cover
Contact Name
Citra Rosalyn Anwar
Contact Email
citra.rosalyn.anwar@unm.ac.id
Phone
+6281355204622
Journal Mail Official
jetclc@unm.ac.id
Editorial Address
Gedung Fakultas Ilmu Pendidikan, Jalan tamalate 1 Tidung kota Makassar
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Journal of Educational Technology, Curriculum, Learning, and Communication
ISSN : 28088050     EISSN : 27748405     DOI : https://doi.org/10.26858/jetclc
Core Subject : Education,
JETCLC (Journal of Educational Technology, Curriculum, Learning, and Communication) adalah jurnal yang memuat tulisan-tulisan berdasarkan hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian, dan implementasi kajian dan praktik etis untuk memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja di bidang Teknologi Pendidikan, Kurikulum, Pembelajaran ,dan Komunikasi. Ruang lingkup artikel lapangan yang dimuat dalam jurnal ini menyajikan hasil penelitian kualitatif, kuantitatif, penelitian dan pengembangan pada topik tertentu dan terkait dengan teknologi pendidikan, kurikulum, pembelajaran dan komunikasi di Indonesia. Artikel-artikel dalam buku ini memenuhi struktur yang berisi pendahuluan, metode, hasil pembahasan, kesimpulan, dan referensi. Bibliografi artikel ini mengikuti gaya APA (American Psychological Association). JETCLC dalam publikasinya hanya menerbitkan artikel yang belum pernah dilihat sebelumnya. Semua naskah yang dikirimkan akan melalui proses peer-review. Artikel dibaca oleh peninjau (berdasarkan bidang spesialisasi) serta editor dan akan disaring oleh redaktur pelaksana untuk memenuhi kriteria yang dipersyaratkan.
Articles 3 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 3 (2023): Edisi Juli" : 3 Documents clear
Pengembangan Website Bimbingan Tugas Akhir di Prodi Teknologi Pendidikan FIP UNM Siska Handayani
JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION Vol 3, No 3 (2023): Edisi Juli
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jetclc.v3i3.36990

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kebutuhan, desain, serta tingkat validitas dan kepraktisan website bimbingan tugas akhir di Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan metode pengembangan model 4d (define, design, development, disseminate). Tingkat kebutuhan website ini berada pada sangat dibutuhkan. Website yang dikembangankan mengacu pada Panduan Penulisan Skripsi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Pengumpulan data menggunakan angket identifikasi kebutuhan, angket validasi media dan desain, angket validasi isi/materi, angket respon mahasiswa, serta angket tanggapan dosen pembimbing tugas akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi media dan desain serta validasi isi/materi berada pada kualifikasi baik. Uji coba kepraktisan yang dilakukan terhadap mahasiswa dan dosen pembimbing tugas akhir berada pada kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa website bimbingan tugas akhir yang dikembangkan valid dan praktis digunakan pada proses bimbingan tugas akhir dan dapat digunakan dalam jangka panjang meskipun sudah tidak dalam kondisi pandemi covid-19.
Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Mandarin Melalui Media Aplikasi Chinese Skill Nur Sinar Syharir
JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION Vol 3, No 3 (2023): Edisi Juli
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jetclc.v3i3.50881

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kosakata bahasa Mandarin siswa melalui penerapan aplikasi Chinese Skill. Penelitian menggunakan metode tindakan kelas dengan model John Elliot yang mencakup tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Sampel penelitian terdiri dari 12 siswa kelas IX. Penelitian terdiri dari dua siklus, masing-masing dengan dua pertemuan. Instrumen yang digunakan adalah tes peningkatan kosakata bahasa Mandarin dan lembar observasi. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Chinese Skill berhasil meningkatkan kosakata bahasa Mandarin siswa. Rata-rata peningkatan kosakata siswa pada siklus I adalah 62,5, sementara pada siklus II meningkat menjadi 82. Terdapat peningkatan sebesar 19,5 dalam kosakata bahasa Mandarin siswa setelah penerapan aplikasi ini.
Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Selama Masa Pandemi Covid-19. Amaliah Siti putri limpo Limpo; Irma Irma; Ayu Lestari
JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION Vol 3, No 3 (2023): Edisi Juli
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jetclc.v3i3.35515

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk menganalisis  gambaran tentang bagaimana media aplikasi TikTok dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan mengacu pada studi kepustakaan atau literature review. Adapun tahapan prosedur penelitian yang dilakukan, yakni: melakukan studi literatur atau penelusuran artikel penelitian yang mendukung penelitan tentang penggunaan aplikasi TikTok sebagai media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi Tiktok dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran yang interaktif, dan menjadi solusi yang dapat digunakan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran.

Page 1 of 1 | Total Record : 3