cover
Contact Name
Halimatusadiyah
Contact Email
h5tussadiyah08@gmail.com
Phone
+6282390245548
Journal Mail Official
jurnalslumpts@sttdumai.ac.id
Editorial Address
Program Studi Teknik Sipil Sekolah Tinggi Teknologi (STT) Dumai Jalan Utama Karya Bukit Batrem II Dumai, Riau, 28811
Location
Kota dumai,
Riau
INDONESIA
SLUMP TeS : Jurnal Teknik Sipil
ISSN : 29639085     EISSN : 29631726     DOI : https://doi.org/10.52072/slumptes.v2i1
Manajemen Rekayasa Konstruksi, Struktur, Transportasi, Sumber daya air, Geoteknik, MK3, Teknik Lingkungan.
Articles 15 Documents
Analisis Kerusakan Jalan Menggunakan Metode Bina Marga dan Metode Pavement Condition Index (PCI) (Studi Kasus : Jalan Sudirman dan Jalan Soekarno-Hatta Kota Dumai) Edo Yuliandra; Aidil Abrar; Nuryasin Abdillah
SLUMP TeS : Jurnal Teknik Sipil Vol. 1 No. 1 (2022): SLUMP TeS : Jurnal Teknik Sipil
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Dumai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (178.62 KB) | DOI: 10.52072/slumptes.v1i1.278

Abstract

Kerusakan jalan adalah suatu kondisi dimana struktural dan fungsional jalan sudah tidak mampu memberikan pelayanan optimal terhadap lalu lintas yang melintasi jalan tersebut. Penyebab secara umum kerusakan jalan adalah umur rencana jalan yang telah dilewati, genangan air pada permukaan jalan yang tidak dapat mengalir akibat drainase yang kurang baik, beban lalu lintas berulang yang berebihan (overloaded) yang menyebabkan umur pakai jalan lebih pendek dari perencanaan. Metode Bina Marga dan Metode Pavement Condition Index (PCI) merupakan dua metode yang digunakan untuk menilai kondisi permukaan jalan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui jenis dan ukuran kerusakan yang terjadi, menilai kondisi permukaan jalan, mengetahui alternatif penanganan dan pemeliharaan kerusakan jalan sesuai jenis dan tingkat kerusakannya dan mengetahui biaya penanganan kerusakan. Hasil penelitian didapat jenis kerusakan yang terjadi adalah retak kulit buaya, berlubang, tambalan dan tambalan galian utilitas, pelepasan butiran, alur, retak memanjang dan melintang. Penilaian kondisi jalan berdasarkan Metode Bina Marga yaitu kondisi jalan dalam keadaan sedang. Sedangkan berdasarkan Metode PCI yaitu kondisi jalan sangat baik, pada jalan Soekarno-Hatta kanan 87,42 kondisi jalan sempurna dan pada jalan Soekarno-Hatta kiri 84,77 kondisi jalan sangat baik.
Efektifitas Jalan Tol bagi Moda Transportasi Kota Dumai (Studi Kasus: Angkutan Travel PT.Karya Maju Express) Donny Zulman; Sony Adiya Putra; Aidil Abrar
SLUMP TeS : Jurnal Teknik Sipil Vol. 1 No. 1 (2022): SLUMP TeS : Jurnal Teknik Sipil
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Dumai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (229.406 KB) | DOI: 10.52072/slumptes.v1i1.279

Abstract

Jalan Tol atau jalan bebas hambatan adalah suatu jalan yang dikhususkan untuk kendaraan bersumbu lebih dari dua (mobil, bus, truk) dan bertujuan untuk mempersingkat jarak dan waktu tempuh dari satu tempat ke tempat lain serta mengurangi kemacetan. Jalan tol merupakan jalan umum dimana pemakainya dikenakan kewajiban membayar retribusi. Diharapkan dengan adayanya jalan tol Dumai-Pekanbaru memberikan kemudahan akses pengguna jalan dan mengefesienkan waktu perjalanan. Adapun tujuan penelitian ini yaitu mengetahui bagaimanakah pengaruh efektifitas jalan tol bagi moda transportasi kota Dumai, dengan studi kasus pada angkutan travel PT. Karya Maju Express, dengan cara melakukan survei langsung untuk mengetahui volume kendaraan, waktu tempuh, headway, tingkat pelayanan kendaraan travel yang menggunakan jalan tol. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa jalan tol  memiliki pengaruh efektifitas penggunaan bagi moda transportasi kota Dumai, terjadi penurunan volume lalu lintas sebesar 23,27 persen jika dibandingkan data kendaraan tahun lalu di angkutan travel PT. Karya Maju Express, kendaraan menuju Pekanbaru beserta menuju Dumai pada bulan Agustus – September 2020 sebelum menggunakan jalan tol sebesar 702 Kendaraan, dan kendaraan menuju Pekanbaru beserta menuju Dumai pada bulan Juni – Juli 2021 setelah menggunakan jalan tol sebesar 437 Kendaraan. Waktu tempuh perjalanan sesudah adanya jalan tol menjadi 2-3 jam.
Perhitungan Struktur Atas Gedung Baru Sekolah Tinggi Teknologi Dumai Iklasul Amal; Aidil Abrar; Nuryasin Abdillah
SLUMP TeS : Jurnal Teknik Sipil Vol. 1 No. 2 (2023): SLUMP TeS : Jurnal Teknik Sipil
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Dumai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (913.229 KB) | DOI: 10.52072/slumptes.v1i2.376

Abstract

Ikhlasul Amal, NIM, 1722201009. “Perhitungan Struktur Atas Gedung Baru Sekolah Tinggi Teknologi Dumai” Perencanaan struktur gedung tahan gempa sangat penting, pada suatu kondisi beban gempa lebih dominan dari pada beban axial akibat dari gravitasi bumi. Berdasarkan dari permasalahan, dilakukan perencanaan yang bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis dimensi struktur yang digunakan mampu menahan beban yang bekerja pada struktur gedung baru Sekolah Tinggi Teknologi Dumai, menganalisis nilai simpangan antar lantai struktur akibat dari gaya geser gempa, menganalisis kinerja struktur berdasarkan ATC – 40, dan menganalisis kestabilan struktur akibat pengaruh beban P – Delta. Untuk mendapatkan tujuan tersebut, dilakukan preliminary design untuk mendapatkan dimensi struktur, pembebanan, dan analisis struktur menggunakan software ETABS V19, dan berlokasi di Jalan Utama Karya, Dumai. Hasil analisis struktur dengan software ETABS V19 menggunakan metode analisis statik ekivalen dan dinamis respon spektrum diketahui bahwa struktur mampu menahan beban yang bekerja. Dari hasil analisis simpangan antar lantai arah x sebesar 38,3625 mm, dan arah y sebesar 27,27 mm, semua lantai aman. Dari hasil analisis kinerja struktur menurut ATC – 40, maksimal drift arah x = 0,0028 dan maksimal inelastic dirft arah x = 0,0007 menunjukkan bahwa gedung berlevel kinerja immediate occupancy (Io). Maksimal drift arah y = 0,0019 dan maksimal inelastic dirft arah y = 0,0009 menunjukkan bahwa gedung berlevel kinerja Io. Dari hasil analisis kestabilan struktur akibat pengaruh P – delta, dapat diketahui bahwa kestabilan struktur maksimum arah x akibat pengaruh P – delta sebesar 0,0127 dan kestabilan struktur maksimum arah y akibat pengaruh P – delta sebesar 0,0245. Semua lantai aman karena tidak melebih nilai maksimum.
Analisis Pengendalian Biaya Dan Waktu Pelaksanaan Proyek Jalandengan Metode Fast-Track Menggunakanmicrosoft Project 2016 M. Reza Hari Musli; Aidil Abrar; Nuryasin Abdillah
SLUMP TeS : Jurnal Teknik Sipil Vol. 1 No. 2 (2023): SLUMP TeS : Jurnal Teknik Sipil
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Dumai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (850.947 KB) | DOI: 10.52072/slumptes.v1i2.381

Abstract

Reza Hari Musli, 1822201040, “Analisis Pengendalian Biaya dan Waktu Pelaksanaan Proyek Jalan Dengan Metode Fast Track Menggunakan Microsoft Project 2016, Tugas Akhir Program Studi Teknik Sipil, dibawah bimbingan, Ir. Nuryasin Abdillah, Msi., dan Aidil Abrar, S.T, M.T., 14 Februari 2022 Proyek merupakan rangkaian kegiatan sementara dan dalam jangka waktu terbatas. Oleh karena itu dalam pelaksanaannya, proyek sering kali mengalami keterlambatan yang disebabkan oleh banyak faktor.sehingga penting kiranya untuk memberikan sebuah sistem manajemen proyek yang baik demi mengejar proyek yang tepat mutu, namun juga tepat waktu. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis melakukan penelitian dengan menggunakan metode fast track dengan melakukan berbagai pendekatan untuk data yang bersifat rahasia. Data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi, Rencana Anggaran Biaya, Timesheet baik berupa daily report dan weekenly report. Sedangkan untuk software analisis, digunakan aplikasi microsoft project 2016. Berdasarkan hasil analisis microsoft project 2016, didapatkan hasil dengan metode fast track pekerjaan dapat di percepat yang awal rencana selama 105 hari bisa dipercepat waktu pekerjaan menjadi 91 hari. Berdasarkan hasil percepatan menggunakan metode fast track mendapat pemotongan waktu selama 14 hari dengan penambahan biaya sebanyak Rp 142.000.000,00 sampai pekerjaan siap.
Analisis Pengaruh Penambahan Aspal Emulsi Terhadap Nilai Kuat Geser Dan CBR Tanah Lempung Purwoko Wijaksono; Nuryasin Abdillah; Halimatusadiyah
SLUMP TeS : Jurnal Teknik Sipil Vol. 1 No. 2 (2023): SLUMP TeS : Jurnal Teknik Sipil
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Dumai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (568.016 KB) | DOI: 10.52072/slumptes.v1i2.383

Abstract

Tanah sebagai dasar perletakan suatu struktur harus mempunyai sifat dan daya dukung yang baik. Perilaku tanah sangat di pengaruhi oleh kadar air, salah satu jenis tanah yang banyak permasalahan dalam kontruksi yakni jenis tanah lempung. Berdasarkan hal tersebut perlu diadakan perkuatan stabilitas pada tanah lempung, perbaikan pada kondisi tanah lempung dengan meningkatkan kualitas tanah baik secara fisik, kimiawi maupun mekanis diharapkan dapat mengatasi daya dukung yang rendah. Berdasarkan dari permasalahan tersebut, penulis melakukan penelitian menggunakan tanah lempung dari Kecamatan Sri Pulau, untuk di uji dilaboratorium Sekolah Tinggi Teknologi Dumai dengan melakukan pengujian CBR dan Uji geser langsung yang dicampuri dengan beberapa varian persentase aspal emulsi yaitu 0%, 3% , 6% dan 10% . Penambahan aspal emulsi terhadap tanah lempung dapat menyebabkan kenaikan pada nilai CBR tanah, disebabkan aspal emulsi dapat meningkatkan nilai berat volume dan kepadatan tanah serta mengurangi kadar air tanah. Sedangkan pada pengujian kuat geser langsung, dapat disimpulkan bahwa semakin besar persentase penambahan aspal emulsi, semakin besar pula nilai kohesi dan sudut geser langsung pada masing-masing sampel. Lekatan yang terjadi antara permukaan butiran agregat dengan aspal yang berlangsung setelah proses setting inilah yang menyebabkan nilai kohesi semakin meningkat sebanding penambahan kadar aspal emulsi kedalam sampel tanah lempung.
Analisis Intrusi Air Laut Dengan Pengukuran Total Dissolved Solid (TDS) dan Turbidity Air Sumur Gali di Kecamatan Dumai Selatan Nurdian Ratna Sari; Sony Adiya Putra; Aidil Abrar
SLUMP TeS : Jurnal Teknik Sipil Vol. 1 No. 2 (2023): SLUMP TeS : Jurnal Teknik Sipil
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Dumai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (383.777 KB) | DOI: 10.52072/slumptes.v1i2.384

Abstract

Analisis Intrusi Air Laut Dengan Pengukuran Total Dissolved Solid (TDS) dan Turbidity Air Sumur Gali di Kecamatan Dumai Selatan Nurdian Ratna Sari1, Sony Adiya Putra2, Aidil Abrar3 1)Program Studi Teknik Sipil, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai Jl. Utama Karya Bukit Batrem II Email: nurdyanratnasari@mail.com ABSTRAK Dalam memenuhi kebutuhan air bersih di Kecamatan Dumai Selatan penduduk sekitar memanfaatkan air tanah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari (domestic use) dan kebutuhan lainnya. Hal itu menyebabkan kebutuhan dasar akan air bersih di Kecamatan Dumai Selatan menjadi semakin besar, sehingga air tanah di kawasan tersebut dimungkinkan dimasuki oleh air laut ke dalam air tanah.Berdasarkan dari permasalahan tersebut, penulis melakukan penelitian dengan Metode Purposive Sampling untuk pengambilan sampel air sumur gali. Metode yang digunakan untuk mengetahui intrusi air laut dengan analisis kandungan Total Dissolved Solid (TDS) dan Turbidity sampel air sumur gali. Metode yang digunakan untuk mengetahui kondisi kualitas air sumur gali dengan analisis perbandingan antara nilai baku mutu menurut Standar Peraturan Menteri Kesehatan No. 479/Menkes/Per/IV/2010. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh intrusi air laut dengan pengukuran TDS dan Turbidity pada air sumur gali di Kecamatan Dumai Selatan. Pengukuran dilakukan di lima Kelurahan Kecamatan Dumai Selatan dengan frekuensi pengambilan sampel sebanyak dua kali yaitu pada bulan Januari 2022 dan bulan Mei 2022. Rata-rata konsentrasi TDS dan Turbidity pada bulan Januari 2022 sebesar 84,15 mg/L dan 1,48 NTU, sedangkan rata-rata konsentrasi TDS dan Turbidity pada bulan Mei 2022 sebesar 171,7 mg/L dan 5,80 NTU. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak satupun sumur terindikasi mengalami intrusi air laut di Kecamatan Dumai Selatan.
Pengaruh Penggunaan Pasir Pantai Ketapang Sebagai Agregat Halus dengan Penambahan Filler Semen Pada Campuran Aspal Terhadap Karakteristik Marshall Fandi Yoga Pratama; Aidil Abrar; Sony Adiya Putra
SLUMP TeS : Jurnal Teknik Sipil Vol. 1 No. 2 (2023): SLUMP TeS : Jurnal Teknik Sipil
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Dumai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (622.481 KB) | DOI: 10.52072/slumptes.v1i2.399

Abstract

Pada masa sekarang pembangunan prasarana transportasi jalan meningkat karena banyaknya kendaraan bermotor yang digunakan oleh masyarakat di Indonesia. semakin meningkatnya pembangunan maka bahan material yang digunakan semakin menipis terutama penggunaan pasir. Salah satunya adalah menggunakan pasir pantai sebagai alternatif bahan agregat halus. Penelitian ini menggunakan pasir pantai Ketapang sebagai agregat halus dengan filler semen. Dimana masing - masing persentase dibuat 3 benda uji dengan persentase pasir pantai 0%, 25%, 50%, 75%, dan 100% pasir pantai. Pembuatan benda uji menggunakan campuran aspal AC-WC kemudian diuji dengan menggunakan metode marshall untuk mendapatkan karakteristik marshall yaitu stabilitas, kepadatan, flow, VIM, VMA, VFA, dan MQ. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua sampel memiliki nilai VFA, VIM, stabilitas, dan flow yang memenuhi persyaratan karakteristik Marshall sedangkan nilai VMA hanya sampel persentase 75% pasir pantai yang tidak memenuhi syarat. Semakin banyak pasir pantai maka nilai stabilitas cenderung mengalami penurunan. Nilai flow tertinggi adalah persentase 75% pasir pantai, nilai yang di dapat adalah 3,25% yang mana dari nilai tersebut persentase 75% pasir pantai mengalami pelelehan yang lebih tinggi dibandingkan dengan persentase 0%, 25%, 50%, dan 100%.
Efektifitas Pembangunan Pintu Air (Studi Kasus: Kelurahan Rimba Sekampung) Tengku Viny Elvinka; Sony Adiya Putra; Susy Srihandayani
SLUMP TeS : Jurnal Teknik Sipil Vol. 1 No. 2 (2023): SLUMP TeS : Jurnal Teknik Sipil
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Dumai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (977.376 KB) | DOI: 10.52072/slumptes.v1i2.403

Abstract

Banjir di Kota Dumai sering disebabkan oleh curah hujan yang tinggi dan pasang surut air laut. Daerah Kota Dumai yang sering terendam oleh banjir adalah Kelurahan Rimba Sekampung. Karena Sungai dumai dipenuhi oleh sampah, hal ini memudahkan air untuk meluap ke pemukiman masyarakat. Dan pintu air yang dapat meminimalisir banjir tidak berfungsi sebagaimana harusnya. Berdasarkan dari permasalahan tersebut, penulis melakukan penelitian dengan meninjau langsung lokasi penelitian, mewawancarai narasumber terkait dan mengambil data pasang air laut dengan aplikasi Nautide. Berdasarkan hasil tinjauan dan wawancara, didapati bahwa sistem pintu air yang dibangun masih kurang efektif fungsinya dan tidak dapat meminimalisir banjir dan perlu diubah menjadi sistem hidrolik serta diubah konstruksinya.
Perhitungan Struktur Bawah Gedung Baru Sekolah Tinggi Teknologi Dumai Ricky kurniawan; Aidil Abrar; Halimatusadiyah
SLUMP TeS : Jurnal Teknik Sipil Vol. 1 No. 2 (2023): SLUMP TeS : Jurnal Teknik Sipil
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Dumai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1117.307 KB) | DOI: 10.52072/slumptes.v1i2.404

Abstract

Pondasi adalah struktur bagian bawah bangunan yang berhubungan langsung dengan tanah, yang mempunyai fungsi memikul beban bagian bangunan lain diatasnya. Ada dua jenis yaitu pondasi dangkal dan pondasi dalam. Pondasi dalam terbagi menjadi dua, yaitu pondasi bor dan pondasi tiang. Dalam Perencanaan Pondasi tiang digunakan pendekatan untuk memprediksi daya dukung dari pondasi. Pendekatan tersebut dapat didasarkan pada kondisi tanah serta pembebanan yang ada dengan menggunaka berbagai metode. Penelitian yang dilakukan yaitu perhitungan struktur bawah gedung baru sekolah tinggi teknologi dumai. Data tanah yang digunakan untuk menghitung daya dukung tiang yaitu berdasarkan data Sondir (Cone Penetration Test). Metode yang digunakan yaitu metode Bagemann. Terdapat dua jenis tiang pancang spun pile yang dinalisis dalam penelitian ini dengan variasi diameter 30 cm dan 40 cm. Hasil dari analisis Stuktur Bawah Gedung Baru Sekolah Tinggi Teknologi Dumai menggunakan metode Bagemann diketahui bahwa tiang pancang spun pile diameter 30 cm dengan kedalaman 8 m memiliki daya dukung gaya aksial sebesar 701,44 kN dan daya dukung gaya lateral sebesar 160,67 kN. Dan tiang pancang spun pile diameter 40 cm dengan kedalaman 8 m memiliki daya dukung gaya lateral sebesar 988,35 kN dan daya dukung gaya lateral sebesar 270 kN.
Bangunan Pengaman Pantai Nelayan Laut Kelurahan Pangkalan Sesai Kecamatan Dumai Barat Kota Dumai Agung Suhendra; Sony Adiya Putra; Susy Srihandayani
SLUMP TeS : Jurnal Teknik Sipil Vol. 2 No. 1 (2023): SLUMP TeS : Jurnal Teknik Sipil
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Dumai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (534.418 KB) | DOI: 10.52072/slumptes.v2i1.406

Abstract

Page 1 of 2 | Total Record : 15