cover
Contact Name
Khusnul Khotimah
Contact Email
bundanusai@gmail.com
Phone
+62895377390977
Journal Mail Official
bundanusai@gmail.com
Editorial Address
Program Studi Agribisnis Universitas Muhadi Setiabudi Jl. P. Diponogoro KM. 2 Wanasari, Brebes 52252 Jawa Tengah Tel : (0283) 619 9000
Location
Kab. brebes,
Jawa tengah
INDONESIA
Journal of Agribusiness and Community Development Umus
ISSN : -     EISSN : 28075838     DOI : https://doi.org/10.46772/agrivasi.v2i2
Core Subject : Agriculture,
Journal of Agribusiness and Comunity Development (AGRIVASI) UMUS adalah jurnal yang dikelola oleh program studi Agribisnis Universitas Muhadi Setiabudi yang mengkaji hasil penelitian agribisnis (pertanian secara luas) atau informasi lain yang bersifat inovatif, sosial ekonomi pertanian, sistem agribisnis, dan pengembangan wilayah agribisnis.
Articles 2 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2022): Desember" : 2 Documents clear
Saluran Distribusi Pemasaran Jambu Kristal (Psidium guajava L.) di JT Farm Kabupaten Pemalang Fatimatuz Zahroh Fatimatuz; Khusnul Khotimah; Muhammad Juwanda
Journal of Agribusiness and Community Development (AGRIVASI) UMUS Vol. 2 No. 2 (2022): Desember
Publisher : Universitas Muhadi Setiabudi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46772/agrivasi.v2i2.1083

Abstract

Praktik Kerja Lapangan dilaksanakan di JT Farm Dusun Karangsuci Desa Penggarit Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang. Tujuan dilaksanakannya Praktik Kerja Lapangan untuk mengetahui dan mempelajari saluran distribusi pemasaran pada jambu kristal (psidium guajava L.) Metode pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara dan studi pustaka. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan, terdapat dua saluran distribusi pemasaran di JT Farm yaitu saluran distribusi pemasaran I (produsen-konsumen) melalui outlet dengan nama kedai UpToYou, bazar, dan online (JT. FARM) yang digunakan untuk penyaluran distribusi secara langsung kepada konsumen, dan saluran distribusi pemasaran II (produsen-pengepul-konsumen). Berdasarkan margin penjualan, saluran distribusi yang paling efektif adalah saluran distribusi pemasaran I, karena keuntungan yang diperoleh pada saluran distribusi pemasaran I lebih besar dibandingkan pada saluran distribusi pemasaran II. Kendala dalam pemasaran jambu kristal adalah sifat produksi yang musiman dan produk yang mudah rusak serta belum adanya ketersediaan transportasi yang dapat menampung produk dalam jumlah besar. Solusi dari adanya permasalah ini yaitu melakukan pemangkasan tanaman agar memiliki umur panen yang berbeda-beda setiap pohonnya sehingga ketersediaan produk tetap terjaga dan melakukan inovasi pengolahan produk pada saat penjualan menurun serta mengalokasikan dana untuk menunjang transportasi pendistribusian produk yang dapat menampung produk dalam jumlah besar.  
STRATEGI PENGEMBANGAN USAHATANI KOPI ARABIKA (Coffea arabica L) DI DESA PANDANSARI KECAMATAN PAGUYANGAN KABUPATEN BREBES Ahmad Fatoni Fatoni; Muhammad Juwanda
Journal of Agribusiness and Community Development (AGRIVASI) UMUS Vol. 2 No. 2 (2022): Desember
Publisher : Universitas Muhadi Setiabudi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46772/agrivasi.v2i1.1085

Abstract

Kopi merupakan salah satu tanaman pekebunan dan komoditas yang diperdagangkan di Indonesia karena dapat menghasilkan devisa negara selain minyak sawit, karet dan kakao. Potensi pasar kopi di Indonesia terbilang sangat besar dan dapat membuka peluang ekspor. Desa Pandansari Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes perlu didorong supaya meningkatkan luas lahan produksi kopi arabika untuk memenuhi akan kebutuhan kopi arabika baik dalam skala kecil atau menengah. Dalam rangka meningkatkan luas lahan produksi dan total produksi kopi arabika atau cara memaksimalkan dan menaikkan total produksi dengan kondisi lahan yang ada maka perlu dilakukan “Strategi Pengembangan Usahatani Kopi arabika (Coffe arabica L) di Desa Pandansari Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes”. Dalam mengembangkan usahanya, kelompok tani menghadapi beberapa identifikasi masalah antara lain Bagaimana keuntungan petani Kopi Arabika (Cofee arabica L) di Desa Pandansari Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes dan Apa saja faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan eksternal (peluang dan ancaman) dalam Strategi Pengembangan Usahatani Kopi Arabika (Coffe arabica L) di Desa Pandansari Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi dan wawancara secara sistematik dengan panduan wawancara berupa kuesioner kepada 20 orang responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukan faktor internal kekuatan Sumber daya alam yang sesuai, ketersedian lahan. Untuk faktor kelemahan antaralain Masih menggunakan teknologi sederhana, pemeliharaan tanaman kopi yang belum optimal. Faktor Eksternal untuk faktor peluang antara lain Kondisi dan letak geografis, adanya peluang pasar.. Untuk faktor ancaman antara lain produk kopi daerah lain, alih fungsi lahan. Kata Kunci : analisis SWOT, Kopi Arabika.

Page 1 of 1 | Total Record : 2