cover
Contact Name
Samrid Neonufa
Contact Email
samrid.neonufa@staf.undana.ac.id
Phone
+6285238045620
Journal Mail Official
plsprodi1@gmail.com
Editorial Address
https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/jpm/about/editorialTeam
Location
Kota kupang,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
Education For All
ISSN : 28285069     EISSN : 28285069     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Education For All : Jurnal Pendidikan Masyarakat, Pendidikan Luar Sekolah, Pendidikan Non Formal merupakan Jurnal Ilmiah bidang pendidikan masyarakat yang dikelola oleh para dosen dan praktisi yang berasal dari berbagai background perguruan tinggi di Indonesia khususnya Kupang-NTT. Jurnal Education For All terbit 2 (Dua) kali dalam 1 tahun yaitu setiap bulan April dan Oktober. Jurnal Eduv=cation For All menargetkan setiap issues terdiri dari 5 artikel per volume secara konsisten setiap terbit. Cakupan dan Fokus Jurnal ini pada Bidang Ilmu Pendidikan Masyarakat/Pendidikan Luar Sekolah/Pendidikan Non Formal Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi pengelola Jurnal Education For All via email plprodi1@gmail.com
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2021): OCTOBER" : 5 Documents clear
Peningkatan Kemampuan Berkomunikasi Anak Melalui Metode Cerita Bergambar Pada Kelompok B di PAUD Munatuan Noelsinas Meo Tefanai; Rongky Famdale; Gallex Simbolon
Education For All : Jurnal Pendidikan Masyarakat Vol 1 No 1 (2021): OCTOBER
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35508/efapls.v1i1.6234

Abstract

Penelitian ini menelaah Peningkatan Kemampuan Berkomunikasi Anak Melalui Metode Cerita Bergambar Pada Kelompok B di PAUD Munatuan Noelsinas. Masalah utama penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemmpuan berkomunikasi anak melalui metode cerita bergambar? Tujuan penelitian ini untuk untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi anak melalui metode cerita bergambar di kelompok B PAUD Munatuan Noelsinas. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 4 tahap dalam setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berkomunikasi anak melalui metode cerita bergambar pada kelompok B PAUD Munatuan Noelsinas. Setting penelitian ini adalah anak-anak di PAUD Munatuan Noelsinas. Objek penelitian ini adalah anak didik yang terdiri atas 19 anak. Pengumpulan data melalui observasi dan tes hasil belajar. Dari perhitungan terhadap data tersebut diperoleh nilai rata-rata prasiklus 53, 61%, siklus I 57, 89% dan SiklusII 100%, maka secara umum dapat digolongkan bahwa pembelajaran menggunakann metode cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi anak.
Peran Penyuluh Pertanian Dalam Memberdayakan Masyarakat Kelompok Tani Padi Di Desa Naas Kecamatan Malaka Barat Kabupaten Malaka Maria Yovita Seuk; Abdul Syukur; Gallex Simbolon
Education For All : Jurnal Pendidikan Masyarakat Vol 1 No 1 (2021): OCTOBER
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35508/efapls.v1i1.6235

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran penyuluh sebagai fasilitator dalam pemberdayaan masyarakat petani padi di Desa Naas Kecamatan Malaka Barat Kabupaten Malaka. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini dilakukan di Desa Naas, Kecamatan Malaka Barat, Kabupaten Malaka. Informan dalam penelitian ini, menggunakan teknik purposive. Sumber data yang digunakan peneliti dalam melakukan penelitian ini meliputi sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan 3 (tiga) cara yaitu observasi, wawancara mendalam dan studi doktoral. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tentang peran penyuluh dalam pemberdayaan masyarakat kelompok tani sebagai motivator, penyuluh memiliki peran dalam memberikan motivasi seperti yang dilakukan penyuluh lainnya. Padahal motivasi yang diberikan dari penyuluh kepada kelompok terjadi secara maksimal dalam meningkatkan produksi padi sehingga tergolong dalam kategori sedang; Namun kelompok tani sebagai penyuluh terlatih mendapatkan apa yang diharapkan dari peran penyuluh sebagai fasilitator, namun keberlanjutan yang diperoleh dalam meningkatkan produksi petani belum diperoleh secara maksimal sehingga tergolong dalam kategori sedang; terjadi secara optimal seperti yang diharapkan oleh petani sehingga tergolong dalam kategori sedang.
FAKTOR-FAKTOR YANG MENYEBABKAN ANAK PUTUS SEKOLAH DI KALANGAN REMAJA DI DESA SNOK KECAMATAN AMANATUN UTARA KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN Lely Golda Knyartilu; Samrid Neonufa
Education For All : Jurnal Pendidikan Masyarakat Vol 1 No 1 (2021): OCTOBER
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35508/efapls.v1i1.6236

Abstract

Golda Lely Knyartilu. NIM: 1201171010. Skripsi dengan judul Faktor-Faktor Yang Menyebabkan Anak Putus Sekolah Di Kalangan Remaja Di Desa Snok Kecamatan Amanatun Utara Kabupaten Timor Tengah Selatan. Skripsi Program Strata 1 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendididikan Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Universitas Nusa Cendana Kupang 2016. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Faktor-faktor yang menyebabkan anak putus sekolah di kalangan Remaja di Desa Snok Kecamatan Amanatun Utara Kabupaten Timor Tengah Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Faktor-faktor apa yang menyebabkan anak putus sekolah di kalangan Remaja. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga teknik yaitu teknik wawancara, observasi dan studi dokument. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada berbagai faktor yang menyebabkan anak Remaja mengalami Drop-out (putus sekolah), faktor-faktor tersebut antara lain yaitu : faktor ekonomi keluarga, Faktor dari dalam diri anak itu sendiri, Faktor pergaulan dengan teman, Faktor lingkungan, Faktor adat istiadat (pesta adat), Faktor jarak dan fasilitas.
HUBUNGAN STATUS EKONOMI KELUARGA DENGAN MOTIVASI BELAJAR ANAK SMA DI RT 019, KELURAHAN KELAPA LIMA, KECAMATAN KELAPA LIMA, KOTA KUPANG Donatus K Susa; Rongky Famdale; Gallex Simbolon
Education For All : Jurnal Pendidikan Masyarakat Vol 1 No 1 (2021): OCTOBER
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35508/efapls.v1i1.6237

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan status ekonomi orang tua dengan motivasi belajar anak SMA di RT 019, Kelurahan Kelapa Lima, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan subjek penelitian siswa/wi SMA yang berada di RT 019, Kelurahan Kelapa Lima, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang dengan jumlah sebanyak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan obsevasi, angket dan dokumentasi, menghitung koefisien korelasi Product Moment dengan rumus deviasi, mencari nilai koefisien determinasi antara variabel X dan variabel Y dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh positif dan signifikan antara status ekonomi keluarga dengan motivasi belajar anak SMA di RT 019, Kelurahan Kelapa Lima, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang. Hal ini dibuktikan dengan diperoleh rhitung= 0,729 sedangkan rtabel = 0,468 pada taraf signifikan 5% dan r indeks = 0,590 pada taraf signifikan1%, maka r hitung> r tabel sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.Dari hasil penghitungan data pada penelitian ini maka faktor yang mempengaruhi tingkat ekonomi orang tua terhadap motivasi belajar anak SMA di RT 019 Kelurahan Kelapa Lima Kota Kupang adalah sebesar 51,3%. Sedangkan sisanya sebesar 48,7% merupakan faktor lain yang belum diteliti oleh penulis
Peran Lembaga Swadaya Masyarakat Rumah Perempuan Dalam Mencegah Terjadinya Penjualan Perempuan di Kota Kupang Samuel Nggaba Ima; Frans K Selly; Maksi Liunokas
Education For All : Jurnal Pendidikan Masyarakat Vol 1 No 1 (2021): OCTOBER
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35508/efapls.v1i1.6238

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peranan LSM Rumah Perempuan Dalam Mencegah Terjadinya Penjualan Perempuan di Kota Kupang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian dimana peneliti dalam melakukan penelitiannya menggunakan teknik-teknik observasi, wawancara atau interview, analisis isi dan metode pengumpul data lainnya untuk menyajikan respons dan perilaku subjek. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kekerasan terhadap perempuan dapat berakibat buruk terhadap kaum perempuan. Hal ini disebabkan karena kurangnya perhatian pemerintah dan lembaga terkait dalam menangani masalah yang di hadapi kaum perempuan. Oleh karena itu diperlukan pengawasan dari pemerintah dan pemerintah harus membuat suatu aturan atau undang-undang yang mengatur khusus tentang penjualan perempuan supaya lebih mengikat dan pelaku akan jera saat akan bertindak.

Page 1 of 1 | Total Record : 5