cover
Contact Name
Mohammad H. Holle
Contact Email
hanafi.holle@iainambon.ac.id
Phone
+6285282760903
Journal Mail Official
hanafi.holle@iainambon.ac.id
Editorial Address
Kampus IAIN Ambon, Jln. Dr. H. Tarmidzi Tahir Batu Merah Atas Ambon Propinsi Maluku 97128
Location
Kota ambon,
Maluku
INDONESIA
Amal: Jurnal Ekonomi Syariah
ISSN : 28286103     EISSN : 28286103     DOI : 10.33477/eksy.v4i02
Core Subject : Economy,
Amal: Jurnal Ekonomi Syariah mempublikasi artikel ilmiah hasil penelitian yang memuat kajian seputar Ekonomi Bisnis, Ekonomi Manajemen, Ekonomi Pembangunan, dan Ekonomi Syariah. Amal: Jurnal Ekonomi Syariah dikelola oleh Fakultas Sariah dan Ekonomi Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon. Amal: Jurnal Ekonomi Syariah terbit berkala dua kali setahun. Edisi pertama terbit bulan Juni dan edisi kedua terbit bulan Desember. Amal: Jurnal Ekonomi Syariah diterbitkan melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat LP2M Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon dengan nomor ISSN: 2828-6103
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 02 (2022)" : 8 Documents clear
PENGARUH BID ASK SPREAD, MARKET VALUE, RISK OF RETURN, DAN DEVIDEND PAYOUT RATIO TERHADAP HOLDING PERIOD SAHAM DI BEI PERIODE 2021 Muhammad Reza Nacikit
Amal: Jurnal Ekonomi Syariah Vol 4, No 02 (2022)
Publisher : IAIN Ambon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (222.442 KB) | DOI: 10.33477/eksy.v4i02.4015

Abstract

AbstrakHolding period saham merupakan rata-rata rentang waktu yang digunakan investor untuk menyimpan atau menahan suatu saham selama periode waktu tertentu.  Holding period saham menentukan besar kecilnya risk and return yang bisa didapatkan investor, sehingga holding period saham menjadi hal penting untuk diperhitungkan oleh investor. Variabel bebas yang berpengaruh terhadap holding period saham diantaranya adalah bid-ask spread, market value,  risk of return, dan Deviden payout Ratio. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial   bid-ask spread, market value, risk of return, dan deviden payout ratio terhadap holding period saham. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa data Bid price, Ask price, volume, Listed share, harga saham sebelumnya dan harga saham penutupan perusahaan selama Periode 2021 yang berasal dari data statistik  situs resmi Bursa Efek Indonesia (BEI)  www.idx.co.id.Sampel penelitian ini adalah perusahaan yang tercatat di BEI periode 2021 sebanyak 115 perusahaan  melalui purposive sampling method. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda untuk menguji pengaruh secara parsial bid-ask spread, market value, risk of return, dan Dividen payout Ratio terhadap holding period saham. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa secara parsial bid-ask spread, risk of return, dan  Dividen payout Ratio berpengaruh signifikan terhadap holding period saham. Bid-ask spread, dan Dividen Payout Ratio berpengaruh positif signifikan sedangkan risk of return berpengaruh negatif signifikan terhadap holding period saham. Nilai adjusted R square diperoleh sebesar 24%, sehingga peneliti selanjutnya disarankan untuk menambahkan variabel lain, menambah periode penelitian, atau mengganti dengan sub sektor saham yang diperkirakan berpengaruh dan  dapat dijadikan alternatif investasi bagi para investor di masa mendatang.Kata Kunci: Bid-Ask Spread, Market Value, Risk of Return, Dividen Payout Ratio, Holding Period.
KAJIAN MANAJEMEN SUPPLY CHAIN DAN KETERKAITANNYA TERHADAP KETAHANAN PANGAN Kamaruddin Kamaruddin; Arizal Hamizar
Amal: Jurnal Ekonomi Syariah Vol 4, No 02 (2022)
Publisher : IAIN Ambon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (159.97 KB) | DOI: 10.33477/eksy.v4i02.4118

Abstract

ABSTRACTThis research aims to analyze the relationship between supply chain management and food security. The method used in this research is a concept-based literature study. Relevant documents have been collected and analyzed to find findings related to this topic. The results of the research showed that supply chain management plays an important role in supporting food security, especially in terms of planning, organizing, controlling, monitoring and delivering food products. Supply chain management can also contribute to increasing productivity and quality of food products, optimizing food product distribution and ensuring food product availability in the market. In addition, supply chain management also helps to reduce total costs and increase operational efficiency.Keyword: Food Security, Management, Supply Chain. ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterkaitan manajemen supply chain dan ketahanan pangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka yang berbasis konseptual. Dokumen yang relevan telah dikumpulkan dan dianalisis untuk mencari temuan yang berkaitan dengan topik ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen supply chain berperan penting dalam mendukung ketahanan pangan, terutama dalam hal perencanaan, pengorganisasian, pengendalian, pengawasan dan pengiriman produk pangan. Manajemen supply chain juga dapat berkontribusi terhadap peningkatan produktivitas dan kualitas produk pangan, serta mengoptimalkan distribusi produk pangan dan memastikan ketersediaan produk pangan di pasar. Di samping itu, manajemen supply chain juga membantu dalam mengurangi biaya total, meningkatkan efisiensi operasional.
PERAN DIGITAL MARKETING TERHADAP JUMLAH WISATAWAN PADA TEBING MAKARIKI DI NEGERI YAPUTIH KECAMATAN TEHORU Nurlisa Fatiha Hatapayo; Dety Aryani Relubun
Amal: Jurnal Ekonomi Syariah Vol 4, No 02 (2022)
Publisher : IAIN Ambon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (285.433 KB) | DOI: 10.33477/eksy.v4i02.4016

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi dan evaluasi perihal peran digital marketing terhadap kunjungan wisatawan yang dilakukan oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Negeri Yaputih. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti yakni melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara, yaitu pengelola dan pengunjung obyek wisata Tebing Makariki. Hasil penelitian ini menunjukan tiga poin penting. Pertama, strategi komunikasi pemasaran digital marketing yang dilakukan pengelola Tebing Makariki menggunakan pemasaran langsung melalui media sosial Facebook dan Instagram. Kedua, pemanfaatan digital marketing memainkan peranan penting dalam mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan (naik hingga 70 orang) dibanding periode sebelum menggunakan alat pemasaran promosi berbasis media sosial itu. Ketiga, timeline pengunggahan konten promosi yang dilakukan tim Pokdarwis belum konsisten terutama jadwal rutin kampanye, yang seharusnya diisi setiap hari, kini mundur minggu hingga bulan. Selain kinerja dasar promosi, tim pengelola juga mempunyai keterbatasan penggunaan platform media sosial sebagai alat kampanye wisata.Kata Kunci: Digital Marketing, Wisatawan 
STRATEGI PEMASARAN SAGU DALAM MENINGKATKAN POTENSI PASAR PERSPEKTIF MANAJEMEN BISNIS SYARIAH Nur Jihan Fahira Hasan Sermaf
Amal: Jurnal Ekonomi Syariah Vol 4, No 02 (2022)
Publisher : IAIN Ambon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (299.004 KB) | DOI: 10.33477/eksy.v4i02.4017

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran sagu dalam meningkatkan potensi pasar ditinjau dari perspektif manajemen bisnis syariah di Dusun Hurnala Kabupaten Maluku Tengah. Jenis  penilitian  ini adalah  penelitian kualitatif  deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dokumentasi dan penelusuran  referensi. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa penerapan strategi yang digunakan oleh pengusaha sagu adalah menjadikan pasar sebagai tempat menjual usaha sagu mereka dan juga ada beberapa penjual sagu yang menggunakan media sosial sebagai tempat promosi dan karena pengetahuan dari masyarakat atau konsumen sagu banyak yang sudah mengetahui tempat goni atau rumah pengusaha sagu tersebut dari mulut ke mulut sehingga konsumen langsung membeli sagu di goni atau memesan sagu melalui telpon. Usaha sagu di Dusun Hurnala berupa tumang, sagu lempeng, dan sagu gula.  Strategi pemasaran sagu perspektif bisnis syariah yang dilakukan oleh penjual sagu di Dusun Hurnala menerapkan strategi pemasaran yang mencontoh praktik pemasaran dan sifat Nabi Muhammad saw, yaitu Siddiq (jujur, benar), Amanah (Dapat Dipercaya), Fathanah (Cerdas), dan Tabligh (komunikatif).Kata kunci: Strategi, Pasar, Sagu, Pemasaran, Bisnis Syariah
ANALISIS DANA PIHAK KETIGA DAN SHOCK VARIABLES SELAMA PERIODE PANDEMI PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA Afdhal Yaman
Amal: Jurnal Ekonomi Syariah Vol 4, No 02 (2022)
Publisher : IAIN Ambon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (353.551 KB) | DOI: 10.33477/eksy.v4i02.4013

Abstract

AbstractDuring the Covid-19 pandemic period, Islamic commercial banks faced growth constraints in receiving and accumulating third-party funds. So it is necessary to observe the factors that influence the growth of DPK. The purpose of this study is to examine external factors in the form of macroeconomic indicators that can affect the growth of third-party funds for Islamic commercial banks in Indonesia. This study used a quantitative research method, the data used were secondary data with a time series type for the period January 2020 - August 2022 and were analyzed using the Vector Auto Regression (VAR) method. The results of this study indicate that the BI Rate has no significant effect on third-party funds. Meanwhile, inflation has a negative and significant effect on the third-party funds of Islamic commercial banks in Indonesia.Keywords: Third-Party Funds, Shock Variables, Sharia Commercial Banks AbstrakSelama periode pandemi covid-19, bank umum syariah menghadapi hambatan pertumbuhan dalam menerima dan menghimpun Dana Pihak Ketiga (DPK). Sehingga perlu diamati faktor-faktor yang berpengaruh pertumbuhan DPK. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji faktor-faktor eksternal berupa indikator makro-ekonomi yang dapat memengaruhi pertumbuhan DPK bank umum syariah di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, data yang digunakan adalah data sekunder dengan tipe runtut waktu (time series) periode Januari 2020 - Agustus 2022, dan dianalisis dengan menggunakan metode Vector Auto Regression (VAR). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa BI Rate tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap DPK. Sedangkan inflasi memengaruhi secara negatif dan signifikan terhadap DPK bank umum syariah di indonesia.Kata Kunci: Dana Pihak Ketiga, Variabel Guncangan, Bank Umum Syariah
INDUSTRI HALAL FASHION DI KOTA PATI: PELUANG DAN TANTANGAN Elza Rizkyana; Putri Syafa'ah; Husnurrosyidah Husnurrosyidah
Amal: Jurnal Ekonomi Syariah Vol 4, No 02 (2022)
Publisher : IAIN Ambon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (241.003 KB) | DOI: 10.33477/eksy.v4i02.4043

Abstract

AbstractThis study aims to determine the magnitude of the opportunities and challenges that must be faced in developing the halal fashion industry in the city of Pati. This type of research is a field research with a qualitative descriptive method, using primary and secondary data sources. The results of the study show: 1) Pati City has a great opportunity in developing the halal fashion industry, which is marked by high consumer interest in halal fashion, the number of business actors in the fashion sector, and the availability of various halal fashion products. 2) The challenges that need to be faced in the process of developing halal fashion in the city of Pati, namely the awareness of the people of Pati in covering their genitals is still lacking, halal certification is not yet owned by fashion business actors, and the lack of public understanding of the concept of halal in fashion (halal awareness).Keyword: Halal Industry, Halal Fashion, Halal Fashion Indicator  AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya peluang dan tantangan yang harus dihadapi dalam mengembangkan industri halal fashion di kota Pati. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode deskriptif kualitatif, menggunakan sumber data primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kota Pati memiliki peluang besar dalam mengembangkan industri halal fashion, yang ditandai dengan tingginya minat konsumen terhadap fashion halal, banyaknya pelaku usaha di bidang fashion, dan ketersediaan produk fashion halal yang beragam. 2) Tantangan yang perlu dihadapi dalam proses pengembangan halal fashion di kota Pati, yakni kesadaran masyarakat Pati dalam menutup aurat masih kurang, sertifkasi halal yang belum dimiliki oleh pelaku usaha fashion, serta kurangnya pemahaman masyarakat akan konsep halal dalam fashion (halal awareness).Kata Kunci:  Industri Halal, Fashion Halal, Indikator Halal Fashion
PENGEMBANGAN LABORATORIUM MIPA IAIN AMBON UNTUK MENDUKUNG PROGRAM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA Jamal Hasan Warandi
Amal: Jurnal Ekonomi Syariah Vol 4, No 02 (2022)
Publisher : IAIN Ambon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (293.952 KB) | DOI: 10.33477/eksy.v4i02.4018

Abstract

ABSTRACTThis paper is motivated by the problems found at the Mathematics and Natural Sciences Laboratory (MIPA) of IAIN Ambon in the implementation of the Merdeka Learning Campus Merdeka (MBKM) program related to preparation for implementation, inadequate equipment and budget constraints. The purpose of writing is to design the development of the Ambon IAIN MIPA Laboratory to support the MBKM Program and provide policy recommendations for the development of the Ambon IAIN MIPA Laboratory. The research location that became the locus was the MIPA Laboratory of IAIN Ambon with the nature of exploratory qualitative research. Data collection techniques were carried out in the form of literature studies including from several books, journals, online articles. Analysis of the problems being faced and discussion of alternative development policies required using domain analysis. The results of the analysis of the development of the Ambon IAIN MIPA Laboratory must be upgraded from a Type II Laboratory (Basic Science Laboratory) to a Type IV Laboratory (Integrated Laboratory). Recommendations include the facilities and infrastructure of the Ambon IAIN MIPA Laboratory which still need to be improved by adding laboratory buildings/rooms and category 3 laboratory equipment (equipment that is difficult to operate and maintain, has high risk of use, high accuracy of measurement accuracy, complicated operation and requires special training and certificate laboratory assistants). The total budget and human resources of the Ambon IAIN MIPA Laboratory need to be increased through institutional cooperation and the recruitment of professional functional experts.Keywords: development, laboratory, program ABSTRAKTulisan ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan pada Laboratorium Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) IAIN Ambon dalam pelaksanaan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) terkait persiapan pelaksanaan, peralatan yang belum memadai serta keterbatasan anggaran. Tujuan penulisan adalah mendesain pengembangan Laboratorium MIPA IAIN Ambon untuk mendukung Program MBKM dan memberikan rekomendasi kebijakan untuk pengembangan Laboratorium MIPA IAIN Ambon. Lokasi penelitian yang menjadi locus yaitu Laboratorium MIPA IAIN Ambon dengan sifat penelitian kualitatif  eksplorasi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan berupa studi literatur diantaranya dari beberapa buku, jurnal, artikel online. Analisis terhadap permasalahan yang sedang dihadapi dan pembahasan atas alternatif kebijakan pengembangan yang diperlukan menggunakan analisis domain. Hasil analisis pengembangan Laboratorium MIPA IAIN Ambon harus ditingkatkan dari Laboratorium Tipe II (Laboratorium Ilmu Dasar) menjadi Laboratorium Tipe IV (Laboratorium Terpadu). Rekomendasi diantaranya sarana dan prasarana Laboratorium MIPA IAIN Ambon masih harus dibenahi dengan penambahan gedung/ruang laboratorium serta peralatan laboratorium kategori 3 (peralatan yang pengoperasian dan perawatannya sulit, risiko penggunaan tinggi, akurasi kecermatan pengukuran tinggi, pengoperasian rumit serta perlu pelatihan khusus dan laboran sertifikat). Jumlah anggaran dan sumber daya manusia Laboratorium MIPA IAIN Ambon perlu ditingkatkan melalui kerjasama kelembagaan dan perekrutan tenaga ahli fungsional yang profesional.Kata Kunci: pengembangan, laboratorium, program
ANALISIS LAPORAN KEUANGAN PT. MAYORA INDAH TBK. DAN ENTITAS ANAK TAHUN 2019-2021 MELALUI PENDEKATAN RASIO KEUANGAN Risma Yuliani; Rizky Estu Handayani; Siti Nurhaliza
Amal: Jurnal Ekonomi Syariah Vol 4, No 02 (2022)
Publisher : IAIN Ambon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (228.807 KB) | DOI: 10.33477/eksy.v4i02.4044

Abstract

AbstractThis study aims to analyze and determine the financial ratios of PT. Mayora Indah Tbk on the financial statements for 2019-2021 based on the ratio of liquidity, solvency, activity and profitability. The data collection technique used in this research is documentation technique. The data analysis technique used is financial ratio analysis. The results showed that: (1) When viewed using the liquidity ratio, it can be seen that PT. Mayora Indah Tbk and its Subsidiaries have good financial performance, so the company can pay short-term liabilities/debts to other parties using their assets/assets. (2) the company's solvency ratio has decreased the amount of debt from 2019-2021 so that the company's financial performance is said to be not good. (3) It can be seen from the activity ratio, the company's performance is considered not good because the company has not been able to carry out working capital turnover optimally. This is also caused by companies that are less efficient in the use of resources. (4) When viewed in terms of profitability ratios, PT Mayora Indah and its Subsidiaries in 2019-2021 on the value of Net Profit Margin, Return on Investment, and Return on Equity value were unable to maintain the company's profit level and could not even increase the profit percentage. So that the company's financial condition is considered unfavorable in consistently making profits.Keywords: Financial Ratios, Liquidity, Solvency, Activity, ProfitabilityAbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui rasio keuangan PT. Mayora Indah Tbk atas laporan keuangan tahun 2019-2021 berdasarkan rasio likuiditas, solvabilitas, aktivitas dan profitabilitas. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis rasio keuangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Bila dilihat menggunakan rasio likuiditas, maka dilihat bahwa PT. Mayora Indah Tbk Dan Entitas Anak memiliki kinerja keuangan yang bagus, sehingga perusahaan dapat membayar kewajiban/utang jangka pendek kepada pihak lain menggunakan aktiva/aset yang dimiliki. (2) pada rasio solvabilitas perusahaan mengalami penurunan jumlah hutang dari tahun  2019-2021 sehingga kinerja keuangan perusahaan dikatakan tidak baik. (3) Dapat dilihat dari rasio aktivitas, kinerja perusahaan dinilai kurang baik karena perusahaan belum mampu melakukan perputaran modal kerja secara optimal. Hal tersebut juga disebabkan oleh perusahaan yang kurang efisien dalam penggunaan sumber daya. (4) Bila dilihat dari segi rasio profitabilitas, PT Mayora Indah dan Entitas Anak pada tahun 2019-2021 pada nilai nilai Net Profit Margin, Return on Investment, dan nilai Return on Equity tidak mampu mempertahankan tingkat keuntungan perusahaan bahkan tidak dapat meningkatkan presentase keuntungan. Sehingga kondisi keuangan perusahaan dinilai kurang baik dalam konsisten mendapatkan keuntungan.Kata Kunci: Rasio Keuangan, Likuiditas, Solvabilitas, Aktivitas, Profitabilitas

Page 1 of 1 | Total Record : 8