cover
Contact Name
Muhammad Taqwa
Contact Email
muhammad@unkhair.ac.id
Phone
+6281242076641
Journal Mail Official
jurnalmatrix@gmail.com
Editorial Address
Prodi Magister Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Khairun Jalan Jusuf Abdulrahman Kampus II Gambesi Ternate Kodepos 97719 No.Telp:0921-3110904
Location
Kota ternate,
Maluku utara
INDONESIA
Matrix: Jurnal Pendidikan Matematika
Published by Universitas Khairun
ISSN : 29633192     EISSN : 29645549     DOI : https://doi.org/10.62522/matrix.
Core Subject : Education,
Jurnal Matrix mewadahi tulisan hasil kajian dan penelitian dalam bidang ilmu Matematika dan Pendidikan Matematika dengan berbagai frame penelitian seperti Penelitian pengembangan/R&D Penelitian Tindakan Kelas Educational Design Research Eksperimen dengan berbagai Jenisnya Studi Kualitatif (Investigasi, Studi Analisis, Deskriptif, dan sejenisnya) Studi etnografis Studi Literatur/Kepustakaan Penelitian lain berpendekatan Kuantitatif Topik-topik yang diangkat dapat berupa Etnomatematika Inovasi pembelajaran dan penggunaan TIK dalam mendukung proses pembelajaran Konteks dan Media Pembelajaran Matematika Inovasi Strategi dan Pendekatan Pembelajaran Matematika Literasi Matematika Pendidikan Matematika Realistik Indonesia/Indonesian Realistic Mathematics Education (IRME) Etnomatematika Miskonsepsi dalam Topik Matematika Pembelajaran Matematika Berbasis Potensi Budaya dan Kearifan Lokal Pengayaan Bahan Ajar Matematika Evaluasi Pembelajaran Matematika Kurikulum dan Kebijakan Pendidikan Matematika Pembelajaran Matematika di Perguruan Tinggi Pengembangan Ilmu dan Teknologi dalam Matematika Dan Lain-lain
Articles 11 Documents
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PUISI PADA MATERI BANGUN DATAR BERATURAN Salma Heuvelman; Karman Lanani; Ariyanti Jalal; Yuliyanti Yulianti; Riska Syafira Samad
Matrix Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1 No 1 (2022): Matrix: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Konsep matematika yang tersusun secara terstruktur memiliki nilai estetika dan nilai keindahan, pembelajarannya diperlukan penggunaan media. Media puisi matematika yang didesain secara bermakna dapat membantu terciptanya pemahaman matematis siswa pada materi bangun datar beraturan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk puisi matematika sebagai media pembelajaran berbasis puisi pada materi bangun datar beraturan, khususnya konsep persegi dan persegi panjang. Menghasilkan produk puisi matematika sebagai media pembelajaran menggunakan metode pengembangan Brog dan Gall meliputi: analisis potensi dan masalah, pengumpulan data, desain media, validasi dan uji coba hasil desain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) media pembelajaran matematika berbasis puisi sebagai media pembelajaran yang belum pernah dikembangkan berpotensi untuk digunakan dalam pembelajaraan matematika materi bangun datar beraturan, khususnya persegi dan persegi panjang; 2) puisi matematika materi persegi dan persegi panjang memenuhi syarat kevalidan oleh para ahli sebagai suatu media pembelajaran matematika berbasis puisi; 3) puisi matematika materi persegi dan persegi panjang layak digunakan sebagai media pembelajaran; 4) puisi matematika materi persegi dan persegi panjang memenuhi syarat keterbacaan sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran matematika materi bangun datar beraturan.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK Irawati Ridwan; Sugiharjo Hasim; Karman Lanani; Suhardi Abdullah; Sri Rahayu Ningsih
Matrix Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1 No 1 (2022): Matrix: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus, dengan menjadikan 14 siswa SD 41 Halmahera Barat sebagai subjek penelitian. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Berdasarkan analisis data, penggunaan model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa SD pada materi bilangan pecahan. Hal ini dapat ditunjukan dengan perolehan presentase ketuntasan belajar siswa pada tes awal kemampuan komunikasi matematis siswa sebelum diterapkanya model pembelajaran berbasis proyek, memperoleh presentase ketuntasan 0% (tidak terdapat siswa yang tuntas), setelah diterapkanya model pembelajaran berbasis proyek pada siklus I presentase ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 28,57% (terdapat 4 siswa yang tuntas), presentase ketuntasan kemampuan komunikasi matematis siswa pada siklus II juga meningkat menjadi 78,57% (terdapat 11 siswa yang tuntas).
ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA Purwati Purwati; Ikhsan Taha; Marwia Tamrin Bakar; Karman Lanani; Ririn Purwati Malik
Matrix Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1 No 1 (2022): Matrix: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kemampuan kritis siswa SMA pada materi limit fungsi aljabar. Subjek penelitian ini adalah 15 siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Halmahera Selatan data kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh melalui: Tes, wawancara dan dokumntasi, data tersebut di analisis dengan kemampuan berpikir kritis siswa di klarivikasi dalam kategori tinggi, sedang dan rendah. Hasil penelitian menunjukan terdapat 5 siswa (13%) memiliki kemampuan berpikir kritis matematis tinggi, 4 siswa (11%) memiliki kemampuan berpikir kritis sedang, dan 6 siswa (16%) memiliki kemampuan berpikir kritis rendah secara keseluruhan kemampuan berpikir kritis matemati siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Halmahera Selatan dalam kategori sedang. Siswa dengan kemampuan berpikir kritis kategori tinggi dapat menyelesaikan masalah limit fungsi aljabar, siswa dengan kategori sedang kurang mampu menyelesaikan masalah limit fungsi aljabar, dan siswa kategori rendah belum mampuh menyelesaikan masalah limit fungsi aljabar dengan benar.
ANALISIS LEARNING OBSTACLE SISWA PADA KONSEP PENJUMLAHAN PECAHAN Lily Suratmi; Hasniati Hasniati; Karman Lanani; Pamuti Pamuti; Mubasyisyir Mubasyisyir
Matrix Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1 No 1 (2022): Matrix: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Learning Obstacle siswa dalam menyelesaikan soal yang terkait materi konsep penjumlahan pecahan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Deskriptif Kualitatif. Teknik Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik tes, wawancara dokumentasi dan triangulasi. Instrumen tes yang digunakan adalah soal uraian yang sebelumnya telah divalidasi oleh dosen pembimbing. Data yang dikumpulkan dianalisis secara kualitatif dengan cara mereduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Subjek perwakilan penelitian ini adalah tiga siswa kelas V SD Negeri 13 Halmahera Selatan yang diperoleh setelah berkonsultasi dengan guru dan orang tua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Learning Obstacle siswa kelas V SD Negeri 13 Halmahera Selatan dalam menyelesaikan soal yang terkait konsep penjumlahan pecahan mencapai rata-rata sebesar 56,9 dalam kategori sedang. Kualifikasi Learning Obstacle siswa pada konsep penjumlahan pecahan, mencapai kualifikasi sangat baik sebesar 7%, subyek dengan kualifikasi sedang sebesar 53%, dan subyek kualifikasi kurang 40% dan kualifikasi gagal. Subyek kategori baik tidak memenuhi indikator Learning Obstacle karena sudah mampu dalam memahami konsep penjumlahan pecahan, dapat menentukan prosedur matematika yang akan digunakan untuk menyelesaikan soal konsep penjumlahan pecahan, mengoperasikan perhitungan terkait konsep penjumlahan pecahan.
PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN MATHEMATICALS JUNGLE GAME DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA Marlina Hadidi; Susi Thalib; Karman Lanani; Ariyanti Jalal; Safruddin Sadaralam
Matrix Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1 No 1 (2022): Matrix: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian Tindakan ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana proses hasil belajar matematika siswa pada materi Barisan Aritmatika sebelum dan sesudah di terapkan pembelajaran dengan pendekatan mathematics jungle game; (2) mengetahui penerapan pendekatan mathematics jungle game secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi pengukuran panjang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari empat tahap yaitu tahap (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan/observasi (4) refleksi. Pengumpulan melalui data adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Al-Irsyad Kota Ternate yang berjumlah 20 siswa. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar matematika siswa setelah mendapatkan perlakuan dengan penerapan pembelajaran pendekatan mathematics jungle game secara keseluruhan dapat dilihat dari tingkat kualifikasi yakni diperoleh (98,13%) siswa berkualifikasi memuaskan, dan (2) berkualifikasi gagal. Berdasarkan Uji wilcoxson Signed Ranks Test menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan Mathematics Jungle Game (MJG) secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa kelas XI SMA Al-Irsyad Kota Ternate pada materi barisan aritmatika
ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI STATISTIS SISWA PADA MATERI STATISTIKA Zainudin Djumat; Fahria Kader; Karman Lanani; Wilda Syam Tonra; Yuliyanti Daiyan
Matrix Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1 No 1 (2022): Matrix: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi siswa (KKS) kelas XII MIA-2 SMA Negeri 3 Kota Ternate dalam menyelesaikan soal pada materi statistika konsep ukuran pemusatan data. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen tes yang digunakan adalah 2 butir soal tentang KKS yang telah divalidasi. Data KKS siswa yang dikumpulkan dianalisis secara kualitatif dengan cara mereduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII MIA-2 SMA Negeri 3 Kota Ternate sebanyak 10 siswa, kemudian dipilih 4 siswa sebagai perwakilan subjek penelitian berdasarkan kategori KKS (Sangat baik, cukup, kurang, dan buruk) untuk diwawancarai sebagai bentuk triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KKS siswa kelas XII MIA-2 SMA Negeri 3 Kota Ternate dalam mempelajari materi statistika konsep ukuran pemusatan data dengan rata-rata sebesar 53,67 dalam kategori kurang. Kualifikasi kemampuan komunikasi statistis siswa dalam kategori sangat tinggi dicapai 1 siswa (10%), 4 siswa (40%) dalam kategori cukup, 2 siswa (20%) dalam kategori kurang mampu, 3 siswa (30%) dengan kategori buruk.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN LINGKARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 Ganis Anjui Mulidias Amru; Dian Ariesta Yuwaningsih
Matrix Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1 No 2 (2023): Matrix: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika materi lingkaran menggunakan Macromedia Flash 8 serta untuk mengetahui kelayakan bahan ajar yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengambangan (RnD) dengan menggunakan model ADDIE. Subjek uji coba terdiri dari ahli materi, ahli media dan respon peserta didik XI MIPA 1 SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket validasi ahli materi, angket validasi ahli media, angket respon peserta didik, dan wawancara. Tahap uji coba terdiri dari dua tahap yaitu uji coba skala kecil dan uji coba skala besar. Uji coba skala kecil melibatkan 5 peserta didik, sedangkan uji coba skala besar melibatkan 25 peserta didik. Hasil penelitian ini menujukan bahwa nilai kelayakan oleh ahli materi mendapatkan skor rata-rata 37 dalam kategori baik, kelayakan oleh ahli media mendapatkan skor rata-rata 53,5 dalam kategori baik, dan uji kelayakan dari peserta didik mendapatkan skor rata-rata 57,96 dalam kategori baik. Dengan demikian media pembelajaran Macromedia Flash 8 yang dikembangkan oleh peneliti ini layak digunakan untuk proses pembelajaran.
BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME Selly Rezeqi
Matrix Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1 No 2 (2023): Matrix: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kompetensi penting yang harus dimiliki setiap individu pada era globalisasi yang juga tertuang dalam tujuan kurikulum 2013 adalah kemampuan berpikir kritis. Berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan yang digunakan dalam proses pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran sebagai bahan diskusi dan kajian mengenai berpikir kritis dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan mendeskripsikan hasil kajian Pustaka dari sekurang-kurangnya 15 artikel yang relevan. Hasil dari penelitian ini adalah pendekatan konstruktivisme dapat digunakan sebagai salah satu pilihan model pembelajaran guna meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.
KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA POLA BILANGAN KELAS VIII MTs Siti Fatimatus Zahro Mustakim
Matrix Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1 No 2 (2023): Matrix: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal cerita pola bilangan pada siswa kelas VIII MTs di Pasuruan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes soal cerita pola bilangan dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah 16 siswa kelas VIII B dan ambil 6 orang siswa untuk diwawancarai. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh Subjek yang memiliki pamahaman matematis yang tinggi masih mengalami 2 kesulitan yaitu 1) kesulitan dalam kelemahan berhitung, 2) kesulitan dalam persepsi visual. Subjek yang memiliki pemahaman matematis yang sedang mengalami 3 kesulitan yaitu 1) kelemahan berhitung, 2) pemahaman matematika yang kurang, 3) kesulitan dalam persepsi visual. Subjek yang memiliki pemahaman matematis yang rendah mengalami 4 kesulitan yaitu 1). Kulitan dalam kelemahan berhitung, 2) kelemahan dalam mentransfer pengetahuan, 3) pemahaman matematiak yang kurang, , 4) kesulitan dalam persepsi visual. Kata kunci : kesulitan siswa, soal cerita dan pola bilangan.
PRAKTIKALITAS BUKU AJAR KALKULUS DERIVATIF UNTUK MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA Muhammad Taqwa
Matrix Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1 No 2 (2023): Matrix: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pasca Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) mengharuskan melakukan pembelajaran mixed yaitu luring dan online termasuk mata kuliah kalkulus derivatif. Belajar online menuntut siswa memiliki motivasi yang kuat untuk belajar. Pengembangan Buku Ajar merupakan salah satu strategi yang dapat menumbuhkan motivasi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan Buku Ajar yang praktis dalam menumbuhkan motivasi belajar mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, yaitu pengembangan Buku Ajar dengan model Plomp: (1) investigasi awal, (2) desain, (3) realisasi/konstruksi, (4) pengujian, evaluasi dan revisi, (5) implementasi. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Andi Matappa. Instrumen penelitian adalah lembar kepraktisan buku ajar. Hasil penelitian skor kepraktisan buku ajar memiliki kriteria sangat praktis. Hal ini menunjukkan bahwa buku ajar kalkulus derivatif yang telah dikembangkan memenuhi unsur praktikalitas untuk menumbuhkan motivasi belajar mahasiswa.

Page 1 of 2 | Total Record : 11