cover
Contact Name
Kamaruddin
Contact Email
jeko.prioritas@gmail.com
Phone
+6281241088234
Journal Mail Official
jeko.prioritas@gmail.com
Editorial Address
Kampus STIM LPI Makassar Jl. Bung No. 32 Tamalanrea, Makassar, Sulawesi Selatan - 90245
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Ekonomi Prioritas (JEKO)
Published by STIM LPI Makassar
ISSN : 3024     EISSN : 9724     DOI : -
Jurnal Ekonomi Prioritas (JEKO) e-ISSN 3024-9724 yang dikelola dan diterbitkan oleh STIM LPI Makassar. JEKO sebagai media komunikasi dari berbagai kalangan yang memuat informasi hasil penelitian dan pemikiran konseptual di bidang Ekonomi, ilmu manajemen dan ilmu terkait lainnya. Untuk itu redaksi menerima naskah berupa hasil penelitian lapangan, penelitian kepustakaan, pengamatan ataupun pendapat atas suatu masalah yang timbul dalam kaitannya dengan perkembangan dunia ekonomi, manajemen dan terkait lainya dengan frekuensi terbitan 4 (empat) kali dalam setahun, yaitu bulan Januari, Maret, Juli, dan Oktober.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2022)" : 5 Documents clear
STRATEGI PEMASARAN DALAM PENGEMBANGAN USAHA KOPERASI UNIT BAJOE DI KABUPATEN BONE Andi Irfan
Jurnal Ekonomi Prioritas Vol. 2 No. 1 (2022)
Publisher : STIM LPI Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Program perencanaan dan kebijaksanaan pemasaran tidak terlepas dari adanya orientasi dari konsumen mempunyai suatu bagian yang bertugas mengumpulkan data dengan konsumen, suatu penelitian yang berusaha untuk mengerti tentang sesuatu dari konsumen, suatu bagian penelitaian yang berusaha untuk mengerti tentang sesuatu dari konsumen, suatu bagian yang mengumpulkan informasi dari luar, bahkan ada pula yang mempunyai suatu bagian yang mengumpulkan data agar benar dapat mengetahui apa kemauan pasar, apa yang diiingini konsumen, dan bagaimana cara menguasainya, demi kesenangan, kenikmatan, dan kepuasan konsumen. Koperasi unit desa (KUD) Bajoe yang orientasinya pada pemasaran memadukan segala aspeknya paa stuasi pasar yang ada diwilayah Kecamatan Tanete Riattang Timur. Tiap-tiap bagian KUD Bajoe harus mengerti bahwa kegatan-kegiatannya itu pada hakekatnya diharapkan pada satu orientasi yaitu pasar, konsumen, pemakai atau pembeli, oleh sebab itu KUD Bajoe berorientasi pada pemasaran, melakukan apa yang disebutnya pemasarannya terpadu.Karena adanya berbagai orientasi perusahaan atau koperasi,ada berbagai pikiran atau konsep tentang pemasaran. Hal ini tergantung pada orientasi, falsafah atau tujuan perusahaan / koperasi. Kata Kunci: Konsep penjualan, Marketing pemasaran, dan Titik tolak marketing pemsaran
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS MELALUI KEPUASAN PELANGGAN ROTI MAROS SANGGALEA DI MAROS.pdf Andi Hendra Syam
Jurnal Ekonomi Prioritas Vol. 2 No. 1 (2022)
Publisher : STIM LPI Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan dan loyalitas terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian ini juga menguji pengaruh pemediasi loyalitas pelanggan terhadap hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pelanggan. Responden penelitian ini 75 orang pelanggan Roti Maros Sanggalea Di Maros , dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode survei dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Seluruh hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan Analisis Regresi Bertingkat (Hierarchical Regression Analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Selain itu, kualitas pelayanan juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, dan loyalitas pelanggan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hasil penelitian ini menemukan bukti bahwa loyalitas pelanggan memediasi hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pelanggan. Namun, secara statistik variabel loyalitas pelanggan terbukti hanya memediasi sebagian (partially-mediated).
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA PT LION MENTARI AIRLINES.pdf KAMARUDDIN
Jurnal Ekonomi Prioritas Vol. 2 No. 1 (2022)
Publisher : STIM LPI Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Kepemimpinan (leadership) dapat dikatakan sebagai cara dari seorang pemimpin (leader), dalam mengarahkan, mendorong, dan mengatur semua unsur-unsur didalam suatu organisasi untuk mewujudkan suatu tujuan yang akan dicapai, sehingga menghasilkan kinerja pegawai yang maksimal. Untuk meraih tujuan tersebut harus di upayakan bagaimana cara seorang pemimpin dapat memberikan dorongan semangat kerja kepada karyawan, agar sasaran maupun tujuan yang di rencanakan secara bersama dapat mencapai target. Selain itu, pemimpin dapat memberikan promosi jabatan bagi karyawan yang berprestasi agar, terciptanya kepuasan kerja karyawan. Dengan memberikan kompensasi, karyawan akan memiliki kepuasan kerja maupun semangat kerja yang tinggi untuk mencapai suatu target. Kepuasan kerja adalah keadaan emosional karyawan di mana terjadi atau pun tidak terjadi titik temu antara nilai balas jasa kerja karyawan dari perusahaan/organisasi dengan tingkat nilai balas jasa yang memang diinginkan oleh karyawan yang bersangkutan. Penelitian dilakukan pada PT. Lion Mentari Airlines. Dalam melakukan penelitian penulis menggunakan metode analisa regresi berganda dan menggunakan koefisien determinasi uji F dan uji T untuk melakukan pengujian hipotesis. Data yang dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan kepada 50 responden karyawan PT. Lion Mentari Airlines. Dari ketiga variabel independen yang diuji secara individual, tipe kepemimpinan yang paling dominan dalam mempengaruhi kepuasan kerja karyawan adalah tipe pemimpin Otoriter (X2).
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE “SAMSUNG” Oktovianus Sauw
Jurnal Ekonomi Prioritas Vol. 2 No. 1 (2022)
Publisher : STIM LPI Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian terhadap smartphone Samsung di kalangan mahasiswa khsusnya pada STIM-LPI Makassar. Ketertarikan penelitian terhadap produk ini semata-mata karena merek tersebut merupakan merek yang cukup terkenal dan menguasai pangsa pasar beberapa tahun belakangan ini. Peralatan analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda, di mana alat analisis ini mampu untuk mengukur seberapa besar pengaruh variabel independen terhadap variable dependen serta dapat mengetahui tingkat signifikasi keterkaitan antara variabel independen dan dependen secara bersama-sama maupun secara parsial. Data sampel sebanyak 114 orang mahasiswa yang tersebar pada tingkatan perkuliahan (semester), dengan mengambil data melalui kusioner penelitian. Variabel independen pada penelitian ini adalah ; Kualitas produk (X1), citra merek (X2) dankualitas layanan (X3) serta variabel dependen adalah keputusan pembelian (Y). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan variabel independen terhadap variabel dependen (keputusan pembelian) dengan pengukuran pda tingkat signifikasi α = 5 % tau (0,05).
EFEKTIVITAS PELAYANAN PERIZINAN SIUP KANTOR PELAYANAN ADMINISTRASI PERIZINAN (KPAP) KOTA MAKASSAR Azhary Ismail
Jurnal Ekonomi Prioritas Vol. 2 No. 1 (2022)
Publisher : STIM LPI Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengatahui efektivitas pelayanan SIUP pada Kantor Pelayanan Administrasi Perizinan (KPAP) Kota Makassar hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas pelayanan perijinan SIUP dan KPAP Kota Makassar berdasarkan penilaian terhadap kehandalan, daya tanggap, jaminan dan bukti langsung dinilai cukup efektif. Terdapat empat factor yang berpengaruh dalam pencapain efektivitas pelayanan, yaitu struktu organisasi dan teknologi, sifat pegawai dan keahlian, lingkungan internal dan eksternal, dan kebijakan dan praktek manajerial dinilai cukup efektif. Jumlah tenaga kerja pada KPAP sudah seimbang dengan jumlah pemohon yang dating mengurus perijinan cukup baik. Hal tersebut dapat dilihat dari jumlah peningkatan masyarakat yang mengurus perijinan dari tahun 2007-2011 meningkat dan KPAP sudah menggunakan teknologi elektronik serta lay out ruangan yang bersih dan sejuk. Penilaian belum maksimal karena masih lamanya waktu penyelesaian berkas, mahalnya biaya yang harus dibayarkan dan kurang jelasnya prosedur yang harus dilalui untuk mengurus perijinan pada KPAP Kota Makassar.

Page 1 of 1 | Total Record : 5