cover
Contact Name
Humiras Betty Marlina Sihombing
Contact Email
lembagappmuda@gmail.com
Phone
+6282217442010
Journal Mail Official
lembagappmuda@gmail.com
Editorial Address
Jl. DR. TD Pardede No.21, Petisah Hulu, Kec. Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara 20153
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
JURNAL SOCIAL OPINION: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
ISSN : 2088835X     EISSN : 27209822     DOI : 10.46930
Core Subject : Social,
Online ISSN 2720-9822 Print ISSN 2088-835X Social Opinion Journal is a collection of research articles in the field of communication science. This journal is intended to develop and disseminate knowledge and information regarding the scientific field of communication. This journal is published periodically by the Faculty of Social and Political Sciences in collaboration with the Institute for Research and Community Service (LPPM) of the Darma Agung University
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2019): APRIL" : 6 Documents clear
PERSEPSI MAHASISWA/I FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS SUMATERA UTARA TERHADAP BUDAYA K-POP DI MEDIA Rocky Markiano; Elok Perwirawati
JURNAL SOCIAL OPINION: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Vol 4 No 1 (2019): APRIL
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Darma Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (346.275 KB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai Persepsi Mahasiswa/i Universitas Sumatera Utara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jurusan Ilmu Komunikasi Terhadap Budaya K-Pop Di Media. Perumusan masalahnya adalah Bagaimana persepsi mahasiswa/i di Universitas Sumatera Utara Jurusan Ilmu Komunikasi terhadap budaya K-Pop di media. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Sumatera Utara Terhadap Budaya K-Pop Di Media.Teori utama yang digunakan adalah Teori Uses and Gratification Uses and gratifications muncul karena adanya kebutuhan dan motif penggunaan media. Studi inimemusatkan perhatian pada penggunaan (uses) media untuk mendapatkan kepuasan(gratification) atas kebutuhan seseorang. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kualitatif. Sampel penelitian yaitu dengan 10 informan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti adalah wawancara dan obsrevasi. Metode analisa yang digunakan yaitu metode deskriptif, dimana mendeskripsikan hasil data yang diperoleh. Dari hasil penelitian ini diperoleh hasil yang positif, hal ini dapat dilihat dari persepsi dan respon mahasiswa terhadap dampak yang dirasakan oleh mahasiswa/i Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Sumatera Utara tersebut.
HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SUAMI DAN ISTRI DALAM MENINGKATKAN KEHARMONISAN RUMAH TANGGA DI DESA BALOGIA KECAMATAN PULAU-PULAU BATU KABUPATEN NIAS SELATAN Fenni Khairifa
JURNAL SOCIAL OPINION: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Vol 4 No 1 (2019): APRIL
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Darma Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (589.588 KB)

Abstract

Komunikasi antarpribadi merupakan bentuk komunikasi yang terutama diatur oleh norma rasiaonal atau relation norm. Komunikasi antarpribadi biasanya terjadi dalam kelompok kecil. Kemesraan adalah keharmonisan, sedangkan keharmonisan merupakan jalan menuju kebahagiaan. Dalam penelitian ini berjudul Hubungan Komunikasi Interpersonal Suami dan Istri Dalam Meningkatkan Keharmonisan Rumah Tangga Di Desa Balegia Kecamatan Pulau-Pulau Batu Kabupaten Nias Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan komunikasi interpersonal suami istri dalam meningkatkan keharmonisan rumah tangga dan juga untuk mengetahui bagaimana kurang harmonis komunikasi interpersonal suami istri di desa balegia. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui kuisioner yang dibagikan kepada responden sebanyak 55 kepala keluarga. Hasil penelitian ini bahwa hubungan komunikasi interpersonal suami istri dalam meningkatkan keharmonisan rumah tangga di desa balegia sangat sedang dimana komunikasi interpersonal sebesar 0,544 dan keharmonisan rumah tangga sebesar 0,544 dengan nilai signifikan 0,043.
PERSEPSI KARYAWAN PT. RIFAN FINANCINDO BERJANGKA MEDAN TERHADAP IKLAN MITO A68 DENGAN MENGGUNAKAN CELEBRITY AFGAN SYAHREZA Firmansyah Firmansyah; Helen Sitorus
JURNAL SOCIAL OPINION: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Vol 4 No 1 (2019): APRIL
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Darma Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (206.238 KB)

Abstract

Penelitian ini berjudul. Persepsi Karyawan PT. Rifan Financindo Berjangka Medan Terhadap Iklan Mito A68 Dengan Menggunakan Celebrity Afgan Syahreza. Tujuan penelitian adalah untuk menjelaskan suatau produk, dan mengigatkan yang diaman lebih cocok untuk produk yang sudah memasuki tahap awal. Pada penelitian ini peneliti menguji relevansi atau kecocokan antara persepsi target audience terhadap celebrity endorser dengan persepsi target audience terhadap brand image produk baru.Metode yang digunakan adalah wawancara mendalam (in-depth interview) dan didukung oleh studi pustaka yang relevan dengan penelitian.Penelitian ini menggunakan Analisis Tematik, dimana berdasarkan transkrip wawancara informan, diperoleh kata-kata kunci yang kemudian dikelompokan ke dalam tema-tema tertentu. Adapun tema-tema tersebut diperoleh dari kerangka konsep yang dipakai sebagai panduan penelitian yaitu DAGMAR Approach, Teori Persepsi, dan Model VISCAP.
Peranan Komunikasi Organisasi dalam Meningkatkan Semangat Kerja Pegawai DPD PDI-P Sumatera Utara Prietsaweny Riris T. Simamora; Frima Margareta Panjaitan
JURNAL SOCIAL OPINION: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Vol 4 No 1 (2019): APRIL
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Darma Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (227.638 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan komunikasi organisasi dalam meningkatkan semangat kerja pegawai di DPD PDI-P Sumatera Utara. Metode penelitian yang digunakan yaitu analisis korelasi sederhana karena persepsi dan pendapat dari responden ditulis apa adanya sesuai dengan apa yang diperoleh oleh peneliti. Data yang di peroleh kemudian dianalisis melalui tabulasi frekuensi untuk melihat kecenderungan persentasi dari jawaban responden. Penelitian ini menggunakan seluruh sampel (total sampling) karena jumlah populasi relatif kecil yaitu seluruh staf pegawai dan pengurus DPD PDI-P Sumatera Utara yang berjumlah 36 orang. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan kuesioner atau angket sebagai alat pengumpul data. Analisa yang digunakan dengan membuat tabel tunggal yang berisi frekuensi hasil penelitian. Keseluruhan penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi organisasi berperan dalam meningkatkan semangat kerja pegawai di DPD PDI-P Sumatera Utara.
STRATEGI KOMUNIKASI PENYIAR RADIO SLA FM 105.6 MHZ TAKENGON KABUPATEN ACEH TENGAH DALAM MENINGKATKAN MINAT PENDENGAR Dinda Helsa Novia; Besti Rohana Simbolon
JURNAL SOCIAL OPINION: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Vol 4 No 1 (2019): APRIL
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Darma Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (482.115 KB)

Abstract

Penelitian deskriptif kualitatif bertujuan untuk menjelaskan dan mendeskripsikan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi komunikasi penyiar dalam meningkatkan minat pendengar. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam dan pengumpulan dokumen. Lalu data tersebut diklarifikasikan kedalam kategori-kategori tertentu.Objek penelitian menggunakan informan, yaitu key informan, informan biasa dan informan tambahan yaitu 10 orang informan. Empat orang penyiar sebagai Key infroman, dua orang staff sebagai informan biasa, dan empat orang pendengar sebagai informan tambahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyiar menggunakan berbagai strategi komunikasi dalam meningkatkan minat pendengar, yaitu strategi kesesuaian, strategimenggunakan bahasa Persuasif, strategi dayapenarik pendengar, dan strategi pembentuk kebiasaan. Pendengar berminat dan menikmati siaran informasi dan hiburan yang disajikan oleh radio SLA Fm karena penyiar selalu memberikan yang terbaru.
PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP TINGKAT KEINTIMAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL Elisabeth Sitepu
JURNAL SOCIAL OPINION: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Vol 4 No 1 (2019): APRIL
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Darma Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (583.441 KB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Intensitas Penggunaan Smartphone Terhadap Tingkat Keintiman Komunikasi Interpersonal” yang bertujuan untuk menganalisis pengaruh komunikasi melalui blackberry messenger untuk meningkatkan keintiman komunikasi interpersonal. Penelitian ini menggunakan metode korelasional, yaitu metode yang bertujuan meneliti sejauh mana variasi pada suatu faktor berkaitan dengan faktor lain. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Total Sampling, dimana teknik pengambilan sampel adalah mengambil seluruh anggota populasi sebagai responden atau sampel. Hasil keseluruhan penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh intensitas penggunaan smartphone terhadap tingkat keintiman komunikasi interpersonal . Pengaruh tersebut merupakan hubungan yang cukup berarti. Hasil ini diperoleh dengan menggunakan uji hipotesis yang dilambangkan dengan rs. Diperoleh hasilnya = 0,627, dan berdasarkan skala Guillford berada pada skala yang menunjukkan hubungan yang cukup berarti.

Page 1 of 1 | Total Record : 6