cover
Contact Name
IMAM WAHYUDI
Contact Email
jurnalpgmi@iaingawi.ac.id
Phone
+6285736233739
Journal Mail Official
jurnalpgmi@iaingawi.ac.id
Editorial Address
LP2M Institut Agama Islam Ngawi Jl. Ir. Soekarno No. 99 Ngawi 63216
Location
Kab. ngawi,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
ISSN : -     EISSN : 29854423     DOI : 10.56997/PGMI
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah is published by department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah, Institut Agama Islam Ngawi. an academic, open access, and peer-reviewed journal that focuses on critical studies of elementary education. Investigated the dynamics of learning students at elementary education / Madrasah Ibtidaiyah (Islamic elementary school). Besides focusing on the development of teaching at elementary education. FOCUS AND SCOPE 1. urriculum Design in MI / SD 2. Learning (Math, Science, Social Studies, Civics, English, Indonesian, Islamic Education, Art and Local content) in MI / SD 3. Media and Educational Viewer tool in Learning in MI / SD 4. Learning Strategies in State Elementary Education/ Islamic Elementary Education (SD/ MI) 5. Teacher Competence in State Elementary Education/ Islamic Elementary Education (SD/ MI) 6. Assessment in State Elementary Education/ Islamic Elementary Education (SD/ MI)
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 (2023): Volume 1 Nomor 2 Juni 2023 : Jurnal PGMI" : 5 Documents clear
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS KURIKULUM MERDEKA DI KELAS IV SDN 12 ANDALAS BARUH BUKIT salman alfarisi fari
Abtadi : Jurnal Pendidikan Dasar Vol 1 No 2 (2023): Volume 1 Nomor 2 Juni 2023 : Jurnal PGMI
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Ngawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran berbasis kurikulum merdeka di kelas IV SD Negeri 12 Andalas Baruh Bukit. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan studi kasus, jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang mendengar dan melihat secara langsung dan mendetail terkait dengan permasalahan yang terjadi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan beberapa teknik yaitu: (1) wawancara; (2) observasi; (3) dokumentasi. untuk memastikan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Dari hasil kajian dalam penelitian ini ditemukan adanya kurikulum mandiri yang dijadikan acuan di sekolah, yang menghasilkan siswa yang berakhlak mulia, mandiri, bernalar kritis, kreatif, dan memiliki rasa kebhinekaan.
IMPLEMENTASI RME TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN melalui biskuit pecahan zidny nor hidayah
Abtadi : Jurnal Pendidikan Dasar Vol 1 No 2 (2023): Volume 1 Nomor 2 Juni 2023 : Jurnal PGMI
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Ngawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Materi pecahan merupakan salah satu materi yang diajarkan di tingkat Sekolah Dasar. Berbeda dengan sekedar penjumlahan, pengurangan, pembagian atau perkalian; pecahan memiliki karakteristik tersendiri. Maka dari itu, pemahaman untuk materi pecahan sedikit lebih sulit daripada materi tersebut. Sebagai solusi dari permasalahan tersebut pada artikel ini akan dibahas mengenai model pembelajaran yang dapat diimplikasikan pada materi pecahan tingkat Sekolah Dasar. Penelitian pada artikel ini menggunakan metode kualitatif teks yang sumbernya berasal dari kajian literatur pustaka dari artikel-artikel dan jurnal terdahulu terkait permasalahan tersebut. Adapun model pembelajaran yang dimaksud adalah RME (Realistic Mathematics Education). RME dinilai cocok digunakan untuk materi pecahan karena mengaplikasikan benda konkrit sebagai fokus utama pembelajaran. Sehingga siswa dapat memahami konsep yang dimaksud melalui media konkrit yang disediakan. Adapun benda konkrit yang dipilih pada pembahasan artikel ini adalah “Biskuit Pecahan”. Dari serangkaian analisis yang dilakukan, didapatkan hasil bahwa model pembelajaran RME dapat meningkatkan pemahaman siswa mengenai konsep pecahan dan kaitannya.
DAMPAK SIKAP OVER PROTECTIVE ORANG TUA TERHADAP PERILAKU ANAK DI DESA WONOKAMPIR KECAMATAN WATUMALANG Nurhayati Puja Afrianti nurhayati; Hidayatun Munawaroh
Abtadi : Jurnal Pendidikan Dasar Vol 1 No 2 (2023): Volume 1 Nomor 2 Juni 2023 : Jurnal PGMI
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Ngawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Orang tua merupakan Pendidikan pertama bagi sang anak, namun terkadang dalam memberikan pola asuh antara orang tua satu dengan yang lain itu pasti berbeda contohnya sikap orang tua yang berlebihan kepada anaknya, sikap berlebihan ini disebut dengan sikap Over Protective. Sikap Over Protective orang tua merupakan sikap berlebihan yang diberikan orang tua kepada anaknya Sebenarnya sikap berlebihan tersebut dinilai sebagai bentuk kasih sayang dari orang tua, dan lumrah dilakukan oleh orang tua kepada anaknya, namun hal tersebut kadang salah diartikan oleh anak sehingga mereka merasa kurang nyaman dan pastinya akan berpengaruh kepada perilaku anak itu sendiri. Karena pada dasarnya anak butuh bereksplorasi terhadap lingkunganya tanpa adanya larangan dan kekangan secara berlebihan yang dilakukan oleh orangtuanya. Untuk itu perlu kita bahas seperti apa dampak Over Protective orang tua terhadap perilaku anak. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dan Teknik wawancara.
DAMPAK DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP KECERDASAN EMOSI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SD NEGERI 2 BEJIARUM Mila Dina Nur Khasanah; Attinia Hidayah
Abtadi : Jurnal Pendidikan Dasar Vol 1 No 2 (2023): Volume 1 Nomor 2 Juni 2023 : Jurnal PGMI
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Ngawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dukungan orang tua terhadap kecerdasan emosi anak berkebutuhan khusus di SD 2 Bajiarum. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan metode observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dampak dukungan orang tua terhadap kecerdasan emosi pada anak berkebutuhan khusus di SD negeri 2 Bejiarum ini sangat berpengaruh, seperti hal nya terjadi kerjasama antara lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, maupun lingkungan sekolah untuk membantu proses pertumbuhan dan perkembangan pada kecerdasan emosi nya. Untuk mendapatkan hasil yang optimal dalam pertumbuhan dan perkembangan anak berkebutuhan khusus memang sangat dibutuhkan peran orang tua untuk memperhatikannya. Anak berkebutuhan khusus ini sering terkucilkan dan diperlakukan tidak layak seperti anak normal lainnya oleh masyarakat pada umumnya, ini dikarenakan kurangnya edukasi kepada masyarakat awam tentang kondisi anak berkebutuhan khusus. Apa bila kondisi yang menghawatirkan ini dibiarkan dapat mempengaruhi tumbuh kembang anak berkebutuhan khusus karena dikucilkan oleh masyarakat maupun lingkungan keluarganya, oleh karena itu dukungan orang tua sangat dibutuhkan dan berpengaruh pada anak yang berkebutuhan khusus.
SELF CONFIDENCE BERBASIS EKSTRAKURIKULER PRAMUKA Rizki Windi Rahayu; Hanifah Hikmawati; Dewi Susilo Reni
Abtadi : Jurnal Pendidikan Dasar Vol 1 No 2 (2023): Volume 1 Nomor 2 Juni 2023 : Jurnal PGMI
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Ngawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak : Self Confidence berbasis ekstrakurikuler pramuka di MI Islamiyah Dawu ini sangat penting bagi siswa dalam melatih rasa percaya dirinya. Pembiasaan penerapan sikap self confidence membuat anak menjadi semakin berani, aktif, lebih percaya diri saat tampil di tempat forum bahkan diluar forum seperti di dalam lingkungan sekolah bahkan di masyarakat. Jurnal ini membahas tentang self confidence berbasis ekstrakurikuler pramuka di MI Islamiyah dawu yang memiliki rumusan masalah, yaitu: (1) Bagaimana ekstrakurikuler pramuka di MI Islamiyah Dawu? (2) Bagaimana self confidence MI Islamiyah Dawu? (3) Bagaimana self confidence berbasis ekstrakurikuler pramuka di MI Islamiyah Dawu?. Jurnal ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa, kegiatan pramuka yang berjalan dengan lancar di sekolahan MI Islamiyah Dawu, dengan sebuah dukungan dari orang tua, komitmen Pembina pramukaPerbedaan sikap percaya diri anak yang sebelumnya belum mengikuti ekstrakurikuler pramuka dengan siswa yang telah mengikuti ekstrapramuka sangat terlihat dan sudah terbukti dari beberapa siswa yang dulunya masih malu-malu dalam mengikuti sebuah kegiatan perlombaan dan sekarang sudah merasa percaya diri. Kata Kunci: Self Confidence, Ekstrakurikuler Pramuka, MI Islamiyah Dawu

Page 1 of 1 | Total Record : 5