cover
Contact Name
Moh. Dasuki
Contact Email
moh.dasuki22@unmuhjember.ac.id
Phone
+6281330472493
Journal Mail Official
jasie@unmuhjember.ac.id
Editorial Address
Jl. Karimata 49, Kab. Jember, Provinsi Jawa Timur, 68121
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Aplikasi Sistem Informasi dan Elektronika
ISSN : 2714612X     EISSN : 27981509     DOI : https://doi.org/10.32528/jasie.v3i1
Core Subject : Science,
Journal of Information Systems and Electronics Applications is a media publication of scientific work in the field of electronics technology and information systems which can be in the form of analysis, development, or technology applications in that field.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2019): JASIE" : 6 Documents clear
SISTEM INFORMASI PEMESANAN TIKET BIRO PERJALANAN BERBASIS WEB DAN TERINTEGRASI SMS GATEWAY diah eka nuraini; bakhtiar hadi prakoso; dewi lusiana
IPTEQ Vol 1, No 2 (2019): JASIE
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/jasie.v1i2.3605

Abstract

Perkembangan internet membawa perubahan di dalam penerapan strategi bisnis seperti: pemasaran, penjualan, dan pelayanan pelanggan. Sedangkan kondisi pada pihak biro perjalanan Anugerah Travel ini masih kurang optimal dalam pelayanan terhadap konsumen terutama pada konsumen yang jaraknya jauh untuk memesan tiket, harus datang langsung. Ketika data pemesanan masuk selama ini masih hanya dicatat secara manual dan data sangat mudah hilang dan rusak. Berdasarkan uraian permasalahan di atas maka penulis ingin membuat suatu Sistem Informasi Pemesanan tiket biro perjalanan dengan menggunakan sms Gateway berbasis web. Sehingga mempermudah bagi calon pelanggan yang jaraknya jauh dari lokasi yang ingin memesan tiket dan tidak perlu datang langsung ke pihak biro perjalanan Anugerah Travel. Disamping itu juga mempermudah bagi pengelola dalam mempersiapkan jadwal pemberangkatan. Di sini sms Gateway digunakan sebagai pemberitahuan bahwa tiket yang sudah dipesan oleh pelanggan sudah diterima oleh pihak biro perjalanan.
ANALISIS PENERAPAN ALGORITMA NAIVE BAYES UNTUK KLASIFIKASI PENYAKIT GINJAL KRONIS dudi irawan; hardian oktavianto; moh khoirul anam
IPTEQ Vol 1, No 2 (2019): JASIE
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/jasie.v1i2.3606

Abstract

Pada bidang medis, klasifikasi berbasis machine learning telah banyak digunakan untuk membantu dokter dan ahli kesehatan dalam diagnosis penyakit maupun penentuan tindakan perawatan dan pengobatan dengan tujuan meminimalisir salah diagnosis. Klasifikasi adalah salah satu bentuk machine learning berbasis pembelajaran yang bertujuan mengelompokkan atau mengkategorikan sesuatu berdasarkan atribut atau fitur yang ada. Naive bayes adalah algoritma machine learning berbasis pembelajaran yang paling sering digunakan karena kesederhanaan konsepnya. Pada penelitian ini diterapkan algoritma naive bayes terhadap dataset chronic kidney disease (CKD) untuk melakukan klasifikasi apakah pasien tergolong mengidap penyakit ginjal kronis atau tidak, dengan menggunakan dataset diambil dari UCI Machine Learning Repository. Algoritma naïve bayes bekerja dengan baik pada dataset yang digunakan pada penelitian ini yang ditunjukkan bahwa ketika menggunakan k dengan nilai 4 sampai 10, total 158 data dapat diklasifikasikan dengan tepat. Nilai akurasi tertinggi mencapai 100%, sedangkan nilai akurasi terendah hanya 99%. Nilai akurasi tertinggi diperoleh ketika menggunakan nilai k = 4 sampai dengan nilai k = 10. Nilai precision dan recall tertinggi adalah bernilai 1 yang menunjukkan bahwa untuk dataset yang digunakan, kualitas dan kuantitas klasifikasi sangat bagus. 
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI TRAVEL BERBASIS WEB PADA JAYA ABADI TRAVEL sintia ika anggraini
IPTEQ Vol 1, No 2 (2019): JASIE
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/jasie.v1i2.3602

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem informasi Jaya Abadi Tour Travel yang kurang efisien. Masalah yang sering ditemui yaitu bilamana membutuhkan data customer selalu membutuhkan waktu yang lama, hal ini dikarenakan data tersebut belum tersimpan pada database tetapi masih berupa dokumen arsip sehingga dapat menghambat kinerja perusahaan. Selain itu, customer harus datang ke Jaya Abadi Tour Travel untuk perihal pemesanan hingga transaksi pembayaran baik untuk customer yang dari dalam atau luar kota Sraten. Oleh karena itu di dalam penelitian ini dibutuhkan sebuah website yang memudahkan user serta pemimpin dalam mengelola pemesanan travel. Aplikasi yang dibuat dalam penelitian ini menggunakan bahasa pemograman PHP dan  MYSQL database. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan. Dengan adanya pengembangan aplikasi ini dihasilkan pelanggan dapat melakukan pemesanan atau transaksi lain selama 24 jam sehari sepanjang tahun dari nyaris setiap lokasi dan Website Sistem Informasi Travel Berbasis Web ini membuat transaksi lebih efisien dari segi biaya, tenaga dan waktu.
SISTEM INFORMASI PENYEWAAN ALAT PESTA BERBASIS WEB MENGGUNAKAN SMS GATEWAY PADA CV. LELES AUDIO PRO JEMBER (STUDI KASUS: PROGRAM STUDI MANAJEMEN INFORMATIKA) erwin dwi saputro; lutfi ali muharrom
IPTEQ Vol 1, No 2 (2019): JASIE
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/jasie.v1i2.3607

Abstract

Salah satu pelayanan penyewaan alat pesta pada jasa penyewaan umum membutuhkan sistem informasi yang cepat, mudah, canggih, praktis, dan efisien. Penyewaan sepenuhnya dilakukan berdasarkan jasa penyewa yang berpengalaman. Salah satu permasalahan diatas adalah ketika konsumen akan memesan penyewaan alat pesta masih harus antri dan mencari informasi harga-harga dan peralatan terlengkap, serta jarak yang jauh untuk memesan alat pesta, sehingga membuat konsumen merasa binggung akan memesan alat pesta. Untuk mencari solusi dari permasalahan tersebut yaitu dengan manfaatkan teknologi Sistem Informasi Penyewaan Alat Pesta Berbasis Web menggunakan SMS gateway pada CV. Leles Audio Pro Jember. Sistem ini dapat mempermudah melayani konsumen dengan jarak jauh untuk registrasi dan mengisi data penyewaan secara Online yang dilengkapi notifikasi SMS. Dengan bantuan kasir dapat mempermudah dalam mempercepat proses validasi penyewaan. Pada saat konsumen melakukan regristasi dan mengisi data penyewaan secara Online maupun offline dengan menggunakan sebuah Sistem informasi.
SISTEM INFORMASI PERSEWAAN ALAT PESTA DAN TATA RIAS BERBASIS WEB PADA AJENG SALON dwi ady pradana; ulya anisatur rosidah
IPTEQ Vol 1, No 2 (2019): JASIE
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/jasie.v1i2.3603

Abstract

Semakin pesat perkembangan teknologi informasi, maka semakin tinggi pula penggunaannya pada setiap pekerjaan manusia. Faktor tersebut yang mempengaruhi pada aspek pelayanan yang ada pada Ajeng Salon. Pelayanan Ajeng Salon dalam proses persewaan alat pesta masih memiliki kendala. Kendala tersebut meliputi proses pemesanannya harus dilakukan secara tatap muka. Proses pemesanan semacam ini akan sulit dilakukan bagi konsumen yang berlokasi sangat jauh dari Ajeng Salon. Selain itu, penyimpanan data pemesanan masih dilakukan secara manual, hal ini akan berisiko data mudah hilang dan rusak. Tidak hanya itu proses pencarian data memakan waktu yang sangat lama, karena tersusun secara acak. Pada penelitian ini, sistem yang dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dan sistem manajemen basis data yang digunakan adalah MySQL. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tingkat kebutuhan akan penggunaan sistem informasi pemesanan pada Salon Ajeng sangat tinggi, hal ini ditunjukkan dengan prosentase sebesar 49% dan kebermanfaatannya sebesar 50%. Sistem informasi pemesanan juga memiliki tampilan yang menarik dan muah penggunaannya, hal ini ditunjukkan dengan hasil responden sebesar 41% dan 54%.
SISTEM INFORMASI PENJUALAN BUKU (Studi Kasus Toko Buku Mulya Kecamatan Besuki, Situbondo) hendrik anang
IPTEQ Vol 1, No 2 (2019): JASIE
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/jasie.v1i2.3604

Abstract

Usaha yang dijalankan oleh toko buku Mulya Kecamatan Besuki, Kabupaten Situbondo adalah penjualan dan pendistribusian buku. Cita-cita yang ingin dicapai oleh toko buku Mulya menjadi salah satu toko buku terbaik, terutama di wilayah Kabupaten Situbondo. Namun dalam mencapai cita-cita tersebut, perlu ada perbaikan dalam pelayanannya. Permasalahan yang terjadi adalah proses penjualan buku masih dilakukan secara manual. Sistem informasi penjualan buku pada toko buku Mulya dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai sistem manajemen basis datanya. Pembangunan sistem informasi yang baik terutama pada proses penjualan buku diharapkan meningkatkan pelayanannya secara efektif dan memberikan dampak yang begitu luas pada masyarakat yakni dapat melakukan pembelian buku secara online tanta harus datang ke tempatnya, dan membantu pemilik dalam mengelola data produk, pesanan dan laporan.

Page 1 of 1 | Total Record : 6