cover
Contact Name
Halimatusadiyah
Contact Email
h5tussadiyah08@gmail.com
Phone
+6282390245548
Journal Mail Official
jurnalslumpts@sttdumai.ac.id
Editorial Address
Program Studi Teknik Sipil Sekolah Tinggi Teknologi (STT) Dumai Jalan Utama Karya Bukit Batrem II Dumai, Riau, 28811
Location
Kota dumai,
Riau
INDONESIA
SLUMP TeS : Jurnal Teknik Sipil
ISSN : 29639085     EISSN : 29631726     DOI : https://doi.org/10.52072/slumptes.v2i1
Manajemen Rekayasa Konstruksi, Struktur, Transportasi, Sumber daya air, Geoteknik, MK3, Teknik Lingkungan.
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2023): SLUMP TeS : Jurnal Teknik Sipil" : 4 Documents clear
Bangunan Pengaman Pantai Nelayan Laut Kelurahan Pangkalan Sesai Kecamatan Dumai Barat Kota Dumai Agung Suhendra; Sony Adiya Putra; Susy Srihandayani
SLUMP TeS : Jurnal Teknik Sipil Vol. 2 No. 1 (2023): SLUMP TeS : Jurnal Teknik Sipil
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Dumai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (534.418 KB) | DOI: 10.52072/slumptes.v2i1.406

Abstract

Analisis Pengendalian Biaya dan Waktu Proyek Storage Tank 1000 MT dan Building WWTP dengan Metode CCPM (Critical Chain Project Management) Muhammad Khaidir; Aidil Abrar; Juni Saputra; Nuryasin Abdillah
SLUMP TeS : Jurnal Teknik Sipil Vol. 2 No. 1 (2023): SLUMP TeS : Jurnal Teknik Sipil
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Dumai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (306.913 KB) | DOI: 10.52072/slumptes.v2i1.578

Abstract

Perencanaan dan penjadwalan merupakan salah satu bagian terpenting dalam sebuah manajemen kontruksi. Dimana dalam menyusun perencanaan dan jadwal terdapat macam metode. Salah satunya ialah CCPM (Critical Chain Project Management). Dimana pada metode ini melakukan pendekatan yang berbeda pada permodelan dan analisa manajemen proyek konvensional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghitung perubahan waktu pelaksanaan proyek dengan menghilangkan waktu pengaman pada setiap pekerjaan dan menggantikannya dengan menyisipkan nilai buffer. Dari hasil perhitungan pengerjaan proyek pembangunan storage tank 1000 MT dan WWTP sebelumnya dikerjakan selama 231 hari sedangkan perhitungan menggunakan CCPM dihasilkan penyelesaian proyek pembangunan storage tank 1000 MT dan WWTP dalam waktu 144 hari maka dapat disimpulkan perbedaan waktu pengerjaan pembangunan storage tank 1000 MT dan WWTP adalah selama 87 hari atau 37 % lebih cepat dibandingkan dengan durasi perencanaan proyek. Kemudian menerapkan tidak diperbolehkannya student’s syndrome (melakukan pekerjaan diakhir waktu), tidak diperbolehkan parkinson’s law (pengerjaan dengan menghabiskan jadwal kerja), dan tidak diperbolehkan adanya multitasking pada pekerja.
Tinjauan Perencanaan Drainase Jalan Kusuma Kelurahan Jaya Mukti Kota Dumai Fahmi Hidayat; Sony Adiya Putra; Susy Srihandayani
SLUMP TeS : Jurnal Teknik Sipil Vol. 2 No. 1 (2023): SLUMP TeS : Jurnal Teknik Sipil
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Dumai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (725.079 KB) | DOI: 10.52072/slumptes.v2i1.580

Abstract

Pada umumnya pola kehidupan dan tingkat pengetahuan masyarakat yang relative belum menunjang, yang mana sebagian masyarakat masih tetap membuang sampah disungai atau selokan yang menyebakan terjadinya penyempitan dan pengdangkalan pada saluran yang mengakibatkan air didalam saluran tidak berjalan dengan lancar. Kapasitas drainase yang kecil dan sedimentasi dalam drainase menyebabkan genangan banjir. Permasalahan lain juga disebabkan oleh air buangan limbah rumah tangga. Latar belakang terjadinya genangan air jika ditinjau dari keadaan tofografi kota dumai yang sebagian besar sangat datar serta sistem drainase yang belum memadai. Melihat Kondisi drainase di Jl. Kusuma Kelurahan Jaya Mukti Kota Dumai, maka air akan melewati drainase tidak dapat dialirkan dengan baik jika drainase tidak memadai dan dipenuhi sampah dan tanaman merambat lainnya. Dengan demikian muncul beberapa pertanyaan, apakah dimensi eksisting yang ada dilokasi penelitian mampu menampung debit aliran dan apakah penyebab terjadinya banjir dilokasi penelitian. Penelitian ini menganalisis pokok-pokok permasalahan yang ada, dan memberikan penyelesaiannya menggunakan metode Gumber dan mononobe untuk hasil perhitungannya. Berdasarkan analisis dan perhitungan yang telah dilakukan, kapasitas saluran drainase di Jl. Kusuma Kelurahan Jaya Mukti Kota Dumai, di peroleh exsisting di lokasi penelitian masih mampu menampung debit air yang masuk ke dalam saluran tersebut.
Desain Bangunan Dinding Penahan Tanah Pengaman Abrasi Pantai Type Sheet Pile ( Studi Kasus Jl Cut Nyak Dien Kota Dumai) Husni Thamrin; Sony Adiya Putra; Susy Srihandayani
SLUMP TeS : Jurnal Teknik Sipil Vol. 2 No. 1 (2023): SLUMP TeS : Jurnal Teknik Sipil
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Dumai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (774.97 KB) | DOI: 10.52072/slumptes.v2i1.581

Abstract

Turap secara luas digunakan pada struktur-struktur tepi laut atau pelabuhan, melindungi pengikisan pantai, membantu menstabilkan lereng-lereng tanah, menggalang dinding parit dan galian, serta untuk dan pengelak. Untuk merancang dan menganalisa dinding turap, tidak ada sistem perhitungan yang pasti. Baik itu menggunakan sistem perhitungan manual ataupun menggunakan sistem komputerisasi (software). Sehingga perlu adanya suatu sistem perhitungan yang dapat dijadikan suatu alternatif terbaik guna mendapatkan akurasi dan kemudahan dalam perancanaan  turap yang aman dan ekonomis.Metodologi pengumpulan data merupakan tahapan yang harus dibuat sebelum melakukan penelitian. Studi literatur dengan mempelajari leteratur, buku, jurnal untuk mendapatkan gambaran mengenai analisis. Penelitian ini menggunakan perhitungan dengan metode konvensional analisis secara empiris. Dalam perhitungan ini diperlukan data-data baik berupa data primer maupun sekunder. Perencanaan konstruksi turap pada lokasi ini dapat menggunakan metode ujung tetap (fixed end method) dengan pertimbangan bahwa kedalaman penembusan turap sudah cukup dalam, sehingga tanah dibawah dasar galian mampu memberikan tahanan pasif yang cukup untuk mencegah ujung bawah turap berotasi. Ukuran profil sheet pile untuk konstruksi turap menggunakan profil turap larssen dengan tipe profil 600, dimana ukuran untuk profil 600 adalah W = 460,1695 cm³, b = 600 mm, h = 4150 mm, t = 9.5 mm, s = 9,5 mm.

Page 1 of 1 | Total Record : 4