cover
Contact Name
Reza Akbar
Contact Email
rezaakbaraplus@gmail.com
Phone
+6281254504942
Journal Mail Official
ekodestinasi@gmail.com
Editorial Address
Jalan Tabrani Desa Saing Rambi Komplek Adenia 4A, Sambas Kalimantan Barat, Indonesia, Kode Pos 79460. Email: glorespublication@gmail.com / admin@glorespublication.org
Location
Kab. sambas,
Kalimantan barat
INDONESIA
Ekodestinasi
ISSN : -     EISSN : 29864704     DOI : https://doi.org/10.59996
Core Subject : Economy,
Focus and scope of EKODESTINASI: Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Pariwisata is in the fields of microeconomics, macroeconomics, development economics, environmental economics, tourism, Islamic tourism, Islamic economics, Islamic development economics, Islamic macroeconomics, Islamic business, creative economy, business management, and business science.
Articles 14 Documents
Administrasi Berbasis Kas Sebagai Penunjang Manajemen Pembiayaan di Pondok Pesantren Babakan Jamanis Siti Julaeha
Ekodestinasi Vol. 1 No. 1 (2023): EKODESTINASI: Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Pariwisata
Publisher : CV Global Research Publication

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59996/ekodestinasi.v1i1.10

Abstract

Mewujudkan lembaga pendidikan yang berkualitas sangat memerlukan pengelolaan secara menyeluruh dan professional terhadap sumber daya yang dimiliki. Salah satu sumber daya yang perlu dikelola adalah masalah Pembiayaan. Dalam konteks ini, Pembiayan merupakan sumber daya yang sangat diperlukan pondok pesantren sebagai alat untuk melengkapi sarana dan prasana pondok pesantren yang digunakan secara efektif dan efisien dengan memperhatikan syariat Islam. Pengeloaaan pembiayaan ini menggunakan konsep pencatatan basis kas (cash basis) adalah teknik pencatatan ketika transaksi terjadi dimana uang benar-benar diterima atau dikeluarkan, Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen pembiayaan di Pondok Pesantren Babakan Jamanis, untuk mendeskripsikan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pengelolaan keuangan dan untuk mendeskripsikan pengefektivan pelaksanaan pembiayaan di Pondok Pesantren babakan jamanis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis, dimana pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. fungsi manajemen yang ada di Pondok Pesantren Babakan Jamanis adalah fungsi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan dan evaluasi. Terdapat dua faktor yang mempengaruhi pengelolaan pembiayaan di Pondok Pesantren babakan jamanis yakni faktor keuangan dan faktor sumber daya manusia.
Optimalisasi Peran Bendahara dalam Manajemen Keuangan di RA Raudhatul Jannah Cimerak Deca Deca
Ekodestinasi Vol. 1 No. 1 (2023): EKODESTINASI: Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Pariwisata
Publisher : CV Global Research Publication

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59996/ekodestinasi.v1i1.18

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran umum manajemen keuangan di RA Raudhatul Jannah Cimerak. Penelitian ini menerapkan paradigama penelitian kualitatif. Penelitian ini dalam teknik pengumpulan data menggunakan cara wawancara dengan narasumber dan menggunakan teknik observasi. Berdasarkan penelitian ini diperoleh temuan bahwa Adapun peran bendahara dalam meningkatkan manajemen keuangan di Lembaga RA Raudhatul Jannah antara lain dilakukan dengan cara: (a) perencanaan anggaran dilakukan dengan melakukan koordinasi dengan pimpinan lembaga terkait program-program mana saja yang akan diprioritaskan untuk didanai, (b) bendahara berusaha mendukung kebijakan sekolah yang terkait dengan upaya pencarian sumber dana baru, misalnya dengan penganggaran biaya perjalanan yang rasional, (3) Bendahara menerapkan sistem penggunaan keuangan yang efektif dan transparan, (4) Bendahara menerapkan sistem penggunaan keuangan yang efektif dan transparan. Bendahara selalu melakukan pencatatan keuangan dengan cermat dan selalu membuat laporan keadaan kas kepada atasan untuk dievaluasi, dan (5) Bendahara membuat laporan pertanggungjawaban secara cermat dan transparan.
Implementasi Manajemen Pemasaran Pendidikan dalam Meningkatkan Daya Tarik Masyarakat terhadap Sekolah Alam Pangandaran Bela Safitri
Ekodestinasi Vol. 1 No. 1 (2023): EKODESTINASI: Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Pariwisata
Publisher : CV Global Research Publication

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59996/ekodestinasi.v1i1.19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen pemasaran pendidikan di Sekolah Alam Pangandaran (SAPA) di mana sekolah tersebut adalah sekolah alam pertama yang ada di Pangandaran. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pengambilan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian ini diperoleh bahwa Sekolah Alam Pangandaran (SAPA) telah melakukan pemanfaatan terhadap media sosial sebagai alat pemasaran pendidikan. Selain itu juga dengan melakukan promosi door to door ke masyarakat yang diharapkan mampu menarik minat masyarakat terhadap Sekolah Alam Pangandaran. Salah satu tantangan yang dihadapi oleh SAPA adalah adanya pandangan masyarakat bahwa sekolah alam cenderung banyak bermain daripada belajar. Hal inilah yang menjadi tantangan besar bagi SAPA agar dapat melakukan promosi dengan baik mengenai kurikulum dan model pembelajarannya.
Peran Kedisiplinan dalam Memediasi Pembelajaran Organisasi terhadap Kinerja Karyawan Ahmad Munawir; Basrowi Basrowi
Ekodestinasi Vol. 1 No. 1 (2023): EKODESTINASI: Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Pariwisata
Publisher : CV Global Research Publication

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59996/ekodestinasi.v1i1.24

Abstract

Lembaga organisasi outsourcing jasa melalui mediasi pembelajaran organisasi, pengetahuan, keterampilan komunikasi, kedisiplinan merupakan faktor penting untuk mencapai kinerja karyawan pemasaran jasa. Tujuan: Penelitian yaitu, 1) Menganalisis pengaruh mediasi pembelajaran organisasi terhadap kedisiplinan kerja. 2) Bagaimanakah pengaruh pembelajaran organisasi terhadap kinerja karyawan. 2) Bagaimanakah pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja karyawan. Metode: Menggunakan literatur dengan mengkaji berbagai bahan literatur terbaru mulai dari jurnal, buku, proseding, dan berbagai sumber baik online maupun offline. Untuk meningkatkan kualitas hasil kajian dilakukan juga focus group discussion untuk mendapatkan berbagai masukan, koreksi, dan berbagai saran dari karyawan. Hasil: Analisis berdasarkan kajian teori dapat disimpulkan bahwa, peran kedisiplinan dalam mediasi pembelajaran organisasi terhadap kinerja karyawan meliputi pembelajaran organisasi, kepemimpinan, budaya organisasi, keterampilan, dalam manajemen pemasaran jasa. Novelty: Penelitian ini mampu menunjukkan secara teoritik bahwa, kedisiplinan dan kinerja karyawan dapat dipengaruhi secara langsung oleh pembelajaran organisasi baik secara langsung maupun kualitas kinerja karyawan pemasaran jasa.
Tingkat Literasi Aksesibilitas Wisatawan Domestik di Indonesia Aula Nurul Ma'rifah
Ekodestinasi Vol. 1 No. 1 (2023): EKODESTINASI: Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Pariwisata
Publisher : CV Global Research Publication

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59996/ekodestinasi.v1i1.35

Abstract

Pengetahuan seseorang menjadi penting untuk berpikir kritis termasuk pengetahuan mengenai pariwisata. Dalam pariwisata terdapat aksesibilitas yang menyangkut kemudahan dan kesulitan seorang wisatawan untuk mencapai lokasi wisata dimana hal ini dianggap penting untuk diketahui wisatawan sebelum melakukan kunjungannya. Dengan tingginya tingkat kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara menunjukkan bahwa Indonesia memiliki potensi besar untuk menarik wisatawan. Tingginya angka kunjungan tersebut dianggap memiliki keterkaitan dengan pengetahuan wisatawan mengenai tingkat aksesibilitas pariwisata suatu wilayah sehingga penelitian ini dilakukan guna untuk melihat tingkat literasi aksesibilitas dari wisatawan domestik di Indonesia. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melakukan wawancara tertulis kepada 400 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 91% wisatawan memiliki pengetahuan mengenai aksesibilitas pariwisata yang akan dikunjungi agar memudahkan mereka mencapai suatu lokasi wisata. Dengan memiliki pengetahuan yang cukup dalam aksesibilitas, wiatawan berharap bahwa perjalanan mereka akan menyenangkan dan tidak memiliki hambatan terutama dalam hal transportasi dan kondisi jalan.
Indikator dan Tingkat Keluarga Sejahtera menurut Dinas P3AP2KB Kabupaten Sambas Debby Puspita Sari; Wenti Astuti; Nanda Dzulfikry
Ekodestinasi Vol. 1 No. 1 (2023): EKODESTINASI: Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Pariwisata
Publisher : CV Global Research Publication

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59996/ekodestinasi.v1i1.38

Abstract

Keluarga sejahtera sebagai keluarga yang dapat memenuhi kebutuhan anggotanya baik kebutuhan sandang, pangan, perumahan, sosial dan agama. Keluarga yang mempunyai keseimbangan antara penghasilan keluarga dengan jum;ah anggota keluarga, keluarga yang memenuhi kebutuhan anggota keluarga, kehidupan Bersama dengan masyarakat sekitar di samping terpenuhinya kebutuhan pokok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui indicator dan tingkat keluarga sejahtera menurut P3AP2KB. Jenis penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kualitatif yang bersifat lapangan. Penelitian ini mengambil lokasi pada Dinas P3AP2KB Kubupaten Sambas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan interview dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan Dinas P3AP2KB memiliki program antara lain: pertama, Keluarga Pra Sejahtera memiliki enam indikator. Kedua, Keluarga Pra Sejahtera 2 memiliki enam indicator. Ketiga, Keluarga Pra Sejahtera 3 memiliki 4 indikator. Keempat,  Keluarga Pra Sejahtera Plus (+) memiliki 2 (dua) indikator.
Analisis Tingkat Kemandirian Keuangan Kota Pontianak Tahun 2019-2021 Rindiani; Tika Septia Nanda; U. Sulia Sukmawati
Ekodestinasi Vol. 1 No. 2 (2023): EKODESTINASI: Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Pariwisata
Publisher : CV Global Research Publication

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59996/ekodestinasi.v1i2.40

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggambarkan dan menganalisis data yang diperoleh. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik Kota Pontianak mengenai Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Total Pendapatan Daerah (TPD) Kota Pontianak. Objek penelitian ini adalah Pemerintah Kota Pontianak dengan judul penelitian “Analisis Tingkat Kemandirian Keuangan Kota Pontianak Tahun 2019-2021”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemandirian Kota Pontianak. Alat analisis yang digunakan untuk mengukur tingkat kemandirian Kota Pontianak adalah rasio kemandirian keuangan daerah. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat kemandirian Kota Pontianak tahun 2019-2021 tergolong sedang.
Analisis Sektor Unggulan di Kabupaten Sambas Tahun 2018-2021 Berdasarkan Metode Tipologi Klasen Rini Wiliandari; Della Aggraini
Ekodestinasi Vol. 1 No. 1 (2023): EKODESTINASI: Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Pariwisata
Publisher : CV Global Research Publication

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59996/ekodestinasi.v1i1.44

Abstract

Penelitian ini pada dasarnya bertujuan untuk mengidentifikasi sektor Perekonomian utama di Kabupaten Sambas. Adapun data ini dapat digunakan sebagai bahan informasi untuk perencanaan pembangunan ekonomi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) time series Kabupaten Sambas dan Provinsi Kalimantan Barat periode 2018-2021, berdasarkan Atas Dasar Harga Konstan. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tipologi Klassen. Hasil analisis menunjukkan bahwa berdasarkan Harga Konstan 2010, sektor yang memberikan kontribusi dominan adalah pertanian, kehutanan, dan perikanan, dengan nilai 35%. Berdasarkan analisis tipologi klassen, sektor yang termasuk dalam kategori potensial harga konstan 2010 adalah sektor pengangkutan dan pergudangan.
Analisis Tingkat Kemandirian Keuangan Daerah Kabupaten Sambas Tahun 2019-2022 Rian Luqman Aziz; Rizqi Reza; Sesti Novinka
Ekodestinasi Vol. 1 No. 2 (2023): EKODESTINASI: Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Pariwisata
Publisher : CV Global Research Publication

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59996/ekodestinasi.v1i2.46

Abstract

Kemampuan pemerintah daerah dalam mengelola keuangannya tercermin dalam APBD, yang mencerminkan kemampuan pemerintah daerah dalam membiayai penyelenggaraan fungsi negara. Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif berupa data laporan realisasi anggaran tahun 2019 sampai dengan tahun 2021. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Provinsi Sambas tidak mampu mengelola Pendapatan Asli Daerah (PAD) sehingga mengakibatkan kurangnya kemandirian dan efisiensi dalam merealisasikan anggaran pengeluaran. Pencapaian Target Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Sambas harus meningkatkan target PAD melalui potensi dinas pajak dan retribusi yang kurang dimanfaatkan oleh pemerintah daerah.
Analisis Sektor Unggulan di Kabupaten Melawi Berdasarkan Metode Klassen Seli Kurniati; Sellawati
Ekodestinasi Vol. 1 No. 2 (2023): EKODESTINASI: Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Pariwisata
Publisher : CV Global Research Publication

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59996/ekodestinasi.v1i2.71

Abstract

Studi ini bertujuan memetakan serta mengkaji potensi sektor di Kabupaten Melawi Provinsi Kalimantan Barat pada tahun 2018-2021 dengan mengelompokkan wilayah berdasarkan dua karakteristik Wilayah, yaitu persentasi kontribusi PDRB dan laju pertumbuhan PDRB, dengan tujuan untuk mengkaji dan menganalisis sektor-sektor apa saja yang maju pesat dan tumbuh cepat tetapi tertekan, sektor berkembang pesat dan juga relatif tertinggal serta sektor-sektor apa yang unggul dan tidak unggul. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sekunder dari publikasi Badan Pusat Statistik Kabupaten Melawi serta informasi dari publikasi ilmiah seperti Jurnal, laporan penelitian, dan literatur yang terkait dalam penelitian ini. Metode analisis menggunakan tipologi klassen, hasil penelitian menyimpulkan bahwa dari tujuh belas sektor di Kabupaten Melawi terdapat sembilan sektor sektor maju dan tumbuh cepat dan empat sektor tumbuh cepat, tiga sektor maju tapi tertekan atau potensial dan terakhir satu sektor relatif tertinggal. Selanjutnya yang termasuk sektor unggulan atau basis adalah sebanyak enam belas sektor sedangkan sektor non unggulan ada satu sektor.

Page 1 of 2 | Total Record : 14