cover
Contact Name
Mushab Al Umairi
Contact Email
jieec@umg.ac.id
Phone
+6285370102265
Journal Mail Official
jieec@umg.ac.id
Editorial Address
Jl. Sumatera No. 101. Gn. Malang, Randuagung, Kec. Kebomas, Kab. Gresik, Jawa Timur, 61121, Indonesia
Location
Kab. gresik,
Jawa timur
INDONESIA
Journal of Islamic Education for Early Childhood
ISSN : 2615160x     EISSN : 29875501     DOI : http://dx.doi.org/10.30587/jieec
Core Subject : Education,
Journal of Islamic Education for Early Childhood (JIEE) memfasilitasi para peneliti, praktisi, serta seluruh masyarakat luas untuk menyebarluaskan artikel hasil penelitian ataupun kajian yang berakaitan mengenai pendidikan Islam anak usia dini, pendidikan anak usia dini, perkembangan anak serta perihal yang berikaitan dengan anak usia dini secara umum. Journal of Islamic Education for Early Childhood (JIEEC) merupakan hasil dari penelitian dan kajian ilmu dalam bidang pendidikan Islam anak usia dini, implementasi agama Islam pada anak, pendidikan anak usia dini, perkembangan anak usia dini meliputi motorik, kognitif, bahasa, seni, nilai agama moral, dan sosial emosional, pola asuh orang tua, kesehatan dan nutrisi anak, media pembelajaran anak, serta psikologi anak.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 50 Documents
PENGEMBANGAN GAME ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN ASPEK NILAI AGAMA MORAL TK MUSLIMAT NU 01 GRESIK Ika Ainun Munzilin
JIEEC (Journal of Islamic Education for Early Childhood) Vol 4 No 2 (2022): Volume 4, No 2 (2022) JIEEC : Journal of Islamic Education for Early Childhood
Publisher : Universitas Muhammadiyah Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (231.179 KB) | DOI: 10.30587/jieec.v4i2.3968

Abstract

Abstrack This study aims to determine the results of the development of animated multimedia games in distinguishing good behavior and bad behavior using a computer application, namely Power Point. This type of research is development (research and development). Data collection techniques using observation, interviews, documentation, and questionnaires. The results showed that the assessment of the material expert got an average score of 21 which had a percentage of 75% with the criteria of "Good" and the assessment of the media expert obtained an average score of 43 which had a percentage of 89.5% with the criteria of very "Good". The results of the assessment in the field trial of students got a percentage of 70% with appropriate criteria, the percentage of the parent's questionnaire was 78.5% in the "Good" category, the percentage of the teacher and school principal's questionnaire was 91.07 in the "Good" category. It was concluded that the overall learning media for animated games was "appropriate" to be used as a learning medium to introduce the difference between good and bad behavior in group A children. Keyword : Animated Games, Moral Religious Values, and Early Childhood
Kemampuan menyimak anak usia 4-6 tahun yang mengalami autis di yayasan amanah terapi dan edukasi gresik Erica Safrina Khansa
JIEEC (Journal of Islamic Education for Early Childhood) Vol 4 No 1 (2022): Volume 4, No 1 (2022) JIEEC : Journal of Islamic Education for Early Childhood
Publisher : Universitas Muhammadiyah Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (201.214 KB) | DOI: 10.30587/jieec.v4i1.3712

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menyimak anak usia 4-6 tahun yang mengalami autis dengan menggunakan metode ABA di Yayasan Amanah Terapi dan Edukasi Gresik pada bulan November- Desember 2022. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan meneliti 4 anak sebagai subjek selama 3 bulan. Setelah melakukan penelitian selama 3 bulan ditemukan kesimpulan bahwa kemampuan menyimak anak yang mengalami autis berbeda-beda.
ASESMEN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL MELALUI TEKNIK CHECKLIST DI TK AISYIYAH 8 MELIRANG ID'HA TUTFI ULKHATIATA
JIEEC (Journal of Islamic Education for Early Childhood) Vol 3 No 1 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (980.634 KB) | DOI: 10.30587/jieec.v3i1.2215

Abstract

Menganalisis penerapan teknik checklist untuk menilai sosial emosional anak usia dini merupakan tujuaan utama dari penelitian ini. Dengan mendeskripsikan teknik checklis tersebut untuk mengetahui perkembangan sosial emosional melalui metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan di TK Aisyiyah 8 Melirang. Dari hasil penelitian di TK tersebut menggunakan teknik penilaian yakni checklist, catatan anekdot, dan hasil karya. Penilaian perkembangan sosial emosional juga menggunakan ketiga teknik. Namun, salah satu teknik yang paling umum digunakan adalah teknik checklist yang sesuai dengan Pedoman Penilaian Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Tahun 2015.
IMPLEMENTASI MEDIA FLASHCARD DALAM MENGENAL HURUF HIJAIYAH DI TK AZ ZAHRO BENDIL KEPATIHAN MENGANTI GRESIK Mu’arofah Mu’arofah
JIEEC (Journal of Islamic Education for Early Childhood) Vol 1 No 1 (2018)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (302.068 KB) | DOI: 10.30587/jieec.v1i1.278

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengembangan potensi yang dimiliki anak TK dalam kamapuan dasar bahasa arab sebagai bahasa Al-Quran. Implementasi media flashcard dalam pembelajaran mengenal huruf hijaiyah di TK Az Zahro Kepatihan Menganti Gresik dilakukan setiap hari mulai hari Senin sampai Sabtu. Dalam penerapan media flashcard dibutuhkan kemampuan seorang guru yang dapat memainkan flashcard dengan baik dan benar saat proses pembelajaran. Sehingga, dalam proses pembelajaran tidak ada kesulitan baik dari pihak guru maupun pihak siswa dalam menerima pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar dampak peggunaan media flashcard dalam pembelajaran mengenal huruf hijaiyah pada siswa TK. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan untuk penelitian ini yaitu terdiri dari dua data yaitu data primer yang diperoleh dari informan yaitu kepala sekolah dan guru di TK Az Zahro Kepatihan Menganti Gresik sedangkan data sekunder dapat diperoleh dari data lainnya yang mendukung penelitian ini. Teknik pengambilan data pada penelitian ini berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini telah ditemukan bahwa penerapan media flashcard dalam pembelajaran mengenal huruf hijaiyah di TK Az Zahro Kepatihan Menganti Gresik, siswa dapat menerima materi dengan mudah dan lebih semangat selama proses pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian ini adalah 1) Tahapan media flashcard dalam pembelajaran mengenal huruf hijaiyah yang diawali dari seorang guru membacakan simbol yang ada pada flashcard yang kemudian diikuti oleh semua siswa secara klasikal, setelah itu guru memberikan pertanyaan mengenai simbol yang terdapat diflashcard yang harus dijawab oleh siswa secara individu. 2) Faktor pendukung media flashcard dalam pembelajaran mengenal huruf hijaiyah dapat disimpulkan melalui kemampuan seorang guru dalam memainkan flashcard. Sedangkan faktor penghambat media flashcard dalam pembelajaran mengenal huruf hijaiyah terdiri dari dua faktor yakni faktor dari dalam dan luar. Faktor dalam terjadi karena siswa itu sendiri sedangkan faktor luar dapat terjadi karena guru dan orang tua. Kata kunci : media flashcard, huruf hijaiyah
PERKEMBANGAN MORAL ANAK KELOMPOK B MELALUI METODE PEMBIASAAN DI TK DHARMA WANITA PERSATUAN RETNO SUWARI LERAN devi novita sari; Fitri Ayu Fatmawati
JIEEC (Journal of Islamic Education for Early Childhood) Vol 5 No 1 (2023): Volume 5, No 1 (2023) JIEEC : Journal of Islamic Education for Early Childhood
Publisher : Universitas Muhammadiyah Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (202.196 KB) | DOI: 10.30587/jieec.v5i1.4321

Abstract

Perkembangan nilai-nilai moral dan keagamaan adalah kemampuan bersikap, bertingakahlaku, dan bertindak. Salah satu metode yang dapat mengembangkan perkembangan nilai moral dan keagamaan adalah metode pembiasaan. Pembiasaan adalah kegiatan yang dilakukan secara terus menerus sehingga menjadi kebiasaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam mengembangkan perkembangan nilai agama dan moral anak melalui metode pembiasaan di kelompok B Tk Dharma Wanita Persatuan Retno Suwari Leran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang melibatkan dua orang guru. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumen analisis. Data dianalisis secara kualitatif dengan cara pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru dalam mengembangkan perkembangan nilai moral dan keagamaan anak melalui metode pembiasaan di kelompok B Tk Dharma Wanita Persatuan Retno Suwari Leran adalah sebagai berikut: (i) rutin memandu kegiatan berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan sesuai dengan keyakinan untuk membiasakan beribadah, (ii) spontan sopan dalam bertutur kata untuk membiasakan prilaku mulia,(iii) keteladanan menjaga kebersihan diri dan lingkungan untuk menjaga kebersihan badan dan lingkungan, dan (iv) secara terprogram mengahafal surat dan hadis pendek dalam kehidupan sehari-hari untuk membiasakan menyebutkan kitab sici yang dianut. Hal ini menunjukkan bahwa keempat bentuk pembiasaan dapat diterapkan pada anak usia dini dalam mengembangkan nilai-nilai agama dan moral.
PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PERMAINAN BOLA BASKET TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN Mega Putri Pratiwi; Eka Cahaya Maulidiah
JIEEC (Journal of Islamic Education for Early Childhood) Vol 4 No 2 (2022): Volume 4, No 2 (2022) JIEEC : Journal of Islamic Education for Early Childhood
Publisher : Universitas Muhammadiyah Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (245.474 KB) | DOI: 10.30587/jieec.v4i2.4167

Abstract

Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini yaitu saat ini masih belum ada buku panduan tentang permainan bola basket terhadap motorik kasar anak usia 5-6 tahun dan setelah dilakukan observasi awal banyak guru atau pendidik yang memiliki keterbatasan pengetahuan tentang permainan bola basket. Sedangkan, bola basket dapat memberikan banyak manfaat pada motorik kasar anak usia dini. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan pengembangan produk berupa buku panduan permainan bola basket terhadap kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Desain uji produk pada penelitian ini menggunakan Pre-Experimental Designs (nondesign) jenis One-Group Pretest-Posttest Design. Subjek eksperimen penelitian ini berjumlah 10 anak usia 5-6 tahun dan 2 guru pendamping. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi. Hasil uji kelayakan produk diperoleh 98,6 % dari ahli materi dengan kategori sangat layak dan 95,8% dari ahli media dengan kategori sangat layak. Uji reliabilitas instrument menunjukkan skor 0,737, sehingga instrument yang digunakan dikatakan reliabel. Hasil perhitungan Wilcoxon macth pairs test diperoleh hasil 0,005. Jika nilai 0,005 > 0,05 maka, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan buku panduan permainan bola basket terhadap kemampuan motorik kasar.
PEWARISAN PERMAINAN TRADISIONAL PADA ANAK USIA DINI SEBAGAI SARANA REKREATIF, KOMPETITIF DAN EDUKATIF mustakim mustakim
JIEEC (Journal of Islamic Education for Early Childhood) Vol 3 No 1 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (806.761 KB) | DOI: 10.30587/jieec.v3i1.2297

Abstract

Culture as a community heritage handed down from generation to generation. Inheritance of character values in children becoming a fundamental requirement for the foundation of a child to adulthood. Traditional games as a legacy of the archipelago are starting to fade among the melenial generation, the flow of digital technology is the main factor in traditional games being abandoned. Children are more love to play the gadget, online games, internet, social media, ticktock, and youtube. Melenial generation began not familiar with the heritage of traditional games developed in the community. The purpose of this study to describe the concept of inheritance of traditional games in early childhood. The method used qualitative methods using the technique of interview, observation and documentation. The results of the study illustrate that traditional games provide recreational, competitive, and educational values for early childhood, as a means of physical motor development for children.
UPAYA PENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL KONSEP BILANGAN DENGAN PERMAINAN TRADISIONAL DAKON ANAK TK A RA TEAM CENDEKIA KECAMATAN DUKUH PAKIS KOTA SURABAYA Agustien Lilawati
JIEEC (Journal of Islamic Education for Early Childhood) Vol 1 No 1 (2020)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (201.268 KB) | DOI: 10.30587/jieec.v1i1.1591

Abstract

The background of this class action research is the ability of children who are lacking in recognizing the concept of numbers. Of the 20 kindergarten students in group A, there were 3 active students in the activity while 17 other children were just silent and experiencing problems. There are 3 active students in the activity while 17 other children are just silent and experience problems from 20 kindergarten students in Group A. This study aims to find out and improve teaching in school and increase the ability to recognize the concept of numbers by using traditional play media media in kindergarten children A RA Team Scholar Surabaya. Research data collection through observation. Research activities are planning and implementation as well as observation and reflection. There are two cycles used in this study, the first cycle and the second cycle. From the research, it was found that the indicator of success level was reached during the second improvement. Indicator of the success rate is only 40% in the first cycle, this means that still not fulfilled the predetermined standard of children's ability achievement of 80%.
Perkembangan Sosial Emosional Anak Selama Pembelajaran Dari Rumah Dan Sekolah Di Tk Muslimat Nu 42 Nurul Ulum Manyar Gresik Yang Tanpa Pendidikan Kelompok Bermain Tri Hartati Wijayati
JIEEC (Journal of Islamic Education for Early Childhood) Vol 5 No 1 (2023): Volume 5, No 1 (2023) JIEEC : Journal of Islamic Education for Early Childhood
Publisher : Universitas Muhammadiyah Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (221.582 KB) | DOI: 10.30587/jieec.v5i1.4596

Abstract

Kelompok bermain (KB) merupakan salah satu bentuk pendidikan anak usia dini sebelum anak memasuki jenjang Taman Kanak-kanak (TK). Berdasarkan hasil observasi pada tahun ajaran 2021-2022 di TK Muslimat NU 42 Nurul Ulum Manyar Gresik terdapat anak kelompok A yang tanpa bersekolah di KB sebelumnya sehingga perkembangan sosial emosional anak yang masih kurang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak perkembangan sosial emosional anak selama pembelajaran dari rumah dan sekolah di TK Muslimat NU 42 Nurul Ulum Manyar Gresik yang tanpa pendidikan kelompok bermain beserta faktor apa saja yang mempengaruhinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan dalam prosesnya peneliti menggunakan model Miles and Huberman dengan tiga langkah, yaitu data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan concluusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dampak perkembangan sosial emosional anak yang tanpa pendidikan kelompok bermain selama pembelajaran dari rumah maupun di sekolah, khususnya dalam indikator bersikap kooperatif dengan teman, menghargai hak/pendapat/karya orang lain, peka untuk membantu orang lain, dan rasa tidak ingin menang sendiri menunjukkan hasil capaiannya hampir setara dengan anak yang bersekolah kelompok bermain sebelumnya. Hal itu dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya: faktor keluarga, faktor kematangan, faktor pendidikan, faktor kapasitas mental, dan faktor lingkungan belajar.
SINERGITAS GURU DAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI Alfina Nisa'uz Zahroh; Raifatu Maulah
JIEEC (Journal of Islamic Education for Early Childhood) Vol 4 No 2 (2022): Volume 4, No 2 (2022) JIEEC : Journal of Islamic Education for Early Childhood
Publisher : Universitas Muhammadiyah Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (139.323 KB) | DOI: 10.30587/jieec.v4i2.3931

Abstract

Menumbuhkan sikap kemandirian pada anak usia dini merupakan salah satu prinsip yang harus disadari dan diperhatikan oleh semua orang, khususnya oleh guru dan orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan sinergitas guru dengan orang tua dalam mengembangkan sikap kemandirian anak di TK Muslimat NU 22 Al Muniroh 1 Ujungpangkah Gresik. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan subjek penelitian guru dan orang tua di TKM NU 22 Al Muniroh 1. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini memberikan sebuah gambaran terkait sinergi antara guru dan wali murid dalam mengembangkan kemandirian anak serta menstimulasi supaya anak mempunyai kebiasaan bersikap mandiri, terutama berani sekolah tidak ditunggu oleh orang tua. Hal ini sengaja dipraktikkan pada anak usia dini guna menjadi individu yang lebih mandiri dan tidak bergantung kepada orang lain di kemudian hari.