cover
Contact Name
-
Contact Email
ijiee@uingusdur.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
ijiee@uingusdur.ac.id
Editorial Address
Faculty of Education and Teacher Training, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan Jl. Pahlawan Km.5 Rowolaku Kajen, Kabupaten Pekalongan, Central Java
Location
Kota pekalongan,
Jawa tengah
INDONESIA
Indonesian Journal of Islamic Elementary Education
ISSN : 27973840     EISSN : 2797992X     DOI : https://doi.org/10.28918/ijiee
Core Subject : Education,
Indonesian Journal of Islamic Elementary Education is an open access, peer-reviewed, journal published twice a year by the Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Study Program, Faculty of Education and Teacher Training, Institut Agama Islam Negeri Pekalongan, Indonesia
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2: November 2022" : 8 Documents clear
Permainan Bola Basket Modifikasi, Strategi Pembelajaran Inovatif Untuk Meningkatkan Ketrampilan Variasi Dan Kombinasi Gerak Dasar Dalam Permainan Bola Besar Sederhana di MIN 2 Pemalang (BEST PRACTICE) Ahmad Ibrohim
Indonesian Journal of Islamic Elementary Education Vol 2 No 2: November 2022
Publisher : Indonesian Journal of Islamic Elementary Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Seorang Guru yang menyampaikan pengajaran dengan strategi yang baik dan inovatif, akan menciptakan suasana pembelajaran yang menarik dan juga meningkatkan ketrampilan peserta didik. Penulisan ini bertujuan untuk Memberikan informasi penerapan permainan bola basket modifikasi sebagai strategi pembelajaran inovatif dapat meningkatkan ketrampilan variasi dan kombinasi gerak dasar dalam permainan bola besar sederhana di MIN 2 Pemalang. Penelitian ini dilaksanakan pada Agustus 2022 dengan metode best practice pada proses pembelajaran yang telah dilakukan pada Agustus 2022 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Pemalang. Best Practice adalah “Praktik Terbaik” dari keberhasilan seseorang guru atau kelompok guru dalam melaksanakan tugas, termasuk dalam mengatasi berbagai masalah di sekolahnya(Kemendikbud, 2016). Sedangkan pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka dan observasi langsung dimana penulis terlibat langsung dalam program. Hasil penelitian ini dapat di pahami bahwa jumlah hasil nilai peserta didik dengan memakai modifikasi pembelajaran sebesar 2485 dengan rata-rata nilai 82,83 dan Tidak Memakai Modifikasi Pembelajaran pada permainan bola basket diperoleh jumlah nilai 2295 dan rata-rata nilai 76,50. Prosentase hasil nilai peserta didik dengan memakai modifikasi pembelajaran tidak tuntas sebesar 3,33 % , sesuai KKM sebesar 10 % dan di atas KKM 90% sedangkan prosentase hasil nilai pesera didik dengan tidak memakai modifikasi pembelajaran tidak tuntas sebesar 33,33 % , sesuai KKM sebesar 13,33 % dan di atas KKM sebesar 53,33 %. Secara keseluruhan, hasil ini akan memberi informasi bahwa penerapan strategi pembelajaran inovatif pada permainan bola basket modifikasi dapat meningkatkan ketrampilan belajar peserta didik.
Penerapan Sistem Full Day School sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran Nur Afifah; Ely Mufidah
Indonesian Journal of Islamic Elementary Education Vol 2 No 2: November 2022
Publisher : Indonesian Journal of Islamic Elementary Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Full day school adalah proses sekolah sepanjang hari atau proses belajar mengajar yang diberlakukan dari pagi hingga sore hari. Mutu pembelajaran di sekolah merefleksikan keberhasilan sekolah dalam mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan sistem full day school sebagai upaya peningkatan mutu pembelajaran di SD Islam Terpadu Gondang. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, serta dokumentasi. Wawancara digunakan untuk menggali secara mendalam data tentang proses kegiatan pembelajaran di SDIT Gondang. Observasi digunakan sebagai penguat data. Dokumentasi digunakan sebagai data pendukung terkait profil sekolah. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian kurikulum dan guru kelas. Metode analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis model Miles dan Hubermen. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian kurikulum dan guru kelas. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan full day school untuk meningkatkan mutu pembelajaran di SDIT Gondang dilakukan dengan perencanaan pendidikan yang baik, inovasi kurikulum, program-program unggulan, pembiasaan hal-hal baik dan juga ekstrakurikuler. Perencanaan pendidikan diwujudkan dalam bentuk visi, misi, dan tujuan sekolah. Inovasi kurikulum yang digunakan adalah integrasi antara kurikulum yang dikembangkan oleh kemdikbud, kemenag, dan yayasan. Program-program unggulan yang dilaksanakan berupa pemberian kuis sebelum jam pelajaran, kegiatan TPQ/BTQ, tahsin, dan tahfidz, serta tambahan jam belajar. Selanjutnya terdapat kegiatan ekstrakurikuler antara lain: seni musik, seni tari, seni lukis, seni teater, MTQ (musabaqoh tilawatil Qur’an), olahraga, taekwondo, drumband dan duror yang dapat digunakan sebagai sarana pengembangan bakat dan minat siswa.
Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Setting Pendidikan Inklusif Eko Pradipta Kurnaedi; Moh. Muslih
Indonesian Journal of Islamic Elementary Education Vol 2 No 2: November 2022
Publisher : Indonesian Journal of Islamic Elementary Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Lingkungan sekolah inklusi bisa menjadi tempat yang efektif untuk mengembangkan karakter siswa. Nilai-nilai karakter seperti peduli, kerja sama, menghargai perbedaan, dan toleransi penting diinternalisasikan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk di sekolah. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi dan mengetahui terkait pelaksanaan pendidikan karakter di SD N Bendan 01 Kota Pekalongan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun metode analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif model analisis Miles dan Hubermen yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter dalam setting pendidikan inklusif di SD Negeri Bendan 01 Kota Pekalongan dilaksanakan melalui model pendidikan inklusif kelas reguler atau inklusi penuh, penataan lingkungan sekolah berbasis karakter, integrasi karakter dalam pembelajaran yang aktif dan kontekstual, keteladanan guru, penguatan, dan pembiasaan.
Penerapan Model Paikem pada Pembelajaran PAI dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV di SDN 61 Karara Kota Bima Trimansyah; Rosmiati
Indonesian Journal of Islamic Elementary Education Vol 2 No 2: November 2022
Publisher : Indonesian Journal of Islamic Elementary Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui penerapan model pembelajaran PAIKEM pada pembelajaran PAI sebagai model pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar siswa.Jenis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, pengumpulan data menggunakan model wawancara, observasi dandokumentasi. Dengan analisis penelitian dimulai dengan pengumpulan data, mereduksi data, display data dan menyimpulkan. Hasil proses belajar mengajar pada mata pelajaran PAI di Sekolah Dasar dengan menggunakan model PAIKEM menunjukkan hasil yang maksimal dan baik. Hal ini ditandai dengan adanya perubahan sikap, tingkah laku danemosional peserta didik misalnya, sebelum masuk kelas mereka pandai dalam membawa salam, ketika bertemu guru, sesama siswa dan siapapun yang ditemui selalu berjabat dan mencium tangan, dalam keseharian sudah menampilkan sikap sopan dan santun serta nurut dalam bergaul dengan sesama siswa maupun dengan guru. Hal ini merupakan hasilyang sangat signifikan setelah menerapkan model PAIKEM pada setiap proses pembelajaran yang dilihat ada peningkatan sikap dan perubahan dari yang sebelumnya.
Kesiapan Prosedur Pembelajaran Tatap Muka pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelas Rendah SD Muhammadiyah Geger Bantul Nanda Rifki Lukma Vita; Mufida Awalia Putri; Martalia Ardiyaningrum; Ahmad Syamsul Arifin
Indonesian Journal of Islamic Elementary Education Vol 2 No 2: November 2022
Publisher : Indonesian Journal of Islamic Elementary Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kasus Covid-19 mulai mengalami penurunan, sekolah didorong untuk menjalankan pembelajaran tatap muka. Oleh sebab itu pemerintah telah mengeluarkan beberapa prosedur terkait sekolah yang akan melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Penelitian ini bertujuan 1) mengetahui prosedur yang telah disiapkan untuk pelaksanaan PTM dan 2) mengetahui prosedur pelaksanaan PTM di SD Muhammadiyah Geger. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, jenis penelitiannya adalah deskriptif kualitatif. subjek penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, guru wali kelas rendah (kelas 1 SD), siswa kelas rendah, dan wali siswa kelas rendah. Pengambilan subjek siswa kelas rendah dan wali siswa kelas rendah yang dikelompokkan dikelompokkan menjadi tigatingkatan (tinggi, sedang dan rendah). Teknik penggumpulan data dari siswa tentang kesiapan prosedur menggunakan angket. Bagi Kepala sekolah dan guru wali kelas rendah menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis datameliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Prosedur yang telah disiapkan oleh SD Muhammadiyah Geger dalam pembelajaran tatap muka secara keseluruhan sudah berjalan sesuai dengan aturanSKB 4 Menteri seperti melakukan penyemprotan disenfektan, pengecekan suhu, mencuci tangan, menjaga jarak, dan diapastikan bagi setiap guru dan siswa sudah di suntik vaksin dan saat berangkat kesekolah harus dalam keadaan sehat. Pelaksanaan prosedurpembelajaran tatap muka (PTM) di SD Muhammadiyah Geger sudah berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian yang menyatakan bahwa Guru, siswa dan wali siswa SD Muhammadiyah Geger sangat siap untuk melaksanakan PembelajaranTatap Muka dengan mematuhi prosedur yang telah dibuat. Namun ada beberapa aspek yang perlu perbaikan utamanya pengajar yang belum terbiasa memakai masker di dalam lingkungan sekolah, siswa yang belum divaksin minimal dua kali, serta siswa yang enggan membawa bekal makanan sendiri ke sekolah.
Efektivitas Kegiatan Ekstrakulikuler Pramuka dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa di MI PUI Cikijing Aam Badriyatul; Lia Syifaul Fauziah
Indonesian Journal of Islamic Elementary Education Vol 2 No 2: November 2022
Publisher : Indonesian Journal of Islamic Elementary Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pramuka merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang tidak asing dalam dunia pendidikan karena bisa ditemukan di setiap jenjang pendidikan. Melalui kegiatan pramuka, peserta didik bisa mendapatkan pembinaan ketaqwaan, kehidupan berbangsa dan bernegara, melatih kepribadian, melatih kemampuan berorganisasi, melatih kesehatan jasmani, meningkakan kreatifitas, tenggang rasa, tanggung jawab, dan kerjasama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas kegiatan pramuka terhadap kreativitas peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mendapatkan informasi antara lain: 1) observasi untuk memperoleh informasi di lapangan; 2) wawancara kepada para narasumber mengenai pelaksanaan dan dampak dari kegiatan pramuka; dan 3) dokumentasi, dengan mendokumentasikan mengenai profil MI PUI Cikijing, data guru dan peserta didik, sarana prasarana dan kegiatan ekstrakurikuler pramuka itu sendiri. Setelah data didapatkan selanjutnya data dianalisa menggunakan tiga tahap yaitu, 1) mereduksi data agar data yang didapat memberikan gambaran yang jelas; 2) menyajikan data yang telah diperoleh dalam bentuk narasi; dan 3) menarik kesimpulan terhadap masalah yang diteliti. Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah kegiatan ekstrakurikuler pramuka dinilai efektif dapat meningkatkan kreativitas peserta didik di MI PUI Cikijing.
Pengembangan Media Pembelajaran Wayang Karakter Muslim pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaran di MIN 3 Jombang Nurul Mahruzah Yulia; dewi niswatul fithriyah
Indonesian Journal of Islamic Elementary Education Vol 2 No 2: November 2022
Publisher : Indonesian Journal of Islamic Elementary Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengenalan perilaku sesuai nilai-nilai Pancasila harus diupayakan sejak dini, yakni di tingkat Pendidikan Dasar. Agar sikap peduli, kerjasama, dan penghormatan antara sesama manusia dapat terintegrasi secara kuat di diri peserta didik. Di samping itu, pengenalan budaya lokal juga menjadi hal yang urgent, agar anak dapat lebih mencintai budayanya sendiri. Penelitian ini merupakan penelitian berjenis Research and Development, dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang memiliki 5 tahapan utama. Penelitian dan pengembangan ini melibatkan berbagai ahli, yakni ahli media dan ahli pembelajaran. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini di antaranya wawancara, observasi, angket, dan tes, yang disusun khusus sesuai teori-teori pengembangan media pembelajaran dan materi Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 MI. Hasil pengembangan ini menunjukkan bahwa uji validasi materi sebesar 90%, validasi desai sebesar 95%, dan Uji Coba Lapangan 94,4%. Rata-rata pretest dan posttest juga mengalami kenaikan dengan hasil pre-test sebesar 60,4 dan rata-rata post-test sebesar 85,6. Hal ini menunjukkan bahwa media yang dikembangkan dapat dikatakan valid dan dapat digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.
Pengembangan LKPD Online Tingkat SD yang Terintegrasi Langsung dengan Sistem Pengerjaan dan Penilaian Dicky Anggriawan Nugroho
Indonesian Journal of Islamic Elementary Education Vol 2 No 2: November 2022
Publisher : Indonesian Journal of Islamic Elementary Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran online berbasis Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dapat diakses secara online dan terintegrasi langsung dengan sistem pengerjaan serta sistem penilaian. Penelitian berbasis penelitian dan pengembangan (R&D) dengan metode pengembangan model 4D. Subjek dari penelitian ini adalah para ahli yang bertempat SDN 03 Gejlig yang terdiri dari ahli media pembelajaran, ahli materi dan peserta didik kelas 6 SD. Penelitian dimulai dengan cara pengumpulan data berdasarkan hasil wawancara dan observasi langsung, survei mengenai media dari ahli media pembelajaran, survei mengenai materi dari ahli materi pembelajaran, dan survei mengenai motivasi belajar peserta didik menggunakan google form untuk mendapatkan hasil yang mudah dianalisa. Untuk teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan uji hipotesis menggunakan regresi linier sederhana. Dan hasil dari analisa mendapatkan hasil bahwa media pembelajaran berbasis Lembar Kerja Peserta Didik Online Tingkat SD ini sangat layak untuk dikembangkan dan diterapkan karena keefektifannya dalam mempengaruhi motivasi peserta didik dan memudahkan sistem penilaian dan pengerjaan LKPD online.

Page 1 of 1 | Total Record : 8