cover
Contact Name
Yulia Oktarina
Contact Email
yuliaoktarina@uinjambi.ac.id
Phone
+6285273034140
Journal Mail Official
yuliaoktarina@uinjambi.ac.id
Editorial Address
Jl. Jambi-Muara Bulian KM.16 Simpang Sungai Duren, Muaro Jambi, Jambi 36363
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
Islamic Education Studies: An Indonesian Journal
ISSN : 25983997     EISSN : 25983997     DOI : https://doi.org/10.30631/ies
Islamic Education Studies (IES) adalah jurnal pendidikan agama Islam yang diterbitkan oleh Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. IES mempublikasikan artikel hasil penelitian dan kajian pendidikan agama Islam yang ditulis oleh ahli dari berbagai negara. IES fokus pada kajian metode, strategi, media, materi, dan evaluasi pembelajaran, khususnya pada materi akhlak akhlak, fiqh, Al Quran & hadits, dan sejarah kebudayaan Islam pada level pendidikan dasar dan menengah.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 1 (2021): Islamic Education Studies: An Indonesian Journal" : 5 Documents clear
PEMANFAATAN GRUP WHATSAPP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE DI SMPTRI SUKSES KOTA JAMBI Ria Dian Pertiwi; Dewi Hasanah; Eliza Trimadona; Yulia Oktarina
Islamic Education Studies : an Indonesia Journal Vol. 4 No. 1 (2021): Islamic Education Studies: An Indonesian Journal
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30631/ies.v4i1.23

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pemanfaatan grup WhatsApp sebagai media pembelajaran online Di Sekolah Menengah Pertama Tri Sukses Boarding School Kota Jambi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Aspek-aspek yang ada dalam pemanfaatan grup WhatsApp Sebagai media pembelajaran online, (2) Hambatan dalam pemanfaatan grup WhatsApp sebagai media pembelajaran online. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa data reduction, data display dan conclution drawing/verification. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru telah memanfaatkan grup WhatsApp. Aspek-aspek yang ada dalam pemanfaatan grup whatsapp sebagai media pembelajaran online aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik dalam bentuk penugasan dan menyesuaikan dengan fitur yang ada dalam aplikasi WhatsApp fitur chat (pesan teks), panggilan suara, dokumen, foto, video, voice note. Adapun kendala dalam penerapan pemanfaatan grupWhatsApp seperti terkendalanya sinyal, terbatasnya kuota, tugas yang menumpuk, Tidak memiliki handphone, dan kesulitan dalam memahami materi yang diberikan.
PROBLEMATIKA ORANG TUA DALAM MELANJUTKAN PENDIDIKAN ANAK KE PERGURUAN TINGGI M. Hadi Saputra; H. Constantin; Rapiko Rapiko
Islamic Education Studies : an Indonesia Journal Vol. 4 No. 1 (2021): Islamic Education Studies: An Indonesian Journal
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30631/ies.v4i1.24

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Problematika Orang Tua dalam Melanjutkan Pendidikan Anak Ke Perguruan Tinggi di Desa Betung Bedarah Timur Kabupaten Tebo Provinsi Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk memberi sumbangan pemikiran terhadap Orang Tua dalam mengatasi Problem Melanjutkan Pendidikan Anak Ke Perguruan Tinggi. Subjek penelitian ini adalah Orang Tua yang tidak melanjutkan Pendidikan Anak , Anak yang tidak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, Kades dan Staf, Guru dan Imam di Betung Bedarah Timur. Skripsi ini bersifat kualitatif dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Untuk memperoleh data tesebut peneliti menggunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara, triangulasi, pengujian keabsahan data dengan menggunakan beberapa variabel atau skripsi yang relevan saling berkaitan sehingga dapat memperkuatkan data yang didapati dalam penelitian. Selanjutnya dalam pengujian keabsahan data, peneliti memahami terlebih dahulu penelitian lain yang berkaitan dengan masalah ini yang sudah diteliti oleh orang lain ditempatkan untuk memperkuatkan isi dari skripsi yang bermutu. Analisis data dilakukan dengan tiga komponen analisis yaitu Data Reduction (Reduksi Data), Data Display (Penyajian Data), Conclusion Drawing / Verification. Penelitian menemukan bahwa Problem yang dihadapi Orang Tua dalam m elanjutkan Pendidikan Anak ke Perguruan Tinggi di Desa Betung Bedarah Timur adalah karena Faktor Lingkungan Masyarakat, Ekonomi Keluarga dan Kemauan Anak Kata kunci: Prolematika Orang Tua, Pendidikan Anak, Perguruan Tinggi
PROBLEMATIKA GURU DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 KOTA JAMBI Ali Amin; Kasful Anwar; Habib Muhammad
Islamic Education Studies : an Indonesia Journal Vol. 4 No. 1 (2021): Islamic Education Studies: An Indonesian Journal
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30631/ies.v4i1.25

Abstract

Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Jambi berada di Kecamatan Danau Teluk tepatnya di Jalan KH.Hasan Anang Kelurahan Olak Kemang Kecamatan Danau Teluk sekitar 1 KM dari Pasar Tradisional Olak Kemang. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Proses Pembelajaran Fiqh siswa kelas VII C di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Jambi, beserta problematika dalam pembelajaran Fiqhsiswa kelas VII C di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Jambi , dan apa yang dilakukan guru fiqih untuk dapat mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Untuk memperoleh data tesebut peneliti menggunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara, triangulasi, pengujian keabsahan data dengan menggunakan beberapa variabel atau skripsi yang relevan saling berkaitan sehingga dapat memperkuatkan data yang didapati dalam penelitian. Selanjutnya dalam pengujian keabsahan data, peneliti memahami terlebih dahulu penelitian lain yang berkaitan dengan masalah ini yang sudah diteliti oleh orang lain ditempatkan untuk memperkuatkan isi dari skripsi yang bermutu. Analisis data dilakukan dengan tiga komponen analisis yaitu Data Reduction (Reduksi Data), Data Display (Penyajian Data), Conclusion Drawing / Verification. Hasil penelitian menjelaskan bahwa Problematika guru dalam pembelajaran Fiqh di Madrasah Tsanawiyah Negeri 01 Kota Jambi adalah Problem siswa,Problem guru, Problem lingkungan, problem kurikulum dan Problem sarana dan prasarana. kurikulum Upaya dalam mengatasi problem sarana dan prasarana.
STRATEGI GURU IMLA’ DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR IMLA’ PADA SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL HUDA KECAMATAN MANDIANGIN KABUPATEN SAROLANGUN Riska Riskiyanti; Habib Muhammad
Islamic Education Studies : an Indonesia Journal Vol. 4 No. 1 (2021): Islamic Education Studies: An Indonesian Journal
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30631/ies.v4i1.26

Abstract

Berdasarkan latar belakang masalah maka Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana tentang. Strategi Guru Imla Dalam Mengatasi Kesulitan Siswa Belajar Imla’(menulis Al-Qur’an) di Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Kecamatan Mandiangin, Kabupaten Sarolangun. Metode yang digunakan dalam penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pertama, Strategi yang digunakan guru dalam pembelajaran Imla’ adalah dengan menggunakan strategi ceramah, metode latihan dan metode penugasan. Kedua, Kemampuan siswa dalam belajar imla’ tidak semuanya bisa, banyak siswa yang kurang bisa dalam menulis Imla’. Belum bisa menyambung dan merangkai hurufnya, menjadi kalimat. Hanya beberapa siswa yang bisa. Ketiga, Adapun kemampuan siswa dalam menulis dan memahami imla’banyak juga yang belum bisa. Hanya beberapa siswa yang sudah bisa menulis Imla’
STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA Nurul Ariza; Fikri Fikri; Habib Muhammad
Islamic Education Studies : an Indonesia Journal Vol. 4 No. 1 (2021): Islamic Education Studies: An Indonesian Journal
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30631/ies.v4i1.27

Abstract

Madrasah Aliyah Swasta Al Khairiyah Kota Jambi terletak di Jalan Jendral Gatot Subroto No.46/47 Kel.Sungai Asam, Kec.Pasar Jambi, Kota Jambi Provinsi Jambi. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, faktor penyebab kurangnya motivasi belajar siswa, dan upaya guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Swasta Al Khairiyah Kota Jambi. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan metode deskriptif. Untuk memperoleh data penelitian, peneliti menggunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara. analisis data penelitian dilakukan dengan mereduksi data, menyajiakan data, dan menyimpulkan. Adapun teknik pengecekan keabsahan data yang digunakan yaitu: perpanjangan keikutsertaan, ketekunan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa strategi pembelajaran yang digunakan guru akidah akhlak di Madrasah Aliyah Swasta Al Khairiyah Kota Jambi hanya menggunakan strategi/metode ceramah. Faktor penyebab kurangnya motivasi belajar siswa yakni terdapat dua faktor yakni faktor eksternal (luar diri siswa) dan faktor internal (dalam diri sendiri). Adapun faktor eksternal ialah lingkungan dan orang tua dan faktor internal ialah diri siswa sendiri. Adapun upaya yang dilakukan guru akidah akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar siswa antara lain; memberikan perhatian lebih, memberikan hadiah, menghargai sesuatu yang dikerjakan siswa sekecil apapun dan yang terakhir memberi pujian.

Page 1 of 1 | Total Record : 5