cover
Contact Name
Agus Junaidi
Contact Email
agusjunaidi@mediaantartika.id
Phone
+6281318340588
Journal Mail Official
jka.antartika@gmail.com
Editorial Address
Jl. Amil Wahab No.8, RW.9, Kramat Jati, Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13510
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Komputer Antartika
ISSN : -     EISSN : 29885272     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Komputer Antartika adalah jurnal yang diterbitkan oleh Antartika Media Indonesia yang berfokus pada penerbitan artikel ilmiah pada bidang ilmu-ilmu komputer meliputi: Komputasi dan pemrosesan data, Kecerdasan buatan, Jaringan dan keamanan, Sistem informasi dan manajemen, Grafis dan visualisasi, Arsitektur dan teknologi komputer, dan e-learning.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2023): Juni 2023" : 5 Documents clear
Pembuatan Aplikasi Sistem Informasi dan Pemetaan Geografis Destinasi Wisata Berbagai Kategori di Kota Malang Aji Miftahus Salim; Agus Junaidi
Jurnal Komputer Antartika Vol. 1 No. 2 (2023): Juni 2023
Publisher : Antartika Media Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Di era digital ini, akses yang mudah dan informasi yang akurat tentang destinasi wisata terutama di Kota Malang menjadi sangat penting. Namun, informasi yang tersedia tentang lokasi dan kategori destinasi wisata masih terbatas, sulit diakses, dan belum tersebar di berbagai sumber. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan informasi mengenai lokasi wisata di Kota Malang. Aplikasi ini akan dirancang dengan menggunakan Unified Modelling Language (UML) untuk merancang aplikasi, termasuk dalam hal menentukan aktor, merancang diagram use case dan diagram activity. Dalam pembuatan aplikasi ini, Mapbox akan digunakan sebagai platform pemetaan dengan bantuan Mapbox API yang berfungsi untuk mengintegrasikan peta ke dalam situs web. Aplikasi ini akan dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman JavaScript, database MongoDB sebagai penyimpanan, dan framework ReactJS untuk mempermudah dalam pembuata web. Dengan adanya aplikasi ini, diharapkan memudahkan masyarakat dan wisatawan dalam menemukan atau menjelajahi berbagai destinasi wisata di Kota Malang. Pengguna akan mendapatkan pengalaman efisien dan praktis dalam mencari informasi, sehingga meningkatkan kualitas dan kepuasan wisatawan dalam menikmati keindahan Kota Malang.   In this digital era, easy access and accurate information about tourist destinations, especially in Kota Malang, have become crucial. However, the available information regarding the locations and categories of tourist destinations is limited, difficult to access, and scattered across various sources. Therefore, this research aims to fulfill the need for information regarding tourist locations in Kota Malang. The application will be designed using Unified Modeling Language (UML) to design the application, including determining actors and designing use case and activity diagrams. For the development of this application, Mapbox will be utilized as the mapping platform, with the assistance of Mapbox API to integrate maps into the website. The application will be developed using JavaScript as the programming language, MongoDB as the database for storage, and the ReactJS framework to facilitate web development. With this application, it is expected to provide convenience for the community and tourists in discovering and exploring various tourist destinations in Kota Malang. Users will have an efficient and practical experience in searching for information, thereby enhancing the quality and satisfaction of tourists in enjoying the beauty of Kota Malang.
Perancangan Game Edukasi Palamas Indonesia untuk Mengenalkan Alat Musik Tradisional Venesa Asri; Awanis Hidayati; Aditya Pratama
Jurnal Komputer Antartika Vol. 1 No. 2 (2023): Juni 2023
Publisher : Antartika Media Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Indonesia memiliki banyak budaya yang dibanggakan, salah satunya adalah alat musik tradisional yang ada pada setiap daerah di Indonesia, yang mengalunkan suara musik timbre dan ritme yang khas di tiap jenisnya. Kurangnya pengenalan serta pemahaman tentang alat musik tradisional sejak dini dapat membuat semakin terkikisnya pengetahuan dan informasi tentang alat musik tradisional. Penelitian ini bertujuan menghasilkan sebuah aplikasi mobile game sebagai media edukasi untuk mengenalkan alat musik tradisional. Model pengembangan yang digunakan adalah model prototype. Tahapan dalam proses penelitian ini adalah tahap analisis kebutuhan, tahap desain, tahap pengembangan, dan tahap pengujian. Data yang diperoleh dari pengujian dianalisis dengan menggunakan skala likert. Dari hasil pengujian yang dilakukan dengan metode beta menggunakan variabel penelitian functionality yaitu sebesar 83%, dan variabel penelitian usability yaitu sebesar 85%. Berdasarkan perolehan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media game edukasi Palamas Indonesia “sangat layak” digunakan sebagai game edukasi untuk mengenalkan alat musik tradisional daerah.   Indonesia has many cultures to be proud of, one of which is the traditional musical instruments that exist in every region in Indonesia, which play the distinctive timbre and rhythm of each type of music. Lack of introduction and understanding of traditional musical instruments from an early age can result in the erosion of knowledge and information about traditional musical instruments. This study aims to produce a mobile game application as an educational medium to introduce traditional musical instruments. The development model used is the prototype model. The stages in this research process are the needs analysis stage, the design stage, the development stage, and the testing stage. The data obtained from the test were analyzed using a Likert scale. From the results of tests conducted with the beta method using the functionality research variable that is equal to 83%, and the usability research variable that is equal to 85%. Based on these results, it can be concluded that Palamas Indonesia's educational game media is "very appropriate" to be used as an educational game to introduce regional traditional musical instruments.
Rancang Bangun Aplikasi Service Desk Berbasis Android Sistem Tiket dan Eskalasi Layanan Yanti Yosefa Maharani Saragih; Mochammad Abdul Azis
Jurnal Komputer Antartika Vol. 1 No. 2 (2023): Juni 2023
Publisher : Antartika Media Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Operasional sistem informasi dan infrastruktur teknologi informasi pada sekretariat jenderal DPR-RI merupakan tugas dan tanggung jawab dari Pusat Teknologi dan Informasi (Pustekinfo). Salah satu tugas dan tanggung jawab dari Pustekinfo adalah, menerima layanan permintaan/keluhan terkait kerusakan hardware, software, dan jaringan yang dialami oleh pegawai dan para anggota dewan. Akan tetapi, manajemen layanan yang ada saat ini bisa terbilang kurang baik, karena masih dilakukan secara manual tanpa adanya prosedur yang baik. Maka dari itu, Pusat teknologi dan informasi membutuhkan aplikasi Service Desk yang akan mempermudah layanan teknologi informasi di lingkungkan DPR-RI demi mendukung proses layanan pemerintahan dengan menggunakan SOP yang baik dan benar. Mengingat bahwa saat ini aplikasi mobile sangat popular dan dekat dengan user maka, penelitian ini merancang dan membangun aplikasi service desk berbasis android. Aplikasi ini akan membantu user melakukan permintaan layanan secara fleksibel dalam waktu dan tempat. Hasil dari penelitian ini adalah Aplikasi service desk berbasis android Sistem Tiket dan Eskalasi Layanan (STELA).   Information system operations and information technology infrastructure at the DPR-RI secretariat general are the duties and responsibilities of the Information and Technology Center (Pustekinfo). One of Pustekinfo's duties and responsibilities is to receive service requests/complaints related to hardware, software and network damage experienced by employees and board members. However, the current service management is somewhat poor, because it is still done manually without proper procedures. Therefore, the technology and information center requires a Service Desk application that will facilitate information technology services within the DPR-RI in order to support government service processes by using good and correct SOPs. Given that currently mobile applications are very popular and close to users, this study designed and built an Android-based service desk application. This application will help users make service requests flexibly in time and place. The results of this study are the android-based service desk application System Ticketing and Service Escalation (STELA).
Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Penilaian Kinerja Guru Di Sekolah Dasar Negeri Hendri Hendri; Aditya Pratama; Adha Maulana
Jurnal Komputer Antartika Vol. 1 No. 2 (2023): Juni 2023
Publisher : Antartika Media Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

SD Negeri 11 Desa Tembesuk merupakan sekolah dasar yang berada di Kabupaten Sekadau, Kec. Nanga Mahap, Desa Tembesuk. SD Negeri 11 Desa Tembesuk ini harus meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam menerapkan kompetensi guru, sangat diperlukan dalam proses pendidikan. Kinerja guru sangat perlu dinilai sebab untuk mengidentifikasi kemampuan guru dalam menjalankan tugasnya dengan menggunakan pengukuran penguasaan kompetensi. Kinerja guru  SD  Negeri 11 Desa Tembesuk yang memiliki beberapa kesalahan yang menghambat proses penilaian kinerja guru, seperti  masih menggunakan sistem manual, sehingga menyebabkan  kendala yang menyulitkan proses penghitungan, pembuatan laporan dan rekap penilaian.  Dalam pengembangan sistem ini menggunakan metode  waterfall. Perangkat lunak yang di gunakan adalah Windows 7, Borland Delphi 7, dan xampp 5.4.3. Hasil penelitian ini adalah aplikasi yang bernama sistem informasi penilaian kinerja guru pada SDN 11 Desa Tembesuk.   SD Negeri 11 Tembesuk Village is an elementary school located in Sekadau District, Nanga Mahap District, Tembesuk Village. SD Negeri 11 Tembesuk Village must improve skills and skills in applying teacher competencies, very necessary in the educational process. Teacher performance really needs to be assessed because it is necessary to identify the teacher's ability to carry out their duties using competency mastery measurements. Teacher performance at SD Negeri 11 Tembesuk Village has several errors that impede the process of assessing teacher performance, such as still using a manual system, causing obstacles that complicate the process of calculating, preparing reports and evaluating recap. The development of this system uses the waterfall method. The software used is Windows 7, Borland Delphi 7, and xampp 5.4.3. The results of this study are an application called the teacher performance assessment information system at SDN 11 Tembesuk Village.
Perancangan Sistem Informasi E-Skripsi Pada Universitas Nadlatul Ulama Kalimantan Barat Atmawati Atmawati; Adha Maulana; Awanis Hidayati
Jurnal Komputer Antartika Vol. 1 No. 2 (2023): Juni 2023
Publisher : Antartika Media Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan suatu rancangan sistem pelayanan informasi e-skripsi pada Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat. Permasalahan yang ada pada Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat untuk tahapan pelayanan skripsi antar mahasiswa dan dosen masih memiliki kendala. Hambatan tersebut ialah adanya kesulitan antara mahasiswa dan dosen untuk melakukan pertemuan dalam rangka bimbingan skripsi dikarenakan adanya jadwal kesibukan dosen dan banyaknya mahasiswa yang harus dibimbing. Sebagian dosen juga merangkap jabatan sebagai kaprodi, dekan, serta koordinator pada bidang tertentu sehingga terkadang mengalami kendala saat mengalokasikan waktu untuk menyatukan hasil skripsi yang dikerjakan mahasiswa. Hal ini juga menjadi kendala saat mahasiswa menghubungi dosen karena jadwal bimbingan yang tidak menuntu sehingga untuk melaporkan hasil skripsi yang dikerjakan tertunda. Perancangan sistem informasi bimbingan skripsi dibuat dalam ruang lingkup Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat berdasarkan informasi dan prosedur yang sedang berjalan yang dapat dilakukan secara online dan dirancang dengan menggunakan metode pengembanganprototipe . Hasil dari penelitian ini ialah berupa rancangan sistem dari permasalahan di atas yang nantinya dapat dijadikan sebuah referensi atau rekomendasi pada sistem informasi di Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat.   The purpose of this research is to produce a design of e-thesis service information system at Nahdlatul Ulama University of West Kalimantan. The problems that exist at the Nahdlatul Ulama University of West Kalimantan for the thesis service stage between students and lecturers still have obstacles. The obstacle is the difficulty between students and lecturers to conduct meetings in the context of thesis guidance due to the busy schedule of lecturers and the number of students who must be guided. Some lecturers also hold concurrent positions as caprodi, dean, and coordinator in certain fields so that sometimes they experience obstacles when allocating time to monitor the results of students' theses. This is also an obstacle when students contact lecturers because of the uncertain guidance schedule so that reporting the results of the thesis being worked on is delayed.  The design of the thesis guidance information system is made within the scope of the West Kalimantan Nahdlatul Ulama University based on information and ongoing procedures that can be done online and designed using the prototype development method. The results of this study are in the form of a system design of the above problems which can later be used as a reference or recommendation on information systems at the University of Nahdlatul Ulama West Kalimantan.

Page 1 of 1 | Total Record : 5