cover
Contact Name
Buyung Solihin Hasugian
Contact Email
emanis@dharmawangsa.ac.id
Phone
+6281376767017
Journal Mail Official
emanis@dharmawangsa.ac.id
Editorial Address
Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Journal Economic Management and Business
ISSN : 2985525X     EISSN : 29855241     DOI : DOI: https://doi.org/10.46576/jfeb.v2i1
Core Subject : Economy, Education,
Journal Economic Management and Business adalah Jurnal Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang ditertbitkan dan dikelola oleh Universitas Dharmawangsa. Jurnal ini diharapakan dapat menjadi alat informasi dan sosialisasi mengenai hasil-hasil pengabdian dari seluruh civitas akademika tentang berbagai macam inovasi dan solusi-solusi dalam berbagai persoalan dalam masyarakat. Artikel yang dimuat dalam Emanis meliputi hasil-hasil penelitian yang memiliki ruang lingkupnya: 1. Manajemen Sumber Daya Manusia 2. Manajemen Pemasaran 3. Manajemen Operasional 4. Manajemen Keuangan Syariah 5. Manajemen Perbankan syariah 6. Kewirausahaan 7. Manajemen organisasi 8. Manajemen keuangan
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2022)" : 10 Documents clear
PENGARUH PELAKSANAAN PROGRAM PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN SERTA KARAKTERISTIK INDIVIDU TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN KABUPATEN DELI SERDANG Wiwik Astriani; Rukmini Rukmini
Journal Economic Management and Business Vol 1, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Dharmawangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46576/jfeb.v1i2.2842

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh  pelaksanaan program pelatihan dan pengembangan serta karakteristik individu terhadap kinerja pegawai pada Dinas perindustrian dan perdagangan Kabupaten Deli Serdang. Metode penelitian ini menggunakan data deskriptif dan kuantitatif. Sampel penelitian ini 100 responden pegawai Dinas perindustrian dan perdagangan Kabupaten Deli Serdang. Hasil penelitian ini diperoleh dari persamaan regresi berganda Y = 7,690+ 0,605 X1+ 0,443 X2 + e. Hasil   uji parsial (uji t) pelaksanaan program pelatihan dan pengembangan terhadap kinerja pegawai pada Dinas perindustrian dan perdagangan Kabupaten Deli Serdang diperoleh nilai t hitung 6,329= >1,66 dan probabilitas 0,00 pada tingkat signifikansi 5%, maka secara parsial pelaksanaan program pelatihan dan pengembangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada Dinas perindustrian dan perdagangan Kabupaten Deli Serdang dan hasil uji t karakteristik individu kinerja pegawai pada Dinas perindustrian dan perdagangan Kabupaten Deli Serdang diperoleh nilai thitung= 4.207>1,66 dan probabilitas 0,00 pada tingkat signifikansi 5%, maka secara parsial pelaksanaan program pelatihan dan pengembangan terhadap kinerja pegawai berdampak positif pada Dinas perindustrian dan perdagangan Kabupaten Deli Serdang. Hasil uji F diperoleh F hitung> F tabel (59,988>2,70)dengan tingkat probability (0,00<0,05). Maka pelaksanaan program pelatihan dan pengembangan serta karakteristik individu secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai pada Dinas perindustrian dan perdagangan Kabupaten Deli Serdang. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,553 artinya pelaksanaan program pelatihan dan pengembangan terhadap kinerja pegawai pada Dinas perindustrian dan perdagangan Kabupaten Deli Serdang Sebesar 53,3% dan sisanya 44,7% dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian.
PENGARUH MINAT KONSUMEN DAN SPESIFIKASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PADA PT. CAHAYA PRIMA LESTARI ABADI MEDAN Dwi Fany Novita; Rani Rahim
Journal Economic Management and Business Vol 1, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Dharmawangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46576/jfeb.v1i2.2835

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Pengaruh Minat Konsumen dan Spesifikasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada PT. Cahaya prima Lestari Abadi di Medan, jenis penelitian kuantitatif dengan mengunakan data sekunder, teknik analisis data yang digunakan adalah dengan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan uji t, variabel minat konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung sebesar 2,124 > ttabel 1,994 dengan tingkat signifikansi 0,037. Variabel spesifikasi produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung 7,49 > ttabel 1,994 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000. Berdasarkan uji F, variabel independen yaitu minat konsumen dan spesifikasi produk secara bersama-sama mempengaruhi variabel dependen yaitu keputusan pembelian dengan nilai fhitung 377.324 > ftabel 3,13 dengan tingkat signifikansi 0,000. Nilai R square (R2) dalam penelitian ini diperoleh sebesar 0.917 atau 91,7%. Hal ini berarti bahwa variabel dependen keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel Independen minat konsumen dan spesifikasi produk sebesar 91,2% sedangkan sisanya yaitu sebesar 8,3% dijelaskan oleh variabel lain di luar variabel penelitian yang digunakan.
PENGARUH PERILAKU KONSUMEN DAN PERUBAHAN PASAR TERHADAP TINGKAT PENJUALAN WULING DI PT ARISTA JAYA LESTARI CABANG SM RAJA MEDAN Felix Widianto; Muhammad Amri Nasution
Journal Economic Management and Business Vol 1, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Dharmawangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46576/jfeb.v1i2.2837

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perilaku konsumen terhadap tingkat penjualan, mengetahui pengaruh perubahan pasar terhadap tingkat penjualan dan untuk mengetahui pengaruh perilaku konsumen dan perubahan pasar secara simultan terhadap tingkat penjualan di Wuling Motors cabang SM Raja Medan. Penelitian  dilakukan di PT Arista Jaya Lestari cabang SM Raja Medan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner yang diberikan kepada konsumen Wuling di PT Arista Jaya Lestari cabang SM Raja Medan pada periode 2018-2020 sebanyak 110 orang. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa perilaku konsumen tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tingkat penjualan. Sementara itu, perubahan pasar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tingkat penjualan. Selanjutnya  dapat diketahui bahwa strategi penjualan yang diterapkan belum maksimal dan tidak fokus terhadap perubahan pasar. Berdasarkan uji F dapat ditarik kesimpulan bahwa F hitung > dari F tabel, yang berarti perilaku konsumen dan perubahan pasar secara simultan (bersama-sama) berpengaruh terhadap tingkat penjualan sebesar  94,2%, dan 5,8% .
PENGARUH EXPIRED DATE DAN TEKSTUR PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DI PT. LESTARI ALAM SEGAR KAWASAN IINDUSTRI MEDAN (KIM) II MEDAN Halima Tussa` Diah; Ahmad Taufiq
Journal Economic Management and Business Vol 1, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Dharmawangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46576/jfeb.v1i2.2838

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh expired date terhadap keputusan pembelian produk di PT. Lestari Alam Segar KIM II Medan. Adapun teknik pengumpulan data adalah dengan wawancara, observasi dan kuesioner (angket), sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi linear berganda. Adapun kesimpulan dalam penelitian ini yaitu ada pengaruh expired date secara parsial terhadap keputusan pembelian produk PT. Lestari Alam Segar KIM II Medan. Selain itu ada pengaruh tekstur produk secara parsial terhadap keputusan pembelian produk PT. Lestari Alam Segar Di KIM II Medan. Selanjutnya ada pengaruh expired date dan tekstur produk secara simultan terhadap keputusan pembelian produk PT. Lestari Alam Segar Di KIM II Medan.
PENGARUH DISPLAY (PAJANGAN) DAN KEMASAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK COCA COLA PADA PT. COCA COLA AMATIL MEDAN PLANT Adhis Audrylla Alwis; Muhammad Asnawi
Journal Economic Management and Business Vol 1, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Dharmawangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46576/jfeb.v1i2.2832

Abstract

Penelitian ini dilakukan di PT. Coca Cola Amatil Medan Plant bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Display (pajangan) dan kemasan terhadap keputusan pembelian produk Coca cola. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 100 orang dan sampel penelitian sebanyak 100 orang. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder yang diperoleh dari wawancara kepada pihak perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel display (pajangan) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Coca Cola pada PT. Coca Cola Amatil Medan Plant. Pada variabel kemasan tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Coca cola pada PT. Coca Cola Amatil Medan Plant. Secara simultan, berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel display (pajangan) dan kemasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Coca cola pada PT. Coca Cola Amatil Medan Plant sebesar 22% sedangkan sisanya sebesar 78% dapat dijelaskan oleh variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
PENGARUH OVER TIME DAN PENGEMBANGAN KARIR TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. SOCFIN INDONESIA MEDAN Febby Mumtaza; Basariah Basariah; Mierna Zulkarnaen
Journal Economic Management and Business Vol 1, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Dharmawangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46576/jfeb.v1i2.2983

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh over time dan pengembangan karir terhadap kinerja karyawan Pada PT. SOCFIN INDONESIA Medan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah seluruh karyawan tetap pada PT. Socfin Indonesia Medan yang berjumlah 190 orang. Sampel penelitian ini adalah karyawan sebenyak 66 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis linear berganda dengan menggunakan program SPSS 24. Hasil penelitian menunjukan bahwa over time thitung 2,369 > ttabel 1,669 pada signifikan 0,021 < 0,05 dalam arti Ha diterima Ho ditolak maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan over time terhadap kinerja karyawan dan pengembangan karir memiliki thitung 3,784 > ttabel 1,669 pada signifikan 0,000 < 0,05 dalam arti Ha diterima Ho ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pengembangan karir terhadap kinerja karyawan, sedangkan secara bersama-sama over time dan pengembangan karir Fhitung 11,086 > dari Ftabel 3,14 dengan signifikan 0,000 < dari 0,05 yang berarti over time dan pengembangan karir secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. SOCFIN INDONESIA Medan.
PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT. INDAH SAKTI MOTORINDO MEDAN Jessisca Jessisca; Umar Hamdan
Journal Economic Management and Business Vol 1, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Dharmawangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46576/jfeb.v1i2.2840

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Produk (X1) dan Harga (X2) terhadap Keputusan Pembelian (Y) pada PT. Indah Sakti Motorindo Medan secara simultan dan parsial. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, sumber data penelitian berupa data primer dan sekunder. Populasi penelitian ini adalah pelanggan PT. Indah Sakti Motorindo Medan dari Bulan Juli 2020 – Juli 2022 yakni sebanyak 30 pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode sampling jenuh dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel penelitian. Pengumpulan data dalam penelitian dengan metode kuesioner, observasi dan penelitian kepustakaan. Metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dan metode analisis regresi linier berganda yang menggunakan aplikasi SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variable kualitas produk (X1) dan harga (X2) berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Secara simultan diperoleh bahwa variable kualitas produk (X1) dan harga (X2) berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Nilai R square, 0,649 berarti variasi keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh kualitas produk dan harga sebesar 64,9%, sedangkan sisanya 35,1% dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini ini.
PENGARUH INFORMASI PRODUK DAN PACKING DESAIN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PADA PT. FRISIAN FLAG INDONESIA CABANG MEDAN Amelia Jihan Pradita Ritonga; Al Firah
Journal Economic Management and Business Vol 1, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Dharmawangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46576/jfeb.v1i2.2833

Abstract

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh informasi produk terhadap keputusan pembelian produk, untuk mengetahui pengaruh packing desain terhadap keputusan pembelian produk dan untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh informasi produk dan packing desain secara simultan terhadap keputusan pembelian produk pada PT. Frisian Flag Indonesia Cabang Medan. Sampel pada penelitian ini sebanyak 84 orang konsumen yang membeli produk susu PT. Frisian Flag Indonesia Cabang Medan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini yaitu dengan wawancara, observai dan kuesioner, sedangkan teknik analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Ada pengaruh informasi produk secara parsial terhadap keputusan pembelian produk PT. Frisian Flag Indonesia Cabang Medan. Ada pengaruh packing desain secara parsial terhadap keputusan pembelian produk. Ada pengaruh informasi produk dan packing desain secara simultan terhadap keputusan pembelian produk PT. Frisian Flag Indonesia Cabang Medan.
PENGARUH KAREKTERISTIK PEKERJAAN DAN BUDAYA KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI KECAMATAN SERBA JADI KABUPATEN SERDANG BEDAGAI Linda Hartaulina Lingga; Mutawaqil Bilah Tumanggor
Journal Economic Management and Business Vol 1, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Dharmawangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46576/jfeb.v1i2.2841

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh  karekteristik pekerjaan dan budaya kerja terhadap kepuasan kerja pegawai Kecamatan Serba Jadi Kabupaten Serdang Bedagai. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif, bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Populasi penelitian ini sebanyak 40 orang pegawai menggunakan teknik sampling jenuh menggunakan seluruh populasi dijadikan sampel yaitu sebanyak 40 orang pegawai. Hasil uji F menunjukkan nilai f hitung 25.637, nilai sig 0,000 > 0,05 dan nilai F hitung 25.637 > F tabel 3.25 hal disimpulkan bahwa variabel independen X1, dan X2 secara simultan berpengaruh terhadap variabel dependen Y. Hasil uji koefisien determinasi nilai Adjusted R square sebesar 0.558 atau sebesar 58.8%. Pengaruh karakteristik pekerjaan dan budaya kerja terhadap kepuasan kerja sebesar 55.8%, sisanya sebesar 44.2% faktor lain diluar variavel penelitian.
ANALISIS MEKANISME DAN PROSEDUR AKUNTABILITAS KEUANGAN DALAM BELANJA MODAL PADA DINAS SUMBER DAYA AIR, CIPTA KARYA DAN TATA RUANG PROVINSI SUMATERA UTARA Ardi Pramana Hasibuan; Sahnan Rangkuti
Journal Economic Management and Business Vol 1, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Dharmawangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46576/jfeb.v1i2.2834

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui permasalahan yang terjadi dalam proses mekanisme dan prosedur akuntabilitas keuangan dalam belanja modal serta solusi cara mengatasi permasalahan tersebut yang dilaksanakan pada Dinas Sumber Daya Air, Cipta Karya dan Tata Ruang Provinsi Sumatera Utara.Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif untuk menggambarkan mekanisme dan prosedur akuntabilitas dalam belanja modal pada Dinas Sumber Daya Air, Cipta Karya dan Tata Ruang Provinsi Sumatera Utara. Sumber data yang digunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis data model interaktif. Hasil penelitian ini adalah penerapan program Simda Keuangan tidak berjalan lancar disebabkan hal seperti sarana dan prasarana yang belum memadai serta pemahaman SDM yang belum optimal. Pengelolaan keuangan masih mengalami beberapa permasalahan yaitu pelatihan yang belum merata, SDM dengan keahlian akuntansi belum memadai. Hasil laporan realisasi belanja modal yang dihasilkan Simda Keuangan pada Dinas Sumber Daya Air, Cipta Karya dan Tata Ruang Provsu belum terinci namun ketepatan dalam menggunakan aplikasi Simda Keuangan dan keterampilan dalam problem solving dan pelaporan manual yang dilakukan pada Dinas Sumber Daya Air, Cipta Karya dan Tata Ruang Provinsi Sumatera Utara berjalan dengan cukup baik

Page 1 of 1 | Total Record : 10