cover
Contact Name
Rizal Amegia Saputra
Contact Email
rizal.rga@bsi.ac.id
Phone
+628111198851
Journal Mail Official
jurnal.justika@bsi.ac.id
Editorial Address
Kampus A Universitas Bina Sarana Informatika Kampus Kota Sukabumi Jl. Cemerlang No. 8 Sukakarya Sukabumi Jawa Barat, 43135 Indonesia
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Justika : Jurnal Sistem Informasi Akuntansi
ISSN : -     EISSN : 2798446X     DOI : https://doi.org/10.31294/justika.v2i2
JUSTIKA: Jurnal Sistem Informasi Akuntansi merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Kota Sukabumi) yang dikelola oleh Program Studi Sistem Informasi Akuntansi Kampus Kota Sukabumi. Jurnal ini berisi tentang karya ilmiah hasil penelitian yang berfokus kepada: Sistem Informasi Akuntansi, Implementasi Software Akuntansi dan Analisa Laporan Keuangan. Frekuensi Terbit: 2 kali setahun (bulan Juni dan Desember) ISSN : 2798-446X (Online)
Articles 22 Documents
Sistem Informasi Pengajuan Pinjaman Pada Koperasi Simpan Pinjam Karya Nusantara Sukabumi Yusti Farlina; Abdul Yani; Eva Marsusanti
JUSTIKA : Jurnal Sistem Informasi Akuntansi Vol 1 No 1 (2021): JUSTIKA : Jurnal Sistem Informasi Akuntansi
Publisher : Program Studi Sistem Informasi Akuntansi Kampus Kota Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/justika.v1i1.254

Abstract

Pekembangan teknologi informasi dan juga internet di era globalisasi ini sangat tinggi dan semakin luas, dengan adanya teknologi informasi maka kebutuhan semakin mudah, teknologi informasi banyak digunakan dikalangan bisnis dan perusahaan dalam berbagai bidang kebutuhan. Salah satunya adalah dalam bidang pengajuan pinjaman dengan menggunakan teknologi yang ada, aktivitas pengajuan pinjaman menjadi lebih mudah dan lebih luas jangkauannya. Koperasi Simpan Pinjam Karya Nusantara Sukabumi adalah salah satu perusahan yang bergerak dibidang peminjaman uang, proses pengajuan pinjaman berlangsung dengan cara calon nasabah mendatangi kantor atau petugas lapangan untuk proses pengajuan pinjaman, sehingga waktu yang dibutuhkan sangat lama. Hal ini menjadi kurang efektif dan efisien dalam proses pengajuan pinjaman. Sistem informasi ini bisa menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan yang ada pada perusahaan ini, serta dengan sistem yang sudah terkomputerisasi  dapat mencapai suatu pekerjaan yang lebih efektif dan efisien. Sistem terkomputerisasi lebih baik dibandingkan dengan sistem manual yang digunakan di Koperasi Simpan Pinjam Karya Nusantara Sukabumi.
Sistem Informasi Akuntansi Pengelolaan Kas Berbasis Web Pada TK Dharma Ayah Sukabumi Dewi Fitrianti; Fitriyani Aulia Rahman; Dicki Prayudi
JUSTIKA : Jurnal Sistem Informasi Akuntansi Vol 1 No 1 (2021): JUSTIKA : Jurnal Sistem Informasi Akuntansi
Publisher : Program Studi Sistem Informasi Akuntansi Kampus Kota Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/justika.v1i1.272

Abstract

TK Dharma Ayah adalah Taman Kanak-kanak yang berlokasi di daerah Sukaraja-Sukabumi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pengelolaan kas pada TK Dharma Ayah, agar sistem pengelolaan kas pada TK Dharma Ayah lebih efektif dan efisien. Pengelolaan kas dalam sekolahan merupakan hal penting dalam kegiatan operasional sekolah dan tidak akan terlepas dari kegiatan yang berhubungan dengan kas. Setiap sekolahan dalam menjalankan operasionalnya membutuhkan kas. Sebagian besar kas sekolahan menyangkut penerimaan dan pengeluaran kas. TK Dharma Ayah dalam mencatat pengelolaan kas masih menggunakan buku kerja, sehingga dalam pengelolaan data masih ada kesalahan dan tidak efektifnya waktu. Dengan adanya bantuan sistem yang terkomputerisasi menggunakan Sublime text, maka data pengelolaan kas hingga laporan dapat diproses lebih cepat dan lebih terjamin keamanan serta keakuratannya dapat mengurangi resiko kesalahan.
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PELAPORAN HARGA SEMBAKO Arrifqa Tashdiqa; Rida Nutria Lestari; Yuri Rahayu; Rifa Nurafifah Syabaniah; Erika Mutiara
JUSTIKA : Jurnal Sistem Informasi Akuntansi Vol 1 No 1 (2021): JUSTIKA : Jurnal Sistem Informasi Akuntansi
Publisher : Program Studi Sistem Informasi Akuntansi Kampus Kota Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/justika.v1i1.446

Abstract

Sistem informasi merupakan kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas manusia untuk mendukung kemudahan dalam mengelola laporan seperti laporan harga pokok sembako. Diskopdagrin Kota Sukabumi adalah instansi yang bertugas mengelola laporan harga sembako. Saat ini kinerja Divisi Perdagangan Diskopdagrin Kota Sukabumi masih kurang maksimal karena masih dikelola secara manual yaitu dengan cara dicatat dibuku, setelah itu dilakukan proses perekapan di ms. Excel sehingga staf melakukan pencatatan dua kali dengan tingkat kesalahan pasti lebih tinggi. Metode penelitian yang dilakukan adalah dengan pengumpulan data meliputi studi pustaka, wawancara, pengamatan secara langsung dan metode pengembangan sistem yaitu model waterfall. Proses pelaporan harga sembako meliputi form log in, data barang, data pasar, data harga barang, data harga borongan dan eceran, data grafik fluktuasi harga barang, data grafik fluktuasi harga borongan dan eceran dan data laporan harga barang beserta harga pasar. Perancangan sistem ini dibuat berdasarkan proses berbasis komputer melalui tahap-tahap use case diagram, activity diagram, perancangan database, desain input-output sehingga menghasilkan suatu rancang bangun yang yang teratur, sehingga proses yang dilakukan dapat berlangsung dengan lebih cepat, dan dapat meminimalkan kesalahan yang mungkin terjadi. Hasil yang diperoleh menunjukan bahwa dengan menggunakan Teknologi Informasi dalam rancang bangun yang diajukan dapat memudahkan dalam pengelolaan data harga sembako dan menghasilkan laporan yang berkualitas.
Sistem Informasi Akuntansi Pendapatan Sewa Kamar Hotel Berbasis Web Anisa Fajria; Sisilia Novianti; Lis Saumi Ramdhani
JUSTIKA : Jurnal Sistem Informasi Akuntansi Vol 1 No 1 (2021): JUSTIKA : Jurnal Sistem Informasi Akuntansi
Publisher : Program Studi Sistem Informasi Akuntansi Kampus Kota Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/justika.v1i1.451

Abstract

Penggunaan komputer dan sudah menjadi kebutuhan yang utama dalam rangka meningkatkan kinerja suatu perusahaan. Maka kebutuhan akan informasi yang tepat seperti ketepatan, kecepatan, kualitas serta pelayanan yang mengolah pengolahan data sangat diperlukan. Oleh karena itu, untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan sarana pendukung yang memadai seperti, sumber daya manusia yang berkualitas , penggunaan komputer secara maksimal serta sistem informasi yang mendukung. Hotel Daun-Daun merupakan hotel yang sedang berkembang dan terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan serta standar kualitas hotel dari berbagai sisi antara lain sisi pemanfaatan Teknologi Informasi. Selama ini sistem transaksi laporan yang sedang berjalan pada Hotel Daun-Daun masih menggunakan sistem manual yang menyebabkan sering terjadinya kesalahan-kesalahan, seperti hilangnya data-data transaksi dikarenakan terlalu banyak arsip yang menumpuk dan kesalahan yang disebabkan kesalahan manusia, sehingga jika terjadi kesalahan pegawai harus mengulangi pencatatan dari awal. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode waterfall dengan teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan studi pustaka. Alat yang digunakan yaitu Boostrap dengan bahasa pemrograman PHP dan MYSQL sebagai database. Sistem yang diajukan mampu mempermudah dalam pembuatan laporan sehingga pencatatan laporan menjadi lebih cepat dan akurat juga meningkatkan hasil kerja karyawan dan manajemen dalam mengelola pendapatan sewa hotel.
Sistem Informasi Akuntansi Persediaan Barang Dagang Dengan Metode FIFO Berbasis Web Desi Susilawati; Yusti Farlina
JUSTIKA : Jurnal Sistem Informasi Akuntansi Vol 1 No 2 (2021): JUSTIKA : Jurnal Sistem Informasi Akuntansi
Publisher : Program Studi Sistem Informasi Akuntansi Kampus Kota Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/justika.v1i2.870

Abstract

Kios Harapan Jaya merupakan kios yang bergerak dibidang penjualan sembako seperti terigu, telor, kacang-kacangan, kecap, gula pasir, gula merah, minyak, dan lain-lain. Kios Harapan Jaya Pasar Cisaat membutuhkan sekali adanya suatu sistem informasi yang dapat mempermudah kinerja karyawan terutama dalam pengelolaan data persediaan. Dikarenakan sistem yang digunakan pada Kios Harapan Jaya ini masih dengan cara pencatatan yang ditulis tangan di buku yang memungkinkan terjadi kesalahan dalam pencatatan data persediaan, kurang akuratnya laporan dan keterlambatan dalam pencarian data, maka dikembangkan sebuah sistem berbasis website guna membantu mengatasi permasalahan pada pengelolaan data persediaan barang dagang yang ada di Kios Harapan Jaya. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan observasi, wawancara dan studi pustaka. Pengembangan sistem informasi ini menggunakan metode Waterfall, karena pengerjaan pada sistem ini dilakukan secara berurutan. Jadi, apabila langkah analisa kebutuhan sistem belum dikerjakan maka tidak akan bisa melanjutkan kelangkah desain, coding, testing dan support. Rancang bangun sistem ini merupakan solusi untuk pemecahan masalah yang ada di Kios Harapan Jaya.
Sistem Informasi Akuntansi Penyewaan Archery Berbasis Web Lis Saumi Ramdhani; Saraswati Yusuf; Ai Nuramanah
JUSTIKA : Jurnal Sistem Informasi Akuntansi Vol 1 No 2 (2021): JUSTIKA : Jurnal Sistem Informasi Akuntansi
Publisher : Program Studi Sistem Informasi Akuntansi Kampus Kota Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/justika.v1i2.880

Abstract

Teknologi Informasi merupakan alat bantu dalam pengambilan keputusan bisnis pada berbagai fungsi dan level manajerial, menjadi suatu hal yang sangat penting bagi pengelola bisnis khususnya pada peningkatan kinerja keuangan suatu perusahaan. Alvo Archery sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang memanah. Sistem yang ada pada Alvo Archery ini masih dilakukan secara manual, mulai dari pencatatan pendaftaran member, sampai penyimpanan data-data lainnya yang berhubungan dengan proses penyewaan, sehingga memungkinkan pada saat proses berlangsung terjadi kesalahan dalam pencatatan, kurang akuratnya laporan yang dibuat dan keterlambatan pencarian data-data yang diperlukan. Metode yang digunakan metode observasi, metode wawancara dan metode studi pustaka. Rancang Bangun sistem informasi ini merupakan solusi yang terbaik untuk memecahkan permasalahan-permasalahan yang ada pada perusahaan ini, serta dengan sistem yang terkomputerisasi dapat tercapai suatu kegiatan yang efektif dan efesien dalam menunjang aktifitas pada perusahaan ini. Sistem yang digunakan yaitu web, Sistem yang terkompputerisasi lebih baik dari sistem manual agar berjalan lebih efektif dan efesien serta sistem penyewaan yang sekarang lebih kondusif dibandingkan sistem yang terdahulu.
Sistem Informasi Akuntansi Retur Penjualan Berbasis Web Di Butik Home Fashion Sukabumi. Leona Miranti; Dicki Prayudi; Rusda Wajhillah; Rusli Nugraha
JUSTIKA : Jurnal Sistem Informasi Akuntansi Vol 1 No 2 (2021): JUSTIKA : Jurnal Sistem Informasi Akuntansi
Publisher : Program Studi Sistem Informasi Akuntansi Kampus Kota Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/justika.v1i2.892

Abstract

At this time, data and information processing require the speed and accuracy of the data, based on the knowledge we get, to obtain better results it must be supported by an appropriate and relevant information technology to be applied in an institution /agency. The Sukabumi Home Fashion Boutique requires a system that supports sales returns that can facilitate the sales system which has not yet been computerized, the following are the methods used after conducting research, namely by using software development methods and data collection methods such as observation, interviews, literature review. The system used by the Sukabumi Home Fashion Boutique at this time starts from the customer submits the item he wants to return, the employee checks the item, then the cashier looks for customer transactions to make a sales return note, then the cashier returns the return money to the customer, and the cashier makes a report. So that it is possible during the process there are errors in recording and less accurate reports. Regarding the weakness in the sales return system at the Sukabumi Home Fashion Boutique, to help the Sukabumi Home Fashion Boutique, a Web-based Sales Return Application Design System was created, which can be used as a solution to overcome these problems and can run more effectively and efficiently.
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PADA TOKO BUJUR TIMUR Stefani Lorenza; Zaki Kusuma Wardani; Erma Delima Sikumbang
JUSTIKA : Jurnal Sistem Informasi Akuntansi Vol 1 No 2 (2021): JUSTIKA : Jurnal Sistem Informasi Akuntansi
Publisher : Program Studi Sistem Informasi Akuntansi Kampus Kota Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/justika.v1i2.893

Abstract

Sistem informasi akuntansi dapat mempermudah proses transaksi penjualan dan dapat menghasilkan laporan penjualan yang lebih akurat, efisien dan menghemat waktu. Laporan penjualan yang tepat waktu dan akurat diperlukan untuk proses pengambilan keputusan bagi pemilik bisnis. Toko Bujur Timur merupakan bengkel sepeda yang cukup berkembang, karena tidak hanya melayani jasa service sepeda tetapi juga menjual sparepart sepeda dan berbagai macam peralatan rumah tangga. Saat ini Toko Bujur Timur menggunakan sistem yang belum terkomputerisasi. Pencatatan transaksi penjualan, tidak memiliki sistem apapun dan hanya mengandalkan penghitungan dan pencatatan secara manual pada selembar kertas. Oleh karena itu, penulis merancang sebuah sistem informasi akuntansi berbasis web pada Toko Bujur Timur agar dapat mengurangi resiko kesalahan dalam pencatatan data transaksi penjualan. Metode yang digunakan yaitu metode waterfall sebagai metode pengembangan software. Dengan adanya sistem berasis web ini, Toko Bujur Timur dapat memantau stok barang, transaksi penjualan, dan membuat laporan dengan mudah dan akurat.
Optimalisasi Sistem Pembayaran Administrasi Kesiswaan Berbasis Website Ami Rahmawati; Ita Yulianti
JUSTIKA : Jurnal Sistem Informasi Akuntansi Vol 1 No 2 (2021): JUSTIKA : Jurnal Sistem Informasi Akuntansi
Publisher : Program Studi Sistem Informasi Akuntansi Kampus Kota Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/justika.v1i2.940

Abstract

Sebagai salah satu lembaga pendidikan formal, SMK (Sekolah Menengah Kejurusan) khususnya SMK Abdi Bangsa selalu berupaya memberikan pelayanan yang terbaik bagi siswa/i khususnya dalam pelayanan administrasi kesiswaan. Namun, pada kenyataannya penyelenggaraan pelayanan yang dilakukan hampir di setiap sekolah masih dihadapkan pada pelayanan yang belum efektif dan efisien. Hal ini dikarenakan pencatatan administrasi kesiswaan pada sekolah tersebut masih dilakukan secara konvensional yang terkadang masih terjadinya kesalahan pencatatan. Oleh karena itu, reformasi dan modernisasi diperlukan dengan memanfaatkan teknologi informasi. Penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk membangun sistem yang dapat menyempurnaan sistem yang sebelumnya telah ada dengan memperbaiki dari kekurangannya sehingga kebutuhan pelayanan administrasi kesiswaan dapat berjalan secara efektif dan efisien. Sistem yang dibangun yaitu berupa sistem pembayaran administrasi kesiswaan berbasis website menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Sedangkan untuk metode penelitian yang digunakan yaitu ada dua metode yakni metode pengembangan perangkat lunak waterfall dan metode pengumpulan data yang terdiri dari observasi, wawancara dan studi pustaka. Dari hasil sistem yang dibangun menunjukkan bahwa dengan adanya sistem ini dapat mengoptimalkan kinerja pelayanan administrasi karena dapat memberikan kemudahan, kecepatan dan ketepatan pencatatan yang lebih baik jika dibandingkan dengan sistem berjalan sebelumnya.
Sistem Informasi Pengelolaan Transaksi Kas Pada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Sukabumi Arya Widandi; Yuri Rahayu; Renny Oktapiani; Rusli Nugraha
JUSTIKA : Jurnal Sistem Informasi Akuntansi Vol 2 No 1 (2022): JUSTIKA : Jurnal Sistem Informasi Akuntansi
Publisher : Program Studi Sistem Informasi Akuntansi Kampus Kota Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/justika.v2i1.1174

Abstract

Pengelolaan kas pada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Sukabumi selama ini masih menggunakan cara-cara konvensional, yakni melakukan pencatatan pada buku kerja. Hal tersebut tentu memiliki banyak kekurangan antara lain terjadinya kesalahan input data dan kekeliruan perhitungan sehingga dianggap tidak efektif dan efisien. Mengingat pentingnya kegiatan pengelolaan kas pada lembaga ini, maka dipandang perlu adanya sebuah sistem yang terkomputerisasi dan berbasis web, yang dapat membantu proses pengolahan data dan pelayanan informasi pada lingkup pengelolaan kas. Berdasarkan hal tersebut penulis menyusun sebuah rancang bangun aplikasi agar kegiatan pengelolaan kas, mulai dari pengolahan data hingga penyajian laporan dalam bentuk jurnal dapat dilakukan lebih akurat, efektif dan efisien Metode pengembangan yang digunakan dalam pembuatan perancangan pengelolaan kas ini menggunakan model Waterfall yang menggambarkan pendekatan alur hidup perangkat lunak secara sistematis. Desain sistem yang dirancang terbagi dalam beberapa bagian seperti desain data sistem perangkat lunak, repsentasi antar muka dan prosedur pengodean untuk pengelolaan kas.. Software yang digunakan dalam pembuatan desain sistem pengelolaan kas adalah Sublime text, Mysql dan Xampp 3.2.4 sedangkan tools yang digunakan untuk perancangan representasi antar muka yang akan dibuat yaitu PHP, CSS, Javascript dan HTML.

Page 1 of 3 | Total Record : 22