cover
Contact Name
Citra Rosalyn Anwar
Contact Email
citra.rosalyn.anwar@unm.ac.id
Phone
+6281355204622
Journal Mail Official
jetclc@unm.ac.id
Editorial Address
Gedung Fakultas Ilmu Pendidikan, Jalan tamalate 1 Tidung kota Makassar
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Journal of Educational Technology, Curriculum, Learning, and Communication
ISSN : 28088050     EISSN : 27748405     DOI : https://doi.org/10.26858/jetclc
Core Subject : Education,
JETCLC (Journal of Educational Technology, Curriculum, Learning, and Communication) adalah jurnal yang memuat tulisan-tulisan berdasarkan hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian, dan implementasi kajian dan praktik etis untuk memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja di bidang Teknologi Pendidikan, Kurikulum, Pembelajaran ,dan Komunikasi. Ruang lingkup artikel lapangan yang dimuat dalam jurnal ini menyajikan hasil penelitian kualitatif, kuantitatif, penelitian dan pengembangan pada topik tertentu dan terkait dengan teknologi pendidikan, kurikulum, pembelajaran dan komunikasi di Indonesia. Artikel-artikel dalam buku ini memenuhi struktur yang berisi pendahuluan, metode, hasil pembahasan, kesimpulan, dan referensi. Bibliografi artikel ini mengikuti gaya APA (American Psychological Association). JETCLC dalam publikasinya hanya menerbitkan artikel yang belum pernah dilihat sebelumnya. Semua naskah yang dikirimkan akan melalui proses peer-review. Artikel dibaca oleh peninjau (berdasarkan bidang spesialisasi) serta editor dan akan disaring oleh redaktur pelaksana untuk memenuhi kriteria yang dipersyaratkan.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 4 (2021): Edisi Oktober" : 5 Documents clear
PENGEMBANGAN BUKU CERITA INSPIRATIF PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS BUDAYA LOKAL 3S (SIPAKAINGE’, SIPAKALEBBI’, SIPAKATAU) UNTUK MAHASISWA JURUSAN TP FIP UNM Darmawan Darmawan; Arnidah Arnidah; Nurhikmah H Nurhikmah H
JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION Vol 1, No 4 (2021): Edisi Oktober
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jetclc.v1i4.23961

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai dalam pengembangan Buku Cerita Inspiratif Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Lokal 3S, mendesain buku digital Cerita Inspiratif sebagai program penguatan pendidikan karakter berbasis budaya lokal 3S, menganalisis tingkat validitas dan kepraktisan buku Cerita Inspiratif sebagai program penguatan pendidikan karakter berbasis budaya lokal 3S (Sipakainge’, Sipakalebbi’, Sipakatau) untuk Mahasiswa Jurusan TP FIP UNM. Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Deskriptif Kualitatif, dan Analisis Statistik Deskriptif. Hasil penilitian menunjukkan dari analisis kebutuhan dari nilai-nilai buku cerita inspiratif 3S penguatan pendidikan karakter untuk mahasiswa, menunjukan bahwa buku digital cerita inspiratif baik untuk dikembangkan sebagai pedoman materi pelaksanaan penguatan pendidikan karakter di UNM. Dari hasil tersebut peneliti menyimpulkan bahwa buku cerita yang dikembangkan sesuai kebutuhan mahasiswa. Buku Cerita Inspiratif Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Lokal 3S Untuk Mahasiswa dikatakan valid dan praktis berdasarkan hasil validasi media/desain pembelajaran yang mendapat persentase dengan kualifikasi sangat baik dan dari hasil validasi isi/materi mendapatkan kualifikasi baik. Dikatakan praktis berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil, rerata persentase buku digital cerita inspiratif berada pada kualifikasi sangat baik.
Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Pada Masa Pandemi Covid-19 Berbasis Moodle di SMK Islam Said Na'um Jakarta Ariep Jaenul; Agung Pangestu; Dian Nugraha; Arya Arief Budiman
JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION Vol 1, No 4 (2021): Edisi Oktober
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jetclc.v1i4.24195

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran e-learning pada masa pandemi covid-19 berbasis moodle di SMK Islam Said Na'um Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RnD) untuk menghasilkan suatu produk berupa website e-learning. Pendaftaran pengguna baik guru dan siswa mendaftar secara mandiri, bagi pengguna yang sudah terdaftar akan mendapatkan peran sebagai pengguna yang terdaftar (pengguna asli). Untuk mengikuti mata pelajaran yang tersedia, pengguna yang terdaftar bisa mendaftar ke mata pelajaran tersebut secara mandiri dengan memasukkan sandi mata pelajaran sebelumnya yang sudah diberikan oleh guru. Administrator akan memberikan peran manager kepada akun guru dapat secara mandiri membuat dan mendaftarkan akunnya sebagai pengajar pada mata pelajaran yang diampu. Fitur-fitur untuk menyajikan bahan ajar yang sangat beragam seperti fitur page, buku, file, label, dan URL. Sementara aktivitas pembelajaran yang tersedia berupa Forum, Chatting, Assignment, Kuis, Survei, Feedback dan Questionnaire. Skor rata-rata yang didapatkan dari ahli media menyatakan bahwa kualitas e-learning yang dibuat berada pada kategori baik dan para pengguna yakin bahwa e-learning dapat digunakan secara efektif sebagai media pembelajaran.
Sex and teenager in makassar, an education Asnur Lidayni
JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION Vol 1, No 4 (2021): Edisi Oktober
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jetclc.v1i4.22787

Abstract

Society's view of sex education is considered a very personal realm. This departs from a misunderstanding about sex education, as learning about sexual relations. Meanwhile, the phenomenon of sexual violence committed by teenagers in society is increasing. Sexuality education, based on the results of previous research, generally focuses on reproductive health, such as biology and sports. This study aims to provide an overview of the level of understanding of adolescents in Makassar on sex education based on material briefly summarized from PKBI (2015), 1) Form and function of sex organs (2) Reproductive process (3) Healthy and responsible reproduction (4) Actions prevent sexual violence. This study conducted interviews with Twelve Teenagers in Makassar, through the snowball sampling technique. The results showed, in terms of adolescents' understanding of sex education, they included: 1. Sex education vs. sex education, 2. Sex and reproduction education, 3. Sex education vs. sexual violence. and in terms of sources of sex education information, obtained through interviews with Twelve informants. The results of this study indicate that sex education among Makassarese adolescents still needs understanding, and adolescents must have and understand sources of sex education that are valid and in accordance with their psychological development.
Pemanfaatan Firah Dan Metode Resitasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas X AP 2 SMKN 2 Palu Tahun Pelajaran 2017/2018 Anilawa Anilawa
JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION Vol 1, No 4 (2021): Edisi Oktober
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jetclc.v1i4.24222

Abstract

This study aims to provide an overview of the use of firah (Historical Films) and recitation methods to improve learning outcomes in Indonesian history lessons in class X AP 2 SMKN 2 Palu in the 2017/2018 school year, with classroom action research methods with 36 students as respondents. The results of the study found an increase in learning outcomes from cycle I to cycle II. on aspects of knowledge, attitudes and skills. In the aspect of knowledge in cycle 1, students still reached the KKM of 52.77% and an increase in learning outcomes to 99.99% then in the aspect of attitude 71.66% in cycle 1 increased in cycle II to 96.66%. The skill aspect has increased with good and very very good predicates
Menerapkan Model CLSTAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Produk Kreatif Dan Kewirausahaan Kelas XI Pemasaran 1 Tahun Pelajaran 2018/2019 Yanti Agus
JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION Vol 1, No 4 (2021): Edisi Oktober
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jetclc.v1i4.24223

Abstract

This study aims to 1) determine the improvement of learning outcomes by applying the CLSTAD Learning model in Creative Products and Entrepreneurship Class XI Marketing 1 Academic Year 2018/2019. The research method used is classroom action research with the number of respondents as many as 36 students. The results showed an increase in learning outcomes from cycle I to cycle II. In the first cycle of student learning outcomes, has obtained a class average of 79 then an increase in the second cycle increased to 90.11. Students who completed before the action 27 students in cycle 1 and increased by 36 students in cycle 2. The highest score before action 80 increased in cycle 1 by 90 and in cycle 2 increased to 100 (highest score), while cycle 1 was 70 and in cycle 2 2 increases to 80.

Page 1 of 1 | Total Record : 5