cover
Contact Name
Samgar Setia Budhi
Contact Email
samgar.budhi@gmail.com
Phone
+6281349436165
Journal Mail Official
huperetes@sttkalimantan.ac.id
Editorial Address
Sekolah Tinggi Teologi Kalimantan (STT Kalimantan) Jalan Gajah Mada No. 50 Kecamatan Pontianak Selatan, Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
HUPERETES: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen
ISSN : 27164314     EISSN : 27160688     DOI : https://doi.org/10.46817/huperetes
Core Subject : Religion, Education,
HUPERETES: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen merupakan wadah publikasi penelitian dalam bidang Teologi dan Pendidikan Agama Kristen dengan nomor ISSN: 2716-0688 (online) dan 2716-4314 (print) yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Teologi Kalimantan dengan lingkup penelitian meliputi: Teologi Biblika, Teologi Sistematika, Pastoral, Misiologi, dan Pendidikan Agama Kristen.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2020): Juni 2020" : 7 Documents clear
Pandangan tentang Kematian dan Kebangkitan Orang Mati dalam Perjanjian Lama Sujud Swastoko
HUPERETES: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Vol 1, No 2 (2020): Juni 2020
Publisher : Sekolah Tinggi Teologi Kalimantan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46817/huperetes.v1i2.25

Abstract

This article tries to find answers to views on death and resurrection in the Old Testament. In the Old Testament, the discussion of the death and resurrection of the dead and the judgment is less prominent than in the New Testament, so there are fewer reading texts. That is why the issue becomes interesting to be examined more deeply. This research uses a qualitative research method with a descriptive approach, by taking the main source from the Old Testament Bible and supporting literature. Based on the results of research conducted, then during the Old Testament, people believe in death as a form of separation of body and spirit. When dead, the body will return to dust, and the spirit enters the world of the dead (Sheol). In the Old Testament, people believe in the bodily resurrection (the dead), that is, the physical resurrection.Artikel ini mencoba mencari jawaban atas pandangan terhadap kematian dan kebangkitan dalam Perjanjian Lama. Dalam Perjanjian Lama pembahasan masalah kematian dan kebangkitan orang mati serta penghakiman tidak begitu menonjol dibandingkan dengan dalam Perjanjian Baru, sehingga teks bacaan yang ada juga lebih sedikit. Oleh karena itulah persoalan tersebut menjadi menarik untuk diteliti lebih mendalam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan mengambil sumber utama dari Alkitab Perjanjian Lama dan literatur yang mendukung. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka pada masa Perjanjian Lama orang memercayai kematian sebagai bentuk pemisahan tubuh dan rohnya. Saat mati, tubuh akan kembali menjadi debu, dan roh masuk ke dunia orang mati (syeol). Dalam Perjanjian Lama, orang percaya akan adanya kebangkitan tubuh (orang mati), yaitu bangkitnya tubuh secara fisik. 
Studi Eksegesis mengenai Kerajaan Mesias Menurut Yesaya 2:1-4 Farel Yosua Sualang
HUPERETES: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Vol 1, No 2 (2020): Juni 2020
Publisher : Sekolah Tinggi Teologi Kalimantan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46817/huperetes.v1i2.1

Abstract

The main problem regarding the meaning of the Hebrew word "haggôyîm" in Isaiah 2: 1-4, which is interpreted as "the nations" gives a different interpretation. The analysis of "the Messiah's reign according to Isaiah 2: 1-4" is worth studying in regard to its use described in the old and new covenants as a research objective in this article. Hermeneutic prophetic approach, which consists of several procedures to explain the subject under study. The type of prophetic literature in Isaiah 2: 1-4 has the structure in the form of the prophecy of salvation as a methodology for interpreting this text. The presentation in Isaiah 2: 1-4 wants to show a revelation of the Government led by the Messiah related to His coming, His Government, Citizens of His Kingdom and His coming. This can be demonstrated by the expression of the coming of the Messiah, explanation of the central government of Messiah, the citizens of the Messiah's kingdom, the effects of Messiah's reign, the full knowledge of God and the sins of the nations being judged, where he will judge the world from His throne in the Temple.Masalah utama mengenai maksud kata Ibrani “haggôyîm” dalam Yesaya 2:1-4 yang diartikan sebagai “bangsa-bangsa” memberikan suatu interpretasi yang berbeda-beda. Analisis mengenai “Pemerintahan Mesias menurut Yesaya 2:1-4” patut untuk dikaji dalam memerhatikan penggunaannya yang dijelaskan pada perjanjian lama dan perjanjian baru sebagai suatu tujuan penelitian dalam artikel ini. Pendekatan hermeneutika nubuatan, yang terdiri dari beberapa prosedur ataupun metode-metode yang dipakai untuk menjelaskan subjek yang diteliti. Jenis sastra nubuatan dalam Yesaya 2:1-4 memiliki struktur yang berbentuk nubuatan keselamatan sebagai metodologi dalam menafsirkan teks. Pemaparan dalam Yesaya 2:1-4 ingin menunjukkan suatu penyataan tentang Pemerintahan yang dipimpin oleh Sang Mesias yang terkait dengan kedatanganNya, PemerintahanNya, Warga KerajaanNya, pengenalan yang penuh akan Allah dan kedatanganNya. Hal ini dapat ditunjukan dengan ekspresi kedatangan Mesias, penjelasan tentang pusat pemerintahan Mesias, warga kerajaan Mesias (orang-orang Israel yang sudah diselamatkan), dampak-dampak pemerintahan Mesias, pengenalan penuh akan Allah dan dosa bangsa-bangsa dihakimi, dimana Ia akan menghakimi dunia dari tahta-Nya di Bait Allah.
Efektifitas Pemuridan KEKAL dalam Membimbing Gereja Menuju Kedewasaan Rohani Orles Orles
HUPERETES: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Vol 1, No 2 (2020): Juni 2020
Publisher : Sekolah Tinggi Teologi Kalimantan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46817/huperetes.v1i2.22

Abstract

The church is a collection of believers sanctified by God and allied in the name of Jesus. The church was founded by the Lord Jesus. Therefore, service to the church must not be ignored. Congregational growth to spiritual maturity must be the focus of church service. Discipleship of Small Bible Groups (KEKAL) is one of the strategies of the Pontianak Anugerah Baptist Church to guide the congregation towards spiritual maturity. The problem is that there has been no attempt to evaluate the effectiveness of ministry through KEKAL discipleship in guiding congregations to grow spiritually mature. Therefore, the purpose of this study is to see the effectiveness of KEKAL discipleship in guiding the church to grow. The research method used in this research is descriptive-quantitative. The data collection is done by using a closed questionnaire. Through this research, it was found that the KEKAL discipleship program had an effective role in guiding the church to spiritual maturity. This small group discipleship strategy can be one of the strategies for the church to guide church members to mature in Christ.Gereja adalah persekutuan orang-orang percaya yang dikuduskan oleh Allah dan bersekutu di dalam nama Yesus. Gereja didirikan oleh Tuhan Yesus. Oleh karena itu, pelayanan terhadap gereja tidak boleh diabaikan. Pertumbuhan jemaat kepada kedewasaan rohani harus menjadi fokus pelayanan gereja. Pemuridan Kelompok Kecil Alkitab (KEKAL) adalah salah satu strategi Gereja Baptis Anugerah Pontianak untuk membimbing jemaat menuju kedewasaan rohani. Permasalahannya adalah belum ada usaha untuk mengevaluasi keefektifan pelayanan melalui pemuridan KEKAL dalam membimbing jemaat bertumbuh dewasa secara rohani. Oleh sebab itu, tujuan penelitian ini adalah untuk melihat efektifitas pemuridan KEKAL dalam membimbing jemaat bertumbuh. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif-kuantitatif. Pengumpulan datanya dilakukan dengan menggunakan angket tertutup. Melalui penelitian ini ditemukan hasil bahwa program pemuridan KEKAL berperan secara efektif dalam membimbing jemaat menuju kedewasaan rohani. Strategi pemuridan kelompok kecil ini dapat menjadi salah satu strategi bagi gereja untuk membimbing anggota jemaat agar dewasa di dalam Kristus.
Konsep Pengampunan Menurut Matius 18:21-35 dan Implikasinya bagi Gereja Masa Kini Herry Jeuke Nofrie Korengkeng
HUPERETES: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Vol 1, No 2 (2020): Juni 2020
Publisher : Sekolah Tinggi Teologi Kalimantan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46817/huperetes.v1i2.23

Abstract

Forgiveness is a crucial problem for human safety. Because divine forgiveness is a very fundamental part of the salvation of humanity. Therefore a true understanding of God's forgiveness is needed. In Matthew 18: 21-35 Jesus teaches forgiveness without limits through a parable. Through qualitative methods with the type of textual research or pure literary research found that understanding that forgiving without limits is God's demand for every believer. Forgiveness given by God in Jesus Christ is based on God's grace without demanding compensation. God forgives without conditions, without demands, no hidden feelings. Every human being who violates all the commands of God must confront God himself, as the indebted servant is demanded to pay off his debt. By the king's gift, the indebted servant was freed. This illustrates to the believer that God's grace can deliver man completely from all his sins, no matter how heavy and the magnitude of the sin. God demands that believers forgive the guilty just as Christ has forgiven. His whole life is an example, model or lifestyle of every believer. This is the attitude the modern church needs to take to show the nature of Christ's forgiveness as a follower of Christ.Pengampunan merupakan masalah yang sangat menentukan bagi keselamatan manusia. Sebab pengampunan secara ilahi merupakan bagian yang  sangat fundamental bagi keselamatan umat manusia. Oleh sebab itu diperlukan pemahaman yang benar tentang pengampunan Allah. Dalam Matius  18:21-35 Yesus mengajarkan pengampunan tanpa batas melalui suatu perumpamaan. Melalui metode kualitatif dengan jenis penelitian tekstual atau penelitian literatur murni ditemukan pemahaman bahwa mengampuni tanpa batas merupakan tuntutan Allah bagi setiap orang percaya. Pengampunan yang diberikan Allah di dalam Yesus Kristus didasarkan pada anugerah Allah tanpa menuntut ganti rugi. Allah mengampuni tanpa syarat, tanpa tuntutan, tidak ada rasa yang terpendam. Setiap manusia yang melanggar segala perintah Tuhan pasti berhadapan langsung dengan Allah sendiri, sebagaimana hamba yang berhutang itu dituntut  agar melunasi hutangnya. Oleh anugerah raja itu, hamba yang berhutang banyak itu dibebaskan. Hal ini menggambarkan kepada orang percaya bahwa anugerah Tuhan itu dapat membebaskan manusia dengan sempurna dari segala dosanya, bagaimanapun berat dan besarnya dosa itu. Allah menuntut supaya orang percaya mengampuni orang yang bersalah sama seperti Kristus telah mengampuni. Keseluruhan hidup-Nya adalah contoh, model atau gaya hidup setiap orang percaya. Inilah sikap yang perlu diambil oleh gereja masa kini yakni menunjukkan sifat pengampunan Kristus sebagai pengikut Kristus.
Prinsip Perintah Yesus untuk Menjadikan Murid Berdasarkan Matius 28:16-20 Oni Oni
HUPERETES: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Vol 1, No 2 (2020): Juni 2020
Publisher : Sekolah Tinggi Teologi Kalimantan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46817/huperetes.v1i2.24

Abstract

Gospel preaching is the duty of every believer to be carried out not a mandate for certain people, such as pastors, pastors or evangelists. But this preaching of the gospel is a direct mandate from God for believers. But some of the believers do not have a correct understanding of this noble task and thus ignore it. Based on the above problem, Matthew 28: 16-20 is discussed so that every believer is able to understand and apply the Great Commission of the Lord Jesus Christ. The biblical text is one part that teaches about missionary service for this world, which is to make all nations disciples of Jesus Christ. This study uses a qualitative study of biblical literature with a literal-grammatical-historical-contextual interpretation approach and considers highly correlated Bible texts, and describes them so as to be able to provide an understanding of Jesus' commands to make disciples. Every believer needs to grow in faith and his knowledge of God. Thus believers will be enabled to do His commandments. The Great Commission of the Lord Jesus Christ is not a choice but a necessity to do. The message that must be conveyed is that Jesus Christ died, was buried, and on the third day He rose and ascended into heaven.Pemberitaan Injil adalah tugas setiap orang percaya yang harus dilaksanakan bukan mandat bagi orang-orang tertentu saja, seperti para gembala, para pendeta atau penginjil. Tetapi pemberitaan Injil ini merupakan mandat langsung dari Allah bagi setiap orang percaya. Namun sebagian dari orang-orang percaya tidak memiliki pemahaman yang benar mengenai tugas mulia ini sehingga mengabaikannya. Berdasarkan masalah di atas, maka Matius 28:16-20 dibahas supaya setiap orang percaya mampu memahami dan mengaplikasikan Amanat Agung Tuhan Yesus Kristus. Teks Alkiktab tersebut adalah salah satu bagian yang mengajarkan tentang pelayanan misi bagi dunia ini, yaitu menjadikan segala bangsa murid Yesus Kristus. Penelitian ini menggunakan studi kualitatif literatur biblika dengan pendekatan teori tafsir literal-gramatikal-historikal-kontektual dan mempertimbangkan teks-teks Alkitab yang sangat berhubungan, dan mendeskripsikannya sehingga mampu memberi pemahaman tentang prinsip-perintah Yesus untuk menjadikan murid. Setiap orang percaya perlu bertumbuh dalam iman serta pengenalannya akan Allah. Dengan demikian orang-orang percaya akan dimampukan untuk mengerjakan perintah-perintah-Nya. Amanat Agung Tuhan Yesus Kristus bukan suatu pilihan tetapi keharusan untuk dilaksanakan. Berita yang harus disampaikan adalah bahwa Yesus Kristus telah mati, dikuburkan, dan pada hari ketiga Ia bangkit dan naik ke sorga.
Critical Review of Harun Hadiwijono's Concept of Sekutu in Iman Kristen Bima Adi
HUPERETES: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Vol 1, No 2 (2020): Juni 2020
Publisher : Sekolah Tinggi Teologi Kalimantan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46817/huperetes.v1i2.17

Abstract

Harun Hadiwijono’s Iman Kristen describes God as the sekutu (ally) of man, and man as the sekutu (ally) of God. In Harun’s claim, he formulated his book in popular form, unlike other dogmatics writings, considering an extended readership beyond Christians. By the time the readers read the book, he said, they will find out that it has its own place among those preceding books. Whether it is good or not, it is up to those who will judge it. Those words from Harun provide the impetus for this study. Indeed, Iman Kristen is a tremendous writing on systematic theology. However, for me, Iman Kristen is not a contextual systematic theology opus. It is, more or less, a “product” that indicates the influence of colonial mentality and the narrowness of the theology of the missionaries’ vision in the past. In my conclusion, Harun was not aware of the danger of depicting the relation between God and humankind, and vice versa with the term sekutu. In short, it is indeed original and unique, yet brings many problems which are not even being realized by Christians in Indonesia.
Allah Yang Esa Menurut Ajaran Kristen Sperry Velmer Terok
HUPERETES: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Vol 1, No 2 (2020): Juni 2020
Publisher : Sekolah Tinggi Teologi Kalimantan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46817/huperetes.v1i2.20

Abstract

The Bible states that God is difficult and even impossible to understand (Job. 11:7; Isa. 40:18), but He can be recognized. Jesus The Lord once confirmed this important truth to His disciples: “If you have known me, you will know my Father too. And from now on you do know Him and have seen Him. (Joh. 14:7).” Why God seems difficult to understand? It is because of the sin’s problem; the limitation of the human mind and understanding, but it does not mean that humans cannot recognize God. An understanding of the One God in Christianity is challenging. In order to describe and understand the One God in Christianity, the author uses descriptive methods. The intention is to be able to describe a system of thought in order to further interpret it precisely. As a result of the study of this paper, that the existence of One God in Christianity is clearly reported in the Bible; furthermore, the One God who has introduced Himself as a Trinity God is very clear both in Old Testament as well as in New Testament. The Trinity God: God the Father, God the Son, Holy Spirit, all three is one and equal. Finally, everyone can understand and recognize Him as far as the Bible says. The key to understand and recognize the One God is to believe the Bible is the Word of God in the first place. Then presume the understanding that every believer has can give meaning personally to others, and at last above these two interests, glory and honor to God, Himself.Alkitab menyatakan bahwa Allah sukar bahkan mustahil untuk dipahami (Ayb 11:7; Yes. 40:18), namun Dia dapat dikenal. Tuhan Yesus pernah menegaskan kebenaran penting tesebut kepada murid-murid-Nya: “Sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu menganal Bapa-Ku. Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat Dia (Yoh. 14:7).” Mengapa Allah yang Esa itu sukar dipahami? Karena masalah dosa, pikiran pengetahuan dan bahasa manusia, namun bukan berarti manusia tidak dapat mengenal Allah. Pemahaman tentang Allah yang Esa dalam ajaran Kristen merupakan hal yang menantang. Supaya dapat menguraikan dan memahami Allah yang Esa dalam ajaran Kristen penulis menggunakan metode Deskriptif. Maksudnya untuk dapat mendeskripsikan suatu sistem pemikiran selanjutnya menginterpretasikan secara tepat. Adapun hasil kajian tulisan ini, bahwa eksistensi Allah yang esa dalam ajaran Kristen sangat jelas dilaporkan Alkitab; selanjutnya bahwa Allah yang Esa yang telah memperkenalkan diri sebagai Allah Tritunggal sangat jelas berdasarkan PL maupun PB. Allah Tritunggal yakni: Bapa, Anak (Yesus Kristus) serta Roh Kudus, ketiga-Nya sehakekat sekaligus setara. Akhirnya, bahwa setiap orang pasti dapat memahami dan mengenal-Nya, sejauh yang dikatakan Alkitab. Kunci memahami dan mengenal Allah yang Esa yakni terlebih dahulu meyakini Alkitab adalah Firman Allah. Kiranya pemahaman yang dimiliki setiap orang percaya dapat memberi makna secara pribadi, bagi orang lain, dan akhirnya di atas kedua kepentingan tersebut kemuliaan dan hormat bagi Allah sendiri.

Page 1 of 1 | Total Record : 7