cover
Contact Name
Hamid
Contact Email
numera@uinsaizu.ac.id
Phone
+628818762897
Journal Mail Official
numera@uinsaizu.ac.id
Editorial Address
Jl. A. Yani No. 40 Purwokerto 53126 Jawa Tengah - Indonesia Telp. 0281-635624 Fax. 0281-636553
Location
Kab. banyumas,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Nusantara Raya
ISSN : -     EISSN : 29634970     DOI : 10.24090/jnr
Jurnal Nusantara Raya publishes articles with aim and scope: 1. Language teaching 2. Literature teaching 3. Learning Indonesian Language and Literature 4. Study of Indonesian, Archipelago, and Malay Languages 5. Study of Indonesian literature 6. Comparative Literature Study 7. Comparative Linguistics
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 26 Documents
Alternatif Pilihan Teknik Penilaian di Masa Pandemi Muhlis Fajar Wicaksana; Sri Muryati
Jurnal Nusantara Raya Vol. 1 No. 1 (2022)
Publisher : Lembaga Kajian Nusantara Raya (LK Nura)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24090/jnr.v1i1.6596

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk; 1) menjelaskan problematik teknik penilaian unjuk kerja; 2) memberikan gambaran rekomendasi teknik penilaian unjuk kerja di masa pandemi. Strategi metode penelitian melalui pendekatan deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui analisis kritis dokumen hasil penelitian. Data penelitian ini diperoleh dari kajian kritis artikel-artikel hasil penelitian tentang teknik penilaian di masa pandemi. Teknik Analisis data menggunakan triangulasi sumber data. Teknik analisis data dilakukan melalui proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) problematik teknik penilaian unjuk kerja di masa pandemi ini terdapat berbagai permasalahan. Mulai dari kurangnya materi yang diberikan oleh guru sehingga siswa harus mencarinya secara mandiri, kurangnya kesadaran siswa dalam menyelesaikan tugas, dan kurangnya penguasaaan teknologi terbarukan. 2) teknik penilaian unjuk kerja mendorong anak didik untuk melakukan kegiatan pembelajaran berbasis praktik. Praktik yang didasarkan pada nilai-nilai karakter religiusitas, nasionalisme, kemandirian, gotong royong,dan integritas. Dapat ditarik simpulan bahwa implementasi teknik penilaian unjuk keja dalam pembelajaran dapat dilakukan melalui demonstrasi penampilan siswa. Selain itu, Teknik penilaian unjuk kerja dapat dilakukan melalui teman sejawat dengan mengacu pada pedoman penilaian yang ada. Sistem pelaporan akhir melalui Teknik penilaian unjuk kerja hendaknya lebih disederhanakan, tidak terlalu rumit, dan tidak terlalu banyak komponen penilaiannya.
Dunia Melayu: Tantangan dan Prospeknya di Masa Depan Maman S Mahayana
Jurnal Nusantara Raya Vol. 1 No. 1 (2022)
Publisher : Lembaga Kajian Nusantara Raya (LK Nura)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24090/jnr.v1i1.6599

Abstract

Dunia Melayu dengan segala reputasinya di masa lalu dan tantangannya di masa depan sesungguhnya potensial merekatkan sentimen keserumpunan dalam lingkup wilayah yang sangat luas. Tetapi, di Indonesia, pandangan terhadap dunia Melayu, tidaklah seragam, mengingat Indonesia terbentuk dari keberagaman etnik, suku bangsa, dan bahasa. Tambahan lagi, dunia Melayu melintasi batas teritorial negara. Maka konsep keserumpunan itu sering kali disaputi persoalan politik negara bersangkutan. Jika sudah begitu, kepentingan nasional menjadi hal yang lebih utama dibandingkan persoalan dunia Melayu. Dalam konteks itu, penting artinya membuka peluang meningkatkan kesadaran keserumpunan melalui kesepakatan pemakaian bahasa resmi Asean. Itulah prospek dunia Melayu di masa depan yang implementasinya ternyata tidaklah sederhana. Penetapan bahasa Melayu atau bahasa Indonesia yang diusulkan menjadi bahasa resmi Asean masih berupa wacana. Boleh jadi perlu wacana lain yang dapat disepakati bersama. Tulisan ini mencoba mengungkapkan kemungkinan disepakatinya bahasa resmi Asean.
Subjek Politik dalam Cerpen “Ode untuk Selembar KTP” Karya Martin Aleida Ari Prastyo Nugroho
Jurnal Nusantara Raya Vol. 1 No. 1 (2022)
Publisher : Lembaga Kajian Nusantara Raya (LK Nura)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24090/jnr.v1i1.6600

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis distribution of the sensible dan subjek politik yang diekspresikan dalam cerpen “Ode untuk Selembar KTP” karya Martin Aleida. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah distribution of the sensible dan subjek politik dari Jacques Ranciere. Distribution of the sensible merupakan sebuah sistem yang dikonstruksi untuk membagi setiap subjek dalam divisi-divisi tertentu yang hierarkis. Sementara itu, subjek politik adalah subjek yang menentang atau melintasi batas-batas pembagian untuk memperoleh kesetaraan. Metode analisisnya menggunakan subjectivation, yaitu menganalisis subjek tokoh yang melakukan verifikasi kesetaraan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa distribution of the sensible dalam konteks Indonesia tahun 1960-an menempatkan dan membagi masyarakat dalam subjek dan peran yang hierarkis dan menindas. Pembagian itu secara garis besar berdasarkan paham komunisme yang disematkan kepada simpatisan PKI. Martin Aleida melalui tokohnya gagal menjadi subjek politik yang setara. Tokoh Iramani diekspresikan sebagai subjek yang justru menunda kesetaraan karena menyogok pegawai kelurahan untuk menghapus tanda eks-tapol di KTP-nya. Hal ini menunjukkan bahwa dominasi distribution of the sensible cukup kuat dengan apriori penyingkiran dan penindasan sehingga sulit bagi subjek untuk bertindak politik.
Mooi-Indie dalam Narasi-Narasi Perjalanan F.W. Junghuhn dan Buku Puisi Priangan si Jelita Karya Ramadhan K.H. Ilham Rabbani
Jurnal Nusantara Raya Vol. 1 No. 1 (2022)
Publisher : Lembaga Kajian Nusantara Raya (LK Nura)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24090/jnr.v1i1.6601

Abstract

Abstrak: Penelitian ini akan berusaha membahas bentuk-bentuk Mooi-Indie yang terepresentasikan dalam narasi-narasi perjalanan Junghuhn dan puisi-puisi karya Ramadhan. Narasi-narasi Junghuhn diambil dari buku Sunda Abad ke-19 karya Hawe Setiawan, sementara karya Ramadhan yang dipilih ialah Priangan si Jelita. Pisau analisis yang digunakan adalah teori intertekstual yang dikembangkan oleh Julia Kristeva. Metode yang dipilih ialah kualitatif-deskriptif. Adapun kesimpulan dari penelitian ini, bahwa bentuk-bentuk Mooi-Indie yang terepresentasikan dalam karya kedua penulis ialah, alam Sunda dalam narasi-narasi Junghuhn semata-mata dipaparkan secara polos dan lebih diarahkan sebagai “jalan” ke arah kontemplasi bertemu Sang Pencipta, sementara puisi-puisi Ramadhan mempergunakan unsur trinitas suci Mooi-Indie sebagai penyampai ironi atau suara lain mengenai gejala budaya dan gejala alam Sunda, yakni adanya pengacauan di tanah Sunda oleh gerombolan yang melabeli diri mereka sebagai kelompok Darul Islam.
Manusia Indonesia Mutakhir dalam Relasi “Timur dan Barat” (Kritik Postkolonial Pada Novel Critical Eleven Karya Ika Natassa) Hendrik Efriyadi
Jurnal Nusantara Raya Vol. 1 No. 1 (2022)
Publisher : Lembaga Kajian Nusantara Raya (LK Nura)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24090/jnr.v1i1.6610

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud efek relasi tidak seimbang Timur dan Barat dalam novel Critical Eleven karya Ika Natassa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif versi Bogdan dan Taylor. Data penelitian ini difokuskan pada permasalahan identitas dalam novel Critical Eleven karya Ika Natassa dengan menggunakan pendekatan postkolonial. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi teori. Data dianalisis dengan metode deskriptif dan teknik analisis isi (content). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa para tokoh rekaan sebagai representasi Timur, berparadigma inferior di hadapan Barat dan ditemukannya fakta cerita bahwasannya masyarakat Indonesia sebagai salah satu negara bekas jajahan menjadi pengekor dan pemuja Barat akibat adanya kolonialisasi dan neokolonialisasi.
REPRESENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN PADA CERPEN-CERPEN DALAM SURAT KABAR HARIAN UMUM SOLOPOS EDISI BULAN OKTOBER-DESEMBER 2021: KAJIAN RESEPSI SASTRA Haviza Wininda Putri; Siti Isnaniah
Jurnal Nusantara Raya Vol. 2 No. 2 (2023)
Publisher : Lembaga Kajian Nusantara Raya (LK Nura)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan tanggapan pembaca terhadap representasi nilai-nilai pendidikan pada cerpen-cerpen dalam surat kabar harian umum Solopos Edisi bulan Oktober-Desember 2021. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan pendekatan resepsi sastra. Sumber data dalam penelitian ini yaitu dokumen berupa cerpen-cerpen Solopos edisi bulan Oktober-Desember 2021 dan informan. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (a) Nilai-nilai pendidikan yang terdapat di cerpen Solopos edisi bulan Oktober-Desember 2021 mengandung nilai-nilai pendidikan berupa pengambilan keputusan, kebiasaan, kendali diri, empati, penentuan perspektif, dan mengetahui nilai moral, hati nurani, mencintai hal yang baik. (b) Mayoritas informan mengatakan bahwa tema diangkat dalam cerpen-cerpen Solopos seputar keluarga, percintaan, dan kehidupan. Bahkan setiap peneliti memiliki perbedaan cara penelitian dalam menulis cerpen sehingga setiap peneliti memiliki kekhasannya masing-masing. (c) Cerpen-cerpen Solopos menarik untuk dibaca karena majas serta kosakata yang digunakan tidak monoton dan terus mengalami pembaruan sehingga dapat menambah pengetahuan bagi pembaca.    
ANTROPOSENTRISME DALAM NOVEL KAILASA KARYA JUSUF AN KAJIAN EKOKRITIK Widya Prana Rini
Jurnal Nusantara Raya Vol. 1 No. 2 (2022)
Publisher : Lembaga Kajian Nusantara Raya (LK Nura)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24090/jnr.v1i2.6672

Abstract

Literary works can be used as a means of caring for the earth. Nature is seen as an object so that human treatment of nature does not provide reciprocity. nature is gradually being degraded. Thus, this study focuses on discussing literary works related to the issue of nature being exploited through the agricultural system. The purpose of this study is to reveal what environmental problems are represented in the novel Kailasa by Jusuf AN as a form of ecocriticism. The eco-critical theory which is based on Cheryll Goltfelty's view is used as a reference in discussing the problem of the relationship between literature and the physical environment. Ecocriticism views the basic relationship that all human culture is connected to the physical world, influencing and being influenced by both the biosphere and the ecosphere. The method used is descriptive qualitative method. The result identifies that anthropocentrism causes exploitation of nature and environment in Kailasa. It also identifies that the Kailasa community experienced a change in eco-consciousness to ego-consciousness; the change was motivated by a material-oriented life for economic purposes.
KESALAHAN KALIMAT PADA PEMAKAIAN BAHASA PROPOSAL PENELITIAN MAHASISWA PBSI 2019 UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA Zultiyanti Zultiyanti
Jurnal Nusantara Raya Vol. 1 No. 2 (2022)
Publisher : Lembaga Kajian Nusantara Raya (LK Nura)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24090/jnr.v1i2.6673

Abstract

Student semester VII of the University PBSI Study Program Ahmad Dahlan class 2015/2016 experienced barriers in writing thesis proposal. A frequent obstacle is the error in the manufacture of sentences. Fenonema is quite interesting that the implementation of this study. The purpose of this study was for mendeskripikan the error in the use of sentences. The research proposal owned 46 student manuscripts belonging to the PBSI Study program in 2019 became a research subject. The research object is a sentence found on student research proposal semester VII Study program 2019. Data collection is carried out in an observation way. The data collected are then analyzed using a method at reference and distribusional method with technique for direct elements. Intra-rater and inter-rater were chosen to examine the validity of the data. The conclusion of the results of the analysis that the error of sentence usage only consists of the subject was only 96 sentences, sentences without the subject of 62 sentences. Mistake sentences without a subject and without predicated as many as 62 sentences. Sentence mistakes without predicated as many as 10 sentences. Meanwhile, errors in the subject use of the subject say in front as many as 16 sentences, the error in the use of the object said in front as many as 19 sentences. At the use of conjunction with a compound sentence, equivalent to conjunction with conjunction, while at the beginning of the sentence of 21 sentences, the use of conjunction and at the beginning of 9 sentences, the use of conjunction with conjunction and at the beginning of the sentence was 4 sentences, and the use of conjunction or at the beginning of the sentence. Furthermore, mistakes are found to use of conjunctions, if they have 13 sentences, conjunctions but 5 sentences, use for as many as 3 sentences, use of conjunctions, the use of conjunction with a number of sentences and use of conjunctions and serve as many as one sentence.
BENTUK SKEMA SIKSA NERAKA DALAM SYAIR BAYAN BUDIMAN: : Kajian Struktural Vladimir Propp Yeni Apriani; Yosi Wulandari
Jurnal Nusantara Raya Vol. 1 No. 2 (2022)
Publisher : Lembaga Kajian Nusantara Raya (LK Nura)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24090/jnr.v1i2.6676

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk skema siksa neraka pada syair “Bayan Budiman”. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, kemudian subjek penelitainnya adalah syair “Bayan Budiman. Sedangkan objek penelitian yang digunakan berupa objek material dan objek formal. Objek materialnya adalah syair “Bayan Budiman” dan objek formalnya adalah struktur naratif. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik baca. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa didalam syair “Bayan Budiman” ditemukan skema tentang siksa neraka dalam bait 221-231, dengan bentuk skema berupa ζ– ζ – a – ζ – N – N – a – γ – N – a –N – ζ – a - β - Rs – γ – a – N – a – N.
DESAIN PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN TEKS DEBAT DI SMA KELAS X Purwati Zisca Diana
Jurnal Nusantara Raya Vol. 1 No. 2 (2022)
Publisher : Lembaga Kajian Nusantara Raya (LK Nura)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24090/jnr.v1i2.6685

Abstract

This development research is motivated by the problem of using electronic media, namely e-modules with unattractive designs so that students are reluctant to read material that does not have developments that attract students' interest in reading. Therefore, it is necessary to develop a debate text e-module using a critical thinking strategy that combines the direct learning process through face-to-face and online learning with an attractive e-module design quality and increases students' reading interest. The results of this study indicate that the learning model that have been developed can be categorized as “Very Eligible”. This is evidenced by the average score of 89. The average score obtained from material experts is 85, from media experts is 96, and from teaching experts is 87. 85. Based on this, it can be concluded that the e-development design Debate text module through critical thinking strategy In SMA Class X is feasible to be implemented, it is expected to be a supplement in learning so that students are more active and independent.

Page 1 of 3 | Total Record : 26