cover
Contact Name
Citra Rosalyn Anwar
Contact Email
citra.rosalyn.anwar@unm.ac.id
Phone
+6281355204622
Journal Mail Official
jetclc@unm.ac.id
Editorial Address
Gedung Fakultas Ilmu Pendidikan, Jalan tamalate 1 Tidung kota Makassar
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Journal of Educational Technology, Curriculum, Learning, and Communication
ISSN : 28088050     EISSN : 27748405     DOI : https://doi.org/10.26858/jetclc
Core Subject : Education,
JETCLC (Journal of Educational Technology, Curriculum, Learning, and Communication) adalah jurnal yang memuat tulisan-tulisan berdasarkan hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian, dan implementasi kajian dan praktik etis untuk memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja di bidang Teknologi Pendidikan, Kurikulum, Pembelajaran ,dan Komunikasi. Ruang lingkup artikel lapangan yang dimuat dalam jurnal ini menyajikan hasil penelitian kualitatif, kuantitatif, penelitian dan pengembangan pada topik tertentu dan terkait dengan teknologi pendidikan, kurikulum, pembelajaran dan komunikasi di Indonesia. Artikel-artikel dalam buku ini memenuhi struktur yang berisi pendahuluan, metode, hasil pembahasan, kesimpulan, dan referensi. Bibliografi artikel ini mengikuti gaya APA (American Psychological Association). JETCLC dalam publikasinya hanya menerbitkan artikel yang belum pernah dilihat sebelumnya. Semua naskah yang dikirimkan akan melalui proses peer-review. Artikel dibaca oleh peninjau (berdasarkan bidang spesialisasi) serta editor dan akan disaring oleh redaktur pelaksana untuk memenuhi kriteria yang dipersyaratkan.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 4 (2022): Edisi Oktober" : 6 Documents clear
Analisis Kebutuhan Sex Education untuk Sekolah Dasar di Makassar Rini Aryani
JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION Vol 2, No 4 (2022): Edisi Oktober
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jetclc.v2i4.36431

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebutuhan bahan ajar sex education di SD Negeri di Makassar. Penelitian ini adalah penenlitian kualitatif dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk memperoleh data kebutuhan bahan ajar sex education untuk sekolah dasar di Makassar. Data diperoleh melalui observasi dan wawancara dengan guru sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar peserta didik mengetahui area pribadi yang harus dilindungi dan bagaimana berinteraksi jika bertemu dengan orang yang tidak mereka kenal. Akan tetapi, disisi lain beberapa peserta didik tidak mengetahui area pribadi yang harus dilindungi bahkan sebagian besar peserta didik menganggap bahwa mereka boleh menyentuh area pribadi orang lain. Pemahaman yang keliru tersebut dapat menjadikan anak rentan menjadi korban bahkan pelaku kekerasan seksual. Hasil penelitian tersebut menunjukkan pentingnya media pembelajaran sex education yang tepat untuk digunakan okeh anak usia sekolah dasar sesuai dengan minat dan kebutuhan usianya.
Analisis Budaya Populer: Sebuah Trend Kegiatan Fangirling K-Pop di Kalangan Anak Muda Arindi Nurul Amalia Asman; Imma Sriwati Nur; Mariyani Al Idrus
JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION Vol 2, No 4 (2022): Edisi Oktober
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jetclc.v2i4.34916

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, memahami dan menganalisis seberapa populer budaya fangirling K-POP di kalangan anak muda. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah studi kepustakaan atau literature review yang mengkaji berbagai jurnal penelitian dan referensi lain yang kredibel. Tahapan prosedur penelitian ini, yaitu: melakukan literatur dari berbagai sumber yang kredibel dan mendukung penelitian ini. Artikel ini menganalisis budaya populer fangirling K-POP di kalangan anak muda. Hasil penelitian ini menunjukkan posisi budaya media sebagai bentuk dominan yang melahirkan budaya fangirling K-POP populer di kalangan anak muda yang telah menyebar luas dan menguasai tren yaitu kegiatan fangriling yang sebagian besar berdampak negatif dan melemahkan nilai-nilai budaya lokal pada anak muda masa kini.
Pengaruh Pelatihan Media Presentasi Terhadap Peningkatan Kompetensi Guru di SMPN 1 Marioriwawo. Fathur Rahman
JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION Vol 2, No 4 (2022): Edisi Oktober
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jetclc.v2i4.35736

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan kompetensi awal guru dalam mengembangkan media presentasi, mendeskripsikan pelaksanaan pelatihan media presentasi, dan mengetahui apakah terdapat pengaruh pelatihan media presentasi terhadap peningkatan kompetensi guru dalam mengembangkan media pembelajaran di SMPN 1 Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang menggunakan jenis quasi eksperiment dengan metode hanya menggunakan satu kelompok perlakuan. Sampel dari penelitian ini yaitu guru SMP yang berjumlah 24 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik observasi, angket dan tes, serta dokumentasi pendukung dalam penelitian ini. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan pengujian hipotesis menggunakan uji t-test. Berdasarkan hasil analisis data dan uji t-test maka diperoleh nilai rata-rata kompetensi guru dalam mengembangkan media pembelajaran di SMPN 1 Marioriwawo setelah pelaksanaan pelatihan media presentasi lebih tinggi dibanding sebelum pelaksanaan pelatihan media presentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan pelatihan media presentasi terdapat pengaruh yang positif terhadap peningkatan kompetensi guru dalam mengembangkan media pembelajaran di SMPN 1 Marioriwawo Kabupaten Soppeng.
Pengembangan Modul Digital Hypercontent pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMAN 3 Bantaeng Jabal Nur
JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION Vol 2, No 4 (2022): Edisi Oktober
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jetclc.v2i4.35454

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan guru dan siswa, mendesain modul digital hypercontent, mengukur tingkat validitas dan kepraktisan modul digital hypercontent pada mata pelajaran sosiologi kelas XII di SMAN 3 Bantaeng. Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari teknik analisis deskriptif kualitatif dan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa identifikasi tingkat kebutuhan siswa berada pada kualifikasi dibutuhkan, identifikasi kebutuhan materi siswa yang yang menjawab YA berada pada kualifikasi sangat dibutuhkan sedangkan yang menjawab TIDAK berada pada kualifikasi sangat kurang dibutuhkan, dan identifikasi kebutuhan kepala sekolah berada pada kualifikasi sangat dibutuhkan. Selanjutnya pada tahap validasi, hasil validasi ahli materi/isi berada pada kualifikasi sangat baik, validasi ahli media berada pada kualifikasi sangat baik dan pada tahap uji coba kelompok kecil mendapatkan hasil sangat baik, pada tahap uji coba kelompok besar berada pada kualifikasi sangat baik, serta penilaian/tanggapan guru mata pelajaran berada pada kualifikasi sangat baik. Kesimpulan dari hasil penelitian ini tingkat analisis kebutuhan produk modul digital hypercontent pada mata pelajaran sosiologi berada pada kualifikasi dibutuhkan serta produk modul digital berada pada kualifikasi valid dan praktis.
PERSEPSI MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN 2019 UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR TERHADAP PELAKSANAAN E-LEARNING PADA MATAKULIAH TEKNOLOGI KINERJA Sri Wahyuni; A. Nidaul Magvira Nasrun; Ilham Taufik
JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION Vol 2, No 4 (2022): Edisi Oktober
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jetclc.v2i4.35874

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menguraikan hasil penelitian tentang persepsi mahasiswa teknologi pendidikan terhadap pelaksanaan pembelajaran e-learning pada mata kuliah teknologi kerja. Di antaranya pendapat mahasiswa terhadap pelaksanaan pembelajaran, kelebihan dan kekurangan E-Learning, dan harapan mahasiswa terhadap pelaksanaan e-learning. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik survei seperti angket kuesioner yang dibagikan secara online kepada mahasiswa aktif teknologi pendidikan angkatan 2019 yang mengikuti mata kuliah teknologi kinerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa cukup puas dengan pembelajaran menggunakan e-learning karena efisiensi waktu dan fleksibilitas nya serta harapan mahasiswa adalah adanya pemberian tugas yang terstruktur dan terjadwal.
Efektivitas Pengelolaan Manajemen Pembelajaran di SDN Inpres No. 205 Masalleng Asfiyanti Asfiyanti; Nurul Wahida; Nurannisa Nurannisa
JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION Vol 2, No 4 (2022): Edisi Oktober
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jetclc.v2i4.35423

Abstract

Tujuan penelitian untuk menganalisis efektivitas pengelolaan manajemen pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan tujuan untuk menganalisis efektivitas pengelolaan manajemen pembelajaran di kelas II SDN Inpres No. 205 Masalleng dengan menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Desktiptif kualitatif dipergunakan untuk menjelaskan ataupun meringkas berbagai situasi, kondisi, fenomena atau berbagai variabel penelitian berdasarkan kejadian sebagaiamana mestinya yang dapat difoto, diwawancara, diobservasi, serta yang bisa dijelaskan berdasarkan hasil dokumentasi, yang bertujuan untuk menganalisis efektivitas pengelolaan manajemen pembelajaran. Menurut hasil penelitian pada Pembelajaran di kelas 2 SDN Inpres No. 205 Masalleng sudah cukup efektif dan kondusif. Karena guru sudah mampu mempertimbangkan metode dan strategi pembelajaran yang tepat digunakan dalam proses pembelajaran berlangsung.  Sehingga peserta didik mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan oleh gurunya dan tidak merasa bosan dalam mengikuti pembelajaran. Manajemen kelas di SDN Inpres No. 205 Masalleng khusunya pada kelas yang telah kami observasi sudah tersusun dengan baik, baik dari perangkat pembelajaran, susunan prosedur, susunan tempat duduk, maupun hubungan sosial antara peserta didik dalam proses pembelajaran

Page 1 of 1 | Total Record : 6