cover
Contact Name
Yusriadi
Contact Email
yusriadi@iainptk.ac.id
Phone
+6282155562873
Journal Mail Official
jurnalpkk@gmail.com
Editorial Address
https://e-journal.iainptk.ac.id/index.php/JPKK/about/editorialTeam
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan, Kebudayaan dan Keislaman
ISSN : -     EISSN : 29870607     DOI : https://doi.org/10.24260
Jurnal Pendidikan, Kebudayaan dan Keislaman (JPKK) adalah open akses untuk peneliti, akademisi dan praktisi. Jurnal ini menyediakan wadah untuk menerbitkan hasil penelitian atau artikel review yang berkaitan dengan bidang pengajaran, pembelajaran, pengembangan kurikulum, lingkungan belajar, pendidikan guru, teknologi pendidikan, sosial budaya, studi masyarakat dan khazanah Islam. Di bawah penerbitan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, terbit tiga kali dalam setahun, sejak Desember 2022
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2022)" : 5 Documents clear
MODERASI BERAGAMA DALAM PERSPEKTIF TAFSIR AL-IBRIZ KARYA BISRI MUSTHOFA Ahmad Yani
Jurnal Pendidikan, Kebudayaan dan Keislaman Vol 1 No 1 (2022)
Publisher : The Institute for Research and Community Service (LP2M) of Pontianak State Institute of Islamic Studies (IAIN Pontianak)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (707.17 KB) | DOI: 10.24260/jpkk.v1i1.1043

Abstract

Kemajemukan dalam bingkai moderasi beragama menjadikan Indonesia indah bagai pelangi. Diskursus moderasi beragama menjadi manifesti ide Islam dalam menjembatani persoalan antar umat beragama. Ide Islam ini tersirat dalam QS. Al-Baqarah [2]: 143. Untuk itu menggali konsep moderasi beragama atau wasathiyyah yang ada di dalam QS. Al-Baqarah [2]: 143 dengan merujuk pada penafsiran . Bisri Musthofa yang merupakan salah satu tokoh penafsir moderat di Indonesia menjadi suatu hal yang urgen. Melalui metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, peneliti berupaya sebaik mungkin mendeskripsikan bagaimana konsep moderasi beragama yang terkandung dalam QS. Al-Baqarah [2]: 143 di dalam Tafsir Al-Ibriz. Berdasarkan analisis penafsiran Bisri Musthofa atas QS. Al-Baqarah [2]: 143 maka konsep moderasi beragama berarti beragama yang tidak hanya sebatas menjadi penengah di antara manusia terhadap perbedaan yang ada, melainkan juga harus mampu memperbagus keadaan manusia dari segala aspeknya dengan meneruskan ajaran Rasulullah ﷺ.
STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK UNTUK MENCAPAI NILAI KKM Tiya Triyanti
Jurnal Pendidikan, Kebudayaan dan Keislaman Vol 1 No 1 (2022)
Publisher : The Institute for Research and Community Service (LP2M) of Pontianak State Institute of Islamic Studies (IAIN Pontianak)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (444.234 KB) | DOI: 10.24260/jpkk.v1i1.1161

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Strategi apa saja yang digunakan oleh guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik untuk mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) (2) Langkah-langkah penerapan strategi pembelajaran yang digunakan guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik untuk mencapai nilai KKM (3) Kendala yang dihadapi guru dan solusinya dalam menerapkan strategi pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik mencapai nilai KKM. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan bentuk penelitian deskriptif. Sumber data yaitu: 1) sumber data primer adalah guru mata pelajaran Bahasa Indonesia; 2) Sumber data sekunder data nilai KKM kelas IV. Teknik pengumpulan data adalah teknik wawancara, teknik observasi dan teknik dokumentasi. Alat pengumpulan data lembar wawancara dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan data kondensasi, display data dan pengambilan keputusan dan veritifikasi. Melalui penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Untuk mencapai nilai KKM, guru telah menerapkan strategi dengan berbantuan media, metode bercerita, inkuiri, kontekstual, berbasis masalah, kooperatif, ekspositori, partisipasif, dengan modul, belajar tuntas. (2) Guru telah menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa, minformasi, mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar, membimbing kelompok bekerja dan belajar, serta evaluasi. (3) a. Kendala penerapan strategi pembelajaran, yaitu: materi yang sulit tidak sesuai dengan pengetahuan awal peserta didik, peserta didik kurang percaya diri dalam menyampaikan pendapat, kesulitan mengatur alokasi waktu, pemilihan strategi yang sesuai, tidak mau mendengarkan penjelasan guru atau sibuk sendiri. b. Cara mengatasi kendala dalam memotivasi peserta didik seperti: dengan melakukan pendekan personal terhadap peserta didik, memberikan kebebasan berpendapat, memberikan motivasi-motivasi yang dapat membantu peserta didik agar lebih percaya diri dan semangat belajar, tidak memaksa siswa dalam belajar, memberikan sedikit hiburan agar anak tidak bosan dan memberikan penghargaan.
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PESERTA DIDIK Nurul Khalida
Jurnal Pendidikan, Kebudayaan dan Keislaman Vol 1 No 1 (2022)
Publisher : The Institute for Research and Community Service (LP2M) of Pontianak State Institute of Islamic Studies (IAIN Pontianak)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (429.359 KB) | DOI: 10.24260/jpkk.v1i1.1162

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model examples non examples terhadap keterampilan menulis peserta didik pada pembelajaran tematik tema 8 kelas IV di SD Negeri 22 Pontianak Barat tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan jenis pra eksperimen one group pretest posttest. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa: 1) langkah-langkah penggunaan model examples non examples yang tepat dan sesuai dapat meningkatkan keterampilan menulis peserta didik pada pembelajaran tematik tema 8. 2) keterampilan menulis peserta didik pada pembelajaran tematik tema 8 diperoleh pada uji pre-test tidak terdapat peserta didik yang mencapai kategori tuntas dengan presentase 0% memiliki rata-rata 56,91 3) terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model examples non examples terhadap keterampilan menulis peserta didik pada pembelajaran tematik tema 8 yang dibuktikan dengan hasil perhitungan uji posttest terdapat 30 peserta didik mencapai kategori tuntas dengan presentase 88,24% dan rata-rata 80,44 serta hasil analisis dari tabel Uji Paired Sample T Test diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 mengartikan bahwa Ha diterima.
PENGARUH MEDIA CERITA BERGAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA SISWA MI Sara Novianti
Jurnal Pendidikan, Kebudayaan dan Keislaman Vol 1 No 1 (2022)
Publisher : The Institute for Research and Community Service (LP2M) of Pontianak State Institute of Islamic Studies (IAIN Pontianak)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (426.199 KB) | DOI: 10.24260/jpkk.v1i1.1164

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan membaca nyaring dalam aspek lafal, intonasi, penguasaan tanda baca, pemahaman, ekspresi atau sikap peserta didik kelas III Madrasah Ibtidaiyah Swasta At-Taqwa Sungai Kakap Tahun Ajaran 2021/2022 pada tema 5 sub tema 1 pembelajaran 1. Sehingga perlunya penggunaan media yang tepat pada saat pembelajaran berupa media cerita bergambar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) bagaimana keterampilan membaca nyaring peserta didik kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Swasta At-Taqwa Sungai Kakap sebelum diterapkan media cerita bergambar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia tema 5 sub tema 1 tahun ajaran 2021 (2) bagaimana keterampilan membaca nyaring peserta didik kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Swasta At-Taqwa Sungai Kakap setelah diterapkan media cerita bergambar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia tema 5 sub tema 1 tahun ajaran 2021 (3) bagaimana pengaruh media cerita bergambar terhadap keterampilan membaca nyaring peserta didik kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Swasta At-Taqwa Sungai Kakap pada mata pelajaran Bahasa Indonesia tema 5 sub tema 1 tahun ajaran 2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rata-rata keterampilan membaca nyaring peserta didik sebelum menggunakan media cerita bergambar diperoleh hasil 64,5, (2) rata-rata keterampilan membaca nyaring peserta didik setelah menggunakan media cerita bergambar diperoleh hasil 77,8, (3) terdapat perbedaan penggunaan media cerita bergambar terhadap keterampilan membaca nyaring peserta didik pada tema 5 sub tema 1 pembelajaran 1 kelas III Madrasah Ibtidaiyah Swasta At-Taqwa Sungai Kakap. Berdasarkan hasil uji t-test nilai signifikasi 0,000 <0,05. Hal ini membuktikan adanya perbedaan penggunaan media cerita bergambar terhadap keterampilan membaca nyaring didik pada tema 5 sub tema 1 pembelajaran 1 kelas III Madrasah Ibitidaiyah Swasta At-Taqwa Sungai Kakap.
IMPLEMENTASI NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM AL-QUR’AN TERHADAP KEGIATAN MUAMALAH Qory Fasdatul Jannah
Jurnal Pendidikan, Kebudayaan dan Keislaman Vol 1 No 1 (2022)
Publisher : The Institute for Research and Community Service (LP2M) of Pontianak State Institute of Islamic Studies (IAIN Pontianak)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (651.268 KB) | DOI: 10.24260/jpkk.v1i1.1166

Abstract

Percekcokan terjadi di tengah masyarakat Indonesia lantaran pengimplementasian nilai-nilai Al-Qur’an terhadap kehidupan sosial bermasyarakat belum terlaksana dengan baik. Pergerakan di sektor perekonomian berupa menjalin hubungan kerjasama antar individu maupun lembaga berbeda keyakinan bukanlah sebuah kesalahan dalam bermuamalah. Tulisan ini bertujuan untuk mengimplementasikan nilai-nilai moderasi yang terkandung dalam ayat-ayat moderasi beragama dalam kegiatan muamalah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode desktriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan kajian pustaka melalui literatur-literatur yang relevan. Langkah dalam penelitian ini yakni dengan mengumpulkan ayat-ayat berkenaan dengan moderasi beragama kemudian menganilisis penafsirannya dengan menggunakan metode tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengimplementasian nilai moderasi beragama yang terdapat dalam Al-Qur’an terhadap kegiatan muamalah dapat dilakukan melalui prinsip keadilan (al-‘adl), keseimbangan (wazn), dan toleransi (tasamuh).

Page 1 of 1 | Total Record : 5