cover
Contact Name
Muhamad Wildan Fawaid
Contact Email
jurnal.istithmar@iainkediri.ac.id
Phone
+6285755070024
Journal Mail Official
jurnal.istithmar@iainkediri.ac.id
Editorial Address
Jl. Sunan Ampel No. 07 Ngronggo Kota Kediri
Location
Kota kediri,
Jawa timur
INDONESIA
Istithmar: Jurnal Studi Ekonomi Syariah
ISSN : 25989804     EISSN : 26549387     DOI : 10.30762
Core Subject : Economy,
Istithmar : Jurnal Studi Ekonomi Syariah, published twice a year (June and December) by Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kediri, East Java. The Journal serving as a medium for exploring critical thinking on Islamic Economics and Business issues. It is open for all academics, practitioners, intellectuals, and students with the specification of the study of Islamic Economics. The Ideas is covering research article, conceptual idea, review of the literature, and practical experience. The scope of Istithmar : Jurnal Studi Ekonomi Syariah are limited to: Islamic economics Islamic banking and finance Islamic economic management Management Zakat, Infaq, Shodaqoh and Waqf Islamic entrepreneurship and business Islamic economics thought Islamic insurance Islamic accounting.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 7 No. 1 (2023): Istithmar : Jurnal Studi Ekonomi Syariah" : 7 Documents clear
Strategi Baitul Maal Wa Tamwil dalam Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Arrizqah Bariroh
Istithmar Vol. 7 No. 1 (2023): Istithmar : Jurnal Studi Ekonomi Syariah
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30762/istithmar.v7i1.205

Abstract

Sektor UMKM memiliki peranan strategis dalam menopang pertumbuhan ekonomi di Indonesia, Kontribusi yang cukup besar ini menyebabkan UMKM mampu menyerap banyak tenaga kerja. UMKM juga memiliki peranan dalam menyeimbangkan pendapatan secara merata. Namun disisi lain UMKM terkendala dalam hal biaya, manajemen produksi dan pemasaran sehingga UMKM sulit untuk berkembang. Tujuan dari penulisan penelitian ini ialah untuk menganalisis strategi apa yang dapat dilakukan oleh Baitul Maal Wat Tamwil dalam membantu pengembangan UMKM. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif, dengan mengembangkan teori dengan melihat realita sosial. Salah satu strategi yang dilakukan oleh BMT dengan metode pendampingan lapangan langsung serta memberikan arahan dan motivasi untuk meningkatkan kualitas usaha. Dengan adanya pendampingan tersebut akhirnya UMKM dapat memahami manajemen produksi dan pemasaran yang lebih baik sehingga pendapatan UMKM terus meningkat.
Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Green Purchase Intention Shonia Maski Annisa; Purbo Jadmiko
Istithmar Vol. 7 No. 1 (2023): Istithmar : Jurnal Studi Ekonomi Syariah
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30762/istithmar.v7i1.218

Abstract

Green purchase intention adalah konsumen dengan kesadaran lingkungan yang tinggi. Konsumen ini suka membeli produk-produk ekologis, meskipun barang tersebut dijual dengan harga yang mahal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh perceived green value, perceived consumer effectiveness dan environmental knowledge terhadap green purchase intention produk Cleo Eco Green di Kota Padang. 80 responden digunakan sebagai sampel acak. Teknik analisis penelitian ini menggunakan SEM dengan aplikasi SmartPLs 3. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa perceived green value dan perceived consumer efficacy konsumen berpengaruh positif terhadap green purchase intention, sedangkan environmental knowledge tidak berpengaruh terhadap green purchase intention. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan variabel green purchase intention dapat diasumsikan bahwa PT. Sariguna Primatirta (Tanobel) dapat meningkatkan motif pembelian hijau masyarakat Kota Padang terhadap produk Cleo Eco Green, produk ini merupakan salah satu produk yang ramah lingkungan.
Inovasi Layanan Perbankan Syariah Berbasis Teknologi sebagai Wujud Penerapan Green Banking Ega Belahag Yusuf; Muhammad Iqbal Fasa; Suharto
Istithmar Vol. 7 No. 1 (2023): Istithmar : Jurnal Studi Ekonomi Syariah
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30762/istithmar.v7i1.444

Abstract

Inovasi layanan perbankan syariah berbasis teknologi adalah suatu inovasi teknologi yang kegiatan operasionalnya tidak lagi menggunakan manusia melainkan menggunakan cara yang otomatis dan dikendalikan oleh komputer. Green banking adalah kegiatan operasional bank yang berwawasan lingkungan sebagai upaya tanggung jawab terhadap kelestarian lingkungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif deskriptif, di mana data semua data yang dihasilkan disajikan dalam bentuk deskripsi yaitu suatu gambaran umum mengenai hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi layanan perbankan syariah berbasis teknologi merupakan upaya perbankan syariah dalam menerapkan green banking
Efektifitas Citra Merek sebagai Variabel Pemediasi dalam Menciptakan Minat Pembelian Dhiya'u Shidiqy
Istithmar Vol. 7 No. 1 (2023): Istithmar : Jurnal Studi Ekonomi Syariah
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30762/istithmar.v7i1.530

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh store atmosphere, persepsi harga dan kualitas produk terhadap citra merek, serta efektifitas citra merek dalam memediasi variabel-variabel tersebut terhadap minat beli. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah pembeli pada Kedai Hakui Kopi 0 Km Tulungagung dengan sampel sebanyak 140 responden. Pedoman ukuran sampel dengan menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan model persamaan struktural (Structural Equation Modelling) dengan menggunakan AMOS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa store atmosphere dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan trhadap citra merek, sedangkan persepsi harga tidak berpengaruh terhadap citra merek. Citra merek juga terbukti menjadi variabel pemediasi penuh atas pengaruh store atmosphere dan kualits harga terhadap minat beli, sedangkan pada pengaruh persepsi harga terhadap mina beli, citra merek tebukti tidak memediasi.
Peranan Lembaga Filantropi Rumah Zakat dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals / SDGs) Di Kota Kediri Bambang Hermantoro; Zuraidah
Istithmar Vol. 7 No. 1 (2023): Istithmar : Jurnal Studi Ekonomi Syariah
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30762/istithmar.v7i1.606

Abstract

Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) merupakan agenda pembangunan dunia yang bertujuan untuk kesejahteraan manusia secara global yang diikuti oleh 193 negara termasuk Indonesia. SDGs memiliki 17 indikator, salah satunya mengurangi kemiskinan dan melindungi Bumi yang berkelanjutan. Rumah Zakat Kediri merupakan Filantropi islam yang mendukung terlaksananya SDGs di Indonesia. Metode penelitian yang di gunakan Kualitatif-deskrpitif. Hasil penelitian ini yaitu Rumah Zakat Kediri berkolaborasi dengan walikota kediri dan BPRS kota kediri. menerapkan sembilan indikator dalam pencapaian SDGs di kota Kediri, yaitu memberikan bantuan para kewirausahan dan pedagang kecil, meningkatkan SDM dan Skill masyarakat, memberikan beasiswa prestasi, kegiatan menanamkan rasa menyayangi likungan sekitar dan peduli kesehatan masyarakat.
Pengendalian Inflasi Di Indonesia Perspektif M. Umer Chapra Amirotul Nurā€™Azmi Naqiyya; Nuril Hidayati; Shinta Eka Widamayanti; Suryadini Diyah Marwati
Istithmar Vol. 7 No. 1 (2023): Istithmar : Jurnal Studi Ekonomi Syariah
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30762/istithmar.v7i1.637

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengetahui cara mengendalikan inflasi yang ada di indonesia dalam perspektif Umer Chapra. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan bersifat kepustakaan. Sumber informasi dan data data yang digunakan dalam artikel yaitu berasal dari jurnal ilmiah serta buku yang sesuai dari topik yang sedang diteliti. Hasil study yang diperoleh yaitu pertama, M. Umer Chapra memberikan pandangan upaya dalam mengendalikan inflasi yaitu dengan cara menstabilkan harga dan strategi. Menurut pemikiran M. Umer Chapra, strategi yang digunakan dalam menekan laju inflasi adalah dengan melakukan perbaikan moral baik material maupun spiritual, selanjutnya dengan melakukan pemerataan distribusi pendapatan dan kekayaan, serta penghapusan sistem bunga. Kedua di Indonesia pada saat ini, pemerintah juga sedang berusaha untuk mengembangkan keuangan dalam perbankan syariah, dengan cara diproyeksikan dalam kontribusi yang besar terhadap penekanan laju inflasi jangka yang panjang
Kewirausahaan dalam Pemberdayaan Pesantren: Best Practice pada Pondok Pesantren Mambaul Ulum Sampang Taufik Aris Saputra; Aang Kunaifi; Subri Subri
Istithmar Vol. 7 No. 1 (2023): Istithmar : Jurnal Studi Ekonomi Syariah
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30762/istithmar.v7i1.654

Abstract

Pondok pesantren mulai melakukan perubahan sistem, yang pada mula fungsinya hanya sebatas tempat sumber keilmuan dan sumber spiritual Islam, kemudian mencoba untuk berinovasi dengan mengembangkan potensi ekonomi pesantren. Salah satu bentuk usaha yang dilakukan dalam pemberdayaan dan pengembangan ekonomi pesantren yaitu berwirausaha dengan pengelolaan mandiri. Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan mendiskripsikan best practice kewirausahaan dalam rangka pemberdayaan ekonomi pesantren. Hasil penelitian menunjukkan implikasi yang signifikan kegiatan kewirausahaan dalam menciptakan kemandirian pesantren, bahkan kesiapan para santri dalam mentransformasikan keilmuannya di tengah masyarakat, khususnya dalam kegiatan ekonomi. Melalui penelitian ini diharapkan pesantren dapat mengoptimalkan potensi yang ada untuk mewujudkan pesantren yang mandiri.

Page 1 of 1 | Total Record : 7