cover
Contact Name
Citra Rosalyn Anwar
Contact Email
citra.rosalyn.anwar@unm.ac.id
Phone
+6281355204622
Journal Mail Official
jetclc@unm.ac.id
Editorial Address
Gedung Fakultas Ilmu Pendidikan, Jalan tamalate 1 Tidung kota Makassar
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Journal of Educational Technology, Curriculum, Learning, and Communication
ISSN : 28088050     EISSN : 27748405     DOI : https://doi.org/10.26858/jetclc
Core Subject : Education,
JETCLC (Journal of Educational Technology, Curriculum, Learning, and Communication) adalah jurnal yang memuat tulisan-tulisan berdasarkan hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian, dan implementasi kajian dan praktik etis untuk memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja di bidang Teknologi Pendidikan, Kurikulum, Pembelajaran ,dan Komunikasi. Ruang lingkup artikel lapangan yang dimuat dalam jurnal ini menyajikan hasil penelitian kualitatif, kuantitatif, penelitian dan pengembangan pada topik tertentu dan terkait dengan teknologi pendidikan, kurikulum, pembelajaran dan komunikasi di Indonesia. Artikel-artikel dalam buku ini memenuhi struktur yang berisi pendahuluan, metode, hasil pembahasan, kesimpulan, dan referensi. Bibliografi artikel ini mengikuti gaya APA (American Psychological Association). JETCLC dalam publikasinya hanya menerbitkan artikel yang belum pernah dilihat sebelumnya. Semua naskah yang dikirimkan akan melalui proses peer-review. Artikel dibaca oleh peninjau (berdasarkan bidang spesialisasi) serta editor dan akan disaring oleh redaktur pelaksana untuk memenuhi kriteria yang dipersyaratkan.
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2023): Edisi Januari" : 4 Documents clear
Pengembangan Media Animasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VII SMP Nabiilah Nabiilah
JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION Vol 3, No 1 (2023): Edisi Januari
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jetclc.v3i1.37238

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kebutuhan media animasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, dengan menggunakan model ADDIE dan mendesain produk media animasi serta mengukur tingkat kevalidan dan kepraktisan produk media animasi yang dikembangkan. Penelitian dilakukan di SMPN 48 Makassar dengan subjek siswa yang berjumlah 20 peserta dan 1 guru Bahasa Indonesia. Pengumpulan data menggunakan wawancara, angket identifikasi kebutuhan, angket validasi ahli, angket uji coba, serta dokumentasi pendukung dalam penelitian ini. Metode analisis data terdiri atas analisis deskriptif kualitatif dan analisis statik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: analisis kebutuhan media animasi berada pada tingkatan cukup dibutuhkan; kelayakan produk berdasarkan validasi ahli dengan hasil sangat baik, uji coba respon peserta didik dengan hasil baik, dan tanggapan guru dengan hasil berada pada kategori sangat baik. Media animasi yang dikembangkan menggunakan aplikasi sparkol videoscribe didukung penggunaan aplikasi editing audio untuk backsound suara pendukung berdurasi 3-4 menit, materi tentang teks deskripsi, didukung media audio, teks, dan gambar, media audio visual yang dikembangkan sudah valid dan praktis.
Implementasi Adaptasi Teknologi Mahasiswa Kampus Mengajar di SDN 141 Cennae Kabupaten Soppeng Nurafifah Nurafifah
JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION Vol 3, No 1 (2023): Edisi Januari
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jetclc.v3i1.36772

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menggambarkan Adaptasi Teknologi yang diterapkan Mahasiswa Kampus Mengajar di SDN 141 Cennae. Pendekatan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian adalah Kepala Sekolah SDN 141 Cennae, Guru Pamong Kampus Mengajar, Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 2 yang telah melaksanakan program Kampus Mengajar Angkatan 2 di SDN 141 Cennae. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melalui wawancara dan dokumentasi, analisis data menggunakan, analisis reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adaptasi teknologi yang diterapkan mahasiswa Kampus Mengajar angkatan 2 yakni media video pembelajaran, evaluasi berbasis quizizz, pengenalan fitur-fitur laptop, dan evaluasi berbasis google forms.
Efektivitas Media Komik Digital untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa SD Tentang Seks Edukasi Lastri Lastri
JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION Vol 3, No 1 (2023): Edisi Januari
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jetclc.v3i1.43054

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media komik digital tentang Aku untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang seks edukasi di UPT SDN 12 Makale di Tana Toraja. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode pre-Experimental Design yaitu Pretest-Posttest Design, dengan metode pengumpulan data yakni melalui wawancara, angket/kuesioner dan dokumentasi. Populasi pada penelitian ini antara lain seluruh siswa kelas V SDN 12 Makale di Tana Toraja yang terdiri dari 2 kelas yakni kelas Va dan Vb dengan jumlah keseluruhan yakni 33 orang. Dimana siswa laki-laki dengan jumlah 19 orang dan perempuan dengan jumlah 14 orang. Sampel dalam penelitian ini yakni seluruh siswa kelas Vb yang berjumlah 15 orang dengan pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Analisis data menggunakan statistik deskriptif, Uji N-Gain dan uji normalitas datanya menggunakan metode Kolmogorov-Smirnov. Hasil analisis data deskriptif menunjukan komik seri 1 mengalami peningkatan sebesar 7%, seri 2 sebesar 40%, dan seri 3 sebesar 20%  hasil penelitian ini menunjukan bahwa media komik digital tentang aku efektif digunakan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang seks edukasi.
Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Berbasis HOTS pada Mata Kuliah Evaluasi Kurikulum Praja Maxmelia Palaka
JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION Vol 3, No 1 (2023): Edisi Januari
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jetclc.v3i1.37989

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan R&D (Research and Development) yang bertujuan untuk mengidentifikasi gambaran kebutuhan awal instrumen penilaian hasil belajar berbasis HOTS pada mata kuliah Evaluasi Kurikulum Mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Makassar mendesain produk pengembangan instrumen penilaian hasil belajar berbasis HOTS dan menganalisis tingkat validitas dan kepraktisan pengembangan instrumen penilaian hasil belajar berbasis HOTS. Model yang digunakan ADDIE dan subjek yaitu Mahasiswa angkatan 2019 yang berjumlah 61 orang dan 1 orang Dosen pengampuh mata kuliah Evaluasi Kurikulum. Pengumpulan data menggunakan angket identifikasi kebutuhan, angket validasi ahli isi/materi, angket ahli desain, angket uji coba tanggapan Mahasiswa, serta dokumentasi pendukung dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa karakterisitik mata kuliah yang merupakan mata kuliah lanjutan serta karakteristik Mahasiswa yang berada pada semester V membutuhkan banyaknya ketersediaan soal pretest dan posttest di setiap Sub-CPMK level C4 ke atas.

Page 1 of 1 | Total Record : 4