cover
Contact Name
Wahyu Wary Pintoko
Contact Email
wahyuwary1@gmail.com
Phone
+6221-47868800
Journal Mail Official
lrpm@ibn.ac.id
Editorial Address
Redaksi Jurnal Komunikasi Esensi Daruna Jl. Pulomas Timur 3A, Blok A no 2, Kayu Putih, Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13210
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Komunikasi Esensi Daruna
ISSN : -     EISSN : 29641764     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Komunikasi Esensi Daruna adalah jurnal nasional berbasis penelitian yang diterbitkan oleh program studi Ilmu Komunikasi Institut Bisnis Nusantara. Kata “Daruna” diambil dari bahasa Sansekerta yang memiliki arti “Kepentingan”. Arti ini senada dengan konsep komunikasi yang sering kali melibatkan “kepentingan” dalam proses penerapannya. Artikel-artikel yang dimuat merupakan konversi hasil penelitian di bidang ilmu komunikasi baik teori maupun terapan. Jurnal ini terbit 2 (dua) kali setahun, setiap bulan Mei dan November. Artikel-artikel ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Daruna menerima artikel baik dari internal Institut Bisnis Nusantara maupun dari pihal eksternal.
Articles 40 Documents
Studi Kasus Pembunuhan Brigadir Yosua di Youtube Kompas TV Arta Elisabeth Purba
Jurnal Komunikasi Esensi Daruna Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Komunikasi Esensi Daruna
Publisher : Lembaga Riset dan Pengabdian Masyarakat Institut Bisnis Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55886/daruna.v1i1.510

Abstract

Perkembangan internet mendorong berbagai organisasi media, termasuk KompasTV untuk melakukan konvergensi dengan memanfaatkan platform kanal Youtube untuk menjangkau khalayaknya secara cepat dan masif. Pemberitaan di kanal Youtube Kompas TV selalu menyajikan informasi-informasi menarik terkini sehingga menjadi perbincangan publik. Salah satunya adalah kasus Ferdi Sambo yang menjadi perbincangan hangat sejak Juli 2022. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan model dimensi studi kasus yang berfokus pada pengembangan analisis mendalam terhadap satu kasus yaitu kasus Ferdi Sambo yang menarik perhatian publik sejak Juli 2022. Studi kasus ini bertujuan untuk mengetahui agenda setting kasus kematian Brigadir Novriansyah Yosua Hutabarat Brigadir J oleh atasannya Irjen Ferdy Sambo. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa media berpengaruh terhadap apa yang dipikirkan khalayak.
Pengaruh Karakteristik Brand Ambassador Audi Marissa Terhadap Kesadaran Merek White Story Bagi Mahasiswi S1 Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Yarsi Dani Arum Melati; Aulia Hasanah
Jurnal Komunikasi Esensi Daruna Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Komunikasi Esensi Daruna
Publisher : Lembaga Riset dan Pengabdian Masyarakat Institut Bisnis Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55886/daruna.v1i1.511

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh karakteristik brand ambassador Audi Marissa terhadap kesadaran merek White Story bagi Mahasiswi S1 Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Yarsi. Penelitian ini menggunakan Cognitive Respons Theory sebagai Grand Theory disertai dengan adanya Applied Theory berdasarkan pernyataan dari Royan Frans yang mengatakan bahwa salah satu peran utama dari brand ambassador adalah untuk meningkatkan daya tarik dari sebuah iklan sehingga merek cepat melekat di benak konsumen (awareness) dan konsumen tertarik untuk membeli merek tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan berdasarkan Rumus Slovin dengan presisi 5% didapatkan jumlah sampel sebanyak 205 responden yang mengetahui dan menggunakan produk White Story serta mengenal dan mengetahui Audi Marissa sebagai brand ambassador White Story. Teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling dengan pendekatan proportionate stratified random sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa karakteristik brand ambassador Audi Marissa berpengaruh terhadap kesadaran merek White Story. Hal ini terlihat dari uji hipotesis yang dilihat dari perbandingan antara t hitung dengan t tabel, dimana t hitung (15.409) > t tabel (0,137). Selain itu, hasil analisis koefisien regresi sebesar 0,441 yang memiliki arti bahwa setiap 1 (satu) kali kegiatan terkait karakteristik brand ambassador” Audi Marissa, maka nilai kesadaran merek White Story akan meningkat sebesar 0,441. Dari hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh 53,9%, hal ini berarti karakteristik brand ambassador Audi Marissa memberikan kontribusi sebesar 53,9% terhadap kesadaran merek White Story dan sisanya 46,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.
Mediamorfosis Dari Majalah Cetak Ke Media Online (Studi Kasus Praktik Mediamorfosis Pada Majalah Sunday) Helmi Azahari
Jurnal Komunikasi Esensi Daruna Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Komunikasi Esensi Daruna
Publisher : Lembaga Riset dan Pengabdian Masyarakat Institut Bisnis Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55886/daruna.v1i1.512

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses mediamorfosis majalah edisi cetak menjadi edisi digital. Teori yang digunakan adalah teori mediamorfosis Fidler (2003). Menurut Fidler, ada 6 prinsip dasar mediamorfosis, yakni koevolusi dan koeksistensi, metamorphosis, pewarisan, kemampuan bertahan, peluang dan kebutuhan, serta pengadopsian yang tertunda. Riset dilakukan dengan metode kualitatif dengan paradigma konstruktivis. Sebagai unit analisis dalam penelitian ini adalah Majalah Sunday, majalah gratis bulanan khusus untuk pelajar Sekolah Menengah Atas. Hasilnya, Majalah Sunday memenuhi prinsip mediamorfosis Fidler (2013), karena telah melakukan koevolusi dan koeksistensi, metamorphosis, pewarisan, kemampuan bertahan, peluang dan kebutuhan, serta pengadopsian yang tertunda. Mediamorfosis ini harus dilakukan, karena Majalah Sunday ingin tetap eksis pada saat pandemic Covid-19 melanda Indonesia.
Pembenahan Kendaraan Plat RF oleh Kepolisian dalam Bingkai Program Dua Sisi Episode ‘Plat Nomor “Dewa” Kini Tak Sakti Lagi?’ di tvOne Maasyithah Hutagalung
Jurnal Komunikasi Esensi Daruna Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Komunikasi Esensi Daruna
Publisher : Lembaga Riset dan Pengabdian Masyarakat Institut Bisnis Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55886/daruna.v1i1.513

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pembenahan kendaraan plat RF oleh kepolisian dalam bingkai program Dua Sisi episode ‘Plat Nomor “Dewa” Kini Tak Sakti Lagi?’ di tvOne. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan analisis framing Robert N. Entman. Objek penelitian ini ada program Dua Sisi tvOne episode Plat Nomor “Dewa” Kini Tak Sakti Lagi? Sumber data primer berupa video yang dibuat dalam transkrip. Sumber data sekunder adalah teori dan konsep terkait yang bersumber dari buku, jurnal, literatur, dan sumber internet. Tahapan metode penelitian diawali pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penyajian kesimpulan atau verifikasi. Kesimpulan penelitian ini menemukan tvOne program Dua Sisi episode Plat Nomor “Dewa” Kini Tak Sakti Lagi? mengarahkan dan menekankan pesan bahwa pihak kepolisian berupaya presisi membenahi kendaraan plat RF dengan menindak pelanggaran yang dilakukan oleh kendaraan plat “Dewa” berkode RF, dan menyediakan hotline pengaduan masyarakat agar menindak kendaraan plat hitam berkode RF yang menyalakan sirine dan rotator di jalan raya. Namun presisi kepolisian masih butuh perjuangan karena ulah oknum- oknum kepolisian kurang transparan dalam pemberian izin dan rekomendasi STNK/TNKB Khusus untuk plat hitam berkode RF bagi masyarakat sipil, dan mempermudah pengurusan pelanggaran oleh plat “Dewa” berkode RF.
Membangun Karakter Presenter Hotman Paris Hutapea Dalam Mengkolaborasikan Kreatif Gimmick Acara Talkshow (Studi Kasus Episode Musibah Membawa Nikmat) Radyta Achmad Burhanuddin; Bagas Amirullah Januar
Jurnal Komunikasi Esensi Daruna Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Komunikasi Esensi Daruna
Publisher : Lembaga Riset dan Pengabdian Masyarakat Institut Bisnis Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55886/daruna.v1i1.514

Abstract

Manusia pada hakekatnya adalah mahkluk sosial, yang dalam kehidupan sehari-hari tidak bisa lepas dari kegiatan interaksi dan komunikasi. Sebagai mahkluk sosial, kegiatan sehari-hari selalu berhubungan dengan orang lain dalam upaya pemenuhan kebutuhan hidup, paling tidak sejak ia dilahirkan sudah berhubungan dengan lingkungannya. Salah satu konteks komunikasi ini antara lain adalah media massa. Masyarakat kaya akan informasi melalui media massa yang menjadikan media massa sebagai salah satu kebutuhan pokok dalam kehidupan bermasyarakat. Media massa yang menyampaikan informasi secara audio dan visual adalah televisi. Salah satu televisi yang menyajikan acara atau program kreatif adalah stasiun televisi iNews. Program “Hotman Paris Show” adalah salah satu program yang ditayangkan oleh iNews dan juga menjadi program talkshow unggulan.
Pemaknaan Foto Ilustrasi Berita Online (Analisis Semiotika pada Berita Demo Bem SI Tanggal 11 April 2022 di tempo.com) Wahyu Wary Pintoko
Jurnal Komunikasi Esensi Daruna Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Komunikasi Esensi Daruna
Publisher : Lembaga Riset dan Pengabdian Masyarakat Institut Bisnis Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55886/daruna.v1i1.515

Abstract

Pada tanggal 11 April 2022, terjadi Demo BEM SI yang bertujuan menyoroti kinerja pemerintah dalam menjalankan roda pemerintahannya. Demo ini diliput oleh tempo.co kedalam berita online. Tempo.co menggunakan foto ilustrasi yang mampu membangkitkan emosi pembacanya. Penyematan foto ilustrasi dalam berita online tempo.co tentu mempunyai maksud dan tujuan. Untuk mengetahuinya foto tersebut kemudian dianalisis dan ditelaah menggunakan analisis Semiotika Charles Sander Pierce. Tanda-tanda diidentifikasi dalam ikon, indeks dan simbol kemudian dimaknai menggunakan makna universal. Hasil analisis menemukan adanya lima pesan yang dikonstruksikan. Pesan tersebut mengandung makna perlawanan, kemarahan, ajakan, serta pesimisme dan apatisme masyarakat. Tempo.co juga mengajak pemerintah agar menumbuhkan iklim demokrasi yang lebih baik di negeri ini.
Representatif Maskulinitas Chef Juna dalam Program MasterChef Indonesia Indah Fajar Rosalina; Revalina Nur Fakhriastuti
Jurnal Komunikasi Esensi Daruna Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Komunikasi Esensi Daruna
Publisher : Lembaga Riset dan Pengabdian Masyarakat Institut Bisnis Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55886/daruna.v1i1.528

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang sifat maskulinitas yang direpresentasikan oleh Juna Rorimpandey atau yang dikenal dengan Chef Juna salah satu juri pada program TV MasterChef Indonesia. Sosok Chef Juna yang memang terkenal dengan karakter tegas dan keras seolah ingin merepresentatifkan sifat kelaki- lakian dalam profesi sebagai ‘chef’ atau juru masak yang biasanya identik dengan pekerjaan perempuan. Profesi ini melihat bagaimana sebuah pandangan maskulinitas baru, dimana upaya untuk meninggalkan budaya patriarkhi yang dominan dan sekaligus beranjak ke kerangka kerja sosial yang lebih inklusif atau yang disebut sebagai pria metroseksual, konsep itu memadukan antara unsur kekuatan dan kepekaan sekaligus pada pria. Pria metroseksual juga dikatakan cenderung lebih peka dengan penampilannya. Sebab itu sosok Chef Juna yang tampan seolah merepresentasikan sebagai maskulinitas baru. Metode penelitian ini menggunakan Analisis Semiotika model Charles Sander Pierce, dengan hasil penelitian makna sign, object dan juga interpretant yang sesuai dengan kriteria atau sifat-sifat maskulinitas seperti postur tubuh tegak, tidak menggunakan barang-barang perempuan, menjadi tokoh atau seseorang yang penting, menjadi seseorang yang memiliki kekuatan, menunjukkan keberanian. termasuk ke dalam sifat- sifat maskulinitas.
Analisis Efektifitas Tayangan Televisi Terhadap Persepsi Pemirsa Pada Program Kabar Dunia Pt. Lativi Media Karya (Tvone) Heru Sudinta; Iwan Irwansyah; Ecep Suwardani Yasa
Jurnal Komunikasi Esensi Daruna Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Komunikasi Esensi Daruna
Publisher : Lembaga Riset dan Pengabdian Masyarakat Institut Bisnis Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55886/daruna.v1i1.529

Abstract

TvOne merupakan salah satu stasiun televisi swasta nasional yang terus berkembang sejak berdiri tahun 2008. Bahkan identitas tvOne di segmen televisi berita ternyata mampu menjadi ancaman bagi televisi para pendahulunya. Sebagai industri yang hidup dari jumlah pemasang iklan, tvOne dituntut untuk menyajikan Tayangan televisi berkualitas dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat. TvOne sendiri telah memperluas jangkauan siarannya yang meliputi 120 kota di Indonesia melalui 19 stasiun pemancar dengan populasi lebih dari 110 juta pemirsa, yang mewakili 72 % dari total pemirsa di Indonesia. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan persamaan regresi linier berganda menggunakan SPSS 13 for window, dengan variabel bebas 3P produk, people dan proces. Sementara yang menjadi variabel terikat adalah persepsi permirasa pada program Kabar Dunia. Populasi dalam penelitian ini adalah orang-orang yang pernah menonton atau pernah menyaksikan program Kabar Dunia, dengan jumlah sampel sebanyak 135 responden. Teknik sampling pada penelitian ini adalah purposif sampling dan snowball sampling dengan teknik pengumpulan data melalui data pengisian kuesioner pada 5 skala berisi 45 pertanyaan sebagai pengembangan dari Produk berupa kontent berita, People berupa pembawa acara dan Proses berupa penyajian Tayangan televisi berita. Hasil uji statistik menunjukan bahwa Produk dan People berpengaruh secara signifikan terhadap persepsi pemirsa program Kabar Dunia, Sementara Proses tidak berpengaruh secara signifikan terhadap persepsi pemirsa program Kabar Dunia. Urutan tingkat signifikansi masing- masing variabel terhadap persepsi pemirsa pada program Kabar Dunia adalah, Produk, People, dan process.
Penyelewengan Dana Donasi ACT dalam Bingkai KompasTV Indah Fajar Rosalina; Nabilah Nurlaely
Jurnal Komunikasi Esensi Daruna Vol 2 No 1 (2023): Jurnal Komunikasi Esensi Daruna
Publisher : Lembaga Riset dan Pengabdian Masyarakat Institut Bisnis Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55886/daruna.v2i1.612

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang framing Kompas TV dalam Program Aiman episode Taktik ACT Meraup Donasi. Aksi Cepat Tanggap (ACT) merupakan lembaga filantropi terbesar di Indonesia, yang menjadi perbincangan khalayak pada awal Juli 2022 lalu karena dugaan penyelewengan dana donasi para jajaran direksinya yang bergaji ratusan per bulan. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif dengan menggunakan analisis framing model Robert N. Entman pada Kompas TV yang terdiri dari empat perangkat framing yaitu define problem, Diagnose causes, Make moral judgement dan Treatment recommendation. Hasil penelitian diperoleh bahwa framing Kompas TV, mendefinisikan masalah ini sebagai masalahlembaga filantropi yang meraup keuntangan dari belas kasihan masyarakat Indonesiayang penyebab masalahnya disebabkan untuk menggaji petinggi dan kepentingan internal ACT. Sehingga penekanan moral yang ditonjolkan dalam pandangan hukum, ACT melanggar ketentuan Peraturan Pemerintah No 29 Tahun 1980 Tentang Pelaksanaan Pengumpulan Sumbangan pasal 6 ayat 1 dan UU Yayasan No 28 Tahun 2004 pasal 5 ayat 1, dan penyelesaian permasalahan yang ditonjolkan adalah masyarakat harus lebih hati-hati bila ingin berdonasi melalui lembaga filantropi dan niat baik masyarakat jangan sampai disalahgunakan, termasuk juga pengawasan pemerintah lebih ditegakkan. This study examines the framing of Kompas TV in the Aiman ​​Program episode, ACT's Tactics of Raising Donations. Aksi Cepat Tanggap (ACT) is the largest philanthropic institution in Indonesia, which became the talk of the public in early July 2022 because of allegations of misappropriation of donations from its board of directors who are paid hundreds per month. The research method uses descriptive qualitative using the Robert N. Entman framing analysis model on Kompas TV which consists of four framing tools, namely define problems, diagnose causes, make moral judgments and treatment recommendations. The research results show that Kompas TV's framing defines this problem as the problem of a philanthropic institution that benefits from the compassion of the Indonesian people whose cause of the problem is to pay for high-ranking officials and ACT's internal interests. So that the moral emphasis is highlighted from a legal point of view, ACT violates the provisions of Government Regulation No. 29 of 1980 Concerning the Implementation of Contribution Collection article 6 paragraph 1 and Foundation Law No. 28 of 2004 article 5 paragraph 1, and the solution to the problem that is highlighted is that the community must be more careful if you want to donate through philanthropic institutions and the good intentions of the community, don't abuse it, including that government supervision is more enforced.
Pengaruh Kualitas Pelayanan Customer Service KSPPS BMT Masjid Al-Azhar Terhadap Kepuasan Nasabah di Jakarta Aulia Hasanah
Jurnal Komunikasi Esensi Daruna Vol 2 No 1 (2023): Jurnal Komunikasi Esensi Daruna
Publisher : Lembaga Riset dan Pengabdian Masyarakat Institut Bisnis Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55886/daruna.v2i1.619

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh kualitas pelayanan customer service KSPPS BMT Masjid Al-Azhar terhadap kepuasan nasabah di Jakarta. Penelitian ini menggunakan Behaviorism Theory dari John B. Watson sebagai Grand Theory dan Applied Theory yang digunakan berdasarkan pernyataan dari Bowen & Chen, 2001; Cronin & Taylor, 1992; Parasuraman, Zeithaml, & Berry, 1985). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan jumlah sampel sebesar 99 orang nasabah KSPPS BMT Masjid Al-Azhar di Jakarta berdasarkan Rumus Slovin dengan presisi 10%. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan pendekatan accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah berdasarkan hasil uji hipotesis dengan membandingkan nilai t-hitung dengan t-tabel, yaitu nilai t-hitung (22.913) > t-tabel (1,290161). Di sisi lain, hail uji korelasi menunjukkan bahwa rhitung > rtabel = 0,919 > 0.1975. Hasil analisis tersebut menjelaskan bahwa Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah menunjukkan adanya hubungan yang sangat kuat. Adapun nilai koefisien regresi sebesar 0.805, berarti setiap kali ada aktivitas kualitas pelayanan, maka kepuasan pelanggan akan meningkat sebesar 0.805. Nilai uji determinasi sebesar 84.4%, yang berarti bahwa kualitas pelayanan memiliki kontribusi sebesar 84.4% terhadap kepuasan nasabah dan sisanya 15.6% dipengaruhi oleh faktor lain. The purpose of the study is to get information is there any impact of service quality on KSPPS BMT Masjid Al-Azhar on customer satisfaction. The study uses Behaviorism Theory by John B. Watson, as Grand Theory and Applied Theory by Bowen & Chen, 2001; Cronin & Taylor, 1992; Parasuraman, Zeithaml, & Berry, 1985). The study uses quantitative method and based on Slovin Formula with 10% precision, the study has 99 samples, all the samples are the customers of KSPPS BMT Masjid Al-Azhar in Jakarta. This study uses nonprobability sampling with accidental sampling’s approach. The results show that service quality have an impact on customer satisfaction based on the results of hypothesis testing that compare between t-value with t-table. The hypothesis testing shows that t-value (22.913) > t-table (1,290161). Furthermore, the correlation test result is 0,919 > 0.1975, can be explained that Service Quality and Customer Satisfaction have very strong correlation. The regression coefficient result is 0.805, has the meaning that every one time of service quality activity, so the customer satisfaction score will increase 0.805 point. From the determination test, has 84.4%, and the meaning is service quality of customer service give 84.4% contribution toward customer satisfaction and the rests, 15.6% is influenced by others factors.

Page 1 of 4 | Total Record : 40