cover
Contact Name
Ahmad Ashifuddin Aqham
Contact Email
ahmad.ashifuddin@gmail.com
Phone
+6285726173515
Journal Mail Official
Dimas@stie-trianandra.ac.id
Editorial Address
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trianandra Jl. Diponegoro No.69, Dusun I, Wirogunan, Kec. Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57166 ; Email : lppm@stie-trianandra.ac.id
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Manajemen Kreatif Jurnal
ISSN : 29639638     EISSN : 29639654     DOI : 10.55606
Core Subject : Science,
Manajemen Sumberdaya Manusia , Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sektor Publik, Manajemen Operasional, Manajemen Rantai Pasokan, Corporate Governance, Etika Bisnis, Akuntansi Manajemen dan Pasar Modal dan Investasi.
Articles 80 Documents
Pengaruh Minat Belanja Menggunakan E-commerce Shopee Bagi Kalangan Anak Muda Di Solo Raya Ananda Nur Wahit; Erlin Rahmawati; Rizqa Nurul Latifah
Manajemen Kreatif Jurnal Vol 1 No 1 (2023): Februari: Manajemen Kreatif Jurnal
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trianandra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1156.313 KB) | DOI: 10.55606/makreju.v1i1.923

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh pengetahuan terkait pengaruh frekuensi penjualan, kepercayaan berbelanja, dan keamanan berbelanja terhadap minat kaum muda untuk melakukan pembelian dari toko e-commerce di Solo Raya. Penelitian penjelasan semacam ini menggunakan metodologi kuantitatif. Remaja dari wilayah Solo Raya yang berusia antara 15 dan 25 tahun menjadi populasi penelitian. Purposive sampling digunakan untuk memilih sampel 129 peserta dari survei online yang diselesaikan. Komputer SPSS 23.0 digunakan untuk analisis regresi linier berganda dari data penelitian. Menurut temuan studi dan analisis data, kepercayaan belanja, keamanan belanja, dan frekuensi belanja semua berdampak pada niat konsumen untuk melakukan pembelian online. Hasil subtes menunjukkan bahwa frekuensi, keamanan belanja, dan kepercayaan belanja secara signifikan mempengaruhi kemungkinan melakukan pembelian online.
Peer to Peer Lending , E-Money, and Crowdfunding Economic Perspective Sharia Novita Sari Pulungan; Andri Soemitra; Rukiah Lubis
Manajemen Kreatif Jurnal Vol 1 No 1 (2023): Februari: Manajemen Kreatif Jurnal
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trianandra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1458.281 KB) | DOI: 10.55606/makreju.v1i1.924

Abstract

The development of information technology has penetrated all financial sectors, including sharia financial technology. The concept of Sharia Fintech Innovation must be guided by the Qur'an and Sunnah. By the Fatwa of the National Sharia Council-Indonesian Ulema Council (DSN-MUI). Of the many startups registered with the OJK and BI, only a small number operate according to sharia principles. The lack of literacy related to sharia fintech innovation is the reason why conventional fintech products and services are more attractive to the public. This study aims to explain the concept of fintech products and services in sharia principles and is limited to three products, namely Peer to Peer Lending, E-Money, and Crowdfunding. The method used in this research is literature study, by taking various references and literature related to research. The results of the study explain that 1) Sharia principles related to peer-to-peer lending, e-money, and crowdfunding are by the Fatwa of the National Sharia Council-Indonesian Ulema Council, namely that one must avoid Riba, Gharar, Maysir , Tazlis, Ishraf and transactions of illicit goods. 2) The contracts used for peer-to-peer lending are in line with the characteristics of financing services such as al-bai', ijarah, mudharabah, musyarakah, wakalah bi al ujrah, and qardh. Whereas e-money uses two contracts, namely the contract between the Issuer and the Holder using a wadiah contract and the contract between publishers and traders using a wakalah contract.
PENGARUH JOB SATISFACTION, JOB EMBEDDEDNESS, DAN BEBAN KERJA TERHADAP TURNOVER INTENTION PADA PEKERJA DIVISI MARKETING PT MUSAWA LAND DI KOTA SEMARANG Dysta Shafira Oktaviani; Ratih Hesty Utami; Qristin Violinda
Manajemen Kreatif Jurnal Vol 1 No 1 (2023): Februari: Manajemen Kreatif Jurnal
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trianandra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1147.53 KB) | DOI: 10.55606/makreju.v1i1.950

Abstract

This study aims to determine what factors influence Turnover Intention in Marketing Division employees at PT Musawa Land in Semarang City. The population used in this study are all marketing division imployess in the PT Musawa Land and the sample used is 112 employees with the slovin formula, using a probability sampling technique with a random sampling method. Data analysis in this study used the SPSS 24 program. Testing the hypothesis with a multiple linear regression approach. The results of the analysis and discussion show that the variables have a partial effect, namely; Job Satisfaction has a negative and significant effect on Turnover Intention, Job Embeddedness has a negative and significant effect on Turnover Intention, Workload has a positive and significant effect on Turnover Intention for Marketing Division employees at PT Musawa Land in Semarang City.
PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL, KONSEP DIRI, DAN STRES KERJA TERHADAP IKLIM KERJA PT. INDOFOOD CBP SUKSES MAKMUR,TBK Mochamad Rizal Yulianto; Zahrotul Maftuhkin; Misti Hariasih; Mochamad Nashrullah
Manajemen Kreatif Jurnal Vol 1 No 1 (2023): Februari: Manajemen Kreatif Jurnal
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trianandra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1520.545 KB) | DOI: 10.55606/makreju.v1i1.962

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi Iklim Kerja di PT Indofood CBP Sukses Makmur, Tbk yang meliputi faktor Komunikasi Interpersonal (X1), Konsep Diri (X2) dan Stres Kerja (X3). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang melibatkan 60 orang karyawan bagian prooduksi di PT Indofood CBP Sukses Makmur, Tbk sebagai responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pembagian kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan formula statistik, yakni dengan menggunakan analisis regresi berganda yang pengolahannya dilakukan dengan program SPSS versi 18.0. Hasil olahan program SPSS Versi 18.0 juga menunjukkan bahwa variabel Komunikasi Interpersonal (X1), Konsep Diri (X2) dan Stres Kerja (X3) berpengaruh secara parsial terhadap variabel Iklim Kerja (Y) di PT Indofood CBP Sukses Makmur, Tbk. Hasil olahan program SPSS Versi 18.0 menunjukkan bahwa variabel Komunikasi Interpersonal (X1), Konsep Diri (X2) dan Stres Kerja (X3) jika diuji secara serempak (simultan) berpengaruh positif terhadap Variabel Iklim Kerja (Y) di PT Indofood CBP Sukses Makmur, Tbk.
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Trubus Sport Center di Tana Paser Nuriyah Nuriyah; Ainun Ainun; Wahyudi Wahyudi
Manajemen Kreatif Jurnal Vol 1 No 1 (2023): Februari: Manajemen Kreatif Jurnal
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trianandra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (134.834 KB) | DOI: 10.55606/makreju.v1i1.968

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Trubus Sport Center Tana Paser. Dan hasil penelitian diketahui bahwa variable keandalan (X1), daya tanggap (X2), jaminan (X3), empati (X4), dan bukti langsung (X5) bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y) pada Trubus Sport Center Tana Paser. Manfaat penelitian ini adalah sebagai informasi bahwa kualitas pelayanan yang terdiri dari keandalan (X1), daya tanggap (X2), jaminan (X3), empati (X4), dan bukti langsung (X5) sangat penting untuk kepuasan pelanggan. Dari metode analisis linier berganda dengan bantuan program SPSS Versi 20.00 diperoleh sebagai berikut : Y = 0,312 + 0,436X1 + 0,318 X2 + 0,323X3 + 0,102X4 - 0,235X5. Dengan nilai konstanta sebesar 0,312 mempunyai arti kepuasan pelanggan akan meningkat sebesar 0,312 jika variabel keandalan (X1), daya tanggap (X2), jaminan (X3), empati (X4), dan bukti langsung (X5) konstan atau tetap. Koefesien korelasi (R) adalah sebesar 0,775 artinya bahwa hubungan variabel keandalan (X1), daya tanggap (X2), jaminan (X3), empati (X4), dan bukti langsung (X5) adalah kuat. Koefesien determinasi (R2) sebesar 0,601 atau 60,1% artinya variabel keandalan (X1), daya tanggap (X2), jaminan (X3), empati (X4), dan bukti langsung (X5) mempengaruh variabel kepuasan pelanggan (Y) sebesar 60,1%, sedangkan sisanya 39,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Berdasar data diatas dapat diperoleh Fhitung 15,939 dengan Ftabel 2,3894 artinya Fhitung 15,939 > Ftabel 2,3894 dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak, artinya variabel keandalan (X1), daya tanggap (X2), jaminan (X3), empati (X4), dan bukti langsung (X5) berpebgaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y) pada Trubus Sport Center Tana Paser. Berdasarkan hasil uji t dapat disimpulkan bahwa variabel daya tanggap (X2) mempunyai pengaruh yang paling dominan terhadap variabel kepuasan pelanggan (Y), yang mana nilai t-hitung yang tersesar yaitu sebesar 3,910, sedangkan ttabel 1,6741, sehingga thitung > ttabel atau 3,910 > 1,6741 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Ini berarti hipotesis tidak terbukti kebenaranya atau ditolak.
Pengaruh Faktor Psikologis Terhadap Perilaku Pembelian Kompulsif (Studi Kasus Pembelian Produk Ponsel Apple Pada Mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro) Tsaltsa Awani Arzakia; Mahmud
Manajemen Kreatif Jurnal Vol 1 No 1 (2023): Februari: Manajemen Kreatif Jurnal
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trianandra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (833.684 KB) | DOI: 10.55606/makreju.v1i1.974

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji indikator psikologis yang dominan dari perilaku kompulsif seperti harga diri, pengendalian diri dan materialisme. Responden dalam penelitian ini berjumlah 101 orang, berdasarkan sebaran survei online selama 14 hari. Mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro yang membeli ponsel Apple berpartisipasi dalam survei ini. Non-probability sampling adalah metode pemilihan yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga diri dan materialisme berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pembelian kompulsif. Sedangkan pengendalian diri tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pembelian kompulsif.
Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Sekolah di Era Revolusi Industri 4.0 Fitra Nita Nur; Mardia Hi Rahman; Marwia Tamrin Bakar
Manajemen Kreatif Jurnal Vol 1 No 1 (2023): Februari: Manajemen Kreatif Jurnal
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trianandra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1150.467 KB) | DOI: 10.55606/makreju.v1i1.989

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menganalisis mengenai kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah di era revolusi industry 4.0. Metode yang digunakan dalam artikel ini yaitu studi literatur. Data diperoleh dengan cara mengkaji berbagai sumber lteratur. Hasil menunjukan bahwa kepemimpinan kepala sekolah pada era revolusi industri 4.0 diharuskan untuk selalu mengikuti perkembangan teknologi dalam menjalankan kepemimpinannya. Hal ini, sangat mempengaruhi mutu sekolah dalam menghadap perkembangan zaman. Salah satu unsur yang harus direalisasikan kepala sekolah dalam kepemimpinannya yaitu peran penting kepemimpinan untuk menjalankan kepemimpinannya secara efektif dan efisien. Kepala sekolah diharapkan dapat meninjau kembali sistem yang telah terapkan selama ini, apakah sistem tersebut telah jalan dan sesuai dengan perkembangan di era revolusi industry 4.0.
Determinant Factor of Consumers’ Decision Relating to The Purchase of Selection Food Shop Bernadeta Wahyu Astri Pratita
Manajemen Kreatif Jurnal Vol 1 No 1 (2023): Februari: Manajemen Kreatif Jurnal
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trianandra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (80.188 KB) | DOI: 10.55606/makreju.v1i1.990

Abstract

Consumers’ purchasing decision of a product or service can be affected by several factors. In this research there are 5 factors: product, employee service, culture, price and psychological. The purpose of this study is to determine whether these 5 factors are the factor considered by the customers in purchasing products in the selection food shop (Mie Setan). This research uses quantitative approach with 100 respondents as sample. They were obtained with incidental sampling technique. Data were obtained by using questionnaire instrument. Meanwhile, the technique of data analysis used confirmatory factor analysis. The result show that the most determinant Factor of consumers’ decision purchasing is the product.
MENUMBUHKAN JIWA SOSIAL DAN BERBUDAYA DALAM RANGKA MENDORONG PEMULIHAN PEREKONOMIAN NASIONAL PASCA PANDEMI Moch. Dicky Riza; Endah Alamsari Andayani
Manajemen Kreatif Jurnal Vol 1 No 1 (2023): Februari: Manajemen Kreatif Jurnal
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trianandra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1154.385 KB) | DOI: 10.55606/makreju.v1i1.1009

Abstract

Menumbuhkan jiwa sosial budaya dalam masa covid-19 sangat penting dilakukan untuk menstabilkan perekonomian Nasional pasca pandemi. Seperti yang terjadi pandemi Covid-19, banyak sekali peraturan pemerintah yang membuat melemahnya perekonomian bangsa. Oleh karena itu pentingnya membangun jiwa sosial yang sadar bahwa kerjasama antar sesama masyarakat meskipun dengan keterbatasan sosial dengan adanya Covid-19 yang membantu memulihkan perekonomian nasional. Pemerintah juga turut mengatasi masalah keterbatasan komunikasi sosial dengam menfasilitasi masyarakat dengan menggunakan teknologi sebagai sarana dalam membangun komunikasi tanpa harus bertatap muka. Teknologi dapat digunakan sebagai media dalam membangun perekonomian bangsa yang sempat menurun, dengan adanya digital marketing yang sangat berfungsi bagi pelaku bisnis dalam memenuhi target pasar pada masa pandemic. Dalam mewujudkan masyarakat yang paham akan adanya digital marketing pemerintah juga menumbuhkan jiwa sosial dengan adanya bakti sosial dan sosialisasi pada masyarakat dalam ikut membantu mendorong pemulihan perekonomian. Tidak hanya itu bantuan juga di gelontorkan oleh pemerintah dalam mendorong pemulihan ekonomi bangsa. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode study kepustakaan dimana dengan pengumpulan data menggunakan metode studi pustaka yakni dengan cara penulis mengumpulakan data dari berbagai sumber pencarian yang diperlukan melalui sumber media yang bersifat kepustakaan. Berbagai media tersebut bisa dalam bentuk buku, jurnal, prosiding, atau berita online yang mendukung penelitian ini.
PERAN APLIKASI DIGITAL INVESTASI SAHAM TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI INDONESIA Mutiara Fathullaili Putri; Siska Widyaningsih
Manajemen Kreatif Jurnal Vol 1 No 1 (2023): Februari: Manajemen Kreatif Jurnal
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trianandra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (775.652 KB) | DOI: 10.55606/makreju.v1i1.1010

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan platform digital berupa aplikasi saham dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia, dimana di era digitalisasi bermunculan berbagai aplikasi saham dalam beberapa tahun terakhir. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan data sekunder dari laporan statistik Otoritas Jasa Keuangan, laporan statistik Badan Pusat Statistik, laporan statistik Kustodian Sentral Efek Indonesia, dan studi literatur. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah menganalisis, menggambarkan, dan meringkas berbagai kondisi dari berbagai data yang dikumpulkan dan diamati. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa volume transaksi saham di bursa efek tahun 2021 rata-rata mencapai sebesar 424,704 juta saham, mengalami kenaikan signifikan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya yakni pada 2020 rata-rata sebesar 235,284 juta saham dan pada 2019 rata-rata sebesar 296,864 juta saham. Sebaran Investor Domestik di Indonesia tahun 2021 rata-rata mencapai 16.66% dengan total aset rata-rata sebesar 140,29 Triliun Rupiah. Program edukasi dan literasi yang diberikan oleh pihak sekuritas mengenai aplikasi digital investasi berperan dalam peningkatan jumlah investor sehingga berpengaruh pada peningkatan transaksi saham, hal tersebut memberikan dampak positif pada perekonomian nasional Indonesia.