cover
Contact Name
SRI AMBAR RINAH
Contact Email
sriambarrinahok@gmail.com
Phone
+6281261842509
Journal Mail Official
sriambarrinahok@gmail.com
Editorial Address
JL. BATU NAGA PERUMAHAN DOMPAK INDAH BLOK C NO. 8
Location
Kota tanjung pinang,
Kepulauan riau
INDONESIA
JURNAL ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, STISIPOL RAJA HAJI
ISSN : 02166984     EISSN : 27226107     DOI : https://doi.org/10.56552/jisipol.v5i1
Core Subject : Social,
Journal Ilmu Sosial dan ilmu politik, STISIPOL Raja Haji aims to publishes significant and cutting-edge research drawn from all areas of politics, governmental studies and public policy, management, sociology, social humaniora which makes a clear conceptual and methodological contribution. The Scope of this journal are Public administration, Government studies, public policy, sociology, public management, social humaniora.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 1 (2023): JURNAL ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, STISIPOL RAJA HAJI" : 8 Documents clear
Analisis Framing ANALISIS FRAMING CURI START KAMPANYE ANIES BASWEDAN SEBAGAI CALON PRESIDEN 2024 DI MEDIA DETIK.COM misiyem misiyem; Dewi Kurniawati
JURNAL ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK Vol. 5 No. 1 (2023): JURNAL ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, STISIPOL RAJA HAJI
Publisher : STISIPOL RAJA HAJI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56552/jisipol.v5i1.111

Abstract

Menjelang Pemilihan Umum, Anies Baswedan melakukan kunjungan ke berbagai daerah dan tindakan ini dianggap oleh sebagian orang sebagai kampanye politik. Anies Baswedan pada 2 Desember 2022 di Masjid Baiturrahman Kota Banda Aceh diduga melakukan penandatanganan petisi dukungan untuk dirinya sebagai calon presiden 2024. Anies Baswedan dianggap telah melakukan curi start kampenye politik. Hal ini kemudian menjadi pemberitaan yang ramai diperbincangkan. Pemberitaan dilakukan oleh semua jenis media termasuk portal pemberitaan Media Onlie yaitu Detik.Com. Penelitian dilaksanakan pada Bulan Desember 2022. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana realitas (peristiwa, aktor, kelompok atau apa saja) yang terdapat dalam pemberitan curi start kampanye Anies Baswedan menjadi calon presiden 2024 dibingkai oleh media. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian ini untuk mendeskripsikan pemberitaan curi start kampanye Anies Baswedan menjadi calon presiden tahun 2024 di media Detik.com. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi terkait pemberitaan curi start kampanye mulai tanggal 7 – 16 Desember 2022. Teknis analisis framing yang digunakan menggunakan model Entman yaitu: Define Problems (Pendefinisian Masalah), Diagnose Causes (Memperkirakan Penyebab Masalah), Make Moral Judgement (Membuat Keputusan Moral) dan Treatment Recommendation (Menekankan Penyelesaian). Hasil Penelitian yang diperoleh berdasarkan analisis framing terhadap 6 berita yaitu, berita-berita tersebut sudah sesuai dengan konsep framing yang dikemukakan Robert N. Entman. Berita memenuhi keempat elemen yang dapat ditemui dalam teks berita.
PLATFORM INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PEMBENTUK CITRA DIRI VIRTUAL PADA MAHASISWA Nisa Sartika Tobing; Rahma Hayati; Henri Sitorus
JURNAL ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK Vol. 5 No. 1 (2023): JURNAL ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, STISIPOL RAJA HAJI
Publisher : STISIPOL RAJA HAJI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56552/jisipol.v5i1.112

Abstract

Abstract: Self-image is something that is often formed by everyone in communicating and interacting. The self-image formed in everyday life by each individual is often done consciously or unconsciously. But often the development of technology today, the formation of self-image can also take place through social media, especially on social media Instagram.Through the formation of virtual self-image, one can control, regulate and direct the views of other individuals towards it. This researcher aims to know and understand how the research subjects use the Instagram platform as a medium to form a virtual self-image, know the strategies of the research subjects in shaping virtual self-image, and find out how the life of the front stage and back stage of the research subjects in building virtual self-image. The subject of this study is a Student of Economic Education at HKBP Nomensen University.The metedeology used in this study is a qualitative research method with dramaturgical theory. The results found in this study are that the front stage life of the research subject is used as a forum to build a virtual self-image and the back stage as a place for itself. In this study, we can find out how the research subjects used Instagram as a medium to shape virtual self-image and how the strategies made by the research subjects in building virtual self-image. Abstrak Platform Instagram menjadi alat populer bagi individu, termasuk mahasiswa, dalam membangun citra diri virtual. Penelitian ini bertujuan mengkaji peran Instagram sebagai media pembentuk citra diri virtual pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas HKBP Nommensen dengan teori dramaturgi dari Erving Goffman. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengungkapkan strategi pembentukan citra diri mahasiswa di Instagram dan menganalisis perbedaan panggung depan (front stage) dan panggung belakang (back stage) dalam identitas digital. Wawancara mendalam dengan mahasiswa Pendidikan Ekonomi digunakan sebagai metode pengumpulan data. Analisis tematik mengidentifikasi tema dan pola dalam data. Hasil menunjukkan mahasiswa menggunakan strategi konten, penampilan visual, dan gaya komunikasi untuk membangun citra diri di Instagram. Mereka mengendalikan pesan dan kesan yang ditampilkan kepada pengikut dan pengguna platform. Studi ini menyoroti perbedaan panggung depan dan panggung belakang dalam identitas digital mahasiswa. Panggung depan melibatkan penampilan publik yang disesuaikan dengan harapan penonton, sementara panggung belakang melibatkan kehidupan pribadi yang lebih otentik. Mahasiswa menggunakan kedua dimensi ini untuk menciptakan citra diri yang diinginkan dan memengaruhi persepsi orang lain. Penelitian ini berimplikasi pada peran Instagram sebagai media pembentuk citra diri pada mahasiswa. Pemahaman yang lebih dalam tentang strategi pembentukan citra diri di Instagram dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan pendekatan pembelajaran yang relevan. Studi ini juga memperluas pemahaman tentang peran media sosial dalam membentuk identitas individu di era virtual.
INOVASI PELAYANAN PUBLIK BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DIGITAL PADA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN KARIMUN Neelam Noeridha
JURNAL ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK Vol. 5 No. 1 (2023): JURNAL ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, STISIPOL RAJA HAJI
Publisher : STISIPOL RAJA HAJI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56552/jisipol.v5i1.116

Abstract

Abstract   The problem of a far span of control and having to be reached using sea transportation in access services is one of the problems in the process of providing public services at the Karimun Regency Ministry of Religion Office located in Tanjung Balai Karimun. The development of Digital Information Technology-based Public Service Innovations at the Office of the Ministry of Religion of Karimun Regency was carried out as a form of implementation of the Integrity Zone (ZI) to improve the quality of public service delivery, especially considering the location of the Karimun Regency area which consists of districts separated by the sea. The purpose of this study was to determine the forms of development of Digital Information Technology-based Public Service Innovations at the Karimun Regency Ministry of Religious Affairs Office. This research uses the literature study method on literature related to research problems. The results showed that the forms of Digital Information Technology-based Public Service Innovation at the Office of the Ministry of Religion of Karimun Regency are PTSP Zuriah Smart Online, Hajj Database System, Mail Management Information System, Employee E-Kinerja, Cooperation Information System of the Ministry of Religion of Karimun Regency and Disdukcapil of Karimun Regency (SIKECAP), Integrated Data Information System (SI DATIN), TTE (Electronic Signature), and Public Complaint Application (Whistleblowing System Application). Abstrak Permasalahan rentang kendali yang jauh dan harus ditempuh menggunakan transportasi laut dalam mengakses pelayanan menjadi salah satu penyebab rendahnya kualitas pelayanan publik pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun yang terletak di Tanjung Balai Karimun. Pengembangan Inovasi Pelayanan Publik berbasis Teknologi Informasi Digital pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun dilakukan sebagai bentuk implementasi Zona Integritas (ZI) dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik, terutama mengingat letak wilayah Kabupaten Karimun yang terdiri dari kecamatan-kecamatan yang terpisahkan oleh lautan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk pengembangan Inovasi Pelayanan Publik berbasis Teknologi Informasi Digital pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun. Penelitian ini menggunakan metode Studi Kepustakaan terhadap literatur yang berkaitan dengan masalah penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk Inovasi Pelayanan Publik berbasis Teknologi Informasi Digital pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun adalah PTSP Zuriah Smart Online, Sistem Database Haji, Sistem Informasi Manajemen Surat, E-Kinerja Pegawai, Sistem Informasi Kerja Sama Kementerian Agama Kabupaten Karimun dan Disdukcapil Kabupaten Karimun (SIKECAP), Sistem Informasi Data Terintegrasi (SI DATIN), TTE (Tanda Tangan Elektronik), dan Aplikasi Pengaduan Publik (Aplikasi Whistleblowing System).
Implementasi Konsep Kesejahteraan, Kesetaraan, dan Keadilan Sosial Dalam Kebijakan Publik Provinsi DKI Jakarta Pada Tahun 2022: Studi Kasus KLJ dan Relokasi Program Provinsi Pada Pemukiman Kumuh Revo Linggar Vandito; Angeliq N. Lumban Tobing; Ratu Aisyah Diva Maha; Muhamad Ali Vardan Aminudin; Kayla Adinda Tasyifa
JURNAL ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK Vol. 5 No. 1 (2023): JURNAL ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, STISIPOL RAJA HAJI
Publisher : STISIPOL RAJA HAJI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56552/jisipol.v5i1.124

Abstract

Abstract  The high rate of economic inequality in Jakarta, and the persistence of poverty problems in Jakarta which are not in line with the high APBD of DKI Jakarta raises many questions about what is the role of the DKI Jakarta provincial government in alleviating poverty and reducing economic disparities in DKI Jakarta province and whether DKI Jakarta Provincial Government's public policy has in accordance with the concept of welfare, equality of opportunity and social justice. This study aims to find out how the DKI Jakarta government's efforts and policies are in improving welfare and opening access to equality in various aspects for the people of DKI Jakarta. This type of research is qualitative research using case study research methods and collecting data through literature studies and document studies to complete the data needed in the research. With case studies of the Housing Development Program policy (Construction and Provincial Program Relocation), the Jakarta elderly card program (KLJ) theoretically explain that this policy is a DKI provincial government policy to alleviate poverty and reduce economic disparities that are appropriate with the concept of welfare, social justice, and the concept of equality in opportunity. The conclusions in this study are that the housing development program, KLJ, are one of the 2 DKI provincial government programs/policies to fight poverty and reduce economic disparities, and these three programs are theoretically in accordance with the concepts of Welfare, Social Justice, and equality of opportunity but theoretically practice still has many weaknesses  Abstrak Tingginya angka ketimpangan ekonomi di Jakarta, dan masih eksisnya permasalahan kemiskinan di Jakarta yang tidak sejalan dengan tingginya APBD DKI Jakarta memunculkan banyak pertanyaan mengenai bagaimana peran pemprov DKI Jakarta dalam mengentaskan kemiskinan dan memperkecil disparitas ekonomi di provinsi DKI Jakarta dan apakah kebijakan publik Pemprov DKI Jakarta telah sesuai dengan konsep kesejahteraan, equality of opportunity dan keadilan sosial. Penelitian ini memiliki tujuan untuk Mengetahui bagaimana usaha dan kebijakan pemerintah DKI Jakarta dalam meningkatkan kesejahteraan dan membuka akses kesetaraan dalam berbagai aspek bagi masyarakat DKI Jakarta. Penelitian dengan jenis penelitian kualitatif dengan metode penelitian studi kasus dan mengambil data melalui studi kepustakaan dan studi dokumen untuk melengkapi data data yang dibutuhkan dalam penelitian. Dengan studi kasus kebijakan Program Pengembangan Perumahan (Pembangunan dan Relokasi Program Provinsi), program kartu lansia Jakarta (KLJ) secara teori menjelaskan bahwa kebijakan ini merupakan kebijakan pemprov DKI untuk mengentaskan kemiskinan dan memperkecil disparitas ekonomi yang sudah sesuai dengan konsep kesejahteraan, keadilan sosial, dan konsep kesetaraan dalam kesempatan. Simpulan dalam penelitian ini adalah program pengembangan perumahan, KLJ, merupakan salah 2 program/kebijakan pemprov DKI untuk melawan kemiskinan dan memperkecil disparitas ekonomi, dan ketiga program tersebut secara teoritis telah sesuai dengan konsep Kesejahteraan, Keadilan sosial, dan kesetaraan dalam kesempatan namun secara praktik masih memiliki banyak kelemahan
KUALITAS PELAYANAN PASIEN BPJS KESEHATAN PADA POLIKLINIK RUMAH SAKIT UMUM DAERAH RAJA AHMAD TABIB PROVINSI KEPULAUAN RIAU Billy Jenawi; Muhammad Solihin; Etika Khairina; Ferizone Ferizone; Atur Bagus Winoto
JURNAL ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK Vol. 5 No. 1 (2023): JURNAL ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, STISIPOL RAJA HAJI
Publisher : STISIPOL RAJA HAJI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56552/jisipol.v5i1.127

Abstract

The aim of the study was to determine the satisfaction of patients who use BPJS Health services for Polyclinic services at the Raja Ahmad Tabib Regional General Hospital in Tanjungpinang City. In this study, the theory used by Vincent Gosperst (2002) is Reliability, Assurance, Tangibles, Empathy, and Responsiveness. The total population in this study was 35,246 BPJS users. The number of samples in this study was 100 people. The data analysis technique used in this study is a quantitative descriptive data analysis technique. Based on the results of the overall research, it is known that the quality of service at the Polyclinic at the Raja Ahmad Thabib Hospital in the Riau Archipelago Province is of sufficient quality. Based on the conversion results, it is known that the respondents answered with sufficient quality, totaling 68 people, or on average they answered quite well with a total of 68 people or 68% of the number of respondents. quality. This is because the information provided by the nurse is not able to explain to the patient, there are still nurses who are indifferent and do not want to explain properly to the patient, then some equipment is incomplete so that if the patient has to be examined and the tool is inadequate then there will be a referral. to another Raja Ahmad Thabib Hospital in the Riau Archipelago Province. Abstrak Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi Kepulauan Riau merupakan tempat pelayanan kesehatan untuk masyarakat yang menyediakan pelayanan dari rawat jalan. Pelayanan Polilklinik mendapatkan keluhan dari pasien yang cukup banyak mengenai pelayanan yang diberikan oleh pihak Rumah Sakit. Tujuan penelitian untuk mengetahui kepuasan pasien yang mengunakan jasa BPJS Kesehatan terhadap pelayanan Poliklinik di Rumah Sakit Umum Daerah Raja Ahmad Tabib di Kota Tanjungpinang. Dalam penelitian ini teori yang digunakan Vincent Gosperst (2002) yaitu Realibility, Assurance, Tangibles, Empathy, dan Responsiveness. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 35.246 orang pasien pengguna BPJS, Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data deksriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian keseluruhan maka diketahui bahwa Kualitas Pelayanan Pada Poliklinik Di RSUP Raja Ahmad Thabib Provinsi Kepulauan Riau sudah cukup berkualitas. Berdasarkan hasil konversi maka diketahui responden menjawab cukup berkualitas berjumlah 68 orang, atau rata-rata menjawab cukup baik dengan jumlah 68 orang atau 68 % dari jumlah responden, hal ini dapat diartikan bahwa sebagian besar responden menjawab bahwa kualitas pelayanan di RSUD khususnya pada Poliklinik sudah cukup berkualitas. Hal ini dikarenakan adanya informasi yang diberikan perawat kurang dapat menjelaskan kepada pasien, masih ada perawat yang bersikap tidak acuh dan tidak mau menjelaskan dengan baik kepada pasien, kemudian beberapa peralatan yang tidak lengkap sehingga jika pasien harus diperiksa dan alat tersebut tidak memadai maka aka nada rujukan ke RSUP Raja Ahmad Thabib Provinsi Kepulauan Riau lainnya.
EFEKTIVITAS PROGRAM BANTUAN IURAN MASYARAKAT MISKIN KELURAHAN SUNGAI ENAM KECAMATAN BINTAN TIMUR DI BPJS CABANG KABUPATEN BINTAN DIAH SITI UTARI; Raja Abumanshur Matridi; Anggi Ramadani; Dwiniati Dwiniati; Didyk Choiroel
JURNAL ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK Vol. 5 No. 1 (2023): JURNAL ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, STISIPOL RAJA HAJI
Publisher : STISIPOL RAJA HAJI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56552/jisipol.v5i1.128

Abstract

Abstract Health services for the general public are one of the most prominent of the various types of public services because they are generally considered to be of inferior quality. The demand for more health services will increase as public health awareness grows. To meet the community's need for high-quality health services, the service function must be improved to ensure patient satisfaction. The purpose of this study was to determine the effectiveness of the PBI program at BPJS Kesehatan for the poor in Sungai Enam Village. In the study of the Effectiveness of the Program for Recipients of Health Insurance Contribution Assistance for the Poor in Sungai Enam Village, East Bintan District at the BPJS Bintan Regency Branch referring to Sutrisno's opinion (Rahmah Muin, 2020), the effectiveness of a program or activity can be seen from the suitability between objectives and program realization, which can be measured by uses five indicators, namely: (1) Program Understanding, (2) Target Accuracy, (3) Timeliness, (4) Goal Achievement and (5) Real Change. Based on the results of the study it can be concluded that the effectiveness of the BPJS health contribution assistance program carried out by the Bintan Regency government for the people of the Sungai Enam sub-district can be said to be effective because from the results of the research conducted, the poor people of Keluharan Sungai Enam get free treatment, get good and maximum service, while seeking treatment using the BPJS card does not encounter problems such as an inactive card or arrears in BPJS contributions, it can be used for caesarean deliveries by taking care of administration easily and some are using it for routine health check-ups every month. It turned out that the program had helped the people of Sungai Enam Kelurahan who were not well off in terms of health services as described above. Abstrak Pelayanan kesehatan bagi masyarakat umum merupakan salah satu yang paling menonjol dari berbagai macam pelayanan publik karena umumnya dianggap kurang bermutu. Permintaan akan lebih banyak layanan kesehatan akan meningkat seiring dengan tumbuhnya kesadaran kesehatan masyarakat. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan yang bermutu tinggi, maka fungsi pelayanan harus ditingkatkan untuk menjamin kepuasan pasien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas Program PBI pada BPJS Kesehatan terhadap masyarakat miskin di Kelurahan Sungai Enam. Dalam penelitian Efektivitas Program Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan Masyarakat Miskin Kelurahan Sungai Enam Kecamatan Bintan Timur di BPJS Cabang Kabupaten Bintan mengacu kepada pendapat Sutrisno (Rahmah Muin, 2020), efektivitas suatu program atau kegiatan dapat dilihat dari kesesuaian antara tujuan dengan realisasi program dapat diukur dengan menggunakan lima indikator yaitu : (1) Pemahaman Program, (2) Ketepatan Sasaran, (3) ketepatan Waktu, (4) Tercapainya Tujuan dan (5) Perubahan Nyata. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa efektivitas program bantuan iuran kesehatan BPJS yang dilakukan pemerintah Kabupaten Bintan untuk masyarakat kelurahan Sungai Enam dapat dikatakan efektif karena dari hasil penelitian yang dilakukan, masyarakat miskin Keluharan Sungai Enam mendapatkan pengobatan secara gratis, mendapatkan pelayanan yang baik dan maksimal, saat berobat menggunakan kartu BPJS tidak terjadi kendala seperti kartu tidak aktif atau adanya tunggakan iuran BPJS, dapat digunakan untuk operasi caesar melahirkan dengan mengurus administrasi secara gampang dan ada juga yang menggunakan untuk check up rutin kesehatan setiap bulannya. Ternyata program tersebut telah banyak membantu masyarakat Kelurahan Sungai Enam yang tidak mampu dalam segi pelayanan kesehatan seperti yang telah dijelaskan.
Analisis Kinerja Pemerintah Desa Cemaga Kecamatan Bunguran Selatan Kabupaten Natuna Dalam Pembangunan Desa Dari Tahun 2015-2019 edward mandala; Suhardi Mukhlis; Junriana Junriana; Mahesty Mahesty; Iip Ilham Firman; Agus Sujono
JURNAL ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK Vol. 5 No. 1 (2023): JURNAL ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, STISIPOL RAJA HAJI
Publisher : STISIPOL RAJA HAJI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56552/jisipol.v5i1.129

Abstract

Abstract Cemaga Village is one of the cities in Natuna Regency, which has the potential for the tourism industry, especially Akar Island. For the construction and development of the Root Island tour, a budget of 2,625,081,000.00 is budgeted. But the phenomenon that occurs is, access is inadequate. In this case, the Cemaga Village government is required to have high performance to be able to solve development problems in its territory. The purpose of this research is to determine the performance of the Cemaga Village Government, South Bunguran District, Natuna Regency in Village Development from 2015-2019. This research method is descriptive with a qualitative approach. The population in this study were the Cemaga Village Community, Bunguran Selatan District, Natuna Regency, namely 929 people, and 11 village apparatus. While the samples were 1 village head, 1 development section head, 1 village secretary, and 2 community and community leaders, so that the total sample size was 5 people. The data in this study were obtained from observations and structured interviews. Data analysis was performed using a qualitative descriptive technique. The results of this study are the Performance Analysis of the Government of Cemaga Village, South Bunguran District, Natuna Regency in Village Development for the 2015-2019 Study on Akar Island is not good. The advice that can be given in this study is that the government must make careful planning and involve the community so that it is more targeted, and the community must maintain the results of development. Abstrak Desa Cemaga merupakan salah satu kota di Kabupaten Natuna, yang memiliki potensi industri wisata khususnya Pulau Akar. Untuk pembangunan dan pengembangan wisata pulau akar dianggarkan sebesar 2.625.081.000,00. Namun fenomena yang terjadi adalah, akses belum memadai. Dalam hal ini, pemerintah Desa Cemaga dituntut memiliki kinerja yang tinggi untuk dapat menyelesaikan masalah pembangunan di wilayahnya. Tujuan peneitian ini adalah untuk mengetahui Kinerja Pemerintah Desa Cemaga Kecamatan Bunguran Selatan Kabupaten Natuna Dalam Pembangunan Desa Dari Tahun 2015-2019. Metode penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah Masyarakat Desa Cemaga Kecamatan Bunguran Selatan Kabupaten Natuna yaitu 929 orang, serta aparatur desa sebanyak 11 orang. Sementara yang menjadi sampel adalah 1 orang kepala desa, 1 orang kepala seksi pembangunan, 1 orang sekertaris desa, dan masyarakat serta tokoh masyarakat yang berjumlah 2 orang, sehingga keseluruhan jumlah sampel adalah 5 orang. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi dan wawancara terstruktur. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu Analisis Kinerja Pemerintah Desa Cemaga Kecamatan Bunguran Selatan Kabupaten Natuna Dalam Pembangunan Desa Tahun 2015-2019 Studi Pada Pulau Akar kurang baik. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah Pemerintah harus membuat perencanaan yang matang dan melibatkan masyarakat agar lebih tepat sasaran, dan Masyarakat harus menjaga hasil-hasil dari pembangunan.
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGEMBANGAN POTENSI SEKTOR PARIWISATA DI KABUPATEN KEPULAUAN ANAMBAS NENG SURYANTI NENGSIH; Nurbaiti Usman Siam; Ferizone Ferizone; Dede Rasid; Yudi Ramdani; Arfia Normala
JURNAL ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK Vol. 5 No. 1 (2023): JURNAL ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, STISIPOL RAJA HAJI
Publisher : STISIPOL RAJA HAJI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56552/jisipol.v5i1.130

Abstract

Abstract Anambas Islands Regency as a new Regency still does not have a tourism sector development plan in the form of RIPPDA (Regional Tourism Development Master Plan). Meanwhile, the RIPPDA policy is really needed in the tourism development process itself. The absence of a RIPPDA-style policy for tourism development has an impact on SOP (Standard Operating Procedures) in its development, development of tourism human resources, forms of coordination that are still not realized, and community support that is still lacking in participation. The aim of this research is to find out the Implementation of Tourism Sector Potential Development Policy in Anambas Islands Regency. This type of research uses descriptive qualitative. The sampling technique used was purposive sampling, where the population consisted of 56 officials from the Department of Tourism and Culture, 9 tourism awareness groups, 10 district officials, 10 culinary tourism business actors and a sample of 5 people. Research Locations in Anambas Islands Regency and Office of Tourism and Culture. Sources and types of data in the form of primary and secondary data. Data collection techniques in this study are observation, interviews and documentation. This study uses the theory of Van Meter and Van Horn (Herabudin; 2016: 72-73) stating that there are 6 variables that influence Policy Implementation. Based on the results of the study, it was concluded that the Implementation of Tourism Sector Potential Development Policy in Anambas Islands Regency did follow the guidelines according to procedures, namely SOP, RENSTRA in its policies. It's just that there has not been the formation of its own regulations in the form of a Regional Tourism Development Master Plan (RIPPDA). There must be a policy in the form of RIPPDA and there must be funds and competent human resources in tourism development in Anambas Islands Regency. Abstrak Kabupaten Kepulauan Anambas sebagai Kabupaten baru masih belum memiliki perencanaan pembangunan sektor pariwisata dalam bentuk RIPPDA (Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah). Sementara kebijakan RIPPDA sangat di butuhkan dalam proses pengembangan pariwisata itu sendiri. Belum adanya kebijakan bentuk RIPPDA ini bagi pengembangan pariwisata, berdampak kepada SOP (Standar Operating Prosedure) dalam pengembangannya, pembangunan SDM pariwisata, bentuk koordinasi yang masih kurang terealisasi, serta dukungan masyarakat yang masih kurang ikut berpartisipasi. Tujuan penelitian mengetahui Implementasi Kebijakan Pengembangan Potensi Sektor Pariwisata Di Kabupaten Kepulauan Anambas. Jenis penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik penggunaan sampel menggunakan purposive sampling, dimana populasi berjumlah 56 orang aparatur Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, 9 kelompok sadar wisata, 10 pihak kecamatan, 10 pelaku usaha wisata kuliner dan sampel berjumlah 5 orang. Lokasi Penelitian di Kabupaten Kepulauan Anambas dan Kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan. Sumber dan jenis data berupa data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori dari Van Meter dan Van Horn (Herabudin; 2016: 72-73) menyatakan ada 6 variabel yang mempengaruhi Implementasi Kebijakan. Berdasarkan hasil penelitian diambil kesimpulan Implementasi Kebijakan Pengembangan Potensi Sektor Pariwisata Di Kabupaten Kepulauan Anambas memang mengikuti acauan sesuai prosedur yaitu SOP, RENSTRA dalam kebijakannya. Hanya saja belum terbentuknya peraturan sendiri dalam bentuk Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah (RIPPDA). Harus adanya kebijakan dalam bentuk RIPPDA dan harus adanya dana serta sumber daya manusia yang berkompeten dalam pengembangan pariwisata di Kabupaten Kepulauan Anambas.

Page 1 of 1 | Total Record : 8