cover
Contact Name
Imam Zaenuddin
Contact Email
imamzaenuddin@gmail.com
Phone
+6221-8806757
Journal Mail Official
imamzaenuddin@gmail.com
Editorial Address
Jl Cut Meutiah No. 28
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Ilmu Komputer (JIK)
ISSN : -     EISSN : 27467163     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Ilmu Komputer atau JIK adalah Jurnal mitrabestari yang dikeluarkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komputer - STMIK Pranata Indonesia dengan e-ISSN 2746-7163, terbit 2 kali dalam satu tahun.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 3 (2023): Jurnal Ilmu Komputer (JIK)" : 9 Documents clear
KECERDASAN BISNIS KONSEP DAN PARADIGMA Afrizal Zein
Jurnal Ilmu Komputer Vol 6 No 3 (2023): Jurnal Ilmu Komputer (JIK)
Publisher : LPPM-STMIK Pranata Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sistem kecerdasan bisnis menggabungkan data operasional dengan alat analisis untuk menyajikan Tujuannya adalah untuk meningkatkan ketepatan waktu dan kualitas masukan untuk proses keputusan. kecerdasan Bisnis digunakan untuk memahami kemampuan yang tersedia di perusahaan; keadaan terkini, tren, dan arah masa depan di pasar, teknologi, dan lingkungan peraturan tempat perusahaan bersaing; serta tindakan pesaing dan implikasi dari tindakan ini. Munculnya gudang data sebagai tempat penyimpanan, kemajuan dalam pembersihan data, peningkatan kemampuan perangkat keras dan perangkat lunak, dan munculnya arsitektur web, semuanya digabungkan untuk menciptakan lingkungan kecerdasan bisnis yang lebih kaya daripada yang tersedia sebelumnya. Meskipun sistem kecerdasan bisnis digunakan secara luas di industri, penelitian tentangnya masih terbatas. Makalah ini, selain sebagai tutorial, mengusulkan kerangka kerja BI dan topik penelitian yang potensial. Kerangka kerja ini menyoroti pentingnya data yang tidak terstruktur dan membahas kebutuhan untuk mengembangkan alat BI untuk akuisisi, integrasi, pembersihan, pencarian, analisis, dan pengiriman. Selain itu, makalah ini mengeksplorasi matriks untuk tipe data BI (terstruktur vs tidak terstruktur) dan sumber data (internal dan eksternal) untuk memandu penelitian.
PENERAPAN ALGORITMA GENETIKA DAN JARINGAN SYARAF TIRUAN DALAM PENJADWALAN MATA KULIAH Studi Kasus : Prodi Sistem Informasi Universitas Pamulang Rahmat Hartono; Afrizal Zein
Jurnal Ilmu Komputer Vol 6 No 3 (2023): Jurnal Ilmu Komputer (JIK)
Publisher : LPPM-STMIK Pranata Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penjadwalan mata kuliah adalah salah satu aspek penting dalam manajemen akademik universitas yang memengaruhi baik efisiensi penggunaan sumber daya maupun pengalaman mahasiswa. Dalam studi kasus ini, kami menjelajahi penerapan algoritma genetika dan jaringan syaraf tiruan dalam menyelesaikan masalah penjadwalan mata kuliah di Program Studi Sistem Informasi Universitas Pamulang. Algoritma genetika digunakan untuk mengoptimalkan jadwal kuliah, sementara jaringan syaraf tiruan digunakan untuk memprediksi kebutuhan mata kuliah dan mengevaluasi kinerja sistem penjadwalan. Hasil dari penelitian ini adalah peningkatan efisiensi dalam penjadwalan mata kuliah, pengurangan konflik jadwal, dan peningkatan pengalaman mahasiswa. Penerapan teknik-teknik ini memberikan wawasan berharga bagi institusi pendidikan yang menghadapi kompleksitas dalam mengatur jadwal kuliah
Peran Perguruan Tinggi Dalam Menerapkan Pentahelix Untuk Mengembangkan UMKM Indonesia Yusrodi
Jurnal Ilmu Komputer Vol 6 No 3 (2023): Jurnal Ilmu Komputer (JIK)
Publisher : LPPM-STMIK Pranata Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

- Perguruan tinggi memiliki peran penting dalam mendorong pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia. UMKM merupakan salah satu pilar ekonomi yang vital, berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi, penciptaan lapangan kerja, dan pemberdayaan masyarakat. Dalam upaya untuk mengembangkan UMKM, konsep Pentahelix telah menjadi landasan yang penting. Pentahelix menggambarkan kerja sama antara lima sektor utama, yaitu pemerintah, industri, akademisi, masyarakat, dan media. Penelitian ini akan membahas peran penting perguruan tinggi dalam menerapkan konsep Pentahelix untuk mengembangkan UMKM Indonesia
USULAN SOLUSI UNTUK MEMBANGUN CUSTOMER MASTER FILE PADA PT. ABC Ardijan Handijono; Zaldy Suhatman
Jurnal Ilmu Komputer Vol 6 No 3 (2023): Jurnal Ilmu Komputer (JIK)
Publisher : LPPM-STMIK Pranata Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PT. ABC adalah perusahaan penjaminan kredit, yang menerima data pengajuan kredit dan data nasabah dari beberapa bank rekan bisnisnnya. Setiap bank mengirimkan data nasabah dengan kelengkapan data dan struktur data yang berbeda-beda. Masalah timbul ketika data nasabah diketahui banyak yang duplikat, hal ini terjadi karena tidak setiap data nasabah yang diterima dari Bank memberikan nomor KTP sehingga setiap data nasabah yang baru diterima di anggap sebagai data nasabah baru. Pada kasus ini kita akan fokus pada masalah data nasabah. Dipasaran ada beberapa solusi untuk problem ini yaitu aplikasi Customer Data Management (CDI) namun aplikasi ini hanya bisa menunjang proses binis yang umum, tidak sesuai digunakan pada kasus ini. Proses menyatukan beberapa data nasabah yang duplikat menjadi satu biasanya disebut proses Data Deduplication. Masalah akan timbul jika masing-masing data nasabah tersebut telah mempunyai sejarah transaksi, maka kode indentitas nasabah tidak bisa di ganti atau dihapus karena sudah terhubung ke tabel transaksi sebagai Foreign Key. Masalah ini dapat dirumuskan menjadi beberapa pertanyaan sebagai berikut: (1) Bagaimana cara mengidentifikasi beberapa data nasabah yang mirip adalah orang yang sama. (2) Bagaimana cara menjadikan satu Data duplikat tanpa menghilangkan transaksi history yang pernah dilakukan. (3) Bagaimana cara memberikan kode identitas yang unik setelah data nasabah disatukan. Untuk dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut peneliti melakukan literatur review dari beberapa jurnal sebelumnya, melakukan analisa dan sintesa untuk bisa memberikan solusi, dan hasil akhirnya membuat kerangka desain sistem dalam bentuk proses flow dan desain database
ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP PELAYANAN PERUM PERHUTANI DENGAN GAP ANALYSIS DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS Christien Rozali
Jurnal Ilmu Komputer Vol 6 No 3 (2023): Jurnal Ilmu Komputer (JIK)
Publisher : LPPM-STMIK Pranata Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Karena semakin banyaknya produsen kayu yang menyaingi PERUM Perhutani dengan perbandingan harga dan mutu yang cukup bersaing maka perlu dilakukan penelitian terhadap tingkat kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi tingkat kepuasan pelanggan dan mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan dan produk Perhutani. Sampel diambil dari pelanggan Divisi Komersial Kayu, Perum Perhutani. Data dianalisis dengan menggunakan analisis faktor serta analisis kesenjangan (gap analysis) dan Importance Performance Analysis (IPA) dengan bantuan program statistik SPSS Versi 22 dan Microsoft Excel 2013. Berdasarkan hasil analisis faktor yang telah dilakukan menunjukkan bahwa terdapat 2 faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan pelanggan secara langsung, yaitu faktor kejelasan (F3) dengan nilai korelasi 0,766 dan faktor keahlian (F4) dengan korelasi 0,664. Untuk hasil tingkat kepuasan menunjukkan pelanggan sudah merasakan puas terhadap pelayanan dan produk dari Perhutani, walaupun masih ada beberapa aspek yang mesti diperbaiki.
RAPID APPLICATION DEVELOPMENT PADA SISTEM INFORMASI PENGGAJIAN PEGAWAI BERBASIS WEB STUDI KASUS : “RESTU CAR WASH” Emi Sita Eriana; Natasya Arifah
Jurnal Ilmu Komputer Vol 6 No 3 (2023): Jurnal Ilmu Komputer (JIK)
Publisher : LPPM-STMIK Pranata Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada era modern komputer ialah alat untuk memudahkan kerja manusia, untuk mencapai kemajuan baik dalam pembuatan hardware maupun software. Restu Car Wash perancangan usaha bergerak dibidang jasa pencucian mobil, perawatan dan pemeliharaan dengan jumlah karyawan 15 orang. Sampai saat ini Restu Car Wash pengolahan data, proses memasukkan data dibuat semi manual yaitu secara tulisan tangan, dan penggajian karyawan masih menggunakan cara yang manual dengan slip gaji sebagai tanda bukti penggajian karyawan. Hal sering terjadi kesalahan yang dapat merugikan karyawan. Sistem informasi yang dirancangan diharapkan dapat mempermudah perusahaan dalam perhitungan gaji karyawan dan mengurangi kesalahan perhitungan dan validasi data. Metode perancangan sistem informasi ini menggunakan metode RAD (Rappid Application Development) dengan model SDLC yang mampu merancang dan menerapkankan sistem informasi sehingga menghasilkan siklus pengembangan yang pendek sehingga menjadi alternatif metode yang dipilih dalam perancangan aplikasi ini. Hasil penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mempermudah mengelolahan data absensi, mencatat data pegawai oleh admin dan penggajian secara cepat dan tepat waktu.
IMPLEMENTASI EXTREME PROGRAMMING DALAM PERANCANGAN WEBSITE SISTEM INFORMASI AKADEMIK PADA STAI AL - HAMIDIYAH Mufidah Karimah
Jurnal Ilmu Komputer Vol 6 No 3 (2023): Jurnal Ilmu Komputer (JIK)
Publisher : LPPM-STMIK Pranata Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Seiring dengan tingkat kebutuhan yang bertambah, teknologi tidak lagi hanya berfungsi sebagai alat hitung melainkan digunakan di berbagai bidang seperti pembuatan dokumen perkantoran, perdagangan, transportasi hingga di bidang akademik. STAI Al-Hamidiyah adalah instansi pendidikan yang belum memiliki sistem informasi akademik. Hal ini mengakibatkan staff mengalami kendala dalam proses pengisian kartu rencana studi dan jadwal untuk mahasiswa/i. Selain itu dosen di STAI Al-Hamidiyah juga sering kali mengalami kendala dalam pengisian nilai akademik sehingga menyebabkan proses pencetakan kartu hasil studi dan transkrip nilai mahasiswa menjadi terlambat, juga terjadi antrian panjang saat pengambilan nilai. Tujuan penelitian ini dilakukan antara lain guna mempercepat proses pengisian kartu rencana studi, jadwal perkuliahan dan pengisian nilai akademik serta menghindari adanya antrian saat pencetakan nilai. Dalam penelitian ini juga digunakan metode Extreme Programming, dimana metode ini dianggap sangat efisien, hemat biaya dan fleksibel dalam membangun sistem dalam waktu singkat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan membangun sistem informasi akademik mampu mempercepat pengisian kartu rencana studi, jadwal perkuliahan, nilai akademik hingga proses pencetakan kartu hasil studi dan transkrip nilai dan sistem ini dapat menghindari antrian dalam proses pencetakan nilai.
SENTIMEN ANALISIS APLIKASI FERIZY MENGGUNAKAN ALGORITMA NAIVE BAYES Beni Rahmatullah; Pungkas Budiyono; Suwanda Aditya Saputra
Jurnal Ilmu Komputer Vol 6 No 3 (2023): Jurnal Ilmu Komputer (JIK)
Publisher : LPPM-STMIK Pranata Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Transportasi merupakan kebutuhan yang paling digunakan dalam aktifitas sehari-hari dalam bekerja, dan kegiatan yang lainnya. Transportasi laut salah satunya menjadi yang diminati oleh masyarakat terlebih lagi indonesia negara kepulauan. Penggunaan aplikasi Ferizy menjadi salah satu penunjang dan mempermudah dalam membeli tiket secara online, Saran dan kritik dari pelanggan guna memperbaiki sistem dan pelayanan yang diberikan. Dalam hal ini penulis memperoleh data dari komentar di playstore dan menggunakan algoritma Naive Bayes. Hasil akurasi yang didapat membuktikan komentar negative tertinggi dengan dengan Akurasi 98 % dan AUC 0.988.
MEMBANGUN VM WINDOWS SERVER DENGAN GOOGLE CLOUD PLATFORM PADA PT. ZENTUM INTIZHARA Salman Farizy; Eko Surhayanto
Jurnal Ilmu Komputer Vol 6 No 3 (2023): Jurnal Ilmu Komputer (JIK)
Publisher : LPPM-STMIK Pranata Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

- Perkembangan teknologi yang semakin maju mempengaruhi suatu sistem dan efisiensi operasional dalam berbagai hal yang menggunakan fasilitas jaringan internet. Teknologi Komputasi Awan adalah paradigma baru dalam penyampaian layanan komputasi. Komputasi Awan memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan sistem konvensional. Pada PT. Zentum Intizahra per Desember 2020 seringkali terjadi server down yang disebabkan oleh listrik padam, internet mati, virus dan lain-lain. Akibatnya beberapa pekerjaan yang bergantung pada server jadi terhambat dan bisa menyebabkan banyak kerugian. Untuk menangani masalah ini, solusi yang dapat digunakan adalah membangun VM Windows Server 2019 dengan metode Cloud Computing menggunakan layanan Google Cloud Platform. Hasil utama yang diharapkan adalah agar server tidak down lagi dan pekerjaan yang bergantung pada server dapat berjalan lebih baik. Penggunaan server komputasi awan jauh lebih baik dibandingkan penggunaan server konvensional, selain biaya yang lebih murah kita juga tidak diharuskan menyiapkan ruangan khusus untuk menaru sebuah server

Page 1 of 1 | Total Record : 9