cover
Contact Name
Kalvin Karuna
Contact Email
jedu.journal@gmail.com
Phone
+6282197771762
Journal Mail Official
jedu.journal@gmail.com
Editorial Address
Jalan Ir. M. Putuhena, Poka-Kota Ambon, 97233, Provinsi Maluku, Indonesia
Location
Kota ambon,
Maluku
INDONESIA
J-EDu : Journal - Erfolgreicher Deutschunterricht
Published by Universitas Pattimura
ISSN : -     EISSN : 27754685     DOI : https://doi.org/10.30598/J-EDu.2.2.120-127
Core Subject : Education,
J-EDu : Journal Erfolgreicher Deutschunterricht is provided for writers, teachers, students, professors, and researchers, who will publish their research reports or their literature review articles (only for invited contributors) about jerman language education and its instructional. Start from February 2021, this journal publishes two times a year, in February and August. Besides regular writers, for each volume, the contents will be contributed by invited contributors who experts in jerman language education either from Indonesia or abroad
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2022): J-EDu: Journal - Erfolgreicher Deutschunterricht" : 5 Documents clear
AUTONOMY TEACHER: IMPLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA JERMAN DI SMA PADA MASA COVID 19 Jolanda Tomasouw; June Carmen Noya van Delzen
J-EDu: Journal - Erfolgreicher Deutschunterricht Vol 2 No 1 (2022): J-EDu: Journal - Erfolgreicher Deutschunterricht
Publisher : Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (252.216 KB) | DOI: 10.30598/J-EDu.2.1.90-94

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana peran guru bahasa Jerman sebagai guru otonom (Autonomy Teacher) yang memiliki fungsi kontrol dalam mengorganiser pembelajaran daring dalam masa pandemic Covid 19 dengan baik. Metode Penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif. Pengumpulan data diperoleh dari metode observasi, metode tes dan metode dokumentasi. Instrumen (Angket) Data diolah dengan menggunakan matriks klaster konseptual, yaitu matriks informan dan konsep-konsep. Temuan penelitian adalah dalam pembelajaran bahasa Jerman otonomi guru (Autonomy Teacher) dapat terimplikasi dengan baik. Terlihat dari hasil penelitian guru memiliki kebebasan dalam mengontrol pengajaran, pemilihan materi dan konten-konten pengajaran serta proses pembelajaran. Selain itu guru bahasa Jerman memiliki kapasitas penuh dalam mengendalikan proses belajar mengajar mereka sendiri mencakup pembuatan rencana pembelajaran, pemilihan materi, metode dan media pembelajaran. Walaupun demikian guru tetap harus mentaati regulasi-regulasi yang terdapat pada sekolah maupun kebijakan pemerintah.
PERSEPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JERMAN TERHADAP POLA INTERAKSI DOSEN DI KELAS Novi Novi; Henderika Serpara; Kunu Hanna Grietje
J-EDu: Journal - Erfolgreicher Deutschunterricht Vol 2 No 1 (2022): J-EDu: Journal - Erfolgreicher Deutschunterricht
Publisher : Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (136.322 KB) | DOI: 10.30598/J-EDu.2.1.95-101

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai persepsi mahasiswa terhadap pola interaksi yang dibangun dosen selama pembelajaran di kelas. Aspek-aspek yang ditinjau meliputi faktor internal dan faktor eksternal pada persepsi seseorang. Penelitian ini telah dilaksanakan sejak bulan September hingga Oktober 2021 pada Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman dengan total sampel sebanyak 22 responden mahasiswa aktif semester 6. Data utama dalam penelitian ini dikumpulkan melalui Observasi (Zoom-Klasse), penyebaran angket dan data tambahan diperoleh dari hasil wawancara dengan 6 responden. Seluruh data kemudian dianalisis secara deskriptif dengan mengacu pada teknik analisis data kualitatif menurut Miles dan Hueberman (1994:16-20) dengan langkah-langkah sebagai berikut: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa, pada faktor internal berpengaruh pada rasa berani dan percaya terhadap diri mahasiswa sendiri ketika ingin melakukan komunikasi dengan dosen di kelas dan faktor eksternal dilihat dari kondisi kelas (Zoom-Klasse) atau suasana yang dibangun dosen ketika dalam proses pembelajaran dapat mempengaruhi mahasiswa untuk lebih fokus dan teliti mengikuti pembelajaran. Sehubungan dengan hasil penelitian yang dipaparkan di atas, disarankan mahasiswa membutuhkan keterbukaan dari dosen atau dalam artian dosen lebih menaruh perhatian yang lebih terhadap mahasiswa yang memiliki karakteristik atau sifat yang cenderung pemalu atau kurang percaya diri. Sehingga dari hal tersebut dapat terjalin interaksi yang baik antara dosen dan mahasiswa.
ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM DONGENG “SCHNEEWEIßCHEN UND ROSENROT” KARYA BRÜDER GRIMM Jesiska Matulessy; Samuel Jusuf Litualy; Kunu Hanna Grietje
J-EDu: Journal - Erfolgreicher Deutschunterricht Vol 2 No 1 (2022): J-EDu: Journal - Erfolgreicher Deutschunterricht
Publisher : Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (296.032 KB) | DOI: 10.30598/J-EDu.2.1.102-106

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan unsur-unsur intrinsik dan nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam dongeng “Schneeweißchen und Rosenrot“ karya Brüder Grimm. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bersifat deskriptif, yaitu memberikan gambaran secara jelas tentang nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam dongeng “Schneeweißchen und Rosenrot“. Data penelitian berupa deskripsi kata-kata, frasa, kalimat yang mengacu pada nilai pendidikan karakter dalam dongeng “Schneeweißchen und Rosenrot” karya Brüder Grimm. Sumber data penelitian ini adalah dongeng “Schneeweißchen und Rosenrot” karya Brüder Grimm diakses dari http://wwwgrimmstories.com/de/ grimmmarchen/indeks. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik baca dan catat. Instrumen penelitian adalah para penulis sendiri (human instrument). Hasil penelitian ini merupakan deskripsi unsur-unsur intrinsik yakni nilai-nilai pendidikan karakter dalam dongeng Schneeweißchen und Rosenrot yaitu: 1) tokoh utama (a) Schneeweißchen und Rosenrot (Putih Salju dan Mawar Merah) dengan karakter pendiam, menjaga kebersihan, penyayang pemberani, penurut dan penyabar, (b) tokoh ibu, dengan karakter baik hati, (c) tokoh berikut adalah si beruang, dengan karakter: suka membalas dendam, (d) selanjutnya tokoh kurcaci) dengan karakter: suka berkata kasar, tidak tahu berterima kasih, suka menyalahkan orang lain. 2) latar atau Setting Schneeweißchen und Rosenrot adalah hutan, rumah/pondok, kota, dan waktu lampau, dengan suasana: takut dan mencekam. 3) Amanat : (a) hidup saling menyayangi satu sama lain, (b) Balas dendam hanyalah membuat kita menjadi sama jahatnya dengan orang yang telah berbuat jahat kepada kita. Oleh karena itu hendaknya kita memaafkan orang yang telah berbuat kesalahan pada kita. Intinya; balaslah kejahatan dengan kebaikan, (c) jangan lupa berterima kasih kepada siapapun yang sudah menolong kita saat mengalami kesulitan. Karena kita sebagai makhluk sosial yang tidak dapat berdiri sendiri tanpa bantuan dari orang lain, 4) Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Dongeng, yaitu sebagai berikut: (a) Nilai kerja keras, (b) Nilai peduli sosial, (c) Nilai peduli sosial, dan (d) Nilai ȕtanggung jawab.
THE EFFECTIVENESS OF USING DUOLINGO INTERACTIVE MEDIA ON THE MASTERY OF GERMAN VOCABULARY Marshalo R. Kakerissa; Juliaans E. R. Marantika; Kalvin Karuna
J-EDu: Journal - Erfolgreicher Deutschunterricht Vol 2 No 1 (2022): J-EDu: Journal - Erfolgreicher Deutschunterricht
Publisher : Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (298.357 KB) | DOI: 10.30598/J-EDu.2.1.107-112

Abstract

This study aims to describe the effect of using Duolingo interactive media on increasing German vocabulary. This research was conducted with a sample of 16 elementary level students at the German Language Education Study Program, Pattimura University. The data were collected through pre-test and post-test and supported by a questionnaire as supporting data. The data collected were analyzed using t test analysis techniques, and supporting data were analyzed using descriptive analysis techniques. The results showed that the calculation result of t=4,583 was higher than the value of t-table, and indicated the positive effect of using Duolingo interactive media on German vocabulary mastery. This finding is supported by the results of a questionnaire that describes the advantages of using Duolingo in terms of the intended use, user groups, application features, space and time, cost, and accessibility. Finally, it can be concluded that the use of Duolingo interactive media is effective in increasing the mastery of German vocabulary.
PENGARUH PENGGUNAAN OFFICE 365 TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA JERMAN SISWA SMA NEGERI 1 AMBON Frangklin Pangeli; Ida Costansa Tamaela; Patresia S. Apituley
J-EDu: Journal - Erfolgreicher Deutschunterricht Vol 2 No 1 (2022): J-EDu: Journal - Erfolgreicher Deutschunterricht
Publisher : Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (225.324 KB) | DOI: 10.30598/J-EDu.2.1.113-119

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan Office 365 terhadap hasil belajar Bahasa Jerman siswa SMA Negeri 1 Ambon. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantatif dengan pendekatan ex post facto, dimana sifat penelitian ini tidak memberi perlakuan atau manipulasi karena variabel bebas sudah terjadi. Ex post facto artinya sesudah fakta. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Ambon. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari, variabel X (bebas) : Penggunaan Office 365 dan variabel Y (terikat) : Hasil Belajar Bahasa Jerman. Instrumen yang digunakan adalah, angket tertutup yang digunakan untuk mengungkapkan data mengenai penggunaan Office 365 sebagai pendukung e-learning, wawancara sebagai instrumen untuk melakukan studi awal dan studi dokumentasi untuk mengumpulkan dokumen-dokumen berupa nilai hasil belajar bahasa jerman sebelum (semester 1 / ganjil) & sesudah (semester 2 / genap) penggunaan Office 365 sebagai sebagai pendukung e-learning. Dalam penelitian ini Studi Dokumentasi berupa dokumen terkait hasil belajar siswa digunakan sebagai data utama (Primer), sementara kuesioner & wawancara digunakan sebagai data pendukung (Sekunder). Berdasarkan hasil analisis maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan Office 365 terhadap hasil belajar bahasa Jerman siswa SMA Negeri 1 Ambon. Hasil belajar bahasa Jerman yang diperoleh menunjukan ada peningkatan, yang dibuktikan dengan menggunakan uji t dependent dengan nilai thit 3,80 > ttab 2,045, serta didukung oleh hasil wawancara dengan guru mata pelajaran bahasa Jerman dan angket yang diberikan kepada 30 siswa kelas X, menunjukan respon positif dengan presentase sebesar 70,85%.

Page 1 of 1 | Total Record : 5