cover
Contact Name
Yusriadi
Contact Email
yusriadi@iainptk.ac.id
Phone
+6282155562873
Journal Mail Official
jurnalpkk@gmail.com
Editorial Address
https://e-journal.iainptk.ac.id/index.php/JPKK/about/editorialTeam
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan, Kebudayaan dan Keislaman
ISSN : -     EISSN : 29870607     DOI : https://doi.org/10.24260
Jurnal Pendidikan, Kebudayaan dan Keislaman (JPKK) adalah open akses untuk peneliti, akademisi dan praktisi. Jurnal ini menyediakan wadah untuk menerbitkan hasil penelitian atau artikel review yang berkaitan dengan bidang pengajaran, pembelajaran, pengembangan kurikulum, lingkungan belajar, pendidikan guru, teknologi pendidikan, sosial budaya, studi masyarakat dan khazanah Islam. Di bawah penerbitan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, terbit tiga kali dalam setahun, sejak Desember 2022
Articles 15 Documents
MODERASI BERAGAMA DALAM PERSPEKTIF TAFSIR AL-IBRIZ KARYA BISRI MUSTHOFA Ahmad Yani
Jurnal Pendidikan, Kebudayaan dan Keislaman Vol 1 No 1 (2022)
Publisher : The Institute for Research and Community Service (LP2M) of Pontianak State Institute of Islamic Studies (IAIN Pontianak)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (707.17 KB) | DOI: 10.24260/jpkk.v1i1.1043

Abstract

Kemajemukan dalam bingkai moderasi beragama menjadikan Indonesia indah bagai pelangi. Diskursus moderasi beragama menjadi manifesti ide Islam dalam menjembatani persoalan antar umat beragama. Ide Islam ini tersirat dalam QS. Al-Baqarah [2]: 143. Untuk itu menggali konsep moderasi beragama atau wasathiyyah yang ada di dalam QS. Al-Baqarah [2]: 143 dengan merujuk pada penafsiran . Bisri Musthofa yang merupakan salah satu tokoh penafsir moderat di Indonesia menjadi suatu hal yang urgen. Melalui metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, peneliti berupaya sebaik mungkin mendeskripsikan bagaimana konsep moderasi beragama yang terkandung dalam QS. Al-Baqarah [2]: 143 di dalam Tafsir Al-Ibriz. Berdasarkan analisis penafsiran Bisri Musthofa atas QS. Al-Baqarah [2]: 143 maka konsep moderasi beragama berarti beragama yang tidak hanya sebatas menjadi penengah di antara manusia terhadap perbedaan yang ada, melainkan juga harus mampu memperbagus keadaan manusia dari segala aspeknya dengan meneruskan ajaran Rasulullah ﷺ.
STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK UNTUK MENCAPAI NILAI KKM Tiya Triyanti
Jurnal Pendidikan, Kebudayaan dan Keislaman Vol 1 No 1 (2022)
Publisher : The Institute for Research and Community Service (LP2M) of Pontianak State Institute of Islamic Studies (IAIN Pontianak)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (444.234 KB) | DOI: 10.24260/jpkk.v1i1.1161

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Strategi apa saja yang digunakan oleh guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik untuk mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) (2) Langkah-langkah penerapan strategi pembelajaran yang digunakan guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik untuk mencapai nilai KKM (3) Kendala yang dihadapi guru dan solusinya dalam menerapkan strategi pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik mencapai nilai KKM. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan bentuk penelitian deskriptif. Sumber data yaitu: 1) sumber data primer adalah guru mata pelajaran Bahasa Indonesia; 2) Sumber data sekunder data nilai KKM kelas IV. Teknik pengumpulan data adalah teknik wawancara, teknik observasi dan teknik dokumentasi. Alat pengumpulan data lembar wawancara dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan data kondensasi, display data dan pengambilan keputusan dan veritifikasi. Melalui penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Untuk mencapai nilai KKM, guru telah menerapkan strategi dengan berbantuan media, metode bercerita, inkuiri, kontekstual, berbasis masalah, kooperatif, ekspositori, partisipasif, dengan modul, belajar tuntas. (2) Guru telah menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa, minformasi, mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar, membimbing kelompok bekerja dan belajar, serta evaluasi. (3) a. Kendala penerapan strategi pembelajaran, yaitu: materi yang sulit tidak sesuai dengan pengetahuan awal peserta didik, peserta didik kurang percaya diri dalam menyampaikan pendapat, kesulitan mengatur alokasi waktu, pemilihan strategi yang sesuai, tidak mau mendengarkan penjelasan guru atau sibuk sendiri. b. Cara mengatasi kendala dalam memotivasi peserta didik seperti: dengan melakukan pendekan personal terhadap peserta didik, memberikan kebebasan berpendapat, memberikan motivasi-motivasi yang dapat membantu peserta didik agar lebih percaya diri dan semangat belajar, tidak memaksa siswa dalam belajar, memberikan sedikit hiburan agar anak tidak bosan dan memberikan penghargaan.
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PESERTA DIDIK Nurul Khalida
Jurnal Pendidikan, Kebudayaan dan Keislaman Vol 1 No 1 (2022)
Publisher : The Institute for Research and Community Service (LP2M) of Pontianak State Institute of Islamic Studies (IAIN Pontianak)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (429.359 KB) | DOI: 10.24260/jpkk.v1i1.1162

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model examples non examples terhadap keterampilan menulis peserta didik pada pembelajaran tematik tema 8 kelas IV di SD Negeri 22 Pontianak Barat tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan jenis pra eksperimen one group pretest posttest. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa: 1) langkah-langkah penggunaan model examples non examples yang tepat dan sesuai dapat meningkatkan keterampilan menulis peserta didik pada pembelajaran tematik tema 8. 2) keterampilan menulis peserta didik pada pembelajaran tematik tema 8 diperoleh pada uji pre-test tidak terdapat peserta didik yang mencapai kategori tuntas dengan presentase 0% memiliki rata-rata 56,91 3) terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model examples non examples terhadap keterampilan menulis peserta didik pada pembelajaran tematik tema 8 yang dibuktikan dengan hasil perhitungan uji posttest terdapat 30 peserta didik mencapai kategori tuntas dengan presentase 88,24% dan rata-rata 80,44 serta hasil analisis dari tabel Uji Paired Sample T Test diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 mengartikan bahwa Ha diterima.
PENGARUH MEDIA CERITA BERGAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA SISWA MI Sara Novianti
Jurnal Pendidikan, Kebudayaan dan Keislaman Vol 1 No 1 (2022)
Publisher : The Institute for Research and Community Service (LP2M) of Pontianak State Institute of Islamic Studies (IAIN Pontianak)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (426.199 KB) | DOI: 10.24260/jpkk.v1i1.1164

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan membaca nyaring dalam aspek lafal, intonasi, penguasaan tanda baca, pemahaman, ekspresi atau sikap peserta didik kelas III Madrasah Ibtidaiyah Swasta At-Taqwa Sungai Kakap Tahun Ajaran 2021/2022 pada tema 5 sub tema 1 pembelajaran 1. Sehingga perlunya penggunaan media yang tepat pada saat pembelajaran berupa media cerita bergambar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) bagaimana keterampilan membaca nyaring peserta didik kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Swasta At-Taqwa Sungai Kakap sebelum diterapkan media cerita bergambar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia tema 5 sub tema 1 tahun ajaran 2021 (2) bagaimana keterampilan membaca nyaring peserta didik kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Swasta At-Taqwa Sungai Kakap setelah diterapkan media cerita bergambar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia tema 5 sub tema 1 tahun ajaran 2021 (3) bagaimana pengaruh media cerita bergambar terhadap keterampilan membaca nyaring peserta didik kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Swasta At-Taqwa Sungai Kakap pada mata pelajaran Bahasa Indonesia tema 5 sub tema 1 tahun ajaran 2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rata-rata keterampilan membaca nyaring peserta didik sebelum menggunakan media cerita bergambar diperoleh hasil 64,5, (2) rata-rata keterampilan membaca nyaring peserta didik setelah menggunakan media cerita bergambar diperoleh hasil 77,8, (3) terdapat perbedaan penggunaan media cerita bergambar terhadap keterampilan membaca nyaring peserta didik pada tema 5 sub tema 1 pembelajaran 1 kelas III Madrasah Ibtidaiyah Swasta At-Taqwa Sungai Kakap. Berdasarkan hasil uji t-test nilai signifikasi 0,000 <0,05. Hal ini membuktikan adanya perbedaan penggunaan media cerita bergambar terhadap keterampilan membaca nyaring didik pada tema 5 sub tema 1 pembelajaran 1 kelas III Madrasah Ibitidaiyah Swasta At-Taqwa Sungai Kakap.
IMPLEMENTASI NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM AL-QUR’AN TERHADAP KEGIATAN MUAMALAH Qory Fasdatul Jannah
Jurnal Pendidikan, Kebudayaan dan Keislaman Vol 1 No 1 (2022)
Publisher : The Institute for Research and Community Service (LP2M) of Pontianak State Institute of Islamic Studies (IAIN Pontianak)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (651.268 KB) | DOI: 10.24260/jpkk.v1i1.1166

Abstract

Percekcokan terjadi di tengah masyarakat Indonesia lantaran pengimplementasian nilai-nilai Al-Qur’an terhadap kehidupan sosial bermasyarakat belum terlaksana dengan baik. Pergerakan di sektor perekonomian berupa menjalin hubungan kerjasama antar individu maupun lembaga berbeda keyakinan bukanlah sebuah kesalahan dalam bermuamalah. Tulisan ini bertujuan untuk mengimplementasikan nilai-nilai moderasi yang terkandung dalam ayat-ayat moderasi beragama dalam kegiatan muamalah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode desktriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan kajian pustaka melalui literatur-literatur yang relevan. Langkah dalam penelitian ini yakni dengan mengumpulkan ayat-ayat berkenaan dengan moderasi beragama kemudian menganilisis penafsirannya dengan menggunakan metode tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengimplementasian nilai moderasi beragama yang terdapat dalam Al-Qur’an terhadap kegiatan muamalah dapat dilakukan melalui prinsip keadilan (al-‘adl), keseimbangan (wazn), dan toleransi (tasamuh).
PENYESUAIAN PERNIKAHAN DI BULAN MUHARRAM PADA PASANGAN BUGIS TELUK PAKEDAI, KUBURAYA Aldy Yono Susanto; Agus Handini
Jurnal Pendidikan, Kebudayaan dan Keislaman Vol 2 No 1 (2023)
Publisher : The Institute for Research and Community Service (LP2M) of Pontianak State Institute of Islamic Studies (IAIN Pontianak)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (239.216 KB) | DOI: 10.24260/jpkk.v2i1.1314

Abstract

This study aims to describe the adjustment of marriage in couples who marry in the month of Muharram, which actually includes the full month of prohibition or taboo. Data were collected in Teluk Pakedai, Bugis central area in Kuburaya, through observation, interview, and documentation. The informant consisted of couples who got married in the month of Muharram and traditional leaders. In conclusion, there are several Buginese couples in Teluk Pakedai who are abstinent, getting married in the month of Muharram. So far, however, there have been no problems in their marriage. This couple can make adjustments normally without obstacles or problems as the community believes. Overall, their adjustment to a partner, sexual adjustment, and financial adjustment went well. The study also showed that neither the parents, the couple's family nor the community showed a bad stigma to the object.
REMAJA, KEKERASAN, DAN PENDIDIKAN KELUARGA: FENOMENA KLITIH DI YOGYAKARTA Isnaini Lubis; Zulkipli Lessy; Ahmad Lailatus Sibyan
Jurnal Pendidikan, Kebudayaan dan Keislaman Vol 2 No 1 (2023)
Publisher : The Institute for Research and Community Service (LP2M) of Pontianak State Institute of Islamic Studies (IAIN Pontianak)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (309.652 KB) | DOI: 10.24260/jpkk.v2i1.1316

Abstract

Klitih is a juvenile delinquent in the Special Region of Yogyakarta and is a social violence committed by young people due to many reasons, such as lack of parental care and the failure of schools in fostering positive character. Klitih is a type of youth anarchism carried out on the street by teenagers using samurai, swords, and knives to randomly stab people at night time. This study aims to determine how effective is the parenting role in addressing klitih among adolescents in Yogyakarta. Type of the study is field research with subjects that consist of five parents and five teachers in Banguntapan District, Bantul Regency, Special Region of Yogyakarta, and relevant documents of the literature study. The research is a descriptive analysis where the researchers used interview narratives and citations of journals and books as either primary or secondary sources. The results show that parenting in dealing with adolescent clients focuses on three aspects: first, warmth which is determined by parents’ affection and emotional involvement with their children. Second, control which is characterized by parents who enforce discipline on their children. Third, communication between parents and children should maintain open communication. Furthermore, the roles of educational institutions in addressing klitih among teenagers are: the existence of moral education, value education, religious education, social education, intellectual education, spiritual education, democratic education, and the existence of extracurricular activities to instill character education in children.
ISTILAH DAN MAKNA AKTIVITAS MENGAJI DALAM MASYARAKAT MELAYU DI MEMPAWAH Farninda Aditya
Jurnal Pendidikan, Kebudayaan dan Keislaman Vol 2 No 1 (2023)
Publisher : The Institute for Research and Community Service (LP2M) of Pontianak State Institute of Islamic Studies (IAIN Pontianak)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (387.826 KB) | DOI: 10.24260/jpkk.v2i1.1318

Abstract

This paper discusses the terms and meanings of Quranic activities in the Malay community of Mempawah, West Kalimantan. The terms used are closely related to traditional Quranic activities to show information on the language used by the local community. The language in the Quranic activities that began to fade in use in the community due to the number of traditional teachers who are the parents of local language actors have died and the shift to more modern Quranic learning activities. The purpose of this paper is to record the term and meaning of Quranic activity as a Malay language document in Mempawah. This research is Qualitative with Sociolinguistic approach and interview collection technique, data provision, data analysis with literature review technique. This research resulted in 30 terms and meanings sourced from language sources; Indonesian, Malay, and Arabic as well as local languages whose sources are unknown. Terms and Meanings in Activities have similar meanings but different sounds by experiencing changes in sound and origin of language sources. The terms and meanings are related to; Equipment, Attitude, Petuah, and Level of Ability in Mempawah Malay Community's Quranic Activity.
KAUM AL HADRAMAUT DAN PENYEBARAN ISLAM DI KALIMANTAN BARAT Patmawati Patmawati; Fitri Kusumayanti
Jurnal Pendidikan, Kebudayaan dan Keislaman Vol 2 No 1 (2023)
Publisher : The Institute for Research and Community Service (LP2M) of Pontianak State Institute of Islamic Studies (IAIN Pontianak)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (302.616 KB) | DOI: 10.24260/jpkk.v2i1.1366

Abstract

The article aims to describe the diaspora of the Hadramauts in the spread of Islam in West Kalimantan. The research uses a qualitative approach with data collection through observation, interviews, and documentation. The research results show: First, the diaspora of the al-Hadramaut people was based on political, economic, and da'wah factors. Especially since the death of Ali bin Abi Thalib as the last caliph of Khulafaur Rasyidin, especially the political pressure of Bani Umayyah, following Bani Abbasiyah on the political rights of Bani Hasyim. Making Bani Hasyim leave Hijas for Yaman as a trader and preacher in the West Kalimantan region. Second, preaching through cultural and structural approaches that created the birth of various Islamic kingdoms in Sumatra, Java, Sulawesi, Kalimantan, Maluku and others. Third, his position as a formal and informal leader, as well as being attached to the power of following to give birth to the Kubu kingdom and the Pontianak Kingdom.
LITERASI BUDAYA ETNIK MELALUI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI IAIN PONTIANAK Yusriadi Yusriadi; Dedy Ari Asfar
Jurnal Pendidikan, Kebudayaan dan Keislaman Vol 2 No 1 (2023)
Publisher : The Institute for Research and Community Service (LP2M) of Pontianak State Institute of Islamic Studies (IAIN Pontianak)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (195.938 KB) | DOI: 10.24260/jpkk.v2i1.1370

Abstract

This research aims to describe the efforts to improve students ' understanding and literacy in matters of ethnic culture through learning activities in Indonesian language courses in universities. This study was carried out qualitatively by using first semester students who took the subject of Indonesian in FUAD class. In this class, students are asked to keep a diary. After that, each of them was asked to provide feedback about the progress obtained after participating in the diary writing program. Data were collected through in-question and FGD as well as written questions. The Data is then processed qualitatively based on thematic approach. In conclusion, students who take Indonesian courses admit that they have made significant progress in understanding ethnic groups and cultures. Through the task of making up about different ethnic friends, the experience of participating in cross-ethnic cultural activities, they re-create positive memories about other ethnic groups. This study shows that understanding of ethnicity can be integrated through learning activities.

Page 1 of 2 | Total Record : 15