cover
Contact Name
Diah Chaerani
Contact Email
info.jmi@unpad.ac.id
Phone
+6281394981591
Journal Mail Official
info.jmi@unpad.ac.id
Editorial Address
Department of Matematics, FMIPA, Universitas Padjadjaran, Jl. Raya Bandung-Sumedang KM. 21 Jatinangor
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Matematika Integratif
ISSN : 14126184     EISSN : 25499033     DOI : http://doi.org/10.24198/jmi
Jurnal Matematika Integratif (JMI) is a national journal intended as a communication forum for mathematicians and other scientists from many practitioners who use mathematics in research. JMI received a manuscript in areas of study mathematics widely, and math-based multidisciplinary studies derived from outside problems of mathematics. All published articles in Jurnal Matematika Integratif are freely accessible in that website.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 2: Oktober, 2015" : 8 Documents clear
Kontrol Optimum pada Model Epidemik SIR dengan Pengaruh Vaksinasi dan Faktor Imigrasi Nursanti Anggriani; Asep K Supriatna; Betty Subartini; R Wulantini
Jurnal Matematika Integratif Vol 11, No 2: Oktober, 2015
Publisher : Department of Matematics, Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (480.942 KB) | DOI: 10.24198/jmi.v11.n2.9422.111-118

Abstract

Pada artikel ini dibahas model imigrasi SIR (Susceptible-Infected-Recovered) dengan memberikan pengaruh vaksinasi. Diasumsikan vaksinasi diberikan kepada populasi pendatang dan bayi yang baru lahir, dengan tujuan untuk mengurangi penyebaran penyakit tersebut. Masalah kontrol optimal diselesaikan dengan menggunakan prinsip Maksimum Pontryagin dengan tujuan untuk meminimumkan jumlah individu terinfeksi. Simulasi numerik menunjukkan keefektifan pengendalian dengan kontrol pengobatan dan vaksinasi dapat mengurangi populasi yang terinfeksi sehingga penyebaran penyakit dapat dicegah.
Membangun Fungsi Green dari Persamaan Difrensial Linear Non Homogen Tingkat - n Eddy Djauhari
Jurnal Matematika Integratif Vol 11, No 2: Oktober, 2015
Publisher : Department of Matematics, Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (427.647 KB) | DOI: 10.24198/jmi.v11.n2.9423.119-126

Abstract

Dalam makalah ini akan disajikan bagaimana membangun fungsi Green dari persamaan diferensial linear non homogen tingkat-n. Salah satu metodenya adalah melalui metode variasi parameter. Solusi umum dari persamaan diferensial linear non homogen tingkat-n terdiri dari solusi homogen dan solusi non homogen. Solusi non homogen sering juga disebut solusi partikulir. Selanjutnya dari solusi partikulir inilah dapat dibangun fungsi Green yang memenuhi beberapa syarat. Fungsi Green ini selain dapat digunakan untuk mencari solusi dari persamaan diferensial linear nonhomogen tingkat-n, juga banyak digunakan dalam bidang fisika, elektro, komputer dan sebagainya. Dalam makalah ini pula akan diberikan contoh mencari penyelesaian umum dari persamaan diferensial linear non homogen tingkat–n dengan fungsi Green. 
Pengembangan Desain Didaktis Materi Pecahan pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) Jaky Jerson Palpialy; Elah Nurlaelah
Jurnal Matematika Integratif Vol 11, No 2: Oktober, 2015
Publisher : Department of Matematics, Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (401.545 KB) | DOI: 10.24198/jmi.v11.n2.9425.127-136

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan desain didaktis materi pecahan di SMP. Desain didaktis dikembangkan dengan terlebih dahulu mengidentifikasi hambatan belajar (learning obstacles) yang dihadapi siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, dengan mengikuti tiga tahap pada penelitian desain didaktis (Didactical Design Research). Subyek penelitian adalah 60 siswa kelas VII dan VIII tahun pelajaran 2014/2015 dan 35 siswa kelas VII tahun pelajaran 2015/2016, pada salah satu SMP Negeri di Kabupaten Halmahera Utara. Dari hasil penelitian diperoleh informasi: (1) hambatan belajar siswa yang teridentifikasi, seperti  melakukan generalisasi konsep bilangan cacah dan bilangan bulat pada konsep pecahan, dan pengetahuan tentang operasi hitung pecahan yang terbatas pada pemahaman prosedural; (2) desain didaktis empirik terkait materi pecahan di SMP.
Relasi Ekuivalen Serupa Semu pada Ring Reguler Stable Diperumum Evi Yuliza
Jurnal Matematika Integratif Vol 11, No 2: Oktober, 2015
Publisher : Department of Matematics, Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (439.413 KB) | DOI: 10.24198/jmi.v11.n2.9421.97-102

Abstract

Dalam tulisan ini akan diselidiki relasi ekuivalen serupa semu pada ring reguler stable diperumum. Selanjutnya, akan diselidiki pula relasi ekuivalen serupa semu pada ring reguler stable diperumum dari himpunan bilangan bulat n. Awalnya, akan diselidiki relasi serupa semu bersifat refleksif pada ring reguler stable diperumum, relasi serupa semu bersifat simetris pada ring reguler stable diperumum dan relasi serupa semu bersifat transitif pada ring reguler stable diperumum. Kemudian, diselidiki relasi serupa semu bersifat refleksif pada ring reguler stable diperumum dari himpunan bilangan bulat n, relasi serupa semu bersifat simetris pada ring reguler stable diperumum dari himpunan bilangan bulat n dan relasi serupa semu bersifat transitif pada ring reguler stable diperumum dari himpunan bilangan bulat n.
Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think- Pair-Share (TPS) Berbantuan Metode Drill terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Keaktifan Belajar Siswa Ismah Ismah; Merlinda Justine
Jurnal Matematika Integratif Vol 11, No 2: Oktober, 2015
Publisher : Department of Matematics, Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (209.545 KB) | DOI: 10.24198/jmi.v11.n2.29632.103-110

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran matematika model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) berbantuan metode Drill lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran hanya menggunakan metode Drill pada pokok bahasan kubus dan balok. (2) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara keaktifan belajar matematika siswa terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan kubus dan balok. (3) Untuk mengetahui apakah terdapat interaksi antara pemakaian model pembelajaran dan keaktifan belajar matematika siswa terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan kubus dan balok. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Penelitian dilaksanakan di SMP YAPIA Ciputat dengan subjek penelitian ini adalah kelas VIII A untuk kelas eksperimen satu dengan jumlah 32 siswa dan kelas VIII C untuk kelas eksperimen dua dengan jumlah 37 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi yang berupa foto kegiatan pembelajaran, metode angket konstruk untuk data keaktifan belajar matematika siswa, metode tes untuk data hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan kubus dan balok, dan lembar observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Sebagai persyaratan analisis yaitu populasi berdistribusi normal menggunakan uji Lilliefors dan populasi bervariansi sama (homogen) menggunakan uji Fisher. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) berbantuan metode Drill lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran hanya menggunakan metode Drill pada pokok bahasan kubus dan balok (Fa = 49,19 > 4,00 = F tabel pada taraf signifikansi 0.05). (2) keaktifan belajar siswa memberikan pengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa pokok bahasan kubus dan balok (Fb = 9,85 > 3.15 = F tabel pada taraf signifikansi 0.05). (3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan keaktifan belajar matematika terhadap hasil belajar matematika pada pokok bahasan kubus dan balok (Fab = 18,59> 3.15 = Ftabel pada taraf signifikansi 0.05).
Aplikasi Jaringan Saraf Tiruan Backpropagation untuk Memprediksi Prestasi Siswa SMA (Studi kasus: Prediksi Prestasi Siswa SMAN 4 Ambon) Yopi A. Lesnussa; S. Latuconsina; E. R. Persulessy
Jurnal Matematika Integratif Vol 11, No 2: Oktober, 2015
Publisher : Department of Matematics, Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (631.006 KB) | DOI: 10.24198/jmi.v11.n2.9427.149-160

Abstract

Mutu dan kualitas dari suatu institusi pendidikan salah satunya dilihat dari prestasi yang dicapai oleh lulusannya. Salah satu criteria penilaian untuk menilai prestasi lulusan pada tingkat sekolah dasar sampai pada sekolah menengah yaitu melalui NEM. Nilai pada NEM ini sering dijadikan ukuran untuk menilai para siswa yang akan masuk pada suatu jenjang pendidikan berikutnya. Selain itu, penerimaan siswa di suatu jenjang pendidikan juga disesuaikan dengan daya tampung dari sekolah dimaksud. Nilai NEM di jenjang SMP yang tinggi, ternyata tidak menjamin prestasi siswa di jenjang SMA. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pola keluaran prediksi prestasi siswa SMA Negeri 4 Ambon yang berkorelasi antara NEM dan total Nilai siswa SMA kelas X (sepuluh) sesuai dengan data yang dilatihkan menggunakan aplikasi Jaringan Saraf Tiruan metode Backpropagation. Jaringan Saraf Tiruan ini menggunakan Arsitektur Multilayer Net yang meliputi 4 unit sel lapisan masukan, satu lapisan tersembunyi dengan jumlah unit sel yang ditentukan secara acak, dan satu lapisan keluaran berjumlah satu unit sel sebagai target. Data yang diambil berupa NEM siswa dan total nilai siswa semester pertama kelas X. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan JST metode Backpropagation, dengan bantuan software MATLAB. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa korelasi antara NEM dan total nilai siswa semester 1 kelas X cukup baik dengan eror yang kecil. Untuk mempermudah perhitungan didesain suatu toolbox Matlab dengan menggunakan GUI Matlab.
Teorema Berbasis Aksioma Separasi dalam Ruang Topologi Albert Ch. Soewongsono; Ariyanto Ariyanto; Jafaruddin Jafaruddin
Jurnal Matematika Integratif Vol 11, No 2: Oktober, 2015
Publisher : Department of Matematics, Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24198/jmi.v11.n2.9420.85-96

Abstract

Pada artikel ini dikaji karakteristik dan hubungan antara aksioma-aksioma separasi dalam ruang-ruang topologi  yaitu, ruang T1, ruang T2 (Ruang Hausdorff), ruang T3, ruang T4, dan ruang metrik. Aksioma separasi adalah suatu aksioma yang digunakan untuk mengklasifikasikan ruang-ruang topologi berdasarkan distribusi himpunan terbukanya. Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah dengan menggabungkan premis-premis dari aksioma separasi dalam ruang-ruang topologi sehingga dapat diperoleh teorema yang menghubungkan ruang-ruang topologi. Pada kajian ini, diperoleh hubungan antara ruang-ruang topologi tersebut yakni, setiap ruang T4 adalah ruang T3, setiap ruang T3 adalah ruang T2, setiap ruang T2 adalah ruang T1 tetapi tidak berlaku untuk pernyataan sebaliknya. Diperoleh juga bahwa, setiap ruang metrik memenuhi semua aksioma separasi dalam ruang T1, T2, T3, dan T4. Diskusi tentang aksioma separasi dalam ruang topologi masih terbuka dengan membandingkan aksioma separasi dari ruang-ruang topologi yang lebih kompleks seperti, ruang Tychonoff dan ruang Urysohn.
Penerapan Program GSTAT-R untuk Prediksi Kadar Abu Batubara di Lokasi Tidak Tersampel dengan Metode Universal Kriging Annisa Nur Falah; Betty Subartini; Budi N. Ruchajana
Jurnal Matematika Integratif Vol 11, No 2: Oktober, 2015
Publisher : Department of Matematics, Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24198/jmi.v11.n2.9426.137-148

Abstract

Geostatistika merupakan perpaduan ilmu pertambangan, geologi, matematika, dan statistika. Data yang digunakan dalam geostatistika merupakan data spasial yakni nilai pengamatan berdasarkan lokasi. Kriging merupakan metode penaksiran yang menggunakan data spasial yang bertujuan untuk menaksir nilai di suatu lokasi, berupa titik atau blok berdasarkan informasi nilai-nilai dari lokasi lain di sekitar lokasi yang akan ditaksir. Dalam paper ini akan dibahas mengenai metode universal kriging, karena data yang diprediksi merupakan data yang tidak stasioner.Universal kriging adalah metode interpolasi data yang mempunyai kecenderungan trend (drift) tertentu atau metode penaksiran yang digunakan untuk menangani masalah kenonstasioneran dari data sampel. Dengan menggunakan program GSTAT-R perhitungan hasil prediksi di lokasi tidak tersampel pada metode universal kriging ini didapat dengan persamaan trend (drift) berorde satu. Prediksi kadar abu batubara dilokasi tidak tersampel pada program GSTAT-R dengan menggunakan metode universal kriging menghasilkan hasil prediksi yang akurat.

Page 1 of 1 | Total Record : 8