cover
Contact Name
Muchamad Subali Noto
Contact Email
msnoto@ugj.ac.id
Phone
+6282117556837
Journal Mail Official
euclid.unswagati@gmail.com
Editorial Address
Lembaga Penelitian Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ). Jalan Pemuda No. 32, Kota Cirebon, Jawa Barat, Indonesia. Kode Pos 45132.
Location
Kota cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Euclid
ISSN : 25414453     EISSN : 23551712     DOI : https://doi.org/10.33603/e.v10i1.7258
Core Subject : Education, Social,
The aim of Euclid, p-ISSN 2355-1712 and e-ISSN 2541-4453, is to provide a national forum for sharing, dissemination and discussion of research, experience and perspectives across a wide range of pure and applied mathematics, education, teaching, development, instruction, educational projects and innovations, learning methodologies, and new technologies in mathematics education. The Journal invites original articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The whole spectrum of research in pure mathematics, applied mathematics, and mathematics education are welcome, which includes, but not limited to the following topics: Mathematics Learning Model, Assesment and Evaluation in Mathematics Teaching, Design/Development Research in Mathematics Education, Mathematics Ability, ICT in Mathematics Education, Ethnomathematics. Applied Mathematics: Environmental Mathematics, Industrial Mathematics, Computational Mathematics, Mathematical Economics, Financial Mathematics, Statistics. Pure Mathematics: Algebra, Geometry, Analysis, Discrete Mathematics/ Combinatorics.
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2018): EDISI JULI" : 11 Documents clear
DESAIN TUGAS UNTUK MENGIDENTIFIKASI PROSES KOGNITIF SISWA DALAM MEMAHAMI KONSEP PECAHAN Endang Krisnawati
Euclid Vol 5, No 2 (2018): EDISI JULI
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (457.985 KB) | DOI: 10.33603/e.v5i2.1123

Abstract

Untuk mengukur pemahaman siswa seringkali guru hanya menggunakan tes yang fokus pada kemampuan secara prosedural. Padahal ada tujuh proses kognitif dalam memahami konsep yang dapat digali lebih lanjut agar siswa dapat secara utuh memahami konsep, bukan hanya langkah proseduralnya saja. Proses pembuatan tugas ini dimulai dari penyusunan draft 1 yang dikonsultasikan kepada seorang profesor dan seorang doktor di bidang pendidikan matematika, selanjutnya draft 1 divalidasi oleh tiga orang validator dengan hasil layak digunakan tanpa perbaikan untuk tugas 2 dan 4 serta layak digunakan dengan perbaikan untuk tugas 1 dan 3. Berdasarkan hasil validasi kemudian dilakukan revisi sehingga terbentuk draft 2 untuk uji keterbacaan. Hasil dari uji keterbacaan adalah prototipe tugas final yang selanjutnya diuji cobakan untuk mengetahui reliabilitas tipe stabilitas dan tipe konsistensi internal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tugas yang dirancang sudah memenuhi kriteria valid dan reliabel.
DESAIN BAHAN AJAR PERBANDINGAN BERBASIS PEMAHAMAN MATEMATIS Tri Nopriana
Euclid Vol 5, No 2 (2018): EDISI JULI
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (538.831 KB) | DOI: 10.33603/e.v5i2.1331

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah adanya kesulitan belajar (learning obstacle) dalam mempelajari materi perbandingan, khususnya yang bersifat epistimologis. Sebagai antisipasi agar learning obstacle yang sama tidak terulang kembali, maka dibuat suatu desain bahan ajar materi perbandingan berbasis pemahaman matematis. Oleh karena itu, tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana desain bahan ajar materi perbandingan  berbasis  pemahaman  matematis.  Desain  bahan  ajar  yang dibuat berupa modul perbandingan untuk kelas VII SMP/MTs. Desain penelitian  yang  digunakan  adalah  penelitian  desain  didaktis  (Didactical Design Research) yang memiliki tiga tahapan, namun pada penelitian ini dibatasi hanya dua tahapan yaitu tahap analisis desain didaktis dan tahap metapedadidaktis. Hasil dari penelitian ini, ditemukan empat tipe learning obstacle  dan  modul  yang  disusun  berdasarkan  learning  obstacle  memiliki kriteria sangat valid serta sangat praktis untuk digunakan dalam berbagai aspek.  Dengan  demikian,  desain  bahan  ajar  berupa  modul  perbandingan dapat digunakan dalam proses pembelajaran di kelas.
METODE BAYESIAN NETWORK UNTUK MENETUKAN PROBABILITAS TERDAMPAK PENYAKIT KANKER PAYUDARA Ino Suryana
Euclid Vol 5, No 2 (2018): EDISI JULI
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (614.187 KB) | DOI: 10.33603/e.v5i2.1149

Abstract

Bayesian network adalah “graphical model for probabilistic relationships among a set of variabels”. Bayesian network  merupakan salah satu probabilistic graphical model (PGM) yang sederhana yang dibangun dari teori probabilistik dan teori graf. Teori probabilistik berhubungan langsung dengan data sedangkan teori graf berhubungan langsung dengan bentuk representasi yang ingin didapatkan.Bayesian network dapat melakukan pengambilan keputusan (inferensi) probabilistik. Inferensi probabilistik dapat dilakukan jika terlebih dahulu diperoleh joint probabillity distribution (JPD) dari semua variabel yang dimodelkan.Kanker atau neoplasma merupakan suatu penyakit akibat adanya pertumbuhan yang abnormal dari sel–sel jaringan tubuh yang dapat mengakibatkan invasi ke jaringan–jaringan normal. Kanker payudara (Carcinoma mammae) merupakan tumor ganas yang tumbuh di dalam jaringan payudara. Kanker dapat tumbuh di dalam kelenjar susu, saluran susu, jaringan lemak, maupun jaringan ikat pada payudara.Terdapat faktor-faktor yang berhubungan dengan peningkatan resiko atau kemungkinan untuk terjadinya kanker payudara, dan gejala klinis yang biasa ditemukan pada penderita. Menghitung nilai probabilistik akhir (inferensi probalistik) untuk melihat berapa besar nilai kemungkinan berpenyakit kanker payudara berdasarkan nilai-nilai dari gejala tersebut dihitung menggunakan metoda Bayesian network.
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP PENALARAN MATEMATIS SISWA Irmawati Liliana Kusuma Dewi; Nandar Sunandar
Euclid Vol 5, No 2 (2018): EDISI JULI
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (593.989 KB) | DOI: 10.33603/e.v5i2.1332

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkap efektivitas pembelajaran berbasis masalah jika dalam proses penilaiannya digunakan tugas proyek terhadap penalaran matematis siswa. Pembelajaran berbasis masalah diawali dengan mengajukan permasalahan matematis kepada siswa, siswa dituntut untuk menjelaskan masalah, mencari informasi, mempertimbangkan solusi lain dan menyajikan solusi dari permasalahan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan teknik pengambilan sampel Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan adalah soal tes, lembar observasi aktivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Berbasis Masalah terhadap kemampuan penalaran matematis siswa sebesar 39,3%, masih ada 60,7% yang dipengaruhi oleh variabel lain. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran berbasis masalah efektif dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa.Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah, Penalaran Matematis 
Analisis Hubungan Kausalitas Perubahan Volume Perdagangan dan Perubahan Harga Saham Wijaya Karya Tbk Wahyuni Windasari
Euclid Vol 5, No 2 (2018): EDISI JULI
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (475.62 KB) | DOI: 10.33603/e.v5i2.1001

Abstract

Perubahan harga saham dan perubahan volume volume perdagangan merupakan indikator untuk mengamati reaksi pasar modal. Volume perdagangan saham yang tinggi menandakan saham sedang dalam keadaan baik dan sedang aktif diperdagangkan di pasar modal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan kausalitas antara perubahan harga saham dan perubahan volume perdagangan saham Wijaya Karya (WIKA) pada masa lampau dengan perubahan volume perdagangan dan perubahan harga saham pada saat ini. Metode analisis dalam penelitian ini adalah Granger Causality Test. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan satu arah, dimana perubahan harga saham pada periode saat ini (t) dan periode t-2 berpengaruh terhadap perubahan volume perdagangan saham WIKA pada saat t, dan tidak berlaku sebaliknya. Adapun efek jangka panjang dari perubahan harga saham terhadap perubahan volume perdagangan yaitu sebesar 10.856 %. Kata Kunci. Granger Causality Test, Volume Perdagangan, Harga, Saham. 
OPTIMASI PORTOFOLIO DENGAN KENDALA ROUNDLOT MENGGUNAKAN METODE ARTIFICIAL BEE COLONY (ABC) Luthfiyati Nurafifah
Euclid Vol 5, No 2 (2018): EDISI JULI
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (621.184 KB) | DOI: 10.33603/e.v5i2.1150

Abstract

Metode Optimasi yang terinspirasi oleh perilaku makhluk hidup telah diketahui mampu menyelesaikan masalah yang kompleks secara komputasi, terutama ketika metode tradisional tak mampu melakukannya. Metode Artificial Bee Colony (ABC) adalah sebuah metode yang terinspirasi oleh perilaku lebah madu dalam mencari makanan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode ABC untuk menyelesaikan masalah optimasi portofolio Markowitz dengan kendala Roundlot. Pertama-tama, penulis menggunakan uji coba metode ABC untuk optimasi fungsi benchmark, kemudian menyelesaikan masalah optimasi portofolio model Markowitz. Hasilnya metode ABC mampu menyelesaikan masalah optimasi portofolio model Markowitz dengan kendala Roundlot.
Karakter Siswa Sekolah Menengah Pertama dalam Belajar Matematika Berbasis Kearifan Lokal Reni Astuti
Euclid Vol 5, No 2 (2018): EDISI JULI
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (406.514 KB) | DOI: 10.33603/e.v5i2.1366

Abstract

Pembelajarn matematika menggunakan konteks kearifan lokal atau budaya lokal sangatlah tepat dan relevan terutama dalam pembentukan karakter siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis karakter siswa dalam belajar matematika melalui pembelajaran yang berbasis kearifan lokal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian adalah siswa SMP kelas IX. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket karakter siswa. Hasil yang diperoleh menunjukkan sikap karakter siswa dalam belajar matematika berbasis kearifan lokal kota Pontianak mulai berkembang pada diri siswa dengan baik. Rerata skor keseluruhan untuk karakter siswa adalah 5,01 (skor ideal 7) dengan kategori mulai berkembang. Pada aspek ketelitian siswa memperoleh skor rata-rata 4,88 dengan kategori mulai berkembang, untuk aspek kreatifitas diperoleh rata-rata 4,76 dengan kategori mulai berkembang juga. Begitu juga pada aspek pantang menyerah dan rasa ingin tahu siswa selama pembelajaran diperoleh skor rata-rata berturut-turut yakni 5,24 dan 5,16 dengan kategori juga sama yakni mulai berkembang. Kesimpulan yang dapat diambil adalah karakter siswa selama pembelajaran matematika berbasis kearifan lokal kota Pontianak sudah mulai berkembang dengan baik pada diri siswa.
Pengaruh Modal Sosial Terhadap Kemiskinan Di provinsi Nusa Tenggara Barat Dengan Menggunakan Metode Two Stage Least Square Eko Yulian
Euclid Vol 5, No 2 (2018): EDISI JULI
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (492.676 KB) | DOI: 10.33603/e.v5i2.1042

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis dampak modal sosial terhadap kemiskinan di provinsi Nusa Tenggara Barat menggunakan analisis regresi.  Permasalahan yang terjadi pada data riil adalah terdapat masalah endogenitas modal sosial di dalam model kemiskinan. Penggunaan metode Ordinary Least Square (OLS) untuk melakukan penaksiran parameter pada kasus ini akan menghasilkan estimator yang bias dan tidak konsisten sehingga metode ini tidak bisa digunakan. Untuk mengatasi masalah tersebut terdapat beberapa metode yang bisa digunakan, salah satunya adalah dengan menggunakan metode two stage least square (2 SLS). Adapun data yang akan digunakan adalah data Survey Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) Tahun 2012 provinsi Nusa Tenggara Barat. Dari hasil penelitian diperoleh hasil bahwa modal sosial berpengaruh negatif terhadap kemiskinan.
PERUBAHAN ASUMSI AKTUARIA PADA ESTIMASI PREMI PROGRAM PENSIUN MANFAAT PASTI Riaman Riaman
Euclid Vol 5, No 2 (2018): EDISI JULI
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (640.333 KB) | DOI: 10.33603/e.v5i2.1151

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai program pendanaan pensiun pada program pensiun manfaat pasti. Pembayaran iuran normal (premi) dari program pensiun manfaat pasti ditentukan dengan anuitas hidup sebagai instrumen asuransi jiwa dalam menghadapi resiko kehidupan. Dalam perhitungannya, anuitas hidup menggunakan asumsi-asumsi aktuaria dimana apabila keadaan sebenarnya tidak sesuai dengan asumsi yang digunakan, maka yang akan terjadi adalah pembayaran berlebihan atau pembayaran berkekurangan.Asumsi tingkat bunga adalah salah satu dari asumsi aktuaria tersebut. Perubahan asumsi aktuaria pada tingkat bunga memiliki pengaruh dalam proses perhitungan iuran serta kewajiban aktuaria program pensiun manfaat pasti. Dengan menggunakan asumsi tingkat bunga yang berbeda diperoleh hubungan bahwa tingkat bunga berbanding terbalik dengan besarnya iuran. Semakin tinggi nilai tingkat suku bunga maka akan menghasilkan iuran pensiun yang semakin kecil dan sebaliknya.
PENERAPAN MODEL KLASIFIKASI REGRESI LOGISTIK, SUPPORT VECTOR MACHINE , CLASSIFICATION AND REGRESSION TREE TERHADAP DATA KEJADIAN DIFTERI DI PROVINSI JAWA BARAT Hilman Dwi Anggana
Euclid Vol 5, No 2 (2018): EDISI JULI
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (592.254 KB) | DOI: 10.33603/e.v5i2.1121

Abstract

Salah satu permasalahan yang dihadapi Jawa Barat selama beberapa waktu terakhir adalah adanya kejadian luar biasa (KLB) penyakit Difteri. Upaya preventif untuk mengurangi merebaknya wabah suatu penyakit harus terus dilakukan seperti program sosialisasi, vaksinasi dan karantina. Selain dengan program yang telah disebutkan, kajian suatu penyakit dengan menggunakan pemodelan klasifikasi secara statistika menjadi salah satu alternatif dalam mendukung early warning system (EWS) suatu kejadian penyakit. Pada penelitian ini dilakukan penerapan model klasifikasi regresi logistik, support vector machine (SVM) dan classification and regression tree (CART) terhadap data kejadian Difteri di provinsi  Jawa Barat. Hasil analisis menunjukkan bahwa model regresi logistik  merupakan model yang kurang tepat diterapkan diantara tiga pilihan model ini karena memiliki nilai AUC terendah (nilai AUC sekitar 50%), didukung oleh tingkat akurasi dan tingkat ketepatan model mengklasifikasikan kelas positif (sensitivity) yang rendah. Sementara itu model yang paling tepat diterapkan adalah model SVM karena memiliki nilai AUC tertinggi (nilai AUC jauh diatas 50%), didukung oleh tingkat akurasi dan tingkat sensitivity yang tinggi.

Page 1 of 2 | Total Record : 11