cover
Contact Name
Stanny Rawung
Contact Email
stannyrawung@unima.ac.id
Phone
+6281356000444
Journal Mail Official
equilibrium_ie@unima.ac.id
Editorial Address
Jurusan Ilmu Ekonomi- Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Manado email: equilibrium_ie@unima.ac.id
Location
Kab. minahasa,
Sulawesi utara
INDONESIA
Jurnal Equilibrium
ISSN : -     EISSN : 27749665     DOI : -
Jurnal Equilibrium adalah peer review jurnal yang di terbitkan oleh Pragram Studi Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Manado. Jurnal ini berfokus pada studi Ekonomi. Jurnal pertama kali diterbitkan pada tahun 2020. Jurnal di terbitkan tiga kali setahun (April, Agustus dan Desember) dan bertujuan untuk menyebarluaskan hasil penelitian dalam studi Ekonomi. Bahasa yang digunakan dalam Jurnal ini adalah Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
Articles 52 Documents
ANALISIS SISTEM PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH KABUPATEN MINAHASA PROPINSI SULAWESI UTARA Natalia Rumagit; Stanny Sicilia Rawung
Jurnal Equilibrium Vol. 1 No. 2 (2020): Jurnal Equilibrium
Publisher : Program Studi Ilmu Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Signs that PAD must become the largest share of financial resources for the implementation of regional autonomy shows that PAD is the most important measure for the ability of regions to organize and realize regional autonomy. In addition, PAD also reflects the independence of a region. This study found that the contribution of original regional revenue to total regional revenue during the analysis period from the 2009/2010 - 2019 fiscal year was an average of only 3.48%, with an average growth rate of 21.53%. When compared with the contribution of PAD of cities / districts nationally which is 12%, and the contribution of PAD of cities / regencies in North Sulawesi Province which is 6.3%, it can be said that the contribution of PAD to TPD in Minahasa Regency is still below the national average and North Sulawesi Province. By category, Minahasa District has a very low degree of fiscal autonomy, and is still very dependent on financial contributions and assistance from the central government.
ANALISIS PERBANDINGAN SEKTOR BASIS DI PROVINSI JAWA (JAWA TENGAH, JAWA BARAT, & JAWA TIMUR) DAN PROVISI SULAWESI (SULAWESI UTARA, TENGAH, DATA TAHUN 2017-2019 Teguh Pamuji Tri Nur Tri Nur; Natalia Artha Malau
Jurnal Equilibrium Vol. 1 No. 2 (2020): Jurnal Equilibrium
Publisher : Program Studi Ilmu Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (204.843 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat Sektor basis di Provinsi Jawa Tengah,Jawa Barat, dan Jawa Timur dan beberapa di Provinsi Sulawesi seperti Sulawesi utara, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Selatan. Teknik analisis yang digunakan menggunakan analisis Symmetric Location Quotient(SymLQ). Analisis ini bertujuan untuk memberikan gambaran awal tentang sektor/lapangan usaha yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi wilayah. Sektor/lapangan usaha menjadi basis. Pada umumnya di Provinsi Jawa, yang menjadi Sektor basis adalah Sektor industry pengolahaan, sedangkan di wilayah Sulawesi, Sektor basis nya adalah Sektor Pengadaan Air, Pengelolaan Sampah, Limbah dan Daur Ulang;dan Sektor pertanian, Kehutanan, dan Perikanan.
KAJIAN LOYALITAS MAHASISWA (studi pada FE Universitas Negeri Manado) Donald Bismarck Rondonuwu
Jurnal Equilibrium Vol. 1 No. 2 (2020): Jurnal Equilibrium
Publisher : Program Studi Ilmu Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (425.418 KB)

Abstract

To be able to win the competition, an institution must be able to provide more "value" to its customers compared to its competitors. In this context, the main customers of a university are students as users of education services and the world of work. This research shows that the cognitive commitment construct that has the most impact on student loyalty construct is the cognitive commitment to the institution. Then together with the cognitive commitment to the institution, both perceived quality of teaching services, trust in the institution's personnel, and emotional commitment to the institution have a strong and significant positive impact on student loyalty. Emotional commitment in this study was not influenced strongly and significantly by the integration of students towards their environment (academic integration and social integration) or their external commitments (job commitment, family commitment and non-university commitment). However, emotional commitment is still strongly and significantly influenced by trust in the institution's personnel and perceived quality of teaching services. In addition, trust in the institution's personnel is strongly and significantly influenced by perceived quality of teaching services.
“PENGARUH INFLASI TERHADAP HARGA SAHAM PT KALBE FARMA DI BURSA EFEK INDONSEIA PERIODE 2011-2015” CHRISTIAN TUMALUN
Jurnal Equilibrium Vol. 1 No. 2 (2020): Jurnal Equilibrium
Publisher : Program Studi Ilmu Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Subjek dari penelitian ini adalah PT. Kalbe Farma, Tbk yang merupakan perusahaan Farmasi berupa produk obat-obatan, nutrisi, suplemen, makanan dan minuman kesehatan, hingga alat-alat kesehatan termasuk pelayanan kesehatan primer yang berkantor pusat di Gedung KALBE, Jl. Let. Jend. Suprapto Kav. 4, Cempaka Putih, Jakarta, sedangkan fasilitas pabriknya berlokasi di Kawasan Industri Delta Silicon, Jl. M.H. Thamrin, Blok A3-1, Lippo Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Penelitian ini mengangkat masalah tentang bagaimana pengaruh inflasi terhadap harga saham di suatu perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh tingkat inflasi terhadap harga saham PT. Kalbe Farma, Tbk. Sampel dalam penelitian ini adalah data Harga Saham PT. Kalbe Farma, tbk dan tingkat Inflasi Indonesia, yang dibatasi pada data penutupan tiap akhir bulan selama periode 2011-2015. Data yang digunakan adalah data sekunder dengan metode pengumpulan data dokumentasi yang diperoleh dari situs resmi Bank Indonesia dan Bursa Efek Indonesia. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana, yang digunakan untuk mengetahui pengaruh tingkat Inflasi terhadap Harga Saham PT. Kalbe Farma, Tbk, sedangkan pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS Statistik 22,0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat Inflasi berpengaruh negatif signifikan terhadap Harga Saham.
“PENGARUH INFLASI TERHADAP HARGA SAHAM PT MODERN INTERNASIONAL Tbk PERIODE 2013-2016” Zefanya Reynhard Lahama
Jurnal Equilibrium Vol. 1 No. 2 (2020): Jurnal Equilibrium
Publisher : Program Studi Ilmu Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (865.923 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Inflasi berpengaruh terhadap harga saham PT. Modern Internasional. Tbk. Penelitian ini menggunakan metode penelitian asosiatif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Bursa Efek Indonesia, melalui website www.idx.co.id dan www.bi.go.id. Teknik analisis data menggunakan uji analisis regresi sederhana. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara Inflasi dan Harga Saham, dapat dilihat dari Nilai t hitung sebesar 4,104 dengan signifikansi 0,000. Berdasarkan table nilai kritis t pada 0,05, dengan ttabel = n – 2 atau 48 – 2 = 46 maka diperoleh nilai ttabel sebesar 1,679. Karena nilai signifikansi lebih kecil dari pada 0,05 yaitu 0,000 dan thitung = 4,104 > ttabel = 1,679. Berdasarkan kriteria pengujian, jika thitung > ttabel maka tolak Ho yang berarti terima Ha, dengan demikian kesimpulan pengujian ini hipotesis penelitian ini adalah terdapat pengaruh antara Tingkat Inflasi terhadap Harga Saham PT. Modern Internasional Tbk.
PENGARUH INVESTASI DAN PERTUMBUHAN EKONOMI TERHADAP TINGKAT PENGANGGURAN DI PROVINSI SULAWESI UTARA Inka Aanggreine Dapar; Stanny S. Rawung; Merry C. N. Rumagit
Jurnal Equilibrium Vol. 2 No. 1 (2021): Jurnal Equilibrium
Publisher : Program Studi Ilmu Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (254.117 KB)

Abstract

Penelitian ini mengenai pengaruh investasi dan pertumbuhan ekonomi terhadap tingkat pengangguran di Provinsi Sulawesi Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Seberapa besar pengaruh investasi teradap tingkat pengangguran di Provinsi Sulawesi Utara, Seberapa besar pengaruh pertumbuhan ekonomi terhadap tingkat pengangguran di Provinsi Sulawesi Utara.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitia ini adalah tingkat pengangguran di provinsi sulawesi uata, dimana terdiri dari 15 Kabupaten/Kota yang di antaranya ada; Bolaang Mongondow, Minahasa, Kepulauan Sangihe, Kepulauan Talaud, Minahasa Selatan, Minahasa Utara, Bolaang Mongondow Utara, Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, Minahasa Tenggara, Bolaang Mongondow Selatan, Bolaang Mongondow Timur, Manado, Bitung, Tomohon, Kotamobagu.Berdasarkan hasil penelitian ini mengemukakan bahawa Investasi mempunyai hubungan positif terhadap tingkat pengangguran di Provinsi Sulawesi Utara, Pertumbuhan ekonomi mempunyai hubungan negatif terhadap tingkat pengangguran di Provinsi Sulawesi Utara sehingga menyebabkan tingkat pengangguran meningkat, Investasi dan Pertumbuhan secara bersama-sama berpengaruh terhadap tingkat pengangguran di Provinsi Sulawesi Utara.
ANALISIS DAMPAK COVID-19 TERHADAP PEKERJA INDUSTRI PERIKANAN KOTA BITUNG (PT CARVINA TRIJAYA MAKMUR): Covid-19, Industri Perikanan Afifa Yusuf; Stanny Sicilia Rawung; Roddy Runtuwarouw
Jurnal Equilibrium Vol. 2 No. 1 (2021): Jurnal Equilibrium
Publisher : Program Studi Ilmu Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (361.734 KB)

Abstract

Penelitian inibertujuan untuk menganalisis dampak Covid-19 terhadap pekerja industri perikanan di PT Carvina Tijaya Makmur, dan mengetahui analisis perlindungan sosial dari pemerintah terhadap pekerja di PT Carvina Trijaya Makmur. Metode penelitian ini adalah metode studi kasus dengan sampel lima orang pekerja industri perikanan di PT Carvina Trijaya Makmur..Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara secara mendalam, observasi, dan dokumentasi.Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan : Kondisi perusahaan yang tidak dapat menjalankan operasionalnya seperti biasa, bahkan ada juga yang mengalami penutupan perusahaan. Kondisi tersebut berdampak terhadap pelaku hubungan industrial seperti kalangan buruh, karyawan dan pengusaha salah satunya berdampak pada perusahaan PT Carvina Trijaya Makmur di kota Bitung.
Analisis Pengembangan Pariwisata Terhadap Sosial Ekonomi Masyarakat di Pulau Lembeh Kota Bitung: Pengembangan Pariwisata, Sosial Ekonomi, Pulau Lembeh. Atika Pratiwi; Arie F. Kawulur; Alzefin Y. R. M. Sinolungan
Jurnal Equilibrium Vol. 2 No. 1 (2021): Jurnal Equilibrium
Publisher : Program Studi Ilmu Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (466.503 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, mengetahui dampak dari adanya pengembangan pariwisata di Pulau Lembeh Kota Bitung dan untuk mengetahui karakteristik sosial dan ekonomi masyarakat di Pulau Lembeh Kota Bitung. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Deskriptif Kualitatif, dimana metode yang digunakan menekankan pada proses penelusuran data atau informasi hingga dirasakan telah cukup digunakan untuk membuat suatu interpretasi. Data telah dianalisis atau ditafsirkan oleh peneliti. Hasil yang diperoleh harus dieksplorasi dan dibuat sintesis, sehingga menghasilkan proposisi dan kesimpulan baru. Landasan teori yang di gunakan adalah teori industry pariwisata, pengembangan destinasi pariwisata, sosial ekonomi, dan pertumbuhan ekonomi.Berdasarkan hasil penelitian ini di temukan perubahan yang banyak terjadi pada masyarakat di Pulau Lembeh akibat di kembangkannya pariwisata Tugu Trikora membawa dampak yang positif bagi masyarakat terutama dalam hal sosial ekonomi. Adanya pengembangan objek wisata ini berdampak positif bagi pemerintah dan masyarakat seperti; (1) terciptanya lapangan pekerjaan ;(2) meningkatnya pendapatan masyarakat; (3) pengangguran berkurang; (4) adanya pertumbuhan ekonomi; (5) mengubah gaya hidup masyarakat Pulau Lembeh.
PERAN SEKTOR PERTANIAN DALAM PERKONOMIAN PETANI PADI DI KECAMATAN TONDANO BARAT KABUPATEN MINAHASA: Peran Sektor Pertanian Padi, Perekonomian RENALDO MASSIE; Tinneke E. M. Sumual; Alzefin Y. R. M. Sinolungan
Jurnal Equilibrium Vol. 2 No. 2 (2021): Jurnal Equilibrium
Publisher : Program Studi Ilmu Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (223.731 KB)

Abstract

Tujuan dari Penelitian ini yaitu Untuk mengetahui dan menganalisis Peran Sektor pertanian dalam perekonomian petani padi di kabupaten minahasa, Untuk mengetahui dan menganalisis Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi hasil produksi sektor pertanian padi dalam perekonomian di kabupaten minahasa.Metode penelitian ini menggunakan metode Kualitatif deskriptif dengan menggunakan pengumpulan data dengan cara observasi langsung dan wawancara dan juga bukti dokumentasi penelitian analisis data ini menggunakan tringulasi.Hasil Penelitian Menunjukan Pada kaitannya sektor pertanian dengan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), sub sektor pertanian merupakan sektor yang memiliki keterkaitan terhadap angka yang diperoleh pada PDRB, sektor pertanian juga memiliki keterkaitan dan berkontribusi pada sektor lainnya contohnya pemerataan tenaga kerja. Salah satu alasan mengapa sektor pertanian memiliki kaitan dengan sektor lainnya adalah karena sebagian besar bahan baku industri berasal dari sektor pertanian. Komoditas padi merupakan salah satu jenis tumbuhan yang dibutuhkan oleh sektor Industri untuk bahan pangan yang membantu pertumbuhan ekonomi baik itu dikeluarganya maupun untuk daerah.
Analisis Pendapatan Usaha Produksi Ikan Asap Sebelum Dan Setelah Terjadinya Produksi Ikan Asap Sebelum Dan Setelah Terjadinya Covid-19 Di Desa Tambala Kecamatan Tombariri Kabupaten Minahasa Injilia Meiny Terok; Ventje Senduk; Yantje Tawas
Jurnal Equilibrium Vol. 2 No. 1 (2021): Jurnal Equilibrium
Publisher : Program Studi Ilmu Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (406.874 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Dan tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui berapa besaran pendapatan dari usaha produksi ikan asap di Desa Tambala, Kecamatan Tombariri, Kabupaten Minahasa sebelum dan sesudah adanya Covid-19 dan pengaruh virus Covid-19 pada pengusaha ikan asap di Desa Tambala. Dan dalam penelitian ini peneliti mengambil 4 orang responden yang termasuk penjual ikan asap yang ada di Desa Tambala. Dan metode pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik wawancara dilakukan dengan terstruktur karena peniliti telah menyusun pertanyaan yang akan digunakan pada saat wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya penurunan pendapatan dari para pengusaha ikan asap yang ada di Desa Tambala setelah adaya covid. Yang sebelumnya pendapatan mereka mencapai Rp. 1.000.000 dalam sehari dan setelah Covid-19 menjadi Rp.400.000-Rp500.000 dalam sehari. Dan ini menunjukkan bahwa virus Covid-19 berpangruh terhadap pendapatan dari hasil usaha produksi ikan asap di Desa Tambala, Kecamatan Tombariri, Kabupaten Minahasa.