cover
Contact Name
PURWANTORO
Contact Email
purwan78@gmail.com
Phone
+6282389309953
Journal Mail Official
jurnalcanoekonomos@gmail.com
Editorial Address
Jalan Tuanku Tambusai Kumu Rambah Hilir Rokan Hulu, Riau
Location
Kab. rokan hulu,
Riau
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos
ISSN : 23019506     EISSN : 29621038     DOI : https://doi.org/10.30606/cano
Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos is one of the scientific publication journals published by the Faculty of Economics, Pasir Pengaraian University. The aim of the Cano Ekonomos Journal (Journal Of Management And Economics) is to establish effective communication channels between stakeholders including academic and research institutions, businesses, government, and society. It also aims to disseminate research findings in the development of management and economic theory and practice, particularly in Indonesia. published twice a year (January and Agustus)
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 11 No. 1 (2022): Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos" : 8 Documents clear
DETERMINAN KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PADA BUMDES DI KECAMATAN RAMBAH Zulkarnain; Dessy Kumala Dewi
Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos Vol. 11 No. 1 (2022): Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Pasir Pengaraian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30606/cano.v11i1.1455

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah Untuk mengetahui apakah tingkat pendidikan berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan BUMDes, Untuk mengetahui apakah pengalaman kerja berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan BUMDes, Untuk mengetahui apakah Pemanfaatan teknologi informasi berpengaruh terhadap laporan keuangan BUMDes, Untuk mengetahui apakah komitmen organiasi berpengaruh terhadap laporan keuangan BUMDes.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu sebuah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti populasi atausampel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif atau statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik (meliputi uji normalitas, uji multikolinieritas dan uji heterokedastisitas), uji regresi linier berganda dan uji hipotesis dengan menggunakan program SPSS (Statistic Package for Sosial Sciens).Hasil peneltian ini menunjukkan bahwa secara parsial tingkat Pendidikan berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan, Pengalaman kerja tidak berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan, Pengunaan teknologi informasi tidak berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan, Komitmen organisasi tidak berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan. Secara simultan tingkat Pendidikan, pengalaman kerja, pemanfaatan teknologi informasi dan komitmen organisasi secara simultan berpengaruh positif terhadap kualitas laporan keuangan.
ANALISIS OPINI BPK ATAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH PUSAT Sri Yunawati
Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos Vol. 11 No. 1 (2022): Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Pasir Pengaraian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30606/cano.v11i1.1594

Abstract

Tujuan penelitian adalah menganalisis dan memberikan diskripsi hal-hal yangmenyebabkan pemberian opini BPK atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP)tahun 2013. Laporan hasil Pemeriksaan BPK atas LKPP Tahun 2013 adalah WajarDengan Pengecualian (WDP) dimana Pemerintah Pusat harus meningkatkan kualitaslaporan keuangan yang ditandai dengan opini dari BPK. Penelitian ini merupakan jenispenelitian deskriptif dengan menggunakan jenis data kualitatif. Penelitian inimenggunakan data sekunder sebagai sumber data yang dikumpulkan dengan riset dokumenkemudian dianalisis menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwaopini WDP dari BPK yang diberikan kepada LKPP disebabkan adanya temuan kasusketidakpatuhan terhadap perundang-undangan yang terdapat sembilan temuan dari LKPP.Namun demikian penyajian atas laporan keuangan telah sesuai dengan Standar AkuntansiPemerintah (SAP).
MENGANALISIS DAMPAK MOTIVASI KERJA DAN KOMPENSASI DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH KABUPATEN ROKAN HULU Seprini
Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos Vol. 11 No. 1 (2022): Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Pasir Pengaraian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30606/cano.v11i1.1595

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak motivasi kerja dan kompensasidalam upaya meningkatkan kinerja pegawai Badan Perencanaan Pembangunan DaerahKabupaten Rokan Hulu. Penelitian ini dilaksanakan dengan mengambil lokasi pada BadanPerencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Rokan Hulu. Populasi penelitian adalahseluruh pegawai (PNS dan Honorer) yang berjumlah 73 orang, sehingga seluruhnyadijadikan responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan denganmenggunakan metode sensus yaitu seluruh populasi dijadikan sampel. Analisis datamenggunakan regresi linear berganda, dimana variabel bebas adalah motivasi dankompensasi sedangkan variabel terikat kinerja pegawai. Berdasarkan hasil penelitian,ditemukan bahwa pengaruh motivasi kerja (X1) terhadap kinerja pegawai (Y), yaitu sebesar76,40% adalah signifikan (bermakna) hal ini dibuktikan dari uji t hitung sebesar 8,120 > ttabel sebesar 1,671 dengan sig sebesar 0,00 lebih kecil dari 0,05 sehingga Ha diterima danHo ditolak. Selanjutnya, pengaruh kompensasi (X2) terhadap kinerja pegawai (Y) sebesar28,8% adalah signifikan (bermakna) hal ini dibuktikan dari uji t hitung sebesar 2,023 > ttabel sebesar 1,671 dengan sig sebesar 0,047 lebih kecil dari 0,05 sehingga Ha diterima danHo ditolak. Sedangkan pengaruh motivasi kerja dan kompensasi terhadap kinerja pegawaisecara simultan (bersama-sama) sebesar 83,70% dan sisanya sebesar 16,30% dipengaruhioleh variabel lain yang tidak diteliti seperti kepemimpinan, budaya organiasi, dan lain-lain.
PENGARUH KETERLIBATAN KERJA, MASA KERJA DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI KARYAWAN DI RUMAH SAKIT SURYA INSANI KABUPATEN ROKAN HULU Muhammad Syarkawi
Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos Vol. 11 No. 1 (2022): Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Pasir Pengaraian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30606/cano.v11i1.1596

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterlibatan kerja, masa kerja dan kepuasan kerja berpengaruh terhadap komitmen organisasi karyawan di Rumah Sakit SuryaInsani Kabupaten Rokan Hulu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan yangbekerja pada Rumah Sakit surya Insani Kabupaten Rokan Hulu. Sampel penelitianmenggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sebanyak 59 orang. Metodepengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan kuesioner. Analisis datamenggunakan regresi linier berganda dengan program SPSS. Secara parsial, diperoleh thitung keterlibatan kerja 0,141, masa kerja 3,009 dan kepuasan kerja 19,232. Secarasimultan, diperoleh F-hitung 135.884. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 87,5% komitmenorganisasi dipengaruhi oleh keterlibatan kerja, masa kerja dan kepuasan kerja, sedangkansisanya 12,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.Kesimpulan dari penelitian ini secara parsial (uji t) hanya masa kerja dan kepuasan kerja yangberpengaruh signifikan terhadap komitmen organisasi, sedangkan pengujian secara simultan(uji F) keterlibatan kerja, masa kerja dan kepuasan kerja secara bersama-sama berpengaruhterhadap komitmen organisasi.
ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN NILAI PELANGGAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN PENJUALAN TIKET MASKAPAI SUSI AIR Nanda Mai Azila
Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos Vol. 11 No. 1 (2022): Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Pasir Pengaraian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30606/cano.v11i1.1597

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar dan nilai pelanggan secara simultan terhadap kinerja pemasaran penjualan tiket Maskapai Susi Airbaik secara parsial maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumenMaskapai Susi Air. Sampel penelitian menggunakan t non probability sampling dengan jenisquota sampling sebanyak 30 orang. Variabel bebas dalam penelitian ini orientasi pasar (X1),nilai pelanggan (X2) d, variabel terikat (Y) kinerja pemasaran. Metode pengumpulan datamenggunakan metode observasi, metode kuesioner dan dokumentasi. Analisis datamenggunakan regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS diperoleh persamaanregresi yaitu Y = 0.454 + 0.206 X1 + 1.386 X2. Dari hasil uji secara parsial diperoleh nilaithitungorientasi pasar sebesar 1,320, thitungdan nilai pelanggan sebesar 4,819. Kesimpulan daripenelitian ini berdasarkan hasil pengujian secara parsial hanya variabel nilai pelanggan yangmemiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran sedangkan pada pengujian secarasimultan orientasi pasar dan nilai pelanggan secara simultan mempunyai pengaruh yangsignifikan terhadap variabel kinerja pemasaran. Besarnya pengaruh yang ditunjukkan yaitu52,5%, Sedangkan sisanya adalah 47,5% kinerja pemasaran dijelaskan oleh variabel-variabellain yang tidak di teliti dalam penelitian ini atau sebab-sebab yang lain diluar model.
PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN MODAL SOSIAL TERHADAP INKLUSI KEUANGAN PEGAWAI POLRES ROKAN HULU Rajani Aditya Parlaungan Daulay
Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos Vol. 11 No. 1 (2022): Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Pasir Pengaraian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30606/cano.v11i1.1598

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh literasi keuangan terhadap inklusi keuangan pegawai Polres Rokan Hulu Rokan Hulu, (2) pengaruh modal sosialterhadap inklusi keuangan pegawai Polres Rokan Hulu Rokan Hulu dan (3) pengaruh literasikeuangan dan modal sosial terhadap inklusi keuangan pegawai Polres Rokan Hulu. Penelitianini merupakan penelitian explanatory research. Populasi penelitian ini adalah pegawaianggota satuan Polres Rokan Hulu. Teknik penentuan sampel menggunakan metodeproportional sampling dengan responden sejumlah 87 responden. Uji keandalan instrumentmeliputi uji validitas dan uji realibilitas, uji asumsi klasik meliputi uji normalitas, ujimultikolonieritas dan uji heteroskedastisitas. Analisis data menggunakan analisis regresilinear berganda menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 66,0%inklusi keuangan dipengaruhi oleh literasi keuangan dan modal sosial, sedangkan sisanya34% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kesimpulan daripenelitian ini literasi keuangan dan modal sosial berpengaruh terhadap inklusi keuangan baiksecara parsial (uji-t) maupun secara simultan (uji F).
PENGARUH DIMENSI WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (SURVEI PADA MAHASISWA FEKON UPP PENGGUNA KARTU SELULER TELKOMSEL) Resnet
Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos Vol. 11 No. 1 (2022): Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Pasir Pengaraian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30606/cano.v11i1.1599

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dimensi word of mouthterhadap keputusan pembelian pada mahasiswa Fekon UPP pengguna kartu selulerTelkomsel. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi UniversitasPasir Pengaraian yang masih aktif kuliah pada tahun 2018. Sampel penelitian menggunakanteknik purposive sampling dengan jumlah sebanyak 67 orang. Variabel bebas dalampenelitian ini membicarakan (X1), merekomendasikan (X2), mendorong (X3) dan variabelterikat keputusan pembelian (Y). Metode pengumpulan data menggunakan observasi dankuesioner. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan program SPSS. Hasilanalisis regresi linier berganda diperoleh persamaan regresi Y = 2,188 + 0,778X1 + 0,638X2+ 1,727 X3. Secara parsial, diperoleh t-hitung membicarakan 4.129, merekomendasikan8.827 dan mendorong 7.880. Secara simultan, diperoleh F-hitung 181.707 Hasil penelitianmenunjukkan bahwa 89,6% keputusan pembelian dipengaruhi oleh dimensi word of mouth yang terdiri dari mebicarakan, merekomendasikan dan mendorong, sedangkan sisanya10,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kesimpulandari penelitian ini dimensi word of mouth yang terdiri dari mebicarakan,merekomendasikan dan mendorong berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelianbaik pada pengujian secara parsial (uji t) maupun pengujian secara simultan (uji F).
Faktor-Faktor Mempengaruhi Kemenangan Pilihan Raya Umum Gubernur Riau 2018: Indonesia Hadrizall; Hamdan M. Salleh
Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos Vol. 11 No. 1 (2022): Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Pasir Pengaraian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30606/cano.v11i1.1670

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bentuk-bentuk strategi komunikasi politik yang digunakan sebagai faktor yang mempengaruhi kemenangan Syamsuar dan Edy Nasution dalam Pilkada Gubernur Riau. Sejauh mana strategi komunikasi politik yang digunakan oleh kontestan dan tim sukses memilih strategi yang tepat untuk memenangkan kompetisi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan diskriptif, dimana temuan diperoleh melalui wawancara dan focus group discussion (FGD), teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif yang akan berkembang terus menerus (snowball). Sudah puas atau jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menemukan beberapa faktor yang mempengaruhi pemilih yaitu, faktor pemberitaan media massa, faktor dukungan parpol yang tepat, faktor kedekatan sosial calon perseorangan dengan pemilih, faktor citra positif yang melekat pada calon perseorangan, faktor penampilan sederhana yang menyentuh hati pemilih, faktor finansial dan faktor pemasaran politik.

Page 1 of 1 | Total Record : 8