cover
Contact Name
Hidayat
Contact Email
jp2mipa@gmail.com
Phone
+6281281189363
Journal Mail Official
jp2mipa@gmail.com
Editorial Address
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUSLIM NUSANTARA AL WASHLIYAH Kampus Abdul Rahman Syihab Jl. Gari II No 52, Medan 20417
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA
ISSN : 25029606     EISSN : 25029614     DOI : https://doi.org/10.32696/jp2mipa
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA (JP2MIPA) merupakan jurnal ilmiah peer-review yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah yang memuat publikasi hasil penelitian maupun kajian literatur di bidang Pendidikan Matematika, Pendidikan IPA, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi. JP2MIPA diterbitkan pada bulan Juli dan Januari.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 1 (2019): Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA" : 7 Documents clear
PENGARUH GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATAKULIAH GEOMETRI ANALITIK BIDANG Desniarti Desniarti; Ramadhani Ramadhani
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MIPA Vol. 4 No. 1 (2019): Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA
Publisher : LPPM UMN Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/jp2mipa.v4i1.276

Abstract

Geogebra adalah salah satu aplikasi perpaduan antara geometri dan aljabar. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang sudah dapat di install dari play store dari Handphone android. Sehingga aplikasi ini sangat baik digunakan dalam proses pembelajaran matematika, khususnya untuk kemampuan pemahaman konsep pada materi parabola dan hiperbola. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Geogebra terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Anlisis yang digunakan dalam penelitian ini akan di analisis dengan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh Geogebra terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis.
ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN SOAL NILAI MUTLAK PADA MATERI BILANGAN REAL Fanny Rahmasari; Muntika Agus Lea; Reni Aisawa; Ramadhani Ramadhani
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MIPA Vol. 4 No. 1 (2019): Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA
Publisher : LPPM UMN Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/jp2mipa.v4i1.277

Abstract

Tujuan pendidikan dalam pembelajaran dikatakan tercapai apabila mahasiswa mampu memahami, mendalami matematika dan mampu mengaplikasikannya dalam menyelesaikan masalah yang ada. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mendeskripsikan kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal nilai mutlak pada mata kuliah Analisis Real. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan penelitian yang dilakukan adalah mengamati kasus yang dilakukan mahasiswa dalam mengerjakan permasalahan dalam matematika yang berbentuk soal. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah mahasiwa pendidikan matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan semester VI kelas A Tahun akademik 2018/2019. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan metode tes dan wawancara. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2019. Sebelum peneliti melakukan analisis, peneliti memeriksa keabsahan data agar memperoleh data yang valid. Selanjutnya dari data yang sudah valid baru dianalisis yang kemudian ditarik suatu simpulan. Dari hasil penelitian didapatkan hasil bahwa, mahasiswa melakukan beberapa kesalahan yaitu : kesalahan dalam menemukan konsep nilai mutlak, Kesalahan konsep dalam penggunaan tanda pertidaksamaan, Kesalahan dalam langkah – langkah penyelesaian dan kesalahan tidak melanjutkan proses penyelesaian. Sehubungan dengan hal tesebut, penyebab kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal matematika dapat digolongkan menjadi tiga yaitu: mahasiswa itu sendiri, dosen dan fasilitas (buku acuan) yang digunakan.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI METODE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER ROSMITA SARI SIREGAR
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MIPA Vol. 4 No. 1 (2019): Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA
Publisher : LPPM UMN Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/jp2mipa.v4i1.278

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa kelas VIII-2 MTs Cerdas Murni Medan T.P 2012/2013 sebelum dan setelah menggunakan metode pembelajaran Giving Question And Getting Answer. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Penelitian ini menggunakan tes hasil belajar matematika dalam bentuk pilihan ganda pada materi kubus dan balok. Tes ini dilakukan sebanyak tiga kali yakni tes awal (pre test), tes hasil belajar I (post test I) dan tes hasil belajar II (post test II). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 MTs Cerdas Murni Medan yang berjumlah 29 orang. Berdasarkan hasil observasi pada setiap pertemuan, menunjukkan bahwa: 1) Berdasarkan tes awal (pre test) diperoleh persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 34,48% berjumlah 10 siswa. 2) Hasil belajar matematika siswa pada materi kubus dan balok setelah digunakan metode pembelajaran Giving Question And Getting Answer pada siklus I yakni siswa yang tuntas belajar secara klasikal 51,72% berjumlah 15 siswa. Pada siklus II diperoleh siswa yang tuntas belajar secara klasikal 86,21% berjumlah 25 siswa. Hasil belajar siswa dari pre test ke siklus I meningkat sebesar 17,24%, dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 34,49%. Dengan demikian, hasil belajar siswa semakin meningkat dan telah mencapai ketuntasan belajar. 3) Respon siswa setelah diajarkan dengan menggunakan metode ini mengalami peningakatan sebesar 0,5, dari siklus I bernilai 3,5 dan siklus II nilai 4. 4) aktivitas guru juga mengalami peningkatan sebesar 0,24, pada siklus I memperoleh nilai 3,76 dan pada siklus II mengalami peningkatan nilai menjadi 4. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas di atas, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaaan metode pembelajaran Giving Question And Getting Answer (GQGA) dalam pembelajaran matematika pada materi kubus dan balok dapat meningkatkan hasil belajar siswa dikelas VIII-2 MTs Cerdas Murni Medan T.P 2012/2013.
MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DI KELAS VII-2 SMP NEGERI 29 MEDAN PADA TAHUN PELAJARAN 2017/2018 Lertina Pakpahan
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MIPA Vol. 4 No. 1 (2019): Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA
Publisher : LPPM UMN Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/jp2mipa.v4i1.279

Abstract

Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Layanan Bimbingan Klasikal di Kelas VII-2 SMP Negeri 29 Medan pada Tahun Pelajaran 2017/2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk: Meningkatkan motivasi belajar siswa pada Pelajaran Bimbingan dan Konseling di Kelas VII-2 melalui layanan bimbingan klasikal di kelas di SMP Negeri 29 Medan padaTahun Pelajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VII-3 SMP Negeri 29 Medan sebanyak 36 orang yang. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh data adalah menggunakan, angket dan observasi. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari analisis data dan hasil refleksi, dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Aktifitas siswa kelas VII-2 SMP Negeri 29 Medan Tahun Pelajaran 2017/2018 dalam penerapan efektifitas bimbingan klasikal pada mata pelajaran BK, mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Aktifitas belajar siswa pada siklus I masih Kurang Aktif bahkan ada 1 (satu) aspek yang Tidak Aktif. Pada siklus II aktifitas siswa secara klasikal sudah Aktif bahkan ada 3 (tiga) aspek yang Sangat Aktif. 2) Motivasi berprestasi siswa setelah diterapkan efektivitas bimbingan klasikal pada mata pelajaran BK di kelas VII-2 SMP Negeri 29 Medan Tahun Pelajaran 2017/2018 juga mengalami peningkatan. Pada Siklus I perolehan skor Angket Motivasi Berprestasi untuk seluruh siswa adalah 726 dengan persentase skor perolehan terhadap skor total sebesar 35% dan termasuk ke kategori Kurang Baik. Hasil penyekoran pada siklus I ini belum sesuai dengan indikator keberhasilan yang sudah ditentukan yakni 70% dari skor total seluruh siswa, sehingga harus dilanjutkan ke siklus II dengan beberapa perbaikan. Pada siklus II diperoleh skor Angket Motivasi Berprestasi untuk seluruh siswa adalah 1441 dengan persentase skor perolehan terhadap skor total sebesar 70% dan termasuk ke kategori Baik. Ini berarti hasil skor yang diperoleh sudah mencapai indikator keberhasilan yang sudah ditentukan yakni 70% dari skor total seluruh indikator untuk semua siswa.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS VII-3 MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERFIKIR DI SMP NEGERI 29 MEDAN PADA TAHUN PELAJARAN 2017/2018 Sauli Fairida Siregar
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MIPA Vol. 4 No. 1 (2019): Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA
Publisher : LPPM UMN Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/jp2mipa.v4i1.280

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: Meningkatkan hasil belajar siswa pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas VII-3 melalui strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir di SMP Negeri 29 Medan padaTahun Pelajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VII-3 SMP Negeri 29 Medan sebanyak 36 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh data adalah menggunakan test, angket dan observasi. Rentang nilai untuk tes adalah 1-100. Teknik analisa data yang digunakan adalah menggunakan teknik penghitungan nilai rata-rata hasil belajar siswa, persentase nilai ketuntasan siswa dan persentase nilai ketidaktuntasan siswa. Hasil Penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar dengan menerapkan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berfikir dengan hasil sebagai berikut: (1) terdapat peningkatan rata-rata hasil belajar siswa, dimana pada tes awal rata-rata hasil belajar siswa adalah 47,78, pada siklus I meningkatkan menjadi 65,0 kemudian pada siklus II meningkat lagi menjadi 76,39, terdapat peningkatan jumlah siswa yang tuntas, dimana pada tes awal jumlah siswa yang tuntas hanya 0%, meningkat menjadi 44,44% pada siklus I kemudian meningkat lagi menjadi 88,88% pada siklus II, terdapat penurunan jumlah siswa yang tidak tuntas, dimana pada tes awal jumlah siswa yang tidak tuntas mencapai 100%, pada siklus I menjadi 55,56% kemudian pada siklus II menurun lagi menjadi 11,12% dengan kata lain hanya 4 orang siswa saja yang memperoleh nilai di bawah 70 dan selebihnya (32) orang siswa memperoleh nilai di atas 70.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MTs Siti Khayroiyah; Tanti Jumaisyaroh Siregar
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MIPA Vol. 4 No. 1 (2019): Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA
Publisher : LPPM UMN Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/jp2mipa.v4i1.281

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Variabel penelitian ini terdiri atas variabel bebas yaitu model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan sedangkan variabel terikatnya yaitu kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Lab IKIP Al-Washliyah Medan dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa MTs dengan mengambil dua kelas yaitu VIII A dan VIII B secara acak (kelas eksperimen dan kelas kontrol). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan tes. Tes yang digunakan yaitu tes kemampuan komunikasi matematis siswa (pre tes dan post tes). Data yang sudah dikumpulkan selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh yaitu: terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. Oleh karena itu, disarankan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dijadikan alternatif bagi guru untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.
ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DENGAN PENDEKATAN RME KELAS X-IPS SMA SWASTA PEMBDA 1 GUNUNGSITOLI TAHUN PELAJARAN 2017/2018 Netti Kariani Mendrofa
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MIPA Vol. 4 No. 1 (2019): Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA
Publisher : LPPM UMN Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/jp2mipa.v4i1.282

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi trigonometri dengan menggunakan pendekatan RME. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2017/2018 di Gunungsitoli. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X-IPS 1 SMA Swasta Pembda 1 Gunungsitoli dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 30 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal tes kemampuan pemahaman konsep dan didukung dengan lembar obsevasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematika siswa pada dengan penerapan pendekatan RME memiliki persentase 70,74% dengan kategori tinggi. Ini berarti, kemampuan pemahaman konsep dengan pendekatan RME menunjukkan hasil yang baik.

Page 1 of 1 | Total Record : 7