cover
Contact Name
-
Contact Email
jimp@univpancasila.ac.id
Phone
+6285736101987
Journal Mail Official
jimp@univpancasila.ac.id
Editorial Address
Jl. Lenteng Agung Raya No.56, RT.1/RW.3, Srengseng Sawah, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12630
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
JIMP: Jurnal Ilmiah Manajemen Pancasila
Published by Universitas Pancasila
ISSN : 27749525     EISSN : 27759679     DOI : https://doi.org/10.35814/jimp.v3i1
Core Subject : Economy, Education,
JIMP : Jurnal Ilmiah Manajemen Pancasila adalah salah satu jurnal publikasi ilmiah mahasiswa dan dosen manajemen Strata 1 yang diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila. Publikasi jurnal ini terbit satu tahun dua kali yaitu pada bulan Maret dan bulan September yang memuat artikel atau naskah berupa hasil penelitian, karya ilmiah maupun studi kasus. Jurnal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas keilmuan dan menyalurkan minat untuk berbagi dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dalam perkembangan teori dan praktek kepada mahasiswa, akademisi, maupun praktisi di bidang manajemen. Lingkup penelitian manajemen yang dimuat dalam JIMP meliputi: Manajemen Keuangan, Manajemen Operasional, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, dan Kewirausahaan.
Articles 32 Documents
PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN LOYALITAS KONSUMEN PADA LAYANAN INTERNET KARTU PRABAYAR SIMPATI PADA MAHASISWA DI JAKARTA Aji Setyo; Iha Haryani Hatta; M. Nuruddin Subhan
JIMP : Jurnal Ilmiah Manajemen Pancasila Vol 1 No 2 (2021): September
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35814/jimp.v1i2.2059

Abstract

ABSTRACT The purpose of this study was to determine the effect of price and product quality on purchasing decisions and consumer loyalty in simpati prepaid internet card services for students in Jakarta. The research design used in this research is descriptive research using a quantitative approach. The analytical method used in this research is path analysis. The type of data used in this study is primary data using a questionnaire. The sample used in this study were 200 respondents. The results showed that price has a negative effect on purchasing decisions, product quality has a positive effect on purchasing decisions, purchasing decisions have a positive effect on consumer loyalty, prices have a negative effect on consumer loyalty, product quality has a positive effect on consumer loyalty. not significant to consumer loyalty, product quality through purchasing decisions has a significant effect on consumer loyalty. Keywords: Price, Product Quality, Purchase decision, Consumer Loyalty
PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP TURNOVER INTENTION PADA KARYAWAN CV.PANDAWA COPY DIGITAL PRINTING DI DEPOK) Reyhan Agaditya Erviansyah; Lies Putriana; M. Nuruddin Subhan
JIMP : Jurnal Ilmiah Manajemen Pancasila Vol 1 No 1 (2021): Maret
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35814/jimp.v1i1.2062

Abstract

Perusahaan yang baik adalah perusahaan yang dimana memiliki sikap puas dalam bekerja dan komitmen yang tinggi. Apalagi Kepuasan Kerja dan Komitmen yang mampu mendorong jumlah penurunan Turnover Intention perusahaan. dimana hal tersebut mampu menaikan produktifitas dan kinerja perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi terhadap Turnover Intention pada karyawan CV Pandawa Copy Digital Printing Depok. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada 47 karyawan disana. Dalam menganalisis data menggunakan SPSS 26. Metode pengujian data yang dipakai adalah Uji Validitas, Uji Relliabilitas dengan Alpha Cronbach, Uji asumsi klasik dan analisis Regresi berganda dan pengujian hipotesis penelitian. Hasil analisis menunjukan bahwa dalam Uji parsial kepuasan kerja berpengaruh negatif terhadap Turnover Intention. Dan komitmen organisasi berpengaruh negatif terhadap Turnover Intention. Sedangkan dalam Uji Simultan kedua Variabel tersebut sangat berpengaruh signifikan.
ANALISIS PENGARUH STRUKTUR MODAL DAN PROFITABILITAS TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2014-2018 Tasya Nur Inayah; Mulyadi; Rika Kaniarti
JIMP : Jurnal Ilmiah Manajemen Pancasila Vol 1 No 1 (2021): Maret
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35814/jimp.v1i1.2064

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh struktur modal dan profitabilitas terhadap harga saham. Variabel independen yang digunakan adalah Debt to Asset Ratio (DAR), Time Interest Earned Ratio (TIER), dan Return On Equity (ROE), sedangkan variabel dependennya adalah Closing Price. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling, terdapat tujuh perusahaan sebagai sampel dari delapan perusahaan remaja subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2018. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dengan EViews 9. Hasil uji-t variabel bebas (DAR, TIER, dan ROE) berpengaruh signifikan secara parsial terhadap variabel terikat (Harga Penutupan) dan hasil uji-F. Apakah variabel independen (DAR, TIER, dan ROE) berpengaruh secara simultan terhadap variabel dependen (Harga Penutupan).
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KERAGAMAN PRODUK, DAN PROMOSI E-COMMERCE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN SHOPEE Detika Yossy Pramesti; Sri Widyastuti; Dian Riskarini
JIMP : Jurnal Ilmiah Manajemen Pancasila Vol 1 No 1 (2021): Maret
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35814/jimp.v1i1.2065

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan bagaimana pengaruh kualitas pelayanan, keragaman produk, promosi e-commerce terhadap kepuasan konsumen Shopee pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Pancasila. Jenis penelitian ini deduktif dengan pendekatan kuantitatif. Responden dalam penelitian ini adalah 100 konsumen yang pernah berbelanja di Shopee yang merupakan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Berdasarkan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, keragaman produk berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen dan variable promosi berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ketiga variable independen berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen.
PENGARUH WORK-LIFE BALANCE DAN JOB CRAFTING TERHADAP WORK ENGAGEMENT KARYAWAN PT BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO) TBK Adinda Cut Nurfajriyah Octorini; Dewi Trirahayu; Chaerani Nisa
JIMP : Jurnal Ilmiah Manajemen Pancasila Vol 1 No 1 (2021): Maret
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35814/jimp.v1i1.2066

Abstract

Perkembangan industri perbankan di Indonesia saat ini semakin berkembang seiring dengan pesatnya perubahan teknologi, oleh karena itu sumber daya manusia yang merupakan aspek terpenting bagi perusahaan harus terlibat dalam mempertahankan eksistensi perusahaan. Sumber daya manusia harus terus meningkatkan dan mengembangkan kualitas serta potensi diri dalam melakukan pekerjaannya sebagai strategi perusahaan untuk bertahan dalam persaingan bisnis yang semakin ketat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh work-life balance dan job crafting terhadap work engagement. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif asosiatif, sebagai variabel independen yaitu work-life balance dan job crafting, sedangkan sebagai variabel dependen yaitu work engagement. Teknik pengumpulan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling, dengan mengambil sampel dari karyawan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk sebanyak 55 orang. Pengolahan dan analisis data menggunakan skala likert dan diolah menggunakan program SPSS versi 25. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa work-life balance berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap work engagement, kemudian job crafting berpengaruh positif dan signifikan terhadap work engagement, work-life balance dan job crafting secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap work engagement.
ANALISIS KEPUTUSAN PEMBELIAN DITINJAU DARI CITRA MEREK (BRAND IMAGE) DAN HARGA (PRICE) PADA MOBIL HONDA BRIO (Studi Empirik pada Pengguna Mobil Honda Brio di Pondok Indah, Jakarta Sekatan) Andriawan Doni Purnama; Supriadi Thalib; Nana Nawasiah
JIMP : Jurnal Ilmiah Manajemen Pancasila Vol 1 No 1 (2021): Maret
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35814/jimp.v1i1.2067

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh timbulnya fenomena persaingan antar merek – merek lama dan kemunculan merek baru yang meramaikan persaingan pasar mobil di Indonesia. Secara khusus, penelitian ini mengulas upaya yang dilakukan Honda untuk mempertahankan eksistensinya dengan cara membentuk dan meningkatkan citra merek sekuat mungkin, karena citra merek yang kuat dapat mendorong konsumen untuk melakukan keputusan pembelian bahkan pembelian ulang pada produk tersebut. Penelitian ini secara khusus menguji elemen – elemen lain yaitu harga. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh kedua elemen tersebut terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk mobil Honda Brio Setelah dilakukan tinjauan pustaka dan penyusunan hipotesis, data dikumpulkan melalui metode kuisioner dengan menggunakan metode non probability sampling terhadap 100 orang responden yang menggunakan mobil Honda Brio. Sedangkan populasi yang dijadikan responden dalam penelitian ini adalah masyarakat Pondok Indah, Jakarta Selatan. Kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dengan menggunakan analisis kuantitatif meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji f, serta analisis koefisien determinasi (R2) dan kualitatif yang terdiri dari interpretasi dari data – data yang diperoleh dengan memberi keterangan dan penjelasan.
ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN SUBSEKTOR INSTITUSI KEUANGAN DAN ASURANSI YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2016 – 2019 Pandu Suryana; Irma Sari Permata; Dian Riskarini
JIMP : Jurnal Ilmiah Manajemen Pancasila Vol 1 No 2 (2021): September
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35814/jimp.v1i2.2222

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kinerja keuangan antara perusahaan subsektor institusi keuangan dan asuransi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016–2019 dengan membandingkan berdasarkan rasio manajemen utang atau leverage (DAR dan DER), rasio profitabilitas (ROA dan ROE), dan rasio manajemen aset atau aktivitas (TATO). Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dan konklusif dengan teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi dan pustaka. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan kriteria perusahaan subsektor institusi keuangan dan asuransi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016–2019, yang memiliki menyediakan, dan mempublikasikan laporan keuangan. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat perbedaan signifikan kinerja keuangan pada perusahaan subsektor institusi keuangan dan asuransi berdasarkan DER dan tidak terdapat perbedaan signifikan berdasarkan DAR, ROA, ROE, dan TATO. Kata Kunci: Kinerja Keuangan, DAR, DER, ROA, ROE, dan TATO.
PENGARUH MOTIVASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI KEMENTERIAN DESA, PEMBANGUNAN DAERAH TERTINGGAL, DAN TRANSMIGRASI (KEMENDESA PDTT) Chaerani Nisa Nisa; Muhammad Prayudha Ramadhan
JIMP : Jurnal Ilmiah Manajemen Pancasila Vol 1 No 2 (2021): September
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35814/jimp.v1i2.2561

Abstract

Manajemen sumber daya manusia merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan. Manajemen sumber daya manusia yang dikelola dengan baik dan benar akan berbanding lurus dengan kinerja para karyawan di sebuah organisasi atau perusahaan. Sumber Daya Manusia merupakan faktor yang sangat penting dalam kegiatan sebuah organisasi atau perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh motivasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai di Kemendesa PDTT. Responden dalam penelitian ini adalah pegawai di Kemendesa PDTT bagian Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pengembangan Kawasan Transmigrasi (Ditjen P2KT) staff golongan I, II, dan III yang berjumlah 83 pegawai. Analisis dilakukan dengan menggunakan Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian menunujukkan bahwa motivasi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja, serta secara parsial lingkungan kerja berpengaruh signifikan juga terhadap kinerja. Hasil penelitian juga menunjukkan motivasi dan lingkungan kerja secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja. Variabel motivasi memiliki pengaruh yang dominan terhadap kinerja pegawai di Kemendesa PDTT.
PENGARUH PROFITABILITAS, STRUKTUR MODAL, DAN KEPUTUSAN INVESTASI TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Kasus pada Perusahaan Telekomunikasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2014-2020). Julaeha; Florida Aryani; Tyahya Whisnu Hendratni
JIMP : Jurnal Ilmiah Manajemen Pancasila Vol 1 No 2 (2021): September
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35814/jimp.v1i2.2674

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pengaruh profitabilitas, struktur modal, dan keputusan investasi terhadap nilai perusahaan pada perusahaan telekomunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Data yang digunakan merupakan data sekunder. Metode yang digunakan yaitu dengan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dengan bantuan program Eview 9 untuk memperoleh gambaran secara menyeluruh mengenai hubungan antara variabel satu dengan variabel yang lain. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 4 perusahaan yang terdaftar di BEI selama 7 tahun dari 2014 – 2020 per triwulan dengan purposive sampling sebagai metode pengambilan sampel. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa variabel Return on Assets (ROA), Debt to Equity Ratio (DER), dan Price Earning Ratio (PER) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap nilai perusahaan, dengan demikian, perusahaan telekomunikasi di Bursa Efek Indonesia (BEI) dapat meningkatkan suatu nilai perusahaan dengan lebih tinggi.
PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SUPLEMEN MUSCLE FIRST Nurul Hilmiyah; David Al Ghani; Bayu Retno Widyastuti
JIMP : Jurnal Ilmiah Manajemen Pancasila Vol 1 No 2 (2021): September
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35814/jimp.v1i2.2753

Abstract

This study aims to determine the effect of price and product quality on purchasing decisions on customers of Muscle First’s fitness supplement products. This study uses a purposive sampling technique. The samples must be the costumer of Muscle First in Padang City who have already made a purchase of the product at least once. There are 100 respondents of this study. The analytical technique used in this study is descriptive analysis and multiple linear regression analysis using a software named SPSS (Statistical Package for the Social Sciences). The results of this study prove that the price variable has a positive and significant effect on purchasing decisions for Muscle First products in Padang City. The product quality variable has a positive and significant effect on purchasing decisions for the purchase of Muscle First products in the Padang City. The price and product quality variables simultaneously have a simultaneous influence on the decision to purchase Muscle First products in the Padang City.

Page 1 of 4 | Total Record : 32