cover
Contact Name
Deanty Rumandang Bulan
Contact Email
deantyrbulan@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
metamorfosis.pbsi@gmail.com
Editorial Address
JL. R.A.A. Wiranatakusumah No.7 Baleendah Kab. Bandung 40375
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Metamorfosis: Jurnal Bahasa Sastra Indonesia dan Pengajarannya
Core Subject : Education,
METAMORFOSIS merupakan terbitan jurnal ilmiah dalam lingkup kebahasaan, Sastra, dan pengajarannya yang dipublikasikan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bale Bandung untuk mempublikasikan hasil karya tulis ilmiah Dosen maupun mahasiswa di lingkungan Universitas Bale Bandung maupun dari luar Universitas Bale Bandung. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dan karya tulis ilmiah hasil pemikiran dalam bidang keilmuan bahasa, Sastra Indonesia, dan pengajarannya. Jurnal Metamorfosis dengan nomor P-ISSN 1978-9842 (Media Cetak) dan E-ISSN 2798-673X (Media Online) diterbitkan secara berkala dua kali dalam satu tahun yaitu pada setiap bulan April dan Oktober.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 14 No. 1 (2021): METAMORFOSIS Edisi Bulan April 2021 | Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Peng" : 8 Documents clear
KEEFEKTIFAN STRATEGI SQRACT BERBASIS HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN WACANA ILMIAH Rina Andriani
METAMORFOSIS | Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya Vol. 14 No. 1 (2021): METAMORFOSIS Edisi Bulan April 2021 | Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Peng
Publisher : Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UNIBBA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (299.181 KB) | DOI: 10.55222/metamorfosis.v14i1.539

Abstract

Kehadiran era kesejagatan menuntut masyarakat untuk terampil menyerap dan mencerna informasi yang mengalir deras dengan cepat. Oleh karena itu kemampuan membaca pemahaman yang tinggi penting dimiliki oleh setiap orang. Di dalam membaca pemahaman terjadi proses memahami makna yang terdapat dalam suatu bacaan secara mendetail, utuh, dan menyeluruh, selain itu seseorang tidak hanya berpikir aktif tetapi hingga tataran yang lebih tinggi yaitu berpikir kritis dan kreatif sehingga mampu mencipta. Strategi SQRACT berbasis HOTS ini adalah strategi pembelajaran yang berbasis pada 3actori- langkah pembelajaran ilmiah yang menggali kemampuan kognitif seseorang sampai ranah tertinggi yaitu mencipta. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pembelajaran membaca pemahaman wacana ilmiah dengan menggunakan strategi SQRACT berbasis HOTS siswa kelas X Sekolah Menengah Atas. Desain penelitian ini adalah desain 3actorial 2x2, desain ini digunakan untuk menguji pengaruh utama penggunaan strategi SQRACT berbasis HOTS terhadap kemampuan membaca pemahaman wacana ilmiah. Hasil temuan penelitian terdapat perbedaan hasil belajar membaca pemahaman wacana ilmiah yang signifikan antara kelompok control yang tidak menggunakan strategi SQRACT berbasis HOTS dengan kelompok eksperimen yang menggunakan strategi SQRACT berbasis HOTS. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,005 < 0,05.
PENGGUNAAN TEKNIK NOTE TAKING PAIRS UNTUK MENGOPTIMALKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA Diana Silaswati; Restu Purwanti
METAMORFOSIS | Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya Vol. 14 No. 1 (2021): METAMORFOSIS Edisi Bulan April 2021 | Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Peng
Publisher : Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UNIBBA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (462.58 KB) | DOI: 10.55222/metamorfosis.v14i1.540

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan hasil dari pembelajaran menulis teks berita melalui Teknik Kolaboratif Note-Taking Pairs. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII G SMP Pemuda Banjaran dan dilatarbelakangi oleh keadaan siswa yang kurang menunjukkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran yang masih banyak di bawah KKM, dikarenakan proses pembelajaran masih menggunakan metode konvensional seperti ceramah. Penelitian ini difokuskan pada: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran keterampilan menulis teks berita melalui Teknik Kolaboratif Note-Taking Pairs pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas VIII G SMP Pemuda Banjaran? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis teks berita melalui Teknik Kolaboratif Note- Taking Pairs pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas VIII G SMP Pemuda Banjaran? 3) Bagaimana hasil pembelajaran keterampilan menulis teks berita melalui Teknik Kolaboratif Note-Taking Pairs pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas VIII G SMP Pemuda Banjaran? Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, lembar angket untuk mengetahui minat/keinginan siswa untuk dapat menulis, khususnya menulis teks berita. Selain angket, lembar observasi juga digunakan untuk mengetahui kegiatan guru dan siswa selama proses pembelajaran menulis teks berita yang meliputi keaktifan siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari penilaian hasil belajar siswa di setiap siklusnya. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan Teknik Kolaboratif Note-Taking Pairs dapat meningkatkan hasil belajar siswa serta keaktifan siswa pada pembelajaran menulis teks berita di kelas VIII G SMP Pemuda Banjaran. Dengan demikian, penggunaan Teknik Kolaboratif Note-Taking Pairs dapat dijadikan salah satu teknik pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran menulis berbagai teks yang lainnya.
GAMBARAN KEHIDUPAN TOKOH DRAMA “PENYESALAN DI UJUNG SENJA” HENI YULIANA: PENDEKATAN MIMETIK Pitaloka
METAMORFOSIS | Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya Vol. 14 No. 1 (2021): METAMORFOSIS Edisi Bulan April 2021 | Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Peng
Publisher : Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UNIBBA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (446.437 KB) | DOI: 10.55222/metamorfosis.v14i1.541

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang kehidupan tokoh dalam naskah drama “Penyesalan di Ujung Senja” karya Heni Yuliana. Analisis ini difokuskan mengenai bagaimana gambaran kehidupan dari tokoh bernama Reza yang di dalamnya mencakup kehidupan Reza, yaitu : orang tua, kasih sayang, dan rasa hormat dengan menggunakan pendekatan mimetik. Tiga sisi kehidupan dalam naskah drama ini memiliki gambaran kehidupan yang sama seperti dalam kehidupan nyata. Naskah drama “Penyesalan di Ujung Senja” memiliki cerita yang baik dan dapat dibaca oleh semua kalangan, karena isi nya menceritakan tentang bagaimana kehidupan seorang anak yang memiliki ayah tiri dengan karakter yang keras namun ia tetap menghormatinya. Ia tetap peduli dan menyayangi kedua orang tuanya terlebih pada ibu nya yang telah melahirkan dan merawat ia selama ini. Hasil analisis ini yaitu : (1) rasa hormat seorang anak kepada ayah tiri dengan watak yang keras, (2) tetap rajin belajar dan menuntut ilmu bagaimana pun caranya, (3)menyayangi dan kepedulian terhadap ibu, (4)tetap rajin ibadah (solat). Naskah drama ini mudah dipahami alur ceritanya dan terdapat amanat yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari, sehingga naskah ini bisa digunakan sebagai analisis drama. Naskah drama ini memiliki alur yang baik yang bisa membuat para pembaca tidak merasa kesulitan menentukan jalan ceritanya.
PENGGUNAAN PERANGKAT LUNAK SKETCHUP PRO 2018 DALAM PEMBELAJARAN DRAMA Yulyan Iftanurohman
METAMORFOSIS | Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya Vol. 14 No. 1 (2021): METAMORFOSIS Edisi Bulan April 2021 | Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Peng
Publisher : Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UNIBBA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (541.151 KB) | DOI: 10.55222/metamorfosis.v14i1.542

Abstract

Media pembelajaran menjadi perangkat penting dalam kegiatan belajar mengajar yang dapat berfungsi sebagai alat komunikasi, pemecah masalah, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar. Namun guru masih banyak yang menggunakan media pembelajaran konvensional. Padahal jika guru lebih kreatif, masih banyak objek yang dapat dijadikan media pembelajaran, terlebih mengikutsertakan teknologi dalam pembuatan media. Penggunaan perangkat lunak SketchUp Pro 2018 sebagai media pembelajaran masih tergolong jarang khususnya pada pembelajaran drama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada Desember 2020 dengan melibatkan responden dari siswa sekolah menengah atas di Pandeglang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan pengisian kuesioner melalui platform google form. Analisis dilakukan pada saat pengumpulan data selesai. Hasilnya menunjukan perangkat lunak SketchUp Pro 2018 memiliki potensi sebagai media pembelajaran yang dapat meningkatkan keberhasilan pembelajaran drama.  
KESANTUNAN BERBAHASA INDONESIA DALAM TINDAK TUTUR ILOKUSI PADA ACARA ROSI (CORONA, MEDIA, DAN KEPANIKAN PUBLIK) Dwi Musthofa; Asep Purwo Yudi Utomo
METAMORFOSIS | Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya Vol. 14 No. 1 (2021): METAMORFOSIS Edisi Bulan April 2021 | Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Peng
Publisher : Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UNIBBA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (599.902 KB) | DOI: 10.55222/metamorfosis.v14i1.543

Abstract

Bahasa merupakan alat komunikasi utama dalam kehidupan manusia. Dalam suatu program acara televisi banyak ditemukan tuturan, baik yang menggunakan pengungkapan secara langsung maupun tidak langsung. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan memaparkan kesantunan Bahasa Indonesia dalam tindak ilokusi pada acara Rosi (Corona, Media, dan Kepanikan Publik). Metode yang digunakan pada penelitian ini, yaitu metode deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa penggalan tuturan pembawa acara dan narasumber dalam acara Rosi. Sumber data dalam penelitian ini, yaitu data lisan yang berwujud tuturan yang mengandung tindak tutur ilokusi dan kesantunan berbahasa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, yaitu teknik SLBC (simak libat bebas cakap), teknik observasi, serta teknik catat. Hasil analisis data disajikan dengan menggunakan teknik analisis heuristik. Berdasarkan penelitian ini, ditemukan tindak tutur ilokusi yang berupa tindak tutur asertif, direktif, komisif, ekspresif dan deklaratif. Dari penelitian ini diharapkan dapat mengetahui kesantunan berbahasa dan tindak tutur ilokusi  pada tuturan pembawa acara dan narasumber dalam diskusi yang dilihat dan didengar.
PERBANDINGAN PENGGUNAAN MODEL GI DENGAN NHT TERHADAP KETERAMPILAN MENGIDENTIFIKASI TEKS CERITA FANTASI Tika Sintia; Trisna Helda; Samsiarni
METAMORFOSIS | Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya Vol. 14 No. 1 (2021): METAMORFOSIS Edisi Bulan April 2021 | Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Peng
Publisher : Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UNIBBA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (421.221 KB) | DOI: 10.55222/metamorfosis.v14i1.544

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa faktor, yaitu faktor dari siswa dan faktor dari guru. Pertama, faktor dari siswa, hal ini dapat dilihat dari kurangnya minat siswa dalam pembelajaran mengidentifikasi teks cerita fantasi. Siswa pada dasarnya kurang memahami dan kesulitan dalam mengidentifikasi unsur-unsur teks cerita fantasi. Kedua, faktor dari guru, guru jarang menggunakan model dan teknik dalam proses pembelajaran sehingga siswa kesulitan dalam mengidentifikasi unsur-unsur teks cerita fantasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbandingan model pembelajaran Group Investigation (GI) Dengan Numbered Head Together (NHT) Terhadap Keterampilan Mengidentifikasi Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 29 Solok Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Desain penelitian ini adalah randomized control-group posttes only design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 29 Solok Selatan yang berjumlah 44 orang yang terdaftar pada tahun 2020/2021. Sampel penelitian ini kelas VII1 (Eksperimen 1) dan kelas VII2 (Eksperimen 2). Data penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan mengidentifikasi teks cerita fantasi dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) dan skor hasil tes keterampilan mengidentifikasi unsur-unsur teks cerita fantasi dengan penggunaan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berdasarkan hasil penelitian disimpulkan hal sebagai berikut: Pertama, keterampilan mengidentifikasi teks cerita fantasi siswa kelas VII1 SMP Negeri 29 Solok Selatan dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) memperoleh nilai rata-rata 70,29 dengan tingkat penguasaan 66-75% yaitu berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup. Kedua, keterampilan mengidentifikasi teks cerita fantasi siswa kelas VII2 SMP Negeri 29 Solok Selatan dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) memperoleh nilai rata-rata78,08 dengan tingkat penguasaan 76-85% yaitu berada pada kualifikasi Baik. Ketiga, terdapat perbandingan yang signifikan penggunaan model pembelajaran Group Investigation (GI) dengan Numbered head Together (NHT) terhadap keterampilan mengidentifikasi teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 29 Solok Selatan karena thitung>ttabel (2,52>1,68).
PENGGUNAAN MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPSI DI KELAS VIII SMP YAPERMAS JAKARTA Alvina Rizkiani
METAMORFOSIS | Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya Vol. 14 No. 1 (2021): METAMORFOSIS Edisi Bulan April 2021 | Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Peng
Publisher : Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UNIBBA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (460.99 KB) | DOI: 10.55222/metamorfosis.v14i1.545

Abstract

Menulis merupakan salah satu keterampilan bahasa yang merujuk pada suatu gagasan yang dituangkan melalui sebuah tulisan. Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran yang berkaitan dengan kata atau kalimat, bisa dibilang mata pelajaran yang membosankan namun tidak dapat ditinngal karena ini merupakan mata pelajaran wajib bagi siswa. Metode mind mapping merupakan metode yang dapat membantu untuk menyelesaikan salah satu tugas yaitu menulis yang berkaitan dengan kata, menulis deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan salah satu metode yang mungkin bisa digunakan untuk membantu mengerjakan tugas menulis deskripsi siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitiannya yaitu siswa kelas VIII SMP Yapermas Jakarta. Objek dan sumber data penelitian ini adalah tugas siswa sendiri dan hasil menulis siswa setelah menggunakan metode mind mapping video dan responsive siswa setelah menggunakan metode mind mapping pada  pembelajaran menulis teks dekripsi.
KAJIAN KEDIDAKTISAN NOVEL PEREMPUAN BERKALUNG SORBAN KARYA ABIDAH EL KHALIEQI Welsi Damayanti
METAMORFOSIS | Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya Vol. 14 No. 1 (2021): METAMORFOSIS Edisi Bulan April 2021 | Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Peng
Publisher : Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UNIBBA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (825.573 KB) | DOI: 10.55222/metamorfosis.v14i1.972

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan kedidaktisan yang terdapat dalam novel Perempuan Berkalung Sorban yakni pendidikan agama, pendidikan kognitif, pendidikan sosial, dan pendidikan di bidang kedokteran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, dan memakai teknik analisis isi. Data dalam analisis ini adalah elemen novel yang mengandung nilai kedidaktisan. Sumber data yakni novel Perempuan Berkalung Sorban yang ditulis oleh Abidah El Khaliqi. Prosedur penelitian dilakukan secara bertahap, diawali dengan membaca novel, mengidentifikasi kedidaktisan yang terkandung, mengungkapkan kedidaktisan isi novel dengan bukti dialog atau pernyataan yang terdapat dalam novel. Hasil penelitian ini terdapat (1) 17 kutipan nilai didaktis bidang pendidikan agama, (2) 4 kutipan nilai didaktis bidang pendidikan kognitif, (3) 12 kutipan nilai didaktis bidang pendidikan sosial, dan (4) 1 kutipan nilai didaktis bidang pendidikan kedokteran. Hasil analisis isi novel Perempuan Berkalung Sorban ini direkomendasikan untuk bahan ajar mata kuliah Sastra di sekolah menengah dan perguruan tinggi.

Page 1 of 1 | Total Record : 8