cover
Contact Name
Eko Nur Hermansyah
Contact Email
ekonurhermansyah@unw.ac.id
Phone
+6285641331367
Journal Mail Official
taulany27@gmail.com
Editorial Address
Jl. Diponegoro no 186 Gedanganak - Ungaran Timur, Kab. Semarang Jawa Tengah
Location
Kab. semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Indonesian Journal of Early Childhood : Jurnal Dunia Anak Usia Dini
ISSN : 2655657X     EISSN : 26556561     DOI : 10.35473
Core Subject : Education,
Focus and Scope of Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini is research, study and analysis related to early childhood include; development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, artistic and creative development, parenting, parenting, management institution of early childhood education, early child development assessment, child development psychology, child empowerment, ,learning strategy, Educational tool play, instructional media, innovation in early childhood education and various fields related to Early Childhood Education.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 1 (2021)" : 5 Documents clear
Multimedia Interaktif Dampak Gawai untuk Anak Usia Dini fairuz akmal rabbani
Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini Vol. 3 No. 1 (2021)
Publisher : Universitas Ngudi Waluyo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (529.565 KB) | DOI: 10.35473/ijec.v3i1.565

Abstract

Dalam proses mendidik anak, peran orang tua harus mempunyai kemampuan dalam mengenalkan dan mengawasi anak saat bermain gawai, menciptakan suasana yang menyenangkan bagi anak, agar anak tidak merasa bosan dan jenuh. Orang tua perlu menerapkan aturan kepada anak-anaknya dalam menggunakan gawai. Untuk bisa memanfaatkan gawai dengan efektif harusnya sebagai orang tua bisa memahami dan menjelaskan mengenai konten yang ada pada gawai. Tanpa adanya pendampingan dari orangtua penggunaan gawai tidak akan berfokus pada apa yang diajarkan orangtua. Media pembelajaran ini ditujukan untuk kalangan anak dan orang tua. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menyampaikan informasi tentang dampak gawai terhadap anak usia dini melalui media video audio dan visual, yang diharapkan mampu menjadi media pembelajaran yang interaktif, menarik, dan menambah wawasan terhadap orang tua dan anak sehingga diharapkan menambah pengetahuan anak dan orang tua terhadap media pembelajaran animasi interaktif yang sudah dirancang yaitu Multimedia tentang Dampak Gawai Terhadap Anak Usia Dini.
Peran Guru Pendamping Khusus pada Program Layanan Pendidikan Inklusi di TK Idaman Banjarbaru Siti Liani; Barsihanor Barsihanor; Abdul Hafiz
Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini Vol. 3 No. 1 (2021)
Publisher : Universitas Ngudi Waluyo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (477.464 KB) | DOI: 10.35473/ijec.v3i1.828

Abstract

The concept of learning in inclusion education requires the right strategy. The strategy is tailored to the needs of children with special needs. Ability in classroom management is emphasized for a teacher in an inclusion school, in addition, teachers are required to have competencies in managing learning and understanding aspects of children's development. This research aims to find out the role of special companion teachers in the program inclusion education services at Tk Idaman Banjarbaru. The role of a special companion teachers in the inclusion education service program at Tk Idaman Banjarbaru is carried out in several ways, namely: assessing students at the beginning of the new school year by involving psychologists to find out the types and levels of problems that children experience, making  Individual Learning Programs that are suitable for children with special needs, which are carried out through learning in the classroom and also through resource space provided in order to provide stimulus to ABK, and play a role in assessing, and edification of standards / indicators that have been adjusted to the circumstances of students with special needs.
Peran Guru dalam Pengembangan Bakat dan Minat Anak Melalui Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Ellen Prima
Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini Vol. 3 No. 1 (2021)
Publisher : Universitas Ngudi Waluyo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (390.593 KB) | DOI: 10.35473/ijec.v3i1.829

Abstract

Anak merupakan gererasi penerus bangsa yang memiliki karakteristik perkembangan yang menjadikan mereka individu yang unik. Keberadaan anak menentukan maju atau mundurnya perkembangan suatu bangsa di masa sekarang hingga yang akan datang. Guru memiliki peran yang sangat penting dalam pembelajaran. Peserta didik memerlukan peran seorang guru untuk membantunya dalam proses perkembangan diri dan pengoptimalan bakat dan kemampuan yang dimiliki peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam pengembangan bakat dan minat anak melalui pembelajaran jarak jauh di masa pandemi. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu guru Taman Kanak-Kanak. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara. Hasil penelitian ini yaitu guru berperan sebagai fasilitator, penyedia lingkungan belajar, motivator, evaluator, dan innovator dalam pengembangan bakat dan minat anak melalui pembelajaran jarak jauh di masa pandemi.
Manajemen Kreativitas Pengajaran Musik Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid 19 Christina Dwi Hartanti; Hari Sasongko
Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini Vol. 3 No. 1 (2021)
Publisher : Universitas Ngudi Waluyo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (456.622 KB) | DOI: 10.35473/ijec.v3i1.830

Abstract

The education of early children  before entering primary school level is significant for child development. The government views this as important with the issuance of the National Education System Law No. 20/2003, Article 28, Paragraph 1 concerning PAUD (Early Chilhood Education), which focuses on laying the foundation toward growth  and six development  namely religion dan morals, physical/motoric, cognitive, language, socio-emotional and art. Based on Permendikbud (education system law from ministry department of education and culture) No. 137 of 2014, the goals of PAUD are stated; namely the main goal (quality children) and the objective of the companion (helping readiness to learn). One of the fields that must be developed to support the above goals is music. From various studies concluded, music is a field that greatly affects the development of children at an early age. One the other hand, the success of the goal cannot be separated from the role of the teacher who interacts with students on a daily basis, the teacher-student “meeting” or “interacting” is very important, bacause from the meeting the transformation of knowledge contained in the National Education System Law and Permendukbud can be achieved; the presence of teachers is very important in realizing educational goals. However, with the Covid-19 pandemic, the above methods inevitably have to change; there are no more physical encounters, and the learning process through sosial media has changed the method of teaching music. This is where a teacher is challanged to be more creative so that the learning process continous to run effectively and still refers to the emphasis and goals of PAUD education itself.Keywords: PAUD, creativity, music, transformation of knowledge. AbstrakPendidikan anak-anak sebelum memasuki tingkat sekolah dasar cukup signifikan bagi pengembangan anak. Pemerintah memandang penting hal itu dengan dikeluarkannya UU Sisdiknas No. 20/2003, Pasal 28, Ayat 1 tentang  PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan enam perkembangan, yakni agama dan moral, fisik/motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosional dan seni. Berdasarkan Permendikbud 137 tahun 2014 disebutkan tujuan PAUD, yakni tujuan utama  (anak yang berkualitas) dan tujuan penyerta (membantu kesiapan belajar). Salah satu bidang yang harus dikembangkan untuk mendukung tujuan di atas adalah bidang musik. Dari berbagai penelitian disimpulkan, musik adalah bidang yang sangat mempengaruhi perkembangan anak di usia dini. Di sisi lain keberhasilan tujuan ini tidak dapat dilepaskan dari peran guru yang melakukan interaksi dengan siswa sehari-hari. “pertemuan” antara guru-siswa menjadi sangat penting, sebab dari pertemuan itulah transformasi ilmu yang terdapat di dalam UU Sisdiknas dan Permendikbud di atas dapat tercapai; kehadiran guru menjadi sangat penting dalam merealisasikan tujuan pendidikan. Akan tetapi dengan adanya Pandemi Covid 19, metode di atas mau tidak mau harus berubah: tidak ada lagi pertemuan fisik, dan proses pembelajaran melalui sosial media, maka metode pengajaran musik pun berubah. Di sinilah seorang guru ditantang untuk lebih kreatif agar  proses pembelajaran tetap berjalan efektif dan tetap mengacu pada titik berat dan tujuan pendidikan PAUD itu sendiri.Kata kunci: PAUD, kreativitas, musik, transformasi ilmu
Pengaruh Penggunaan Gambar Seri Terhadap Kemampuan Membaca Anak Pada Kelompok Bermain Melati Kabupaten Gowa Andi Wahyuni Asti; Syamsuardi Saodi
Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini Vol. 3 No. 1 (2021)
Publisher : Universitas Ngudi Waluyo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (650.85 KB) | DOI: 10.35473/ijec.v3i1.870

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan membaca anak sebelum dan sesudah menggunakan gambar seri dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan gambar seri terhadap kemampuan membaca anak. Penelitian ini menggunakan rancangan experimen dengan jenis true experimental design. Pengambilan sampel penelitian menggunakan random sampling sebanyak 40 orang anak. Pengumpulan data melalui angket, observasi, dan dokumentasi. Kemampuan membaca anak diukur menggunakan analisis statistik deskriptif, dan uji t (t-test). Hasil penelitian yang menunjukkan kemampuan membaca anak hasil pretest baik kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol umumnya mengalami kesulitan membaca. Setelah dilakukan pemberian media gambar seri untuk kelompok eksperimen nilai posttest menunjukkan kemampuan membaca yang sangat baik sedangkan kelompok kontrol nilai posttestnya baik sehingga disimpulkan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan penggunaan gambar seri terhadap kemampuan membaca anak di Kelompok Bermain Melati Kabupaten Gowa Propinsi Sulawesi Selatan.

Page 1 of 1 | Total Record : 5