cover
Contact Name
Reza Akbar
Contact Email
rezaakbaraplus@gmail.com
Phone
+6281254504942
Journal Mail Official
glorespublication@gmail.com
Editorial Address
Jalan Tabrani Desa Saing Rambi Komplek Adenia 4A, Sambas Kalimantan Barat, Indonesia, Kode Pos 79460. Surel : glorespublication@gmail.com / admin@glorespublication.org WA: +62-812-5450-4942 (Reza Akbar)
Location
Kab. sambas,
Kalimantan barat
INDONESIA
Jurnal Pelita Nusantara
ISSN : -     EISSN : 29870283     DOI : https://doi.org/10.59996
The scope of articles published by Jurnal Pelita Nusantara includes studies in the fields of law, Anthropology, Sociology, Communication Studies, Economics, Education, Geography, History, Political Science, Social Psychology, and other social sciences.
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Pelita Nusantara" : 20 Documents clear
Peran Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Perilaku Organisasi di MTs Ma’arif Cijulang Elis Holisoh; Rama Aditya; Ulpah Nupusiah
Jurnal Pelita Nusantara Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Pelita Nusantara
Publisher : CV Global Research Publication

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59996/jurnalpelitanusantara.v1i1.103

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran kepala madrasah dalam meningkatkan prilaku organisasi di Mts Ma’arif Curug Cijulang. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Upaya Kepala Sekolah Meningkatkan Harmoni Organisasi di Mts Ma'arif Curug Cijulang Keberhasilan proses pendidikan yang bermutu ditentukan oleh sepuluh faktor, yaitu: efektivitas kepemimpinan kepala sekolah, partisipasi dan rasa tanggung jawab guru, staf dan personel lainnya, proses belajar mengajar yang efektif, program pengembangan staf guru dan personel lainnya, kurikulum yang relevan dan fleksibel yang sesuai dengan perkembangan zaman, visi, misi dan strategi yang jelas, iklim sekolah yang kondusif, penilaian kelebihan dan kekurangan, komunikasi yang efektif baik internal maupun eksternal, serta keterlibatan orang tua dan masyarakat. Kepala sekolah Mts Ma'arif Curug Cijulang telah melakukan beberapa pembenahan baru untuk membangun hubungan komunikasi antara karyawan dan guru untuk menciptakan keharmonisan dalam organisasi, diantaranya kepala sekolah Mts Ma'arif Curug Cijulang mengadakan rapat koordinasi antar staf , pimpinan, guru dan karyawan, sebagai inovasi baru yang diisi dengan musyawarah bersama, sharing antara guru dan karyawan, serta berbagi pengalaman tentang tugas masing-masing, sehingga kegiatan ini diharapkan dapat mempererat hubungan yang harmonis antara guru dan karyawan, berkontribusi terhadap satu sama lain dan memberikan motivasi untuk melaksanakan tugas yang diberikan.
Tipe Perilaku Organisasi : Analisis dalam Manajemen Pendidikan Rini Indah Sari; Irfan Afandi; Anja Sugiarti
Jurnal Pelita Nusantara Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Pelita Nusantara
Publisher : CV Global Research Publication

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59996/jurnalpelitanusantara.v1i1.104

Abstract

Perilaku organisasi menempati posisi yang amat urgen dalam sistem manajemen organisasi apa pun, baik lembaga pendidikan maupun perusahaan secara umum. Tulisan ini bertujuan untuk memaparkan tipe-tipe perilaku organisasi dan menganalisisnya untuk diterapkan di lembaga pendidikan. Penelitian ini menggunakan paradigma penelitian kualitatif dengan tipe penelitian kepustakaan. Dari kajian ini, diperoleh pandangan bahwa dari keempat tipe perilaku organisasi yang ada: otokratis, kustodial, mendukung/suportif, dan kolegial/sistem, implementasinya dapat berupa kombinasi dari keempat tipe itu. Hal terpenting adalah bagaimana menerapkan perilaku organisasi agar setiap individu mampu berkreatifitas sehingga fungsi manajemen pendidikan dapat berjalan optimal dan tujuan pendidikan dapat dicapai.
Manajemen Konflik Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTs YPK Cijulang Mila Nurhayati
Jurnal Pelita Nusantara Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Pelita Nusantara
Publisher : CV Global Research Publication

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59996/jurnalpelitanusantara.v1i1.105

Abstract

Kepemimpinan kepala sekolah menjadi sebuah tolak ukur dalam perkembangan kinerja guru yang ada di lembaga Pendidikan. Salah satu faktor yang memengaruhi peningkatan kinerja guru adalah faktor kepemimpinan kepala sekolah. Manajemen konflik dalam kepemimpinan kepala sekolah di Mts YPK Cijulang bertujuan untuk mengatur permasalahan yang timbul dalam peningkatan kinerja guru. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kulaitatif deskriptif, dengan metode pengumpulan data menggunakan sistem wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah manajemen konflik kepemimpinan kepala MTs YPK Cijulang dilakukan dengan cara mengatur permasalahan kinerja guru. Kepemimpinan yang dilaksankan oleh kepala sekolah MTs YPK Cijulang ialah tipe kepemimpinan demokratis. Peningkatan kinerja guru terdapat pada aspek kedisiplinaan kehadiran ke sekolah, ketepatan jam mengajar, dan pelaksanaan administrasi guru.
Manajemen Administrasi Ketatausahaan di SMKN 1 Cijulang Malik Fajar; Fahmi Ihsanudiin Iskandar
Jurnal Pelita Nusantara Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Pelita Nusantara
Publisher : CV Global Research Publication

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59996/jurnalpelitanusantara.v1i1.106

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan standar kualitas pelaksanaan administrasi ketatausahaan di SMK Negeri I Cijulang dalam administrasi Guru, administrasi kesiswaan dan kepegawaian Metodologi penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data kami menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Berdasarkan penelitian ini diperoleh bahwa ketatausahaan di SMK Negeri I Cijulang meliputi administrasi persuratan, administrasi umum, keuangan, dan kepegawaian. Hasil penelitian ini juga mununjukkan bahwa pelaksanaan dan penerapan manajemen tata usaha di madrasah ini telah berjalan sangat baik. Selain itu, manajemen juga mampu menciptakan kerjasama yang baik antara kepala sekolah, wakil kepala sekolah, kepala tata usaha, dan pegawai tata usaha dalam pengelolaan administrasi sekolah demi mencapai tujuan kelembagaan. Namun, ada kekurangan dari pihak administrasi yaitu sering terjadi ketidaksiapan sarana pendukung seperti agenda dan daftar hadir yang di butuhkan oleh siswa.
Kajian Normatif Fungsi Manajemen dalam Pandangan Islam Badriyah Badriyah; Erpan Fauzi; Kamaludin Kamaludin
Jurnal Pelita Nusantara Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Pelita Nusantara
Publisher : CV Global Research Publication

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59996/jurnalpelitanusantara.v1i1.107

Abstract

Islam telah memberikan pedoman bagi manusia agar dalam menjalankan perannya sebagai khalifah, dapat sejalan dengan apa yang diperintahkan. penelitian ini bermaksud mencari nilai-nilai normatif dari fungsi manajemen menurut perspektif Islam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan datanya berupa uraian atau konsep. Datanya berupa konsep, pernyataan, dan ayat-ayat Al-Quran. Data dianalisis secara deskriptif dan normatif untuk menemukan makna. Berdasarkan kajian ini, diperoleh pandangan bahwa di dalam Islam makna normatif dari fungsi manajemen dapat diekstrak dalam konsep yang religius antara lain: 1) Pentingnya perencanaan di dalam Islam disebabkan pandangan yang dipegang oleh umat bahwa setiap apa yang diperbuat oleh manusia maka ia wajib mempertanggungjawabkannya di hadapan manusia dan Allah, 2) Islam menegaskan bahwa hendaknya dalam pengorganisasian kita bersatu-padu dalam bekerja dan memegang komitmen untuk meraih cita-cita organisasi , 3) Dalam menjalankan program-program yang sudah direncanakan dan diorganisasikan, penting pada tahap pelaksanaan untuk berada dalam koridor syariah, 4) Di dalam Islam, nilai yang paling penting dalam pengawasan justru adalah dari diri sendiri di mana setiap diri merasa senantiasa diawasi oleh Allah.
Persepsi Orang Tua terhadap Aktivitas Bermain Anak Usia Dini di RA Miftahul Huda Langkaplancar Arlan Hidayatulloh
Jurnal Pelita Nusantara Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Pelita Nusantara
Publisher : CV Global Research Publication

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59996/jurnalpelitanusantara.v1i1.108

Abstract

Peneliatian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman orang tua mengenai konsep bermain anak usia dini, peran orang tua dalam aktivitas bermain anak, serta tantangan yang dialami orang tua dalam aktivitas bermain anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah orangtua yang anaknya bersekolah di RA Miftahul Huda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman orang tua mengenai konsep bermain anak usia dini sudah cukup baik di mana orang tua sudah mengetahui mengenai urgensi bermain, faktor bermain, dan jenis bermain. Orang tua sudah berperan aktif dalam aktivitas bermain anak di mana orang tua berperan sebagai manager, fasilitator, teman bermain, serta observer. Tantangan yang dialami dalam aktivitas bermain anak adalah kesibukan orangtua dalam bekerja dan perkembangan teknologi. Adapun saran dalam penelitian ini adalah orang tua diharapkan dapat meningkatkan perannya dalam aktivitas bermain anak serta lebih bijaksana dalam menyikapi perkembangan teknologi. Pihak sekolah diharapkan dapat mengembangkan pendekatan bermain sebagai kegiatan pembelajaran utama.
Pengelolaan Perpustakaan Sekolah dan Peningkatan Minat Baca Siswa di SMK N 1 Pangandaran Fina Rahmat Rahayu; Hendra Gunawan; Yasri Ripa’i
Jurnal Pelita Nusantara Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Pelita Nusantara
Publisher : CV Global Research Publication

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59996/jurnalpelitanusantara.v1i1.109

Abstract

Perguruan tinggi merupakan salah satu lembaga pendidikan yang berperan penting dalam menciptakan SDM yang berkualitas. Untuk mewujudkan hal tersebut STITNU Al-Farabi Pangandaran memiliki program Praktik Pengalaman Lapangan atau sering disebut kegiatan PPL, yang umumnya dimiliki setiap perguruan tinggi. Kegiatan praktik pengalaman lapangan merupakan kegiatan akademik yang menjadi salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan pengalaman kerja kepada mahasiswa sekaligus dalam penerapannya menyesuaikan fokus keilmuan yang ditempuh yaitu penerapan apa saja yang diperoleh selama kegiatan perkuliahan serta pengembangan yang dilakukan selama di lingkungan PPL, kegiatan PPL yang dilakukan di sekolah. Tujuan dari program optimalisasi penggunaan perpustakaan sekolah siswa penggunaan perpustakaan Sekolah SMK melalui data peminjaman dan pengunjung perpustakaan Sekolah di SMK adalah untuk membantu pegawai dan siswa sekolah untuk menerapkan minat baca siswa di sekolah menengah kejuruan perpustakaan sebagai gudang ilmu di sekolah. Selama pelaksanaan PPL ini, penulis dibimbing dan dibantu oleh staf seksi perpustakaan sehingga dapat terselesaikannya program kerja yang dilaksanakan sekolah yang menjadi sasaran pelaksanaan program kerja yang dilaksanakan. Adapun rangkaian kegiatan yang dilaksanakan sebagai berikut: menyusun dan menyiapkan instrumen observasi, menghubungi pihak sekolah mengenai observasi perpustakaan, mengolah data hasil observasi, melakukan pengklasifikasian data, dan membuat laporan.
Analisis Kesejahteraan Penerima Zakat Produktif di Desa Sulung Berdasarkan Model CIBEST Miza Gusmina; Eva Eva
Jurnal Pelita Nusantara Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Pelita Nusantara
Publisher : CV Global Research Publication

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59996/jurnalpelitanusantara.v1i1.110

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis kesejahteraan penerima zakat produktif yang ada di Desa Sulung dengan Model CIBEST. Metode yang akan digunakan di dalam penelitian ini ialah metode deskriptif dan pendekatan kuantitatif. Jenis dan sumber data yang digunakan data primer yang didapat langsung dari sumber aslinya. Peneliti memberikan kuesioner kepada para mustahik yang mendapatkan bantuan dana zakat dari Lembaga Amil Zakat BAZNAS Kabupaten Sambas. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini manggunakan metode Total Sampling yaitu sampel yang diambil sama dengan total populasi. Seluruh responden akan dianalisis berdasarkan klasifikasi CIBEST Indeks, serta dikelompokkan berdasarkan tingkat spiritual dan materialnya. Hasil perhitungan dengan menggunakan model CIBEST ini mengungkapkan bahwa pendayagunaan zakat produktif oleh BAZNAS sudah berjalan secara efektif. Hasil analisis yang menyatakan keefektifan dari pendayagunaan zakat produktif pada BAZNAS yaitu seluruh penerima zakat produktif berada pada kuadran I.
Penilaian Hasil Belajar Melalui Aplikasi Rapor Digital Madrasah di Lembaga MAS YBH Cimindi Aslih Wahidin; Hasmi Tazqiatunnafsi; Wiwit Nurhabibah
Jurnal Pelita Nusantara Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Pelita Nusantara
Publisher : CV Global Research Publication

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59996/jurnalpelitanusantara.v1i1.111

Abstract

MAS YBH Cimindi merupakan madarasah aliyah swasta yang telah mengimplementasikan penilaian hasil belajar siswa melalui aplikasi Rapor Digital Madrasah (RDM) pada semester gasal tahun pelajaran 2021-2022. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini penulis memakai metode yang bersifat deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan keadaan objek yang diteliti sebagaimana adanya, sesuai data yang diperoleh di lapangan. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil pengumpulan data diperoleh bahwa di lembaga MAS YBH Cimindi terdapat aplikasi rapor digital madrasah (RDM) yang sesuai dengan versi yang telah ditetapkan oleh Kementerian Agama RI, terdapat fitur RDM berupa level akses yang sesuai dengan ketentuan aplikasi, dan terdapat fitur aplikasi yang dapat dijalankan sebagaimana fungsinya. Implementasi Rapor Digital Madrah (RDM) di MAS YBH Cimindi Mendukung tiga komponen penilaian kurikulum 2013 yaitu penilaian sikap, penilaian pengetahuan, dan penilaian keterampilan. Rapor Digital Madrah (RDM) dapat digunakan untuk mengolah nilai siswa, pencarian, meng-update, menyimpan, rekap nilai siswa dan laporan nilai yang dapat diakses dengan mudah dan efektif.
Manajamen Sarana dan Prasarana Pendidikan Jurusan Teknik Komputer Jaringan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Cijulang Asep Nursabit; Elis Apriani; Komaludin Komaludin
Jurnal Pelita Nusantara Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Pelita Nusantara
Publisher : CV Global Research Publication

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59996/jurnalpelitanusantara.v1i1.112

Abstract

Manajemen sarana dan prasrana pendididikan digunakan untuk mengatur berbagai konsep pemerataan sarana pendidikan di bidang Teknik Komputer Jaringan di SMK N 1 Cijulang, yang memiliki berbagai macam sarana pendidikan dan memiliki banyak ruangan dalam pendidikan TKJ. Pengaturan tata letak sarana pendidikan dilakukan guna mempermudah pelaksanaan pendidikan di bidang Teknik Komputer Jaringan. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi terhadap objek penelitian. Hasil dalam penelitian ini terdapat pada bidang manajemen sarana dan prasarana pendidikan jurusan Teknik Komputer Jaringan, yang terbagi ke dalam sarana pokok dan sarana sekunder dalam pembelajaran teknik computer jaringan. Manajemen sarana pokok terdapat empat tahapan yang terdiri dari planning, organizing, actuating, dan controlling. Tahapan perencanaan terdapat pada mempersiapkan anggaran dan barang yang akan dialokasikan dalam bentuk sarana pendidikan, dan tahapan organizing pihak sekolah dalam penanggung jawab atas sarana pendidikan. Tahapan Actuating terdapat pada pelaksanaan pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan dalam bentuk alokasi dan pemeliharaan sarana, dan tahapan controlling terdapat pada pengawasan sarana dan pengelolaan sarana.

Page 1 of 2 | Total Record : 20