cover
Contact Name
Rahmat Perdana
Contact Email
rahmat260997@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
ijoer.cic@gmail.com
Editorial Address
Cahaya Ilmu Cendekia Publisher, Jambi, Indonesia 36361
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Indonesian Journal of Education Research (IJoER)
ISSN : 27226298     EISSN : 27221326     DOI : https://doi.org/10.37251/ijoer
Core Subject : Education, Social,
Indonesian Journal of Education Research (IJoER) is a scientific journal published by Cahaya Ilmu Cendekia Publisher. The IJoER aims to provide a forum for scholarly understanding of the field of education and plays an important role in promoting the process that accumulated knowledge, values, and skills are transmitted from one generation to another; and making methods and contents of evaluation and research in education available to teachers, administrators and research workers. The journal encompasses a variety of topics, including child development (childhood, primary, secondary, senior, vocation, and higher education), curriculum, philosophies of education and educational approaches, etc. Indonesian Journal of Education Research is published both in Print and Electronic format
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2021): February" : 5 Documents clear
Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Menerapkan karakter Tanggung Jawab di Sekolah Dasar Dina Angraini
Indonesian Journal of Education Research (IJoER) Vol. 2 No. 1 (2021): February
Publisher : Cahaya Ilmu Cendekia Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (191.646 KB) | DOI: 10.37251/ijoer.v2i1.515

Abstract

Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui proses kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam menerapkan karakter tanggung jawab pada siswa kelas V di SD Negeri No.64/I Muara Bulian. Metodologi: Jenis penelitianadalah pendekatan kualitatif, menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi, sementara teknik analisa data meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan.Uji keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi. Temuan Utama: Perencanaan dilakukan dengan membuat materi kegiatan ekstrakurikuler pramuka untuk 1 (satu) tahun ajaran 2016/2017. Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka dilakukan setiap hari sabtu setelah jam belajar sekolah selesai, dengan materi mengacu pada materi yang telah disusun. Evaluasi kegiatan ekstrakurikuler pramuka dilakukan secara tertulis sebelum ujian semester, evaluasi didasarkan pada hasil tes tertulis ditambah dengan presensi Keterbaruan/Keaslian dari Penelitian: mendeskripsikan kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam menerapkan karakter tanggung jawab.
Pengembangan Multimedia Powerpoint Pada Materi Benda dan Sifatnya Kelas V SD Negeri 64/I Muara Bulian Hershinta Biarty
Indonesian Journal of Education Research (IJoER) Vol. 2 No. 1 (2021): February
Publisher : Cahaya Ilmu Cendekia Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (190.908 KB) | DOI: 10.37251/ijoer.v2i1.516

Abstract

Tujuan Penelitian: Tujuan penelitian ialah ingin mengembangkan multimedia powerpoint pada materi benda dan sifatnya Kelas V SD Negeri 64/I Muara Bulian. Untuk mengetahui respon siswa mengenai multimedia powerpoint pada materi benda dan sifatnya Kelas V SD Negeri 64/I Muara Bulian. Metodologi: Jenis penelitian yang akan dilaksanakan adalah penelitian pengembangan. Dalam peelitian ini, pengembangan multimedia powerpoint pada materi benda dan sifatnya ini menggunakan model pengembangan dari Lee & Owens. Temuan Utama: Berdasarkan hasil validitas media oleh pakar media diperoleh data dan dianalisis diperoleh hasil uji validitas media dengan nilai rata-rata skor 44 dengan pesentase 80 pada kategori sangat baik. Hal ini berarti pakar ahli menyakan media powerpoin pada skala penilaian sesuai/layak untuk di ujicoba dalam pembelajaran. Setelah dilakukan revisi, maka hasil validasi keempat sudah baik dan media dapat di gunakan sebagai media pembelajaran. Dari beberapa respon positif dari siswa tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa multimedia yang dikembangkan dapat menarik belajar siswa dan telah memadai sebagai sumber belajar alternatif bagi siswa Keterbaruan/Keaslian dari Penelitian: Lingkungan memberi masukan kepada siswa berupa bantuan dan masalah, sedangkan sistem saraf otak berfungsi menafsirkan bantuan itu secara efektif sehingga masalah yang dihadapi dapat diselidiki, dinilai, dianalisis serta dicari pemecahannya dengan baik.
Pengembangan e-LKS Berbasis Metakognisi Menggunakan 3D PageFlip Pada Materi Reaksi Redoks Dinasita Purnama
Indonesian Journal of Education Research (IJoER) Vol. 2 No. 1 (2021): February
Publisher : Cahaya Ilmu Cendekia Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (194.433 KB) | DOI: 10.37251/ijoer.v2i1.517

Abstract

Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan mengembangkan e-LKS dan melihat respon siswa terhadap e-LKS berbasis metakognisi menggunakan 3D PageFlip pada materi reaksi redoks di kelas X MIPA SMA Negeri 1 Muaro Jambi. Metodologi: Penelitian ini menggunakan kerangka pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analisis, desain, pengembangan, penerapan, dan evaluasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, wawancara dan angket. Temuan Utama: Hasil dari penelitian ini adalah e-LKS berbasis metakognisi yang dibuat menggunakan software 3D PageFlip. Produk tersebut divalidasi oleh ahli media ahli materi dan dinilai oleh guru yang masing-masing memperoleh skor 74 (sangat baik), 64 (sangat baik dan skor 67 (sangat baik) sehingga bahan ajar yang dikembangkan layak untuk diujicobakan. Hasil respon siswa diperoleh persentase 89,7% (sangat baik). Keterbaruan/Keaslian dari Penelitian: Penulis bermaksud mengembangkan eLKS berbasis metakognisi pada materi reaksi redoks dengan menggunakan program 3D Pageflip. Pengembangan e-LKS ini dilengkapi dengan teks, gambar, animasi dan video yang diharapkan dapat meningkatkan minat baca peserta didik, dapat mengurangi kejenuhan peserta didik terhadap bahan ajar yang monoton, dan dapat memotivasi peserta didik untuk belajar mandiri.
An Action Research: Improving Eleventh Grade Students’ Ability in Comprehending Report Text Through Skimming and Scanning Technique at SMAN 2 Tebo Eka Andriyani
Indonesian Journal of Education Research (IJoER) Vol. 2 No. 1 (2021): February
Publisher : Cahaya Ilmu Cendekia Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (235.424 KB) | DOI: 10.37251/ijoer.v2i1.518

Abstract

Purpose of the study: The aim of this research is to improve reading comprehension of eleventh grade studentsof SMAN 2 Tebo on report text through Skimming and Scanning technique. Methodology: This study employed classroom action research design. In the study, the researcher collaborated with the English teacher who taught the target class. The subject of the research was eleventh grade students of IPA 1 class in SMAN 2 Tebo that consisted of 32 students. Main Findings: The result of the three cycles show that the use skimming and scanning technique was effective to improve the students’ reading comprehension on report text. Based on the reading test scores the students’ scores kept improving in every test. In cycle I test the mean was 67.50, in cycle II test the mean was 76.87 and in cycle III test the mean was 85.78. Novelty/Originality of this study: The improvement of students’ activeness and participation in the class were also seen from observation sheet and field note in implementing skimming and scanning when reading the texts in the classroom. The result of the research showed that Skimming and Scanning significantly improved students’ achievement in reading report text, particularly for eleventh grade students of IPA 1 class in SMAN 2 Tebo.
Pengaruh Metode Kodaly terhadap Kecerdasan Musikal Anak Usia Dini Sri Wahyuni
Indonesian Journal of Education Research (IJoER) Vol. 2 No. 1 (2021): February
Publisher : Cahaya Ilmu Cendekia Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (194.214 KB) | DOI: 10.37251/ijoer.v2i1.519

Abstract

Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui pengaruh metode kodaly terhadap kecerdasan musikal anak usia dini. Metodologi: Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh siswa semester I tahun 2018 di Raudatul Atfal (RA) Al-Islam Desa Muhajirin Kab. Muaro Jambi yang terdiri dari 20 siswa. Sampel dipilih dengan teknik sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen angket metode kodaly dan angket kecerdasan musikal yang diisi oleh guru. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji regresi. Temuan Utama: Dalam penelitian ini ditemukan bahwa penerapan metode kodaly memiliki pengaruh terhadap kecerdasan musikal anak usia dini di Raudatul Atfal (RA) Al-Islam Desa Muhajirin Kabupaten Muaro Jambi. Anak-anak yang dipaparkan dengan metode Kodaly menunjukkan peningkatan keterampilan dan kemampuan musik, termasuk ketepatan nada, kemahiran ritme, dan pemahaman bacaan musik. Keterbaruan/Keaslian dari Penelitian: Temuan baru dari penelitian ini adalah bahwa metode Kodaly efektif dalam meningkatkan tidak hanya keterampilan musik tetapi juga kemampuan verbal anak-anak. Metode Kodaly membantu anak mengembangkan keterampilan pendengaran seperti membedakan, mengidentifikasi, dan mengingat nada dasar dan pola ritme yang penting untuk perkembangan membaca dan menulis di kemudian hari.

Page 1 of 1 | Total Record : 5