cover
Contact Name
Muhammad Taufiq Azhari
Contact Email
research.yana@gmail.com
Phone
+6282260225789
Journal Mail Official
fiqihazhari8@gmail.com
Editorial Address
Head Office : Jl. Sisingamangaraja Nomor 171 Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara Editorial Office : Jl. Bilal Ujung, Kota Medan, Sumatera Utara
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Ekonom : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
ISSN : 28295285     EISSN : 28294815     DOI : https://doi.org/10.58432/ekonom
Core Subject : Economy,
Ekonom : Jurnal Ekonomi dan Bisnis, jurnal ini dikelola oleh Yayasan Amanah Nur Aman dengan mengusung tema dalam bidang ekonomi dan bisnis.Jurnal ini didedikasikan untuk semua praktisi, akademisi, peneliti, dan pemerhati di bidang ekonomi dan bisnis. Jurnal ini terbit tiga kali dalam setahun (periode April, Agustus dan desember). Ekonom: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, jurnal ini dikelola oleh Yayasan Amanah Nur Aman dengan tema ekonomi dan bisnis. Jurnal ini didedikasikan untuk semua praktisi, akademisi, peneliti, dan pengamat di bidang ekonomi dan bisnis. Jurnal ini diterbitkan tiga tahun (April, Agustus dan Desember).
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2 (2023): Ekonom: Jurnal Ekonomi dan Bisnis" : 10 Documents clear
ANALISIS PENGARUH HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PAKET DATA INTERNET TELKOMSEL Malkan Yahya Abdillah; Ayu Rafisa; Halimah Al-Fauziah; Nurhafifah Saragih; Muhammad Azhari
Ekonom : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 3 No 2 (2023): Ekonom: Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Yana Research

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58432/ekonom.v3i2.418

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh harga paket data internet telkomsel terhadap keputusan pembelian konsumen secara parsial. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantiatif dengan jenis penelitian asosiatif kausal, Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan cara observasi, penelitian lapangan, dan studi dokumentasi dengan jumlah responden sebanyak (N)=20. Data dari penelitian ini diolah dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dan analisis regresi linier sederhana. Hasil dari uji validitas dan reliabitas menunjukkan bahwa seluruh instrumen yang digunakan oleh masing-masing variabel dapat dikatakan valid dan reliabel. Hasil dari uji t pada variabel Harga (X) adalah sebesar 12,865 yang lebih besar dari t-Tabelnya sebesar 1,725 (t-Hitung > t-Tabel) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil dari uji hipotesis ini menunjukkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh positif dan signfikan dari variabel Harga (X) terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y). ABSTRACT The purpose of this study was to determine the effect of the price of Telkomsel internet data packages on consumer purchasing decisions partially. The research method used is a quantitative research method with causal associative research. The data collection method used in this research is by means of observation, field research, and documentation studies with the number of respondents (N) = 20. The data from this study were processed using validity test, reliability test, and simple linear regression analysis. The results of the validity and reliability tests show that all the instruments used by each variable can be said to be valid and reliable. The results of the t-test on the Price (X) variable are 12.865 which is greater than the t-table of 1.725 (t-Value > t-Tabel) and a significance value of 0.000 which is smaller than 0.05. So it can be concluded that H0 is rejected and Ha is accepted. The results of this hypothesis test show that partially there is a positive and significant effect of the Price variable (X) on the Purchase Decision variable (Y).
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN NASABAH TERHADAP PEMILIHAN PRODUK CICIL EMAS DI PT. BSI CABANG PEMATANG SIANTAR Milania Endah Ramadhani; Khairunnisa
Ekonom : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 3 No 2 (2023): Ekonom: Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Yana Research

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58432/ekonom.v3i2.729

Abstract

Berbagai macam produk diantaranya :Produk Penghimpun Dana, Produk Penyalur Dana, dan Produk Pelayanan Jasa. Tujuan nasabah dalam menggunakan produk bank secara umum diantaranya menabung. Menabung menjadikan nasabah memiliki persiapan untuk masa depan. menabung juga membantu dalam mengumpulkan modal (capital) ketika seseorang akan melakukan suatu usaha sehingga kegiatan ekonomi kita berlangsung dengan produktif, dan tabungan yang di miliki dapat digunakan untuk untuk perputaran modal demi kesejahteraan individu dan keluarga. Perkembangan cicil emas pada Bank Syariah Mandiri terus meningkat sejak diperkenalkan pada tahun 2013, hingga april 2018 menunjukan pertumbuhan bisnis emas hingga 14% year on year (yoy). Produk ini diminati karena dapat menjadi solusi penyediaan uang tunai secara aman, mudah dan murah. Penentuan kriteria, karena berdasarkan masalah yang nyata terjadi dan keinginan untuk memperbaikinya. Kriteria yang sesuai dengan keinginan perusahaan ada 4 kriteria yaitu Lokasi, Promosi, Produk dan Pelayanan yang mana sebelumnya dihasilkan dengan hasil wawancara terhadap pihak perusahaan tersebut. Kemudian nyatanya 4 kriteria tersebut memang diperlukan dalam hal pemilihan mencicil emas sesuai dengan perkembangan saat ini berdasarkan studi literatur dengan bobot tertinggi yang dihasilkan pada kriteria Pelayanan. Kemudian hasil pengolahan data dengan menggunakan Borda dihasilkan alternatif bobot tertinggi yaitu alternatif C.                   ABSTRACT Various kinds of products including: Fund Raising Products, Fund Channeling Products, and Service Products. The purpose of customers in using bank products in general is saving. Saving makes customers ready for the future. Saving also helps in raising capital (capital) when someone is going to do a business so that our economic activities take place productively, and the savings that we have can be used for capital turnover for the welfare of individuals and families. The development of gold installments at Bank Syariah Mandiri has continued to increase since its introduction in 2013, until April 2018 showing gold business growth of up to 14% year on year (yoy). This product is in demand because it can be a solution for providing cash in a safe, easy and inexpensive way. Determination of criteria, because it is based on real problems that occur and the desire to fix them. The criteria in accordance with the wishes of the company there are 4 criteria, namely Location, Promotion, Products and Services which were previously generated with the results of interviews with the company. Then in fact these 4 criteria are indeed needed in terms of selecting gold installments in accordance with current developments based on a literature study with the highest weight generated on the Service criteria. Then the results of data processing using Borda resulted in the highest alternative weight, namely alternative C.
ANALISIS STRATEGI BERSAING PADA MASTER BAKERY MEDAN Meilinda Anhar; Khairunnisa
Ekonom : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 3 No 2 (2023): Ekonom: Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Yana Research

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58432/ekonom.v3i2.730

Abstract

Setiap perusahaan memasarkan produknya secara berbeda, salah satunya dengan cara menetapkan harga produk dengan tidak mengurangi kualitas produk, pada akhirnya akan mempengaruhi kepuasan pelanggan. Adapun indikator yang digunakan in-store display agar menata barang yang mengarah kepada pembeli agar tertarik untuk melihat dan memutuskan untuk membelinya yaitu: penyajian produk, pengelompokkan produk, dan penyusunan produk. Keputusan pembelian mempunyai berbagai tahapan yaitu: pengenalan masalah, pencari informasi, evaluasi informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian dan perilaku pasca pembelian tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi apa yang digunakan dalam bersaing pada Master Bakery Medan. Hasil dalam penilitian ini menunjukkan unsur kekuatan yang dimiliki master bakery dari penelitian lingkungan internal yaitu lokasi yang strategis, pengetahuan dan kemampuan karyawan baik dan reputasi baik. Sedangkan kelemahan master bakery saat ini adalah dari segi pemasaran, master bakery termasuk usaha baru dikalangan kue dan roti, dengan hanya mengandalkan pemasaran melalui sosial media. Beda dengan usaha kue dan roti lainnya yang memiliki toko yang tetap dan dan dapat dilihat secara langsung oleh masyarakat. Unsur peluang yang dimiliki master bakery dari penelitian lingkungan eksternal yaitu loyalitas konsumen yang cukup tinggi, hambatan masuknya pendatang baru yang cukup besar, daya tawar pemasuk tidak terlalu banyak. Sedangkan ancaman master bakery dari penelitian lingkungan eksternal yaitu banyaknya jumlah pesaing, dan banyak pendatang baru. ABSTRACT Each company markets its products differently, one of which is by setting product prices without reducing product quality, which in turn will affect customer satisfaction. The indicators used in in-store displays to organize goods that lead to buyers being interested in seeing and deciding to buy them are: product presentation, product grouping, and product preparation. Purchasing decisions have various stages, namely: problem recognition, information seekers, information evaluation, alternative evaluation, purchase decisions and post-purchase behavior. The purpose of this study is to find out what strategies are used to compete at Master Bakery Medan. The results in this research show that the element of strength possessed by the bakery master from internal environmental research is a strategic location, good knowledge and skills of employees and a good reputation. While the current weakness of the master bakery is in terms of marketing, master bakery is a new business among cakes and breads. relying solely on marketing through social media. different from other cake and bakery businesses which have a permanent shop and can be seen directly by the public. The element of opportunity possessed by the master bakery from external environmental research is consumer loyalty which is quite high, the barriers to entry of new entrants are quite large, the bargaining power of suppliers is not too much. while the threat of master bakery from external environmental research is the large number of competitors, and many new entrants.
PENGARUH SOSIALISASI DAN EDUKASI TERHADAP MINAT MAHASISWA MELAKUKAN INVESTASI DI PASAR MODAL SYARIAH Chossy Wiratama; Isra Hayati
Ekonom : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 3 No 2 (2023): Ekonom: Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Yana Research

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58432/ekonom.v3i2.731

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sosialisasi edukasi terhadap minat mahasiswa melakukan investasi di pasar modal syariah studi kasus Galeri Investasi Syariah FAI UMSU. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 71 orang. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sosialisasi investasi pasar modal syariah memiliki pengaruh terhadap minat mahasiswa hal ini ditunjukkan dengan hasil uji t hitng sebesar 4,481 lebih besar dari t tabel 1,993 dan siginifikasinya sebesar 0,000 lebih kecil dari signifikasi 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa sosialisasi berpengaruh terhadap minat mahasiswa, edukasi berpengaruh juga terhadap minat mahaswa dalam melakukan investasi di pasar modal syariah GIS FAI UMSU. Hal ini ditunjukkan dengan nilai t hitung sebesar 5,467 lebih besar dari t tabel 1,993 dan signifikasinya sebesar 0,000 lebih kecil dari signifikasi 0,05. Sosialisasi dan edukasi pasar modal syariah memiliki pengaruh terhadap minat mahasiswa melakukan investasi di pasar modal syariah hal ini ditunjjukkan dari hasil nilai uji f hitung sebesar 40,756 lebih besar dari f tabel 3,13 dan signifikasinya sebesar 0,000 lebih kecil dari signifikasi 0,05. Sosialisasi dan edukasi mempengaruhi minat mahasiswa 54,5% dilihat dari hasil uji r square menunjukkan 0,545 atau 0,545 X 100 = 54,5% mempengaruhi minat mahasiswa melakukan investasi di pasar modal syariah. ABSTRACT This study aims to determine the effect of educational socialization on student interest in investing in the Islamic capital market, a case study of the Sharia Investment Gallery of FAI UMSU. The number of samples in this study amounted to 71 people. The research approach used in this study uses a quantitative approach. The results showed that the socialization of Islamic capital market investment has an influence on student interest, this is indicated by the results of the t-test of 4.481, which is greater than the t-table of 1.993 and the significance of 0.000 is less than the significance of 0.05. This shows that socialization has an effect on student interest, education also affects student interest in investing in the Islamic capital market GIS FAI UMSU. This is indicated by the t-count value of 5.467 which is greater than the t-table of 1.993 and the significance of 0.000 is smaller than the 0.05 significance. Socialization and education of the Islamic capital market have an influence on student interest in investing in the Islamic capital market, this is shown from the results of the calculated f test value of 40.756 which is greater than f table 3.13 and the significance of 0.000 is less than the significance of 0.05. Socialization and education affect student interest 54.5% seen from the results of the r-square test showing 0.545 or 0.545 X 100 = 54.5% affecting student interest in investing in the Islamic capital market.
ANALISIS PENETAPAN MARGIN PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA PT.BPRS AL WASHLIYAH MEDAN Muhammad Nuzul Napitupulu; Uswah Hasanah
Ekonom : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 3 No 2 (2023): Ekonom: Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Yana Research

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58432/ekonom.v3i2.732

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penetapan margin pembiayaan murabahah pada PT.BPRS Al-Washliyah Medan. Metode perhitungan margin pembiayaan murabahah menggunakan metode annuitas, yaitu penetapan margin keuntungan yang ditetapkan sebesar jumlah pengambilan pembiayaan. Data yang diperoleh diambil langsung dari staff PT.BPRS AL-Washliyah medan. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. pengumpulan data, yaitu:wawancara dokumentasi dan observasi. Teknik yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan cara memberikan serangkaian pertanyaan kepada staff pembiayaan di PT.BPRS AL-Washliyah medan.Berdasarkan dari hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penetapan margin tergantung dari besarnya jumlah pengambilan pembiayaan. Dalam melakukan penetapan margin menggunakan cara yang sederhana yaitu jumlah angsuran = pokok+margin pokok=plafon: jangka waktu, sedangkan margin= plafon x presentase margin. PT.BPRS Al-Washliyah Medan ternyata sudah sesuai dengan prinsip ekonomi islam, yakni sudah berdasarkan kesepakatan bersama dalam menentukan margin. dan margin tidak akan berubah dari awal akad hingga pembayaran selesai. ABSTRACT This study aims to determine the determination of murabahah financing margins at PT.BPRS Al-Washliyah Medan. The method of calculating the margin for murabahah financing uses the annuity method, which is the determination of the profit margin which is set at the amount of financing taken. The data obtained was taken directly from the staff of PT.BPRS AL-Washliyah Medan. The method used is a qualitative method. data collection, namely: interview documentation and observation. The technique used is descriptive qualitative analysis. This research was conducted by giving a series of questions to the financing staff at PT.BPRS AL-Washliyah Medan. Based on the results of this study it shows that the determination of the margin depends on the large amount of financing taken. In setting the margin using a simple method, namely the number of installments = principal + principal margin = ceiling: term, while margin = ceiling x margin percentage. PT.BPRS Al-Washliyah Medan turned out to be in accordance with the principles of Islamic economics, namely that it was based on a mutual agreement in determining margins. and the margin will not change from the beginning of the contract until the payment is complete.
ANALISIS PENGAWASAN PEMBIAYAAN DALAM UPAYA MEMINIMALISIR PEMBIAYAAN BERMASALAH PADA BPRS AL WASHLIYAH MEDAN PERIODE TAHUN 2017-2021 Ade Intan Saldillah; Dody Firman
Ekonom : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 3 No 2 (2023): Ekonom: Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Yana Research

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58432/ekonom.v3i2.733

Abstract

Penelitian ini dilakukan di PT. BPRS Al Washliyah Medan, penelitian ini bertujuan  untuk menganalisis pengawasan pembiayaan dalam upaya meminimalisir pembiayaan bermasalah. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif, yaitu dengan terjun langsung ke lapangan dengan pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pelaksanaan pengawasan yang dilakukan BPRS Al Washliyah Medan terdiri dari pengawasan secara tidak langsung, pengawasan langsung, dan pengawasan dalam perhatian khusus. Serta upaya yang dilakukan oleh BPRS Al Washliyah Medan untuk meminimalisir pembiayaan bemasalah yaitu dengan cara telah diterapkan yaitu dengan tiga cara, yaitu pembinaan nasabah, penyelamatan pembiayaan, dan penyelesaian pembiayaan.  ABSTRACT This research was conducted at PT. BPRS Al Washliyah Medan, this study aims to analyze financing supervision in an effort to minimize problem financing. This study uses a qualitative approach, namely by going directly to the field by collecting data using interviews, observation, and documentation. The results of this study indicate that the implementation of supervision carried out by BPRS Al Washliyah Medan consists of indirect supervision, direct supervision, and special attention supervision. As well as the efforts made by BPRS Al Washliyah Medan in an effort to minimize problem financing, namely by means of being implemented, namely in three ways, namely customer development, financing rescue, and financing settlement. 
PENGARUH NON PERFORMING FINANCING DAN PEMBIAYAAN BAGI HASIL TERHADAP PROFITABILITAS DI BANK SYARIAH Fazri Dwi Syaputra; Novien Rialdy
Ekonom : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 3 No 2 (2023): Ekonom: Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Yana Research

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58432/ekonom.v3i2.734

Abstract

Kualitas asset yang baik dan rasio profitabilitas yang tinggi merupakan cerminan keberhasilan suatu perbankan khususnya bank pembiayaan rakyat syari’ah (BPRS) dalam berkompetisi di era digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Non Performing Financing dan Pembiayaan Bagi Hasil secara parsial dan simultan terhadap Profitabilitas yang diproksikan dengan ROA di BPRS Gebu Prima Kota Medan yang dilaksanakan pada bulan Juli 2022. Penelitian ini menggunakan metode dekriptif asosiatif melalui pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh laporan keuangan BPRS Gebu Prima meliputi data NPF, ROA, dan Pembiayaan Bagi Hasil pada periode 2017-2021 dengan sampel sebanyak 20 data pada tiap variabel yang diperoleh melalui teknik accidental sampling menggunakan data triwulan I-IV. Pengumpulan data penelitian menggunakan studi dokumentasi dengan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda meliputi Uji Hipotesis (Uji-t dan Uji-F) dan Koefisien Determinasi. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial NPF berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas yang diproksikan dengan ROA dengan nilai thitung 5,941 > ttabel   2,10982. Secara parsial Pembiayaan Bagi Hasil berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap Profitabilitas yang diproksikan dengan ROA dengan nilai thitung 0,037 < ttabel   2,10982. Sementara, secara simultan NPF dan Pembiayaan Bagi Hasil berpengaruh signifikan terhadap Profitabilitas yang diproksikan dengan ROA di BPRS Gebu Prima Kota Medan yang dibuktikan dengan nilai Fhitung 112,421 > Ftabel 3,55 dengan koefisien determinasi sebesar 74,9%. ABSTRACT Good asset quality and high profitability ratios are a reflection of the success of a bank, especially sharia people's financing banks (BPRS) in competing in the digital era. This study aims to determine the effect of Non-Performing Financing and Profit-Sharing Financing partially and simultaneously on profitability as proxied by ROA at BPRS Gebu Prima, Medan City, which was carried out in July 2022. This study used an associative descriptive method through a quantitative approach. The population in this study is the entire financial report of BPRS Gebu Prima including data on NPF, ROA, and Profit Sharing Financing in the 2017-2021 period with a sample of 20 data on each variable obtained through accidental sampling technique using quarterly data I-IV. Collecting research data using documentation studies with data analysis techniques using multiple linear regression analysis including Hypothesis Testing (T-Test and F-Test) and Coefficient of Determination. The results showed that partially NPF had a positive and significant effect on profitability as proxied by ROA with a tcount of 5.941 > ttable 2.10982. Partially, Profit Sharing Financing has a positive but not significant effect on profitability as proxied by ROA with a value of tcount 0.037 < ttable (0.025;17) 2.10982. Meanwhile, simultaneously NPF and Profit Sharing Financing have a significant effect on profitability as proxied by ROA at BPRS Gebu Prima, Medan City as evidenced by the Fcount 112.421 > Ftable  3.55 with a coefficient of determination of 74.9%.
ANALISIS INOVASI PENGEMBANGAN LAYANAN PT. BPRS AL-WASHLIYAH DALAM MEMPERTAHANKAN, MENINGKATKAN KEPUASAN NASABAH Riki Andriansyah Putra
Ekonom : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 3 No 2 (2023): Ekonom: Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Yana Research

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58432/ekonom.v3i2.947

Abstract

Kepuasan pelanggan merupakan satu evaluasi, jika kepuasan pelanggan tercapai maka akan timbul loyalitas dari pelanggan. Oleh karena itu, kepuasan pelanggan merupakan hal yang penting bagi perusahaan. Peran BPRS sebagai Lembaga keuangan yang paling dekat dengan masyarakat dan mudah diakses diperlukan untuk memicu perkembangan dunia keuangan dan indusri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis inovasi pengembangan layanan BPRS dalam mempertahankan, meningkatkan kepuasan nasabah. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya mempertahankan prestasi terbaik BPRS agar meningktakan produktivitas kerja dengan memberi pelayanan yang memuaskan bagi para nasabah agar nasabah semakin mempercayai pelayanan BPRS. Metode penelitian penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melakukan wawancara dan dokumentasi. Hasil  dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam pelayanan yang dilakukan PT. BPRS Al Washliyah Jl. Gunung Krakatau dalam meningkatkan kepuasan nasabah yaitu dengan memiliki standar dalam melayani sesuai dengan kebutuhan nasabahnya. Layanan yang ada di PT. BPRS Al Washliyah berupa simpan pinjam seperti bank memiliki layanan intermediasi dana, menyimpan dananya, untuk menyalurkan dananya bagi yang membutuhkan dana, selain itu ada pembiayaan dan penempatan dana prinsip syariah. Kendala yang dihadapi PT. BPRS Al Washliyah Jl. Gunung Krakatau meningkatkan kepuasan nasabah yaitu maraknya bank syariah atau Lembaga keuangan syariah di Indonesia tidak diimbangi dengan adanya sumber daya manusia yang memadai. Kemudian belum sepenuhnya peraturan pemerintah dibidang perbankan syariah dan kurangnya akademisi perbankan syariah. ABSTRACT Customer satisfaction is an evaluation, If customer satisfaction is achieved then customer loyalty will arise. Therefore, customer satisfaction is important for the company. The role of BPRS as a financial institution that is closest to the community and easily accessible is needed to trigger developments in the world of finance and industry. This study aims to analyze BPRS service development innovations in maintaining and increasing customer satisfaction. This research is motivated by the importance of maintaining the best performance of the BPRS in order to increase work productivity by providing satisfactory service for customers so that customers trust BPRS services more. The research method of this research is a qualitative research method. The data sources used in this research are primary data and secondary data. Data collection techniques used are conducting interviews and documentation. The results of this study can be concluded that in the services performed by PT. BPRS Al Washliyah Jl. Gunung Krakatau in increasing customer satisfaction by having standards in serving according to the needs of its customers. The services available at PT. BPRS Al Washliyah is in the form of savings and loans such as the bank has a fund intermediation service, keeps the funds, to channel the funds to those who need funds, besides that there is financing and placement of funds in sharia principles. Obstacles faced by PT. BPRS Al Washliyah Jl. Mount Krakatau increases customer satisfaction, the rise of Islamic banks or Islamic financial institutions in Indonesia is not matched by adequate human resources. Then the government regulations in the field of Islamic banking have not been fully adequate and the lack of Islamic banking academics.
ANALISIS PENDISTRIBUSIAN ZAKAT MAL LAZISMU KOTA MEDAN BERDASARKAN SKALA PRIORITAS DENGAN PRINSIP PEMERATAAN, KEADILAN, KEWILAYAHAN Aisyah Dias wiranda
Ekonom : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 3 No 2 (2023): Ekonom: Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Yana Research

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58432/ekonom.v3i2.948

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pendistribusian zakat mal berdasarkan skala prioritas dengan prinsip pemeratan, keadilan, kewilayahan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melakukan wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa upaya-upaya dalam mendistribusikan zakat mal adalah prinsip keadilan yang telah dilakukan dalam pendistribusian Zakat Mal wajib didistribusikan kepada delapan ashnaf yang berhak menerimanya dengan melihat nilai prioritas sesuai urutan yang ditetapkan syariat islam. Prinsip pemerataan yang telah dilakukan dalam pendistribusian zakat mal yaitu pemerataan dalam penyaluran dana zakat dibagikan menurut kepada tingkat kebutuhan masing-masing mustahik, pendistribusian dana zakat harus disalurkan secara menyeluruh ke berbagai wilayah, dan dimanfaatkan secara rata dan adil kepada setiap golongan. Prinsip kewilayahan yang telah dilakukan dalam pendistribusian zakat mal yaitu pendistribusian mencakupi wilayah kota Medan dan dana zakat mal kepada mustahik di distribusikan oleh LAZISMU kota Medan kepada pihak-pihak yang berhak menerimanya. Dalam pendistribusian zakat mal LAZISMU kota Medan berdasarkan skala prioritas dengan prinsip pemerataan, keadilan, kewilayahan harus lebih teliti dalam verifikasi terkait skala prioritas dan tepat sasaran dalam menyalurkan dana zakat mal kepada yang berhak menerimanya. ABSTRACT This study aims to analyze the distribution of mall zakat based on priority scales with the principles of strengthening, justice, territoriality. The research method used in this study is qualitative research method. The data sources used in this study are primary data and secondary data. The data collection techniques used are conducting interviews and documentation. Based on the results of the study, it was concluded that efforts in distributing mall zakat are the principle of justice that has been carried out in distributing mall zakat must be distributed to eight ashnaf who are entitled to receive it by looking at the priority value in the order set by Islamic law.The principle of equity that has been carried out in the distribution of mall zakat is that equity in the distribution of zakat funds is distributed according to the level of need of each mustahik, the distribution of zakat funds must be distributed thoroughly to various regions, and utilized equally and fairly to each group. The territorial principle that has been carried out in the distribution of mall zakat is that the distribution covers the Medan city area and mall zakat funds to mustahik are distributed by LAZISMU Medan city to parties who are entitled to receive it. In distributing mall zakat LAZISMU Medan city based on a priority scale with the principles of equity, justice, territoriality must be more thorough in verification related to the priority scale and on target in distributing mall zakat funds to those who are entitled to receive it.
PERAN INTERMEDIASI SOSIAL BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH PADA MASYARAKAT PELAKU USAHA MIKRO (STUDI KASUS PADA PT.BPRS AL-WASHLIYAH GUNUNG KRAKATAU) Della Hantika
Ekonom : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 3 No 2 (2023): Ekonom: Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Yana Research

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58432/ekonom.v3i2.949

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran intermediasi pada masyarakat pembiyayaan mikro dan fasilitas pembiayaan yang diberikan oleh PT. BPRS Al-Washliyah. Adapun jenis penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif, penulis melakukan pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan mengenai intermediasi sosial yang telah dijalankan PT. BPRS Al Washliyah teruntuk masyarakat mikro. Berdasarkan hasil penelitian pada PT. BPRS Al Washliyah yaitu Pembiyaan mikro adalah satu peran intermediasi sosial yang diberikan kepada masyarakat. PT. BPRS Al Washliyah memberikan pinjaman modal untuk masyarakat untuk perkembangan usaha mikro dan menengah. Serta memberikan pendampingan dan pembinaan dengan memberikan pengarahan-pengarahan kepada nasabah dalam pengembangan usaha yang dimiliki agar dapat berkembang menjadi lebih baik. Dan prosedur pembiayaan mikro melalui tahapan-tahapan seperti: tahap aplikasi pembiayaan, tahap pengumpulan data, tahap analisa pembiayaan, tahap persetujuan pembiayaan, tahap pengikatan, tahap pencairan, tahap monitoring. ABSTRACT This study aims to analyze the role of intermediary in the microfinance community and the financing facilities provided by BPRS Al-Washliyah.. This type of research is a qualitative descriptive approach, the authors collect data by means of observation, interviews, and documentation. The results of the research show that social intermediation has been carried out by BPRS Al Washliyah for micro communities. Based on the results of research at BPRS Al Washliyah, namely microfinance is a social intermediary role given to the community. BPRS Al Washliyah provides capital loans to the community for the development of micro and medium enterprises. As well as providing assistance and coaching by providing directions to customers in developing their business so that it can develop for the better. And the microfinance procedure goes through stages such as: the financing application stage, the data collection stage, the financing analysis stage, the financing approval stage, the binding stage, the disbursement stage, the monitoring stage.

Page 1 of 1 | Total Record : 10