cover
Contact Name
Kamaruddin
Contact Email
jeko.prioritas@gmail.com
Phone
+6281241088234
Journal Mail Official
jeko.prioritas@gmail.com
Editorial Address
Kampus STIM LPI Makassar Jl. Bung No. 32 Tamalanrea, Makassar, Sulawesi Selatan - 90245
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Ekonomi Prioritas (JEKO)
Published by STIM LPI Makassar
ISSN : 3024     EISSN : 9724     DOI : -
Jurnal Ekonomi Prioritas (JEKO) e-ISSN 3024-9724 yang dikelola dan diterbitkan oleh STIM LPI Makassar. JEKO sebagai media komunikasi dari berbagai kalangan yang memuat informasi hasil penelitian dan pemikiran konseptual di bidang Ekonomi, ilmu manajemen dan ilmu terkait lainnya. Untuk itu redaksi menerima naskah berupa hasil penelitian lapangan, penelitian kepustakaan, pengamatan ataupun pendapat atas suatu masalah yang timbul dalam kaitannya dengan perkembangan dunia ekonomi, manajemen dan terkait lainya dengan frekuensi terbitan 4 (empat) kali dalam setahun, yaitu bulan Januari, Maret, Juli, dan Oktober.
Articles 46 Documents
PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN BEROBAT DI RUMAH SAKIT BERSALIN PERMATA HATI TAMALANREA MAKASSAR Andi Irfan; Abdullah Abdullah
Jurnal Ekonomi Prioritas Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : STIM LPI Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pasien berobat di Rumah Sakit Bersalin Permata Hati. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan melakukan wawancara, kuesioner, dan studi keperpustakaan. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis dengan menggunakan regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan memberikan pengaruh positif terhadap kepuasan pasien. Simpulan dari dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh signifikan antara kualitas layanan terhadap kepuasan pasien berobat di Rumah Sakit Permata Hati sebesar 28,4% dengan nilai koefisien korelasi 0,533.
PENGARUH STRATEGI PEMASARAN RUMAH TERHADAP PENIGKATAN VOLUME PENJUALAN PADA PT. GIARTO AUDRY CEMERLANG Andi Irwan; Pra Gemini
Jurnal Ekonomi Prioritas Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : STIM LPI Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

 Penelitian ini berjudul “ Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Pada PT. Giarto Audry Cemerlang”. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu seberapa pengaruhnya Strategi Pemasaran Terhadap Volume Penjualan. Penelitian ini dilakukan pada PT. Giarto Audry Cemerlang di Akhir Bulan agustus sampai dengan akhir bulan Oktober . Pengambilan sampel dalam penelitian ini digunakan sebanyak 30 responden, teknik pengumpulan datanya adalah dengan melalui kuesioner yang dibagikan kepada responden, adapun variable penelitian adalah Strategi Pemasaran (X), Volume Penjualan (Y). Penelitian ini menggunakan Pengaruh deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, dan untuk menguji dan data diolah dengan Pengaruh Regresi Linear Sederhana. Pengujian Hipotesis menggunakan Uji t dengan taraf signifikansi 5%. Penelitian ini menggunakan alat bantu SPSS Versi 25. Dari hasil Pengaruh regresi linear sederhana menunjukkan bahwa Volume Penjualan di pengaruhi oleh variable Strategi Pemasaran. Hasil Determinasi (R2) menggunakan nilai adjusted r square, karena menggunakan regresi dengan satu variabel terikat. Yaitu sebesar 0.58, yang artinya variable Strategi Pemasaran mampu menjelaskan Volume Penjualan sebesar 58% sementara sisanya 42% dipengaruhi oleh faktor variabel lain yang tidak diteliti. Dari hasil perhitungan Uji t dapat dilihat bahwa variabel Strategi Pemasaran secara Parsia berpengaruh terhadap Volume Penjualan. 
ANALISIS PROSEDUR PENYALURAN KREDIT PEMILIKAN RUMAH SUBSIDI PADA PT. BANK TABUNGAN NEGARA KCP WATAMPONE
Jurnal Ekonomi Prioritas Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : STIM LPI Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

 Penelitian dilakukan pada PT.Bank Tabungan Negara KCP Watampone. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah mengenai analisis prosedure pemberian kredit pemilikan rumah atau KPR. Masalah penelitian adalah penyaluran kredit terhadap kepemilikan rumah subsidi pada PT.Bank Tabungan Negara KCP Watampone sudah sesuai dengan prosedure yang diterapkan.Tujuan Penelitian Untuk mengetahui apakah Analisis Prosedure Penyaluran Kredit Terhadap Kepemilikan Rumah Subsidi pada PT.Bank Tabungan Negara KCP Watampone telah efektif.Prosedure-prosedure penyaluran kredit agunan rumah subsidi pada PT.Bank BTN di Bone mempermudah masyarakat untuk mendapatkan pembiayaan rumah dengan bunga yang rendah dan melakukan kerja sama dengan berbagai developer perumahan di sekitar kota Bone.  
PENGARUH PRESTASI KERJA KARYAWAN TERHADAP PROMOSI JABATAN PT BANK SULSELBAR CABANG MAKASSAR
Jurnal Ekonomi Prioritas Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : STIM LPI Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi karyawan dan penilaian prestasi kerja terhadap promosi jabatan pada PT Bank Sulselbar Cabang Makassar.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan melakukan wawancara, kuesioner, dan studi keperpustakaan. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis dengan menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Prestasi Kerja berpengaruh terhadap Promosi Jabatan pada PT Bank Sulselbar Cabang Makassar dan sisanya dipengaruhi oleh variable lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
PENGARUH PROMOSI DAN OUTLET PENJUALAN TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN KARTU PERDANA PADA PT. XL MITRA ABADI UTAMA DI KOTA MAKASSAR Pahmi Pahmi; Mahmud Mahmud
Jurnal Ekonomi Prioritas Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : STIM LPI Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk "Pengaruh Promosi dan Outlet Penjualan terhadap Peningkatan Pendapatan Kartu Perdana pada PT. XL Mitra Abadi Utama di Kota Makassar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan melakukan wawancara, kuesioner, dan studi keperpustakaan. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis dengan menggunakan regresi linier bergandaa. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa variabel independen yang memiliki pengaruh dominan dan signifikan terhadap peningkatan pendapatan pada PT. XL Mitra Abadi Utama Makassar adalah promosi penjualan (X1) sesuai dengan nilai B yaitu 0.842, dengan demikian hipotesis kedua diterima yang berarti bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yang menunjukkan bahwa penerapan promosi penjualan menentukan peningkatan pendapatan perusahaan atas penjualan kartu perdana XL
ANALISIS PENEMPATAN KERJA DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) MAKASSAR
Jurnal Ekonomi Prioritas Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : STIM LPI Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

 Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui kesesuaian kebijakan penempatan karyawan di Perusahaan Daerah Air Minum yang meliputi pendidikan dan pelatihan kerja, pengalaman kerja, minat dan bakat, temperamen karyawan, dan kondisi fisik karyawan terhadap kebijakan penempatan dalam perusahaan Variabel penelitian terdiri dari dua, yaitu variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y). Variabel bebas berupa penempatan karyawan, di mana parameternya berupa diklat, pengalaman kerja, minat dan bakat, temperamen karyawan, dan kondisi fisik, sedangkan variabel terikat dalam hal ini adalah prestasi kerja karyawan PDAM Kota Makassar.
STRATEGI PEMASARAN DALAM PENGEMBANGAN USAHA KOPERASI UNIT BAJOE DI KABUPATEN BONE Andi Irfan
Jurnal Ekonomi Prioritas Vol. 2 No. 1 (2022)
Publisher : STIM LPI Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Program perencanaan dan kebijaksanaan pemasaran tidak terlepas dari adanya orientasi dari konsumen mempunyai suatu bagian yang bertugas mengumpulkan data dengan konsumen, suatu penelitian yang berusaha untuk mengerti tentang sesuatu dari konsumen, suatu bagian penelitaian yang berusaha untuk mengerti tentang sesuatu dari konsumen, suatu bagian yang mengumpulkan informasi dari luar, bahkan ada pula yang mempunyai suatu bagian yang mengumpulkan data agar benar dapat mengetahui apa kemauan pasar, apa yang diiingini konsumen, dan bagaimana cara menguasainya, demi kesenangan, kenikmatan, dan kepuasan konsumen. Koperasi unit desa (KUD) Bajoe yang orientasinya pada pemasaran memadukan segala aspeknya paa stuasi pasar yang ada diwilayah Kecamatan Tanete Riattang Timur. Tiap-tiap bagian KUD Bajoe harus mengerti bahwa kegatan-kegiatannya itu pada hakekatnya diharapkan pada satu orientasi yaitu pasar, konsumen, pemakai atau pembeli, oleh sebab itu KUD Bajoe berorientasi pada pemasaran, melakukan apa yang disebutnya pemasarannya terpadu.Karena adanya berbagai orientasi perusahaan atau koperasi,ada berbagai pikiran atau konsep tentang pemasaran. Hal ini tergantung pada orientasi, falsafah atau tujuan perusahaan / koperasi. Kata Kunci: Konsep penjualan, Marketing pemasaran, dan Titik tolak marketing pemsaran
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS MELALUI KEPUASAN PELANGGAN ROTI MAROS SANGGALEA DI MAROS.pdf Andi Hendra Syam
Jurnal Ekonomi Prioritas Vol. 2 No. 1 (2022)
Publisher : STIM LPI Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan dan loyalitas terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian ini juga menguji pengaruh pemediasi loyalitas pelanggan terhadap hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pelanggan. Responden penelitian ini 75 orang pelanggan Roti Maros Sanggalea Di Maros , dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode survei dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Seluruh hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan Analisis Regresi Bertingkat (Hierarchical Regression Analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Selain itu, kualitas pelayanan juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, dan loyalitas pelanggan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hasil penelitian ini menemukan bukti bahwa loyalitas pelanggan memediasi hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pelanggan. Namun, secara statistik variabel loyalitas pelanggan terbukti hanya memediasi sebagian (partially-mediated).
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA PT LION MENTARI AIRLINES.pdf KAMARUDDIN
Jurnal Ekonomi Prioritas Vol. 2 No. 1 (2022)
Publisher : STIM LPI Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Kepemimpinan (leadership) dapat dikatakan sebagai cara dari seorang pemimpin (leader), dalam mengarahkan, mendorong, dan mengatur semua unsur-unsur didalam suatu organisasi untuk mewujudkan suatu tujuan yang akan dicapai, sehingga menghasilkan kinerja pegawai yang maksimal. Untuk meraih tujuan tersebut harus di upayakan bagaimana cara seorang pemimpin dapat memberikan dorongan semangat kerja kepada karyawan, agar sasaran maupun tujuan yang di rencanakan secara bersama dapat mencapai target. Selain itu, pemimpin dapat memberikan promosi jabatan bagi karyawan yang berprestasi agar, terciptanya kepuasan kerja karyawan. Dengan memberikan kompensasi, karyawan akan memiliki kepuasan kerja maupun semangat kerja yang tinggi untuk mencapai suatu target. Kepuasan kerja adalah keadaan emosional karyawan di mana terjadi atau pun tidak terjadi titik temu antara nilai balas jasa kerja karyawan dari perusahaan/organisasi dengan tingkat nilai balas jasa yang memang diinginkan oleh karyawan yang bersangkutan. Penelitian dilakukan pada PT. Lion Mentari Airlines. Dalam melakukan penelitian penulis menggunakan metode analisa regresi berganda dan menggunakan koefisien determinasi uji F dan uji T untuk melakukan pengujian hipotesis. Data yang dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan kepada 50 responden karyawan PT. Lion Mentari Airlines. Dari ketiga variabel independen yang diuji secara individual, tipe kepemimpinan yang paling dominan dalam mempengaruhi kepuasan kerja karyawan adalah tipe pemimpin Otoriter (X2).
MANAJEMEN INVESTASI & RESIKO FINANSIAL PADA PERUSAHAAN PEMBIAYAAN Kamaruddin
Jurnal Ekonomi Prioritas Vol. 3 No. 1 (2023)
Publisher : STIM LPI Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Investasi selalu memiliki dua sisi, yaitu return dan risiko. Dalam berinvestasi berlaku hukum bahwa semakin tinggi return yang ditawarkan maka semakin tinggi pula risiko yang harus ditanggung investor. Return merupakan salah satu faktor yang memotivasi investor berinvestasi dan merupakan imbalan atas keberanian investor menanggunnng resiko investasi yang dilakukan. Hubungan tingkat resiko dan return yang diharapkan merupakan hubungan yang bersifat searah dan linier. Artinya semakin besar risiko suatu aset, semakin besar pula return yang diharapkan atas aset tersebut, demikian sebaliknya. Resiko dalam perusahaan pembiayaan terbagi atas Prepayment yaitu nasabah melunasi utang mereka lebih awal dari perjanjian semula dan default yaitu nasabah tidak mempu melunasi hutang atau kredit.