengembangan perangkat pembelajaran matematika model kooperatif TSTS melalui pendekatan multiple intelligencehendaknya juga dikembangkan untuk pokok bahasan lain dalam mata pelajaran matematika. Kata Kunci: Multiple Intelligence
Perbandingan Pemahaman Matematis antara Siswa yang Memperoleh Pembelajaran Metode Discovery dan Metode Advance Organizer. (Studi Eksperimen di Kelas IX SMP Negeri 1 Palimanan Kabupaten Cirebon) Sumarni Sumarni; Nuranita Adiastuty
Euclid Vol 2, No 1 (2015): EDISI JANUARI
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (590.569 KB) | DOI: 10.33603/e.v2i1.359

Abstract

ABSTRAKFokus utama penelitian ini adalah mengenai kemampuan pemahaman matematis siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Rendahnya kemampuan ini disinyalir terjadi antara lain karena proses pembelajaran yang dilaksanakan tidak dengan pembelajaran secara bermakna. Metode pembelajaran yang memfasilitasi pembelajaran bermakna adalah metode discovery dan metode advance organizer. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemahaman matematis siswa sebagai akibat dari pembelajaran dengan metode discovery dengan metode advance organizer. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen yang menerapkan dua metode pembelajaran yaitu metode discovery dan metode advance organizer. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Palimanan Kabupaten Cirebon tahun pelajaran 2011/2012, pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling, sampel dalam penelitian ini adalah kelas IX A sebagai kelas eksperimen 1 yang pembelajarannya menggunakan metode discovery dan kelas IX B sebagai kelas eksperimen 2 yang pembelajarannya menggunakan metode advance organizer. Analisis data menggunakan uji Mann-Whitney dan perbandingan persentase hasil respon siswa. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh kesimpulan: 1) Kemampuan pemahaman matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan metode discovery lebih baik daripada siswa yang pembelajarannya menggunakan metode advance organizer.Kata Kunci: kemampuan pemahaman matematis, metode advance organizer, metode discovery, dan metode pembelajaran.
Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Mobile Learning Dengan Pendekatan Scientific Aryo Andri Nugroho; Heni Purwati
Euclid Vol 2, No 1 (2015): EDISI JANUARI
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (611.398 KB) | DOI: 10.33603/e.v2i1.355

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini yaitu merancang dan mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis mobile learning dengan pendekatan scientific untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Luaran yang dihasilkan adalah sebuah produk berupa media pembelajaran matematika berbasis mobile learning dengan pendekatan scientific pada SMP materi Persamaan Linear Dua Variabel (PLDV). Penelitian pengembangan media pembelajaran matematika ini mengacu pada teori Thiagarajan. Proses pengembangan media dimulai dari tahap pendefinisian, proses merancang media yang dikembangkan berdasarkan informasi yang diperoleh dari tahap analisis awal-akhir, peserta didik, materi, tugas yang mendukung kemudian dilakukan tahap perancangan atau design, selanjutnya tahap terakhir adalah tahap development. Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis mobile learning dengan pendekatan scientific pada SMP materi PLDV yang dikembangkan teruji valid secara isi dengan hasil penilaian untuk media rata-rata sebesar 91,3% . Sedangkan penilaian validator untuk materi PLDV dengan pendekatan scientific rata-rata sebesar 93,6%. Hasil tersebut berdasarkan penilaian validator memberikan nilai baik dan dapat digunakan dengan sedikit revisi. Keyword: pengembangan, mobile learning, pendekatan scientific,PLDV
Pembelajaran Matematika Realistik Dapat Mengoptimalkan Kecerdasan Majemuk Siswa Nelli Ma'rifat Sanusi
Euclid Vol 2, No 1 (2015): EDISI JANUARI
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (574.674 KB) | DOI: 10.33603/e.v2i1.360

Abstract

ABSTRAKHoward Gardner mengatakan bahwa setiap individu memiliki delapan kecerdasan yaitu kecerdasan Matematis-Logis, Linguistik, Spasial, Musikal, Interpersonal, Kinestetik-Jasmani, Intrapersonal, dan Naturalis. Setiap kecerdasan yang dimiliki seseorang memiliki cara tersendiri dalam mengolah informasi, namun untuk menuangkannya kembali seluruh kecerdasan tersebut akan bersinergi dalam satu kesatuan yang unik. Hal ini membuat seseorang mampu meningkatkan kemampuannya secara optimal. Jika kita kaitkan antara pembelajaran realistik (PMRI) dengan kecerdasan majemuk tentu sangat terlihat jelas dalam PMRI semua kecerdasan dapat dikembangkan, karena dalam pembelajaran matematika realistik ini siswa dihadapkan dengan sesuatu yang nyata, diberi kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya tentang materi yang dipelajarinya baik secara individu ataupun secara kelompok. Dengan demikian diharapkan setiap siswa mampu mengoptimalkan seluruh kecerdasannya sehingga siswa mampu belajar matematika dengan baik yang pada akhirnya nilai siswa akan lebih baik.Katakunci: pembelajaran realistik, kecerdasan majemuk.
Peramalan Data Runtun Waktu Menggunakan Metode Box – Jenkins Fahrudin Muhtarulloh
Euclid Vol 2, No 1 (2015): EDISI JANUARI
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (430.872 KB) | DOI: 10.33603/e.v2i1.356

Abstract

Abstrak Peramalan merupakan hal yang sangat diperlukan oleh manusia modern.Berdasarkan data yang digunakan, peramalan dibagi dalam dua hal yaitu peramalan dengan menggunakan data sekarang dan peramalan menggunakan data masa lalu (runtun waktu/ time series).Peramalan yang pertama menggunakan metode regresi sedangkan peramalan yang terakhir menggunakan model – model time series.Pemodelan data runtun waktu bertujuan untuk menghasilkan sebuah formula yang dapat digunakan untuk peramalan data dimasa yang akan datang. Adapun data yang digunakan dalam makalah ini adalah data runtun waktu (data masa lalu) dengan menggunakan metode Box – Jenkins.Metode Box – Jenkins adalah seuatu metode peramalan data runtun waktu yang menggunakan fungsi autokorelasi (fak) dan fungsi autokerelasi parsial (fakp) dalam tahan identifikasi model. Kata kunci: Metode Box – Jenkins, Fungsi Autokorelasi (fak), Fungsi Autokorelasi Parsial (fakp)
UJI KOMPARASI ANTARA KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS MAHASISWA YANG BERASAL DARI LULUSAN SMA IPA DAN BUKAN IPA PADA MATA KULIAH KALKULUS III DI UNSWAGATI CIREBON Ferry Ferdianto; Setiyani Setiyani; Anggita Maharani
Euclid Vol 2, No 1 (2015): EDISI JANUARI
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (592.139 KB) | DOI: 10.33603/e.v2i1.352

Abstract

ABSTRAKMenurut National Council Teacher Matematics (NCTM, 2000: 67) matematikamerupakan ilmu penalaran yang tersusun secara hierarki sehingga untuk dapatmempelajari matematika diperlukan kontinuitas. Jika ditinjau dari aspek kurikulumsekolah menengah, kurikulum matematika untuk kelompok SMA IPA sangatmenunjang kurikulum pada prodi pendidikan matematika di Perguruan Tinggi. Namuntidak demikian dengan kurikulum SMA yang bukan IPA apalagi kurikulum SMKdengan berbagai kelompok bidang keahlian. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui perbedaan kemampuan penalaran matematis mahasiswa antara lulusanSMA IPA dan SMA bukan lulusan IPA pada mata kuliah kalkulus III di UnswagatiCirebon. Hasil penelitian yang ditunjukkan bahwa kedua varian homogen dan datakedua sampel berdistribusi normal, hasil analisis menggunakan uji T diperoleh nilaisig. 0,236 yang artinya tidak terdapat perbedaan rata-rata kemampuan penalaranmatematis antara lulusan SMAIPAdan lulusan SMAbukan IPA, hal ini diperkuat padaTabel Group Statistics, terlihat rata-rata untuk kelas eksperimen I adalah 65,66 dankelas eksperimen II sebesar 59,74. Artinya bahwa rata-rata kelas eksperimen I dankelas eksperimen II tidak jauh berbeda.Kata Kunci: Kemampuan Penalaran Matematis, Uji perbedaan, Mata Kuliah
Analisa Kestabilan Lokal Dalam Pertumbuhan Mikroorganisme Di Medium Kemostat Herri Sulaiman
Euclid Vol 2, No 1 (2015): EDISI JANUARI
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (546.687 KB) | DOI: 10.33603/e.v2i1.357

Abstract

Abstrak Ruang pertumbuhan dalam kemostat memungkinkan terjadinya interaksi antara mikroorganisme yang dapat dimodelkan secara matematis. Dengan adanya laju perpindahan dan fungsi respon dalam model matematis yang digambarkan, mengakibatkan sulitnya mencari solusi eksak dalam Sistem. Akan tetapi, hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut salah satunya adalah perilaku solusi diselidiki dengan cara linearisasi di sekitar titik ekuilibriumnya. Lebih lanjut dapat diketahui stabilitias Sistem melalui tahapan analisa stabilitas lokal. Dalam menganalisa stabilitas lokal, digunakan matriks Jacobian dengan syarat titik ekuilibrium tersebut hiperbolik. Kata kunci : kemostat, mikroorganisme, stabilitas lokal.
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA Toto Subroto; Siti Umayah
Euclid Vol 2, No 1 (2015): EDISI JANUARI
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (368.525 KB) | DOI: 10.33603/e.v2i1.353

Abstract

ABSTIIAKPcnelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran dengan menggunakan model pembelajnran koeperaiif tipe TOT dapat meningkatkan kcmampuan pcmahaman matemaus siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Lemahabang Kabuparcn Cirebon. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh slswa kelas VIII SMPNegeri I Lemahebang. Kelas yang djJttdikan sampel dalam penelitien Ini sebanyak 2 kelas dari 8 kelas yang ada dengan mengambil sampel secara purposif. Masing-masing kelas sebaayak 33 siswa, kelas VIII B sebagai kclas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Hasil pcnelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan meuggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkarkan kemampuan pemahaman matemaiis secara signifikan berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t yang nilainya 0.047 < 0,05. Secara deskriptif statistik juga dapat dilihal rata-rata peningkatan pemahaman pada kelas eksperimen sebesar 0,45 dan peningkalan pemahaman pada kelas komrol sebesar 0,35.
Pencapaian Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Melalui Pengembangan Pembelajaran Matematika Model Problem-Based Learning Siswa SMA Jajo Firman Raharjo
Euclid Vol 2, No 1 (2015): EDISI JANUARI
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (632.42 KB) | DOI: 10.33603/e.v2i1.358

Abstract

ABSTRAKGambaran kemampuan komunikasi matematika yang masih rendah khususnya pada penguasaan materi geometri di MA Sunan Gunung Jati Losari Cirebon berdampak pada hasil belajar yang kurang memuaskan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pengembangan perangkat matematika model Problem-based Learning pada materi geometri ruang dimensi tiga yang efektif terhadap kemampuan komunikasi matematika dengan perangkat yang valid dan praktis. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model 4-D dari Thiagarajan yang dimodifikasi. Perangkat yang dikembangkan terdiri atas Silabus, RPP, Buku Ajar Siswa, LKS dan Tes Kemampuan Komunikasi Matematika. Penelitian dilaksanakan pada kelas X.A sebagai kelas eksperimen. Klasifikasi perangkat yang dikembangkan tergolong valid. Perangkat secara praktis dapat mencapai kemampuan komunikasi matematika berdasarkan respons siswa yang positif dan pengelolaan pembelajaran oleh guru berkriteria baik. Selain itu, kemampuan komunikasi matematika mencapai ketuntasan secara rata-rata dan proporsi lebih baik daripada kelas kontrol.Kata Kunci : Kemampuan komunikasi matematika, pengembangan pembelajaran matematika dan model Problem Based Learning.

Page 1 of 1 | Total Record : 9