cover
Contact Name
Khusnul Khotimah
Contact Email
bundanusai@gmail.com
Phone
+62895377390977
Journal Mail Official
bundanusai@gmail.com
Editorial Address
Program Studi Agribisnis Universitas Muhadi Setiabudi Jl. P. Diponogoro KM. 2 Wanasari, Brebes 52252 Jawa Tengah Tel : (0283) 619 9000
Location
Kab. brebes,
Jawa tengah
INDONESIA
Journal of Agribusiness and Community Development Umus
ISSN : -     EISSN : 28075838     DOI : https://doi.org/10.46772/agrivasi.v2i2
Core Subject : Agriculture,
Journal of Agribusiness and Comunity Development (AGRIVASI) UMUS adalah jurnal yang dikelola oleh program studi Agribisnis Universitas Muhadi Setiabudi yang mengkaji hasil penelitian agribisnis (pertanian secara luas) atau informasi lain yang bersifat inovatif, sosial ekonomi pertanian, sistem agribisnis, dan pengembangan wilayah agribisnis.
Articles 20 Documents
PENDAPATAN USAHATANI BAWANG MERAH PADA LAHAN BERKADAR BAHAN ORGANIK RENDAH Anida Barokah; Mohamad Amin
Journal of Agribusiness and Community Development (AGRIVASI) UMUS Vol. 1 No. 1 (2021): Juni
Publisher : Universitas Muhadi Setiabudi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46772/agrivasi.v1i1.435

Abstract

Kebiasaan petani dalam menyelamatkan dan meningkatkan hasil produksi bawang merah di Kabupaten Brebes tidak lepas dari penggunaan pupuk anorganik dan pestisida sintetik. Penggunaan kedua jenis agroindustri ini berlangsung secara terus menerus dari sejak dikeluarkannya kebijakan revolusi hijau (1974) sampai saat ini atau telah berjalan selama 44 tahun. Penggunaan dosis kedua input tersebut sering melebihi dosis yang dianjurkan, sehingga telah berdampak terhadap kerusakan fisik maupun kimia tanahnya, bahkan matinya mikroorganisme dalam tanah. Tanda-tanda kerusakan tanah dapat diamati di lapangan berupa tanah padat, asam, dan kandungan bahan organik yang rendah. Konidisi ini telah dapat menurunkan produktivitas bawang merah di Kabupaten Brebes. Perbaikan tanah dapat dilakukan dengan menggunakan pembenah tanah seperti zeolit dan pupuk organik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pendapatan usahatani bawang merah pada lahan yang mempunyai kadar bahan organik rendah dengan atau tanpa pemberian kombinasi pupuk kandang sapi dan zeolit. Penelitian ini menggunakan rancangan kelompok lengkap teracak faktorial dengan 2 faktor yaitu pupuk kompos kandang sapi dan zeolit. Level dosis pupuk kompos kandang sapi adalah 0 ton/ha (K0), 5 ton/ha (K1), 10 ton/ha (K2) dan 15 ton/ha (K3), sedangkan level dosis zeolit adalah 0 ton/ha (Z0), 2 ton/ha (Z1), 4 ton/ha (Z2), dan 6 ton/ha (Z3). Pada masing-masing perlakuan diulang 3 (tiga) kali sehingga terdapat 48 petak percobaan, masing-masing petak terdapat 10 sampel dengan ukuran petak 1,5 m x 2 m. Semua bedengan diberi 100 kg KCl /ha dan 300 kg SP36/ha sebagai pupuk dasar. Hasil penelitian menunjukkan pendapatan usahatani bawang merah per hektar tertinggi diperoleh pada perlakuan kombinasi 10 ton pupuk kandang sapi/ha dan 2 ton zeolit/ha, yaitu Rp. 413.740.000, atau lebih besar dari pada kontrol dengan pendapatan sebesar Rp. 156.765.000 atau naik Rp. 254.725.000,- (162,49 %) dari kontrol.
KELAYAKAN USAHA PELAYANAN JASA ALAT DAN MESIN PERTANIAN (UPJA) BERKAH TANI KABUPATEN BREBES Ainur Royan; M. Dini Adita; Mohammad Amin
Journal of Agribusiness and Community Development (AGRIVASI) UMUS Vol. 1 No. 1 (2021): Juni
Publisher : Universitas Muhadi Setiabudi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46772/agrivasi.v1i1.437

Abstract

Usaha Pelayanan Jasa Alat dan Mesin Pertanian (UPJA) merupakan lembaga pertanian di tingkat petani perdesaan yang mengusahakan pelayanan jasa alat dan mesin pertanian (Alsintan) untuk memperoleh nilai ekonomis atau keuntungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan usaha UPJA Berkah Tani Desa Luwungbata Kecamatan Tanjung Kabupaten Brebes secara finansial dan mengetahui klasifikasi kelembagaan kelas yang dimiliki UPJA tersebut. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Pemilihan sampel dilakukan secara sengaja (Purposive Sampling), data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan sekunder. Analisis data kuantitatif digunakan untuk mengetahui kelayakan usaha UPJA Berkah Tani secara finansial dengan analisis R/C Ratio, sedangkan analisis data kualitatifnya digunakan untuk mengetahui klasifikasi kelas UPJA Berkah Tani menggunakan metode observasi dan wawancara dengan alat bantu kuesioner dengan jumlah responden 5 orang sebagai pengurus aktif UPJA Berkah Tani. Hasil analisis kelayakan usaha UPJA Berkah Tani layak secara finansial (R/C Ratio >1) dengan nilai R/C ratio 1,5. Pada tujuan penelitian selanjutnya diperoleh hasil analisis klasifikasi kelembagaan kelas UPJA Berkah Tani adalah “BERKEMBANG”.
PENINGKATAN PENGETAHUAN KARYAWAN TERHADAP PRODUK PT WILMAR CHEMICAL INDONESIA Edy Kurniawan; Pramudia Umar Maulana
Journal of Agribusiness and Community Development (AGRIVASI) UMUS Vol. 1 No. 1 (2021): Juni
Publisher : Universitas Muhadi Setiabudi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46772/agrivasi.v1i1.438

Abstract

Pelatihan merupakan kegiatan pemberian bekal pembelajaran metode praktek dalam waktu yang relatif pendek untuk meningkatkan keterampilan tertentu di luar sistem pendidikan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pelatihan dan menganalisis adakah hubungan antara pelatihan dan pengetahuan produk pada karyawan bagian marketing PT. Wilmar Chemical Indonesia. Manfaat penelitian ini diharapkan memberikan informasi dan membantu pihak perusahan untuk meningkatkan pengetahuan karyawan sehubungan dengan hasil nilai pelatihan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan One-Group Pretest-Posttes Design, karena dalam penelitian ini terdapat pretest dan posttest. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik jenuh. Sampel berjumlah 30 orang dari total seluruh populasi karyawan bagian marketing PT. Wilmar Chemical Indonesia. Analisis data mengunakan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas sedangkan uji hipotesis menggunakan uji t-test (Paired Sample T-test). Hasil penelitian adanya pengaruh dan adanya perbedaan pelatihan terhadap pengetahuan produk pada karyawan Hasil penelitian juga menunjukan adanya hubungan antara pelatihan terhadap pengetahuan produk dilihat dari nilai korelasi sebesar 0,736 atau 73,6 % yang memiliki hubungan yang tinggi.
KELAYAKAN AGRIBISNIS PENGGEMUKAN KAMBING GIBAS DI KABUPATEN TEGAL Tachrudin Tachrudin; Maulana Isnan Hadid
Journal of Agribusiness and Community Development (AGRIVASI) UMUS Vol. 1 No. 1 (2021): Juni
Publisher : Universitas Muhadi Setiabudi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46772/agrivasi.v1i1.439

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kelayakan usaha ternak penggemukan kambing gibas di Desa Kaliwadas Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal yang dipilih secara sengaja (purposive) serta menggunakan teknik Sampling Total dalam pengambilan data untuk mengetahui tingkat kelayakan usaha ternak penggemukan kambing gibas di Desa Kaliwadas Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal. Untuk mengetahui kelayakan usaha ternak dari aspek finansial dianalisis dengan R/C Rasio, B/C Rasio, Break Even Point (BEP), sedangkan untuk menganalisis usaha ternak dari aspek non finansial yang harus dilihat diantaranya aspek pasar dan pemasaran, aspek teknis serta aspek manajemen dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dari aspek finansial usaha ternak penggemukan kambing gibas di Desa Kaliwadas Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal layak di usahakan dengan nilai keuntungan rata-rata sebesar Rp 11.053.487, nilai R/C rasio (1,19), B/C rasio (0,19), Break Even Point (BEP) unit sebesar (69,74 atau 70 ekor), dan BEP rupiah sebesar Rp 667.706. Hasil analisis aspek non finansial juga menunjukan bahwa usaha ternak layak diusahakan dengan nilai aspek pasar dan pemasaran sebesar 720 poin (75,79%), aspek teknis sebesar 750 poin (78,95%), dan untuk aspek manajemen nilainya 759 poin (79,89%). Dengan hasil penelitian ini dapat disimpulkasn bahwa usaha ternak penggemukan kambing gibas layak diusahakan dari aspek finansial dan aspek non finansial.
KEUNTUNGAN BAWANG MERAH DI KABUPATEN BREBES DENGAN TIGA POLA JARAK TANAM Bambang Budi Utomo; Umi Khasanah
Journal of Agribusiness and Community Development (AGRIVASI) UMUS Vol. 1 No. 1 (2021): Juni
Publisher : Universitas Muhadi Setiabudi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46772/agrivasi.v1i1.440

Abstract

Kabupaten Brebes adalah salah satu wilayah yang menghasilkan bawang merah dengan ciri khas, cita rasa, juga aroma yang khas. Bawang merah menjadi primadona petani Kabupaten Brebes. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui analisis keuntungan bawang merah (Allium ascalinicum. L) pada 3 (tiga) pola jarak tanam yang berbeda, dan untuk mengetahui jarak tanam optimal yang dapat menghasilkan keuntungan terbesar. Metode penelitian menggunakan 3 rancangan jarak tanam yang berbeda yaitu 8cm x 8cm (J1), 15cm x 20cm (J2), 25cm x 25cm (J3). Perlakuan jarak tanam didasarkan pada perbedaan tingkat efisien biaya dan persaingan dalam mendapatkan unsur hara dan sinar matahari yang bisa mempengaruhi pertumbuhan bawang merah. Hasil penelitian menunjukan adanya perbedaan keuntungan pada jarak tanam yang berbeda. Keuntungan terbesar didapat pada jarak tanam 8cm x 8cm (J1) yaitu sebesar Rp. 7.960.790, kemudian disusul oleh jarak tanam 15cm x 20cm (J2) dan 25cm x 25cm (J3) dengan keuntungan masing-masing adalah Rp. 3.952.790,- dan Rp. 1.027.740. Dengan demikian jarak tanam yang optimal adalah 8cm x 8cm (J1), karena menghasilkan keuntungan tertinggi.
AGRIBISNIS RUMPUT LAUT DI DESA RANDUSANGA KULON KABUPATEN BREBES Herrin Mei Dwijayanti; Vani Ery Ertanti
Journal of Agribusiness and Community Development (AGRIVASI) UMUS Vol. 1 No. 1 (2021): Juni
Publisher : Universitas Muhadi Setiabudi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46772/agrivasi.v1i1.441

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya biaya, penerimaan, pendapatan usahatani,dan faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan usaha tanI. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan pelaksanaannya menggunakan teknik wawancara. Pengambilan sampel dilakukan dengan mengambil petani rumput laut sebanyak 33 orang. Metode pengambilan petani sampel dilakukan dengan metode random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan Pendapatan bersih petani rumput laut di Desa Randusanga sebsesar Rp. 265.200.000 dengan Rata-rata pendapatan sebesar Rp. 8.036.3642 penerimaan sebesar 440.000.000 dengan rata-rata 13.333.333 Nilai produksi pada titik impas (Break Event Poin) petani rumput laut di Desa Randusanga sebesar 65,391 kg. R/C ratio Petani rumput laut di Desa randusanga sebesar 2,6 > 1 maka dapat disimpulkan bahwa petani rumput laut dalam kondisi yang menguntungkan. Secara simultan variabel independen memiliki pengaruh terhadap pendapatan usahatani rumput, dari variabel yang diteliti secara parsial 2 variabel (luas lahan dan bibit ) memiliki pengaruh terhadap pendapatan sedangkan 1 variabel (jumlah produksi ) tidak memiliki pengaruh terhadap pendapatan petani rumput laut di desa Randusanga Kulon Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes.
PENGOPERASIAN ALAT TANGKAP PANCING ULUR KAITANYA DENGAN TINGKAT KERAMAHAN LINGKUNGAN DI PERAIRAN KUALLO SORKAM TAPANULI TENGAH Irwan Limbong; Fitri Ariani; Teguh Heriyanto
Journal of Agribusiness and Community Development (AGRIVASI) UMUS Vol. 1 No. 1 (2021): Juni
Publisher : Universitas Muhadi Setiabudi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46772/agrivasi.v1i1.442

Abstract

Kabupaten Tapanuli Tengah memiliki lokasi daerah penangkapan khususnya di perairan kuallo Sokkam. Aktivitas penangkapan ikan merupakan merupakan mata pencarian pokok para nelayan di Kabupaten Tapanuli Tengah. Penelitian dilaksankan bulan September 2018 Kuallo Sokkam sebagai objek dalam penelitian, penelitian ini menggunakan metode Survei dan pengambilan sample secara purposive sampling penentuan jumlah responden jumlah responden 10% dari populasi dengan analisis keramahan alat tangkap ramah lingungan dengan FAO. penelitian terhadap tingkat keramahan lingkungan pada alat tangkap pancing ulur dengan skor 33,2 dengan alat tangkap yang sangat ramah lingkungan dan hasil tangkapan Bobara,Kerapu,Kakap Merah, Barakuda, Serai.
Manajemen Produksi Keripik Nangka Organik di PT Banjarnegara Agro Mandiri Sejahtera, Banjarnegara, Jawa Tengah Indah Setiawati; Innayah Choerun Nisa
Journal of Agribusiness and Community Development (AGRIVASI) UMUS Vol. 1 No. 02 (2021): Desember
Publisher : Universitas Muhadi Setiabudi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46772/agrivasi.v1i02.689

Abstract

Tujuan penelitian adalah 1) Mengetahui manajemen produksi keripik nangka organik di PT Banjarnegara Agro Mandiri Sejahtera, 2) Mengetahui permasalahan atau kendala yang dihadapi dalam manajemen produksi keripik nangka organik di PT Banjarnegara Agro Mandiri Sejahtera. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis observasi partisipasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen produksi pada PT Banjarnegara Agro Mandiri Sejahtera terdiri dari perencanaan (perencanaan bahan baku, perencanaan mesin dan peralatan, perencanaan layout pabrik), pengorganisasian, pelaksanaan (pengadaan bahan baku, penimbangan, pengupasan, pemotongan, penimbangan, pembekuan, penggorengan, penirisan, sortasi, packaging primer, packaging sekunder), pengawasan, evaluasi dan pengendalian. Perusahaan juga menghadapi beberapa permasalahan dalam manajemen produksi antara lain berkaitan dengan permasalahan bahan baku mulai dari kualitas dan fluktuasi harga, permasalahan sumber daya manusia yang kurang dari segi jumlah dan kualitas, permasalahan kerusakan mesin serta permasalahan kontinuitas produksi yang tidak stabil karena hanya mengandalkan PO (Pre Order).
Home Industrial Return Analysis Shrimp Cap Obor Tegal City: Analisis Keuntungan Home Industri Terasi Udang rebon Cap Obor Kota Tegal Natasya Natasya Febrian Camila; Suci Nur Utami; Muhammad Dini Adita
Journal of Agribusiness and Community Development (AGRIVASI) UMUS Vol. 1 No. 02 (2021): Desember
Publisher : Universitas Muhadi Setiabudi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46772/agrivasi.v1i02.708

Abstract

The shrimp paste business is a potential business in Tegal City, it is supported by abundant marine products and a large number of businesses engaged in processing fishery products. However, to find out whether the business has the potential to continue to grow or not, an R/C Ratio analysis is needed. The research location is in the Home Industry of Terasi dan kerupuk Obor Tegal City, from the results of the analysis, the R/C Ratio value is 3.885 with a profit value of Rp. 21,834,129.12 in the production period in May 2022. From the value of the R/C ratio above, it can be concluded that the business is very profitable and feasible to continue to be developed.
PERSEPSI PETANI TERHADAP ASURANSI USAHA TANI DI DESA SIDAMULYA Nur Hasyim
Journal of Agribusiness and Community Development (AGRIVASI) UMUS Vol. 1 No. 02 (2021): Desember
Publisher : Universitas Muhadi Setiabudi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46772/agrivasi.v1i02.721

Abstract

Abstrak Asuransi pertanian penting dilakukan karena ketidakpastian yang menyerang hampir seluruh petani di Indonesia sehingga potensi untuk terjadinya gagal panen menjadi sangat tinggi. Tujuan penelitian ini yaitu menganlisis mekanisme pelaksanaan AUTP di desa Sidamulya dan untuk mengetahui persepsi petani terhadap asuransi usaha. Medode enelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Populasi dan sempel yang digunakan yaitu petani yang mendaftar menjadi peserta asuransi. Hasil penelitian Mekanisme asuransi pertanian di desa Sidamulya, kecamatan Wanasari Kabupaten Bebes berjalan dengan baik namun sosialisasi tentang program masih kurang menyeluruh kesemua petani dan petani menilai proses pengajuan klaim agak sulit dan pembayaran ganti rugi sering terlambat. Persepsi petani terhadap asuransi usaha tani padi (AUTP) terbagi atas 3 yaitu : (1)Persepsi Petani Terhadap Organisasi Pelaksanaan Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) pada kategori setuju, (2)Persepsi Petani Terhadap Pelaksanaan Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) pada kategori setuju, (3)Persepsi Petani Terhadap Monitoring, Evaluasi, dan Pelaporan Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) pada kategori setuju Kata kunci: Persepsi, Asuransi, Padi Abstract gricultural insurance is important because of the uncertainty that affects almost all farmers in Indonesia, so the potential for crop failure is very high.The purpose of this study is to analyze the mechanism for implementing AUTP in Sidamulya village and to determine farmers' perceptions of business insurance. This research method uses descriptive quantitative methods. The population and sample used are farmers who register as insurance participants. The results of the study The agricultural insurance mechanism in Sidamulya village, Wanasari sub-district, Bebes district went well, but the socialization of the program was still not comprehensive. All farmers and farmers assessed that the claim submission process was rather difficult and compensation payments were often late. Farmers' perceptions of rice farming insurance (AUTP) are divided into 3, namely: (1) Farmers' Perceptions of the Organization for the Implementation of Rice Farming Insurance (AUTP) in the agree category, (2) Farmers' perceptions of the implementation of Rice Farming Insurance (AUTP) in the category agree, (3) Farmers' Perceptions of Monitoring, Evaluation, and Reporting of Rice Farming Business Insurance (AUTP) in the agree category Keywords: Perception, Insurance, Rice

Page 1 of 2 | Total Record : 20