cover
Contact Name
Pri Ariadi Cahya Dinata
Contact Email
priariadi.c@fkip.upr.ac.id
Phone
+6285215013273
Journal Mail Official
bpjpsupr@upr.ac.id
Editorial Address
Jl. Hendrik Timang, Gedung M, Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Palangka Raya, Kampus UPR Tunjung Nyaho, Palangka Raya, Kalimantan Tengah
Location
Kota palangkaraya,
Kalimantan tengah
INDONESIA
Bahana Pendidikan: Jurnal Pendidikan Sains
ISSN : 27163431     EISSN : 28072154     DOI : https://doi.org/10.37304/bpjps
Core Subject : Education,
Bahana Pendidikan: Jurnal Pendidikan Sains is a scientific journal published by the Physics Education Study Program, FKIP University of Palangka Raya. This journal aims to accommodate research articles in the field of Science Education. In the end, this journal is expected to describe the development of science and technology in science education for people in Central Kalimantan (in particular) and Indonesia (in general). This journal is planned to be published twice a year.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2019): Bahana Pendidikan: Jurnal Pendidikan Sains" : 5 Documents clear
Penerapan Metode Eksperimen pada Materi Zat dan Karakteristiknya di Kelas VII SMP Muhammadiyah Palangka Raya Agung Wibowo; Gunarjo Suryanto Budi
Bahana Pendidikan: Jurnal Pendidikan Sains Vol. 1 No. 2 (2019): Bahana Pendidikan: Jurnal Pendidikan Sains
Publisher : Pendidikan Fisika FKIP UPR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Metode eksperimen dalam penelitian ini melatih dan mengajarkan siswa untuk belajar konsep IPA, siswa belajar secara aktif dengan mengikuti tahap-tahap pembelajarannya (1) percobaan awal, (2) pengamatan, (3) hipotesis awal, (4) verifikasi (5) aplikasi konsep dan (6) evaluasi. Dengan demikian, siswa akan menemukan sendiri konsep sesuai dengan hasil yang diperoleh selama pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan penerapan metode eksperimen pada materi zat dan karakteristiknya, (2) hasil belajar siswa setelah penerapan metode eksperimen pada materi zat dan karakteristiknya dan (3) respon siswa setelah penerapan metode eksperimen pada materi zat dan karakteristiknya. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Experimental menggunakan desain One shot case study. Sampel adalah kelas VII-C dengan jumlah 23 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah aktivitas siswa, soal tes hasil belajar (THB) kognitif dan angket respon siswa. Hasil aktivitas siswa menunjukkan berbagai kegiatan siswa dalam proses pembelajaran yang nilai berbeda-beda ditiap pertemuan. Hasil belajar ranah kognitif dari 21 siswa yang mengikuti tes hasil belajar kognitif diperoleh 14 siswa tuntas dan 7 siswa tidak tuntas. Respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen dari 21 siswa yang menyatakan pembelajaran menyenangkan sebanyak 20 siswa (95.24%) dan yang menyatakan media yang digunakan dapat membantu memahami materi 21 siswa (100%).
Penerapan Model Pembelajaran Langsung dengan Bantuan Media Simulasi PHET pada Mata Pelajaran IPA Materi Listrik Dinamis Theo Jhoni Hartanto; Hariani Suhardi
Bahana Pendidikan: Jurnal Pendidikan Sains Vol. 1 No. 2 (2019): Bahana Pendidikan: Jurnal Pendidikan Sains
Publisher : Pendidikan Fisika FKIP UPR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Physics Education Tecnology atau PHET merupakan sebuah media simulasi pembelajaran berbasis aktivitas laboratorium virtual yang memudahkan pembelajaran bagi guru dan siswa sebagai media pembelajaran di ruang kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) aktivitas siswa, (2) ketuntasan hasil belajar siswa, dan (3) respon siswa. Jenis penelitian ini adalah pra eksperimen. Sampel dalam penelitian adalah kelas IX-7 dengan jumlah 32 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar aktivitas siswa, tes hasil belajar, dan angket respon. Hasil analisis data diperoleh aktivitas siswa: (a) persentase pengamatan aktivitas siswa melakukan diskusi kelompok sebesar 28,1%, (b) siswa belajar dengan memanfaatkan media PHET sebesar 24,6%, (c) siswa memperhatikan penjelasan guru saat mendemonstrasikan cara menjalankan media PHET sebesar 21,9%, (d) siswa melakukan latihan lanjutan sebesar 13,9%. Hasil yang berkaitan dengan belajar kognitif siswa: ketuntasan individu sebanyak 23 siswa tuntas belajarnya dan 9 siswa tidak tuntas. Respon siswa terhadap pembelajaran yaitu 100% siswa menyatakan cara guru mengajar menarik, 100% siswa menyatakan belajar dengan media simulasi PHET menarik, 72% siswa menyatakan suasana kelas sangat senang, 78% sangat setuju memudahkan siswa memahami pembelajaran, dan 90,6% siswa belum pernah belajar dengan menggunakan media PHET sebelumnya.
Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Fisika dengan Penggunaan Media Simulasi PhET (Physics Education Technology) Yeprina Prihatini Asie
Bahana Pendidikan: Jurnal Pendidikan Sains Vol. 1 No. 2 (2019): Bahana Pendidikan: Jurnal Pendidikan Sains
Publisher : Pendidikan Fisika FKIP UPR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar fisika dengan penggunaan media simulasi Physics Education Technology (PhET), serta kendala yang dialami dalam proses pembelajaran. Instrumen yang digunakan terdiri dari angket untuk mengetahui motivasi belajar siswa, dan tes hasil belajar fisika berbentuk pilihan ganda. Data dalam penelitian ini dianalisis secara kualitatif. Setelah penulis melakukan proses pembelajaran dengan media simulasi PhET di kelas X MIPA 2 SMAN 1 Palangka Raya tahun ajaran 2018/2019 terjadi peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Kendala yang dialami saat pembelajaran berasal dari dalam diri siswa, karena baru pertama kali menggunakan simulasi serta tergoda untuk meninggalkan simulasi untuk membuka aplikasi lain dalam laptop.
Pemanfaatan Alat Laboratorium untuk Melatih Keterampilan Proses Sains pada Materi Kalor di SMA Nurul Khotimah; Suhartono
Bahana Pendidikan: Jurnal Pendidikan Sains Vol. 1 No. 2 (2019): Bahana Pendidikan: Jurnal Pendidikan Sains
Publisher : Pendidikan Fisika FKIP UPR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk:(1) mendeskripsikan keterampilan proses sains meliputi merumuskan hipotesis, identifikasi variabel, melakukan percobaan, analisis data, dan menyimpulkan, 2) mendeskripsikan hasil belajar peserta didik setelah pembelajaran dengan bantuan alat laboratorium. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Experimental menggunakan desain one shot case study. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA 2 dengan jumlah peserta didik 33 orang. Data dikumpulkan menggunakan instrument: (1) tes keterampilan proses sains (2) tes hasil belajar. Hasil uji coba dari 16 soal diperoleh 1 soal gugur. Reabilitas instrument sebesar 0,87 dengan kategori sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses sains peserta didik setelah pembelajaran dengan optimalisasi penggunaan alat laboratorium dari 33 peserta didik yang mengikuti tes, diperoleh 30% peserta didik dengan kategori sangat baik, 55% dengan kategori baik, 12% dengan kategori cukup baik, dan 3% peserta didik dengan kategori kurang baik. Ketuntasan individu dari 33 peserta didik diperoleh 25 peserta didik tuntas dan 8 peserta didik tidak tuntas. Secara klasikal, pembelajaran tuntas karena diperoleh 75,76% peserta didik tuntas dari kriteria ketuntasan klasikal ? 75%. Ketuntasan TPK sebanyak 12 TPK (80%) tuntas dari 15 TPK.
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Berbantuan KIT pada Materi Elastisitas Muhammad Ibnu Kurniawan
Bahana Pendidikan: Jurnal Pendidikan Sains Vol. 1 No. 2 (2019): Bahana Pendidikan: Jurnal Pendidikan Sains
Publisher : Pendidikan Fisika FKIP UPR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) keterampilan psikomotor siswa dan (2) peningkatan hasil belajar setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan KIT pada materi elastisitas. Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen menggunakan desain one group pretest-posttest design. Sampel penelitian adalah kelas XI IPA 2 dengan jumlah 44 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan keterampilan psikomotor siswa dan soal pretest-posttest. Berdasarkan hasil analisis data penelitian yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa keterampilan psikomotor siswa selama pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan KIT pada materi elastisitas diperoleh, (a) pada pertemuan 1 diperoleh 3 kelompok yang mendapatkan kategori sangat baik, 3 kelompok mendapatkan kategori baik dan 1 kelompok mendapatkan kategori cukup, (b) pada pertemuan 2 diperoleh keterampilan psikomotor yaitu semua kelompok mendapatkan kategori baik, (c) pada pertemuan 3 diperoleh keterampilan psikomotor yaitu 6 kelompok mendapatkan kategori sangat baik dan 1 kelompok mendapatkan kategori baik. Peningkatan hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan KIT pada materi elastisitas memperoleh skor N-Gain sebesar 0,52 dengan kategori sedang.

Page 1 of 1 | Total Record : 5