cover
Contact Name
-
Contact Email
jimp@univpancasila.ac.id
Phone
+6285736101987
Journal Mail Official
jimp@univpancasila.ac.id
Editorial Address
Jl. Lenteng Agung Raya No.56, RT.1/RW.3, Srengseng Sawah, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12630
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
JIMP: Jurnal Ilmiah Manajemen Pancasila
Published by Universitas Pancasila
ISSN : 27749525     EISSN : 27759679     DOI : https://doi.org/10.35814/jimp.v3i1
Core Subject : Economy, Education,
JIMP : Jurnal Ilmiah Manajemen Pancasila adalah salah satu jurnal publikasi ilmiah mahasiswa dan dosen manajemen Strata 1 yang diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila. Publikasi jurnal ini terbit satu tahun dua kali yaitu pada bulan Maret dan bulan September yang memuat artikel atau naskah berupa hasil penelitian, karya ilmiah maupun studi kasus. Jurnal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas keilmuan dan menyalurkan minat untuk berbagi dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dalam perkembangan teori dan praktek kepada mahasiswa, akademisi, maupun praktisi di bidang manajemen. Lingkup penelitian manajemen yang dimuat dalam JIMP meliputi: Manajemen Keuangan, Manajemen Operasional, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, dan Kewirausahaan.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2 (2023): September" : 6 Documents clear
PENGARUH LEVERAGE DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Kasus pada Perusahaan Sub Sektor Telekomunikasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2016-2021 Nadia Rizki Febriyanti; Florida Aryani; Tyahya Whisnu Hendratni
JIMP : Jurnal Ilmiah Manajemen Pancasila Vol 3 No 2 (2023): September
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35814/jimp.v3i2.3968

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh profitabilitas (Return on Assets, Return on Equity) dan leverage (Debt Assets Ratio) terhadap nilai perusahaan (Price Book Value) pada perusahaan sub sektor telekomunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2021. Variabel independen dalam penelitian ini adalah Return on Assets (ROA), Return on Equity (ROE), dan Debt Assets Ratio (DAR) dan variabel dependen dalam penelitian ini adalah Price Book Value (PBV). Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian sebanyak 4 perusahaan telekomunikasi. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Secara parsial variabel Return on Assets (ROA) dan variabel Debt Assets Ratio (DAR) berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan variabel Return on Equity (ROE) berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. Secara simultan variabel Return on Assets (ROA), Return on Equity (ROE), dan Debt Assets Ratio (DAR) berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.
PENGARUH MOTIVASI DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KARYAWAN PADA PT REASURANSI NASIONAL INDONESIA Afitza Septia Wardani; Adrian; Tyahya Whisnu Hendratni
JIMP : Jurnal Ilmiah Manajemen Pancasila Vol 3 No 2 (2023): September
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35814/jimp.v3i2.5282

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Motivasi dan Pengalaman kerja Terhadap Produktivitas karyawan pada PT Reasuransi Nasional Indonesia. Metode penelitian ini merupakan metode penelitian kuantitatif yang meliputi jenis penelitian kausal atau sebab akibat. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PT Reasuransi Nasional Indonesia. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah metode probability sampling dengan tipe proportionate stratified random sampling sebanyak 135 orang karyawan. Analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara motivasi kerja terhadap produktivitas kerja karyawan. Sedangkan variabel pengalaman kerja tidak memiliki pengaruh yang positif terhadap produktivitas kerja karyawan. Hasil uji secara simultan menunjukan bahwa terdapat adanya pengaruh positif antara variabel motivasi dan pengalaman kerja terhadap produktivitas karyawan pada PT Reasuransi Nasional Indonesia. Kata Kunci: Motivasi, Pengalaman Kerja, dan Produktivitas Karyawan. ABSTRACT The purpose of this study was to determine and analyze the effect of motivation and work experience on employee productivity at PT Reasuransi Nasional Indonesia. This research method is a quantitative research method which includes causal or causal research types. The population in this study were employees of PT Reasuransi Nasional Indonesia. The sampling technique in this study was the probability sampling method with proportionate stratified random sampling of 135 employees. The data analysis used was multiple linear regression using SPSS version 26. The results showed that there was a positive influence between work motivation on employee work productivity. While the work experience variable does not have a positive influence on employee work productivity. Simultaneous test results show that there is a positive influence between motivation and work experience variables on employee productivity at PT Reasuransi Nasional Indonesia. Keywords: Motivation, Work Experience, and Employee Productivity
PENGARUH MOTIVASI DAN DISIPILIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA KOPERASI KARYAWAN WIKA Berliana Diah Anggerdini Liana; Yuli Ardianto; Bayu Retno
JIMP : Jurnal Ilmiah Manajemen Pancasila Vol 3 No 2 (2023): September
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35814/jimp.v3i2.5433

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh penerapan Motivasi dan Disiplin Kerja dalam meningkatkan Kinerja Karyawan Koperasi Karyawan Wika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dalam penelitian ini sebanyak 54 orang responden. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dan data primer dengan Teknik sampling yang digunakan adalah teknik Probability Sampling dengan metode Simple Random Sampling terhadap karyawan Koperasi Karyawan Wika. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif dan analisis linear berganda serta uji hipotesis menggunakan uji t, uji f dan koefisien determinasi (R2) dengan menggunakan alat IBM SPSS 26 (Statistical Package For The Social Sciences). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel disiplin berpengaruh positif dan signifikan dalam meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan PT Sharp Electronics Indonesia. Sedangkan variabel Motivasi berpengaruh positif dan signifikan dalam meningkatkan Kinerja Karyawan Koperasi Karyawan Wika. Hasil uji secara simultan menunjukan bahwa secara bersama-sama variabel motivasi dan disiplin kerja mempengaruhi variabel kinerja karyawan sebesar 64,1% sedangkan sisanya sebesar 35,9% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model regresi ini. Kata Kunci : Motivasi, Disiplin Kerja, Kinerja Karyawan. ABSTRACT The purpose of this study was to determine the effect of applying motivation and work discipline in improving the performance of employees at the Wika Employee Cooperative. This study uses a descriptive quantitative approach in this study as many as 54 respondents. The data used in this study are secondary data and primary data. The sampling technique used is the Probability Sampling technique with the Simple Random Sampling method for employees of the Wika Employee Cooperative. Data analysis techniques in this study were descriptive analysis and multiple linear analysis as well as hypothesis testing using the t test, f test and the coefficient of determination (R2) using the IBM SPSS 26 (Statistical Package For The Social Sciences) tool. The results of this study indicate that the variable of discipline has a positive and significant effect on increasing the Employee Productivity of PT Sharp Electronics Indonesia. While the motivational variable has a positive and significant effect on improving the performance of the Wika Employee Cooperative Employees. Simultaneous test results show that motivation and work discipline variables simultaneously affect employee performance variables by 64.1% while the remaining 35.9% are influenced by other variables outside this regression model. Keywords : Motivation, Work Discipline, Employee Performance.
ANALISIS KUALITAS PRODUK DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Empiris pada Pengguna Sepatu Ventela di Wilayah Cilandak, Jakarta Selatan) Hendri Yanto; Iha Haryani hatta; Ateniyanti
JIMP : Jurnal Ilmiah Manajemen Pancasila Vol 3 No 2 (2023): September
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35814/jimp.v3i2.5579

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan word of mouth terhadap brand image dan dampaknya pada keputusan pembelian sepatu Ventela di wilayah Cilandak, Jakarta Selatan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 135 orang. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh kualitas produk dan word of mouth terhadap Brand image sepatu Ventela di wilayah Cilandak, Jakarta Selatan. Brand image memiliki peran penting dalam mengembangkan brand suatu produk karena brand image memiliki aspek reputasi dan kredibilitas yang akan digunakan konsumen sebagai pertimbangan dalam menggunakan suatu produk maupun jasa.Terdapat pengaruh kualitas produk dan word of mouth terhadap keputusan pembelian sepatu Ventela di wilayah Cilandak. Kualitas produk merupakan salah satu aspek yang diperhatikan konsumen dalam mengambil keputusan pembelian. Kualitas produk yang baik akan memberikan kepercayaan kepada konsumen yang akan menjadi motivasi bagi konsumen untuk membeli produk tersebut.Brand image berpengaruh terhadap keputusan pembelian sepatu produk Ventela wilayah Cilandak, Jakarta selatan. Brand suatu produk juga sangat diperhatikan konsumen dalam mengambil keputusan pembelian karena konsumen ketika membeli barang cenderung mempertimbangkan brand terkenal dan berkualitas tinggi untuk mengurangi risiko masalah setelah pembelian. Nilai R Square untuk variabel keputusan pembelian yang diperoleh adalah sebesar 0,513 atau 513%. Hasil tersebut menunjukan bahwa pengaruh kualitas produk, word of mouth dan brand image secara bersama-sama memberikan pengaruh sebesar 513% terhadap keputusan pembelian produk sepatu Ventela, sedangkan sebanyak (1-R Square) 48.7% sisanya merupakan besar kontribusi pengaruh yang diberikan oleh faktor lain yang tidak diteliti. Kata Kunci : Kualitas produk, word of mouth, brand image, keputusan pembelian Abstract The purpose of this study was to determine the effect of product quality and word of mouth on brand image and its impact on purchasing decisions for Ventela shoes in the Cilandak area, South Jakarta. The sample in this study were 135 people. The analysis method in this study uses path analysis. The results showed that there was an effect of product quality and word of mouth on the brand image of Ventela shoes in the Cilandak area, South Jakarta. Brand image has an important role in developing a product brand because brand image has aspects of reputation and credibility that consumers will use as a consideration in using a product or service.There is an influence of product quality and word of mouth on purchasing decisions for Ventela shoes in the Cilandak area. Product quality is one of the aspects that consumers pay attention to in making purchasing decisions. Good product quality will give consumers confidence which will be a motivation for consumers to buy these products.Brand image affects the decision to purchase Ventela product shoes in the Cilandak area, South Jakarta. The brand of a product is also very concerned about consumers in making purchasing decisions because consumers when buying goods tend to consider well-known and high-quality brands to reduce the risk of problems after purchase. The R Square value for the purchasing decision variable obtained is 0.513 or 513%. These results indicate that the effect of product quality, word of mouth and brand image together have an influence of 513% on the decision to purchase Ventela shoe products, while as much as (1-R Square) the remaining 48.7% is the contribution of the influence provided by other factors not examined. Keywords: Product quality, word of mouth, brand image, purchase decision, purchase decision
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN KOMPENSASI TERHADAP MOTIVASI KERJA KARYAWAN DI HOLLAND BAKERY DEPOK Ismail Shaleh; M Nuruddin Subhan; Yuli Ardianto
JIMP : Jurnal Ilmiah Manajemen Pancasila Vol 3 No 2 (2023): September
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35814/jimp.v3i2.5580

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan dan kompensasi terhadap motivasi kerja karyawan pada Holland Bakery Depok. Kategori penelitian ini menggunakan metoda deskriptif serta kausalitas. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh karyawan Holland Bakery Depok dengan jumlah sampel sebanyak 32 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik regresi berganda yang diolah menggunakan SPSS versi 25.0. Hasil penelitian membuktikan bahwa gaya kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi kerja karyawan. Demikian pula variable kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi karyawan. Secara simultan membuktikan bahwa variabel gaya kepemimpinan dan kompensasi berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi kerja karyawan. Kata Kunci : Gaya Kepemimpinan, Kompensasi, Motivasi Abstract This study aims to determine the effect of leadership style and compensation on employee motivation at Holland Bakery in Depok. This research category uses descriptive methods and causality. In this study, the population was all Holland Bakery employees in Depok with a total sample of 32 respondents. The data analysis technique used descriptive analysis and multiple regression statistical analysis which was processed using SPSS version 25.0. The results of the study prove that leadership style has a positive and significant effect on employee motivation. Likewise, the compensation variable has a positive and significant effect on employee motivation. Simultaneously prove that the variables of leadership style and compensation have a significant effect on employee motivation. Keywords: Leadership Style, Compensation, Motivation
PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN MOTIVASI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN GENERASI MILENIAL DI JAKARTA SELATAN Sania Azhari; Nyoman Suprastha; Chaerani Nisa Nisa
JIMP : Jurnal Ilmiah Manajemen Pancasila Vol 3 No 2 (2023): September
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35814/jimp.v3i2.5591

Abstract

This study aims to examine the effect of work discipline and motivation on job satisfaction of millennial generation employees in South Jakarta. The sample of this study used 100 respondents using primary data sources from the results of filling out questionnaires. The data analysis method uses PLS (Partial Least Square) analysis techniques through SmartPLS 3.0 software. The results obtained from this study show that Work Discipline has a positive and significant effect on Employee Job Satisfaction. Then the Motivation variable has a positive and significant effect on Employee Job Satisfaction. Based on simultaneous R-square measurements, Work Discipline and Motivation have a significant effect on Millennial Generation Employee Job Satisfaction in South Jakarta.

Page 1 of 1 | Total Record : 6