cover
Contact Name
Hanif Aulawi
Contact Email
hanif.aulawi@binawan.ac.id
Phone
+6281281191143
Journal Mail Official
jmbd@journal.binawan.ac.id
Editorial Address
Jl. Dewi Sartika No.25-30, Kalibata, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta 13630
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
JMBD
Published by Universitas Binawan
ISSN : 29863171     EISSN : -     DOI : https://doi.org/10.54771/jmbd.v2i1
Core Subject : Economy, Social,
JMBD (Jurnal Manajemen & Bisnis Digital) adalah jurnal yang diterbitkan oleh program studi Manajemen dan Bisnis Digital Universitas Binawan. Jurnal ini memuat hasil penelitian seputar penerapan ilmu manajemen & bisnis digital dalam bidang Manajemen Pemasaran, Manajemen Operasi/Produksi, Manajemen Keuangan, Manajemen SDM, Manajemen Strategik, Kewirausahaan, Pemasaran Digital, Platform Digital, Iklan Digital, Kewirausahaan Digital, Produk dan Layanan Digital, Start-up, Strategi Bisnis Digital, Teknologi dalam Bisnis, Revolusi Industri 4.0.
Articles 15 Documents
Independensi, Profesionalisme Auditor dan Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Auditor pada Kantor Badan Pemeriksaan Keuangan RI Perwakilan Provinsi Sumatera Barat Lidya Yuningsih; Annisa
Jurnal Manajemen & Bisnis Digital Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Manajemen & Bisnis Digital
Publisher : Prodi Manajemen dan Bisnis Digital Universitas Binawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54771/jmbd.v1i1.702

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti empiris pengaruh, Independensi, Profesionalisme auditor dan Gaya kepemimpinan terhadap kinerja auditor. Lokasi dari penelitian ini adalah pada Kantor BPK RI Perwakilan Provinsi sumatera Barat. Metode penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode convinience sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa independensi, profesionalisme auditor dan gaya kepemimpinan berpengaruh positif terhadap kinerja auditor. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi serta pemahaman lebih mendalam, dan diharapkan auditor dapat menjunjung tinggi independensi dan profesionalisme saat melakukan audit, sehingga kinerja auditor tersebut akan baik.
Pengaruh Pelatihan dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Pegawai Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Kuningan Mohamad Gabriel Syaeful Rahim; Robi Awaluddin; Sudirman
Jurnal Manajemen & Bisnis Digital Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Manajemen & Bisnis Digital
Publisher : Prodi Manajemen dan Bisnis Digital Universitas Binawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54771/jmbd.v1i1.703

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis adanya pengaruh pelatihan dan motivasi kerja terhadap kinerja Pegawai secara parsial maupun simultan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu pegawai Satuan Polisi Pamong Praja, sampel yang digunkan unatuk penelitian ini adalah sampel jenuh, yaitu sebanyak 138 responden. Teknik pengumpulan datanya menggunakan kuisioner dengan skala pengukurannya menggunkan skala interval. Untuk analisis data dalam penelitian in menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil dalam penelitian menunjukan bahwa 1) pelatihan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja Pegawai, 2) motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja Pegawai, dan 3) pelatihan dan motivasi kerja berpengaruh secara simultan terhadap kinerja Pegawai.
Risiko Kredit dan LDR terhadap Profitabilitas pada Subsektor Perbankan di BEI 2016-2020 Eris Wahyono; Annisa
Jurnal Manajemen & Bisnis Digital Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Manajemen & Bisnis Digital
Publisher : Prodi Manajemen dan Bisnis Digital Universitas Binawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54771/jmbd.v1i1.704

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Risiko Kredit Dan LDR Terhadap Profitabilitas Pada Subsektor Perbankan Di BEI 2016-2020. Berdasarkan purposive sampling, jumlah perusahaan Subsektor Perbankan yang digunakan dalam sampel penelitian adalah sebanyak 11 perusahaan. Pengujian hipotesis menggunakan regresi data panel dengan menggunakan program E Views 8.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Risiko Kredit berpengaruh negatif signifikan terhadap profitabilitas dan LDR tidak berpengaruh terhadap Profitabilitas.
Pengaruh Budaya Organisasi dan Komunikasi terhadap Kinerja pada Pegawai Biro Kepegawaian Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Adnan Kasofi; Ervina Maulida; Harini Fajar Ningrum; Sugeng Ahmad Riyadi
Jurnal Manajemen & Bisnis Digital Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Manajemen & Bisnis Digital
Publisher : Prodi Manajemen dan Bisnis Digital Universitas Binawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54771/jmbd.v1i1.705

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara budaya organisasi dan komunikasi terhadap kinerja pada Pegawai Biro Kepegawaian Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Pegawai Biro Kepegawaian Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang berjumlah 158 orang. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data variabel X1 (budaya organisasi) dan X2 (komunikasi) diukur menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Untuk variabel Y (kinerja) datanya merupakan data sekunder yaitu data yang berasal dari Institusi Kementerian. Data tersebut kemudian diuji validitas dan realibilitas. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara budaya organisasi dan komunikasi terhadap kinerja pada pegawai. Ini berarti bahwa hipotesis yang menyatakan ada pengaruh yang signifikan antara budaya organisasi dan komunikasi terhadap kinerja pada pegawai diterima. Sementara itu, koefisien determinasi untuk R2 adalah 0.571 yang menunjukkan bahwa budayaorganisasi dan komunikasi dapat mempengaruhi kinerja pada pegawai untuk 57,1%. berdasarkan hasil di atas, disarankan bagi pimpinan institusi agar mampu merubah budaya organisasi dan mendorong pegawai untuk menginternalisasi budaya organisasi serta melaksanakan komunikasi yang efektif guna meningkatkan kinerja personal yang secara tidak lagsung akan mempengaruhi kinerja organisasi.
Peramalan Penjualan AHM Oil Spx2 di Astra Honda Authorized Service Station 02660 Kabupaten Kuningan Robi Awaluddin; Galih Dwi Handayani; Ayus Ahmad Yusuf
Jurnal Manajemen & Bisnis Digital Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Manajemen & Bisnis Digital
Publisher : Prodi Manajemen dan Bisnis Digital Universitas Binawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54771/jmbd.v1i1.706

Abstract

Peramalan adalah metode untuk memperkirakan suatu nilai dimasa depan dengan menggunakan data masa lalu. Peramalan sangat penting bagi sebuah perusahaan, permalan dapat membantu atau dijadikan solusi penting dalam strategi penjualan produk. Metode yang dilakukan pada peneilitian ini adalah metode Least Square dan Moving Average. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) 02660 Griya Motor di Kuningan. Pada penelitian ini, penulis membahas mengenai analisis peramalan penjualan produk AHM oil SPX2 dengan hasil metode dengan tingkat error terkecil adalah Least Square dengan jumlah peramalan 505,509 dengan rata rata Mean Absolute Deviation (MAD) dengan jumlah 32,96, Mean Square Eror (MSE) dengan jumlah 2016,38 dan Mean Absolute Percented Eror sebesar 6,59%.
Analisis Tingkat Kesehatan Bank Dengan Menggunakan Metode RGEC Pada Bank Pembangunan Daerah Muhamad Fadeal Raihan; Zulfikar Ramadhan
Jurnal Manajemen & Bisnis Digital Vol. 2 No. 1 (2023): Jurnal Manajemen & Bisnis Digital
Publisher : Prodi Manajemen dan Bisnis Digital Universitas Binawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54771/jmbd.v2i1.976

Abstract

Abstrak: Tujuan riset yaitu menganalsis tingkat kesehatan Bank Pembangunan Daerah ditinjau dari metode RGEC (Risk Profile, Good Corporate Governance, Earnings, Capital) dengan menggunakan penelitian deskriptif dan data sekunder. PT. BPD Banten, PT. BPD Jawa Barat & Banten, dan PT. BPD Jawa Timur adalah 3 Bank Pembangunan Daerah yang menjadi sampel. Temuan penelitian pada tingkat kesehatan Bank Pembangunan Daerah dari Risk Profile mendapat peringkat komposit 2 yakni sehat. Seangkan aspek penilaian Good Corporate Governance mendapat peringkat komposit 3 yakni cukup sehat. Kemudian earnings mendapat peringkat komposit 2 yakni sehat. Selanjutnya dari aspek Capital mendapat peringkat komposit 1 yakni sangat sehat. Selain itu, temuan penilaian tingkat kesehatan Bank Pembangunan Daerah secara keseluruhan dari aspek RGEC selama tahun 2017-2021 berada peringkat komposit 2 yaitu sehat.   Kata kunci: Tingkat kesehatan bank, Bank pembangunan daerah, Metode RGEC.   Abstract: The aim of the research is to analyze the soundness level of Regional Development Banks in terms of the RGEC method (Risk Profile, Good Corporate Governance, Earnings, Capital) using descriptive research and secondary data. PT. BPD Banten, PT. BPD West Java & Banten, and PT. BPD East Java are the 3 Regional Development Banks that are the sample. Research findings at the Regional Development Bank health level from the Risk Profile get a composite rating of 2, namely healthy. Meanwhile, aspects of the assessment of Good Corporate Governance received a composite rating of 3, which is quite healthy. Then earnings get a composite rating of 2 which is healthy. Furthermore, from the Capital aspect, it received a composite rating of 1, namely very healthy. In addition, the findings of the assessment of the overall health level of the Regional Development Bank from the RGEC aspect during 2017-2021 were in a composite rating of 2, namely healthy.   Key words: Bank soundness level, regional development bank, RGEC method.
Pengaruh Kualitas Produk, Celebrity Endorser, Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Fadhilatul Aini Tabar; Herdian Farisi
Jurnal Manajemen & Bisnis Digital Vol. 2 No. 1 (2023): Jurnal Manajemen & Bisnis Digital
Publisher : Prodi Manajemen dan Bisnis Digital Universitas Binawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54771/jmbd.v2i1.977

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian yaitu 1) mengetahui pengaruh kualitas produk, 2) celebrity endorser, 3) citra merek, 4) kualitas produk, celebrity endorser, dan citra merek secara bersamaan terhadap pemilihan produk merek Wardah. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif, SPSS versi 22 digunakan untuk pengolahan data. Populasi berasal dari mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto tahun masuk 2019-2022 Teknik sampel dengan Purposive Sampling, data di dapat dari kuisioner dengan skala pengukurannya menggunkan skala likert. Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Telah di dapat berupa hasil 1) terdapat pengaruh dominan antara variabel kualitas produk dengan keputusan pembelian, dibuktikan dengan nilai t hitung (2,286) > t tabel (1,988) dan nilai sig (0,024) < 0,05. 2) pengaruh dominan antara variabel celebrity endorser dengan keputusan pembelian, dibuktikan dengan nilai t hitung (7,311) > t tabel (1,988) dan nilai sig (0,000) < 0,05. 3) terdapat pengaruh yang dominan antara citra merek produk dengan keputusan pembelian, dibuktikan dengan nilai t hitung (12,024) > t tabel (1,988) dan nilai sig (0,000) < 0,05. 4) terdapat pengaruh yang dominan antara variabel kualitas produk, celebrity endorser, dan citra merek terhadap keputusan pembelian, dibuktikan dengan nilai f hitung (189,264) > f tabel (2,698) dan nilai sig (0,000) < 0,05.   Kata kunci: Kualitas produk, Celebrity endorser, dan Citra merek.   Abstract: The goal of this study is to: 1) ascertain the impact of the product's quality, 2) endorsement from celebrities, 3) brand image, and 4) product quality, celebrity endorsement, and brand image all at once on purchase decisions for cosmetics under the Wardah brand. This study adopted a quantitative methodology and utilized SPSS version 22 to handle the data. Students at Purwokerto's Nahdlatul Ulama University for the academic year 2019–2022 made up the study's population. Purposive sampling was utilized as the sample approach for this investigation, and questionnaires with Likert scales were used to gather the data. Multiple linear regression analysis was employed in this study's data analysis. The findings revealed that: 1) there is a significant relationship between product quality and purchasing decisions, which is demonstrated in this instance by the t count (2.286) > t table (1.988) and the sig value (0.024) 0.05; 2) there is a significant relationship between the celebrity endorser variable and the purchase decision, which is demonstrated in this instance by the t count (7.311) > t table (1.988) and the sig value (0.000) 0.05; and 3) T count (12.024) > T table (1.988) and sig value (0.000) 0.05 demonstrate that there is a strong relationship between product brand image and purchasing choice. 4) A significant relationship exists between the variables of product quality, celebrity endorsement, and brand image, as shown by the estimated f value (189.264) > f table (2.698) and the sig value (0.000) 0.05.   Key words: Product quality, Celebrity endorser, and Brand image.
Pengaruh Empati Dan Daya Tanggap Terhadap Keputusan Memilih PAUD Sekolah Maitreyawira Elisabeth Nainggolan; Irvan Rolyesh Situmorang
Jurnal Manajemen & Bisnis Digital Vol. 2 No. 1 (2023): Jurnal Manajemen & Bisnis Digital
Publisher : Prodi Manajemen dan Bisnis Digital Universitas Binawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54771/jmbd.v2i1.978

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menilai dampak dari tingkat empati dan daya tanggap terhadap keputusan orang tua dalam memilih Sekolah PAUD Maitreyawira sebagai tempat pendidikan anak mereka. Populasi penelitian mencakup semua orang tua peserta didik yang mendaftarkan anak-anak mereka di PAUD Sekolah Maitreyawira periode 2022. Melalui penggunaan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 5%, diperoleh sampel sebanyak 192 responden. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa tingkat empati dan daya tanggap memiliki pengaruh positif dan signifikan secara individual terhadap keputusan memilih Sekolah PAUD Maitreyawira. Selain itu, hasil analisis juga menunjukkan bahwa secara bersama-sama, tingkat empati dan daya tanggap juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan memilih Sekolah PAUD Maitreyawira. Hal ini diperkuat oleh nilai R square (R2), yang menandakan bahwa tingkat empati dan daya tanggap memiliki pengaruh yang berarti terhadap keputusan memilih Sekolah PAUD Maitreyawira.   Kata kunci: Empati, Daya Tanggap, Keputusan Memilih.   Abstract: This study aims to assess the impact of empathy and responsiveness on parents' decisions in choosing Maitreyawira PAUD School as their child's place of education. The study Population included all parents of students who enrolled their children in PAUD Sekolah Maitreyawira for the period 2022. Through the use of the Slovin formula with an error rate of 5%, a sample of 192 respondents was obtained. The results of the research analysis showed that the level of empathy and responsiveness had a positive and significant influence individually on the decision to choose Maitreyawira ECCE School. In addition, the results of the analysis also show that together, the level of empathy and responsiveness also has a positive and significant influence on the decision to choose Maitreyawira ECCE School. This is reinforced by the R square (R2) value, which indicates that the level of empathy and responsiveness has a significant influence on the decision to choose Maitreyawira PAUD School.   Keywords: Empathy, Responsiveness, Choosing Decisions.
Pengaruh Pemasaran Digital, Kualitas Produk, Dan Inovasi Hijau Terhadap Kinerja UMKM Makanan Dan Minuman Yuridistya Primadhita; Susilowati Budiningsih; Indrajit Wicaksana; Ana Melani
Jurnal Manajemen & Bisnis Digital Vol. 2 No. 1 (2023): Jurnal Manajemen & Bisnis Digital
Publisher : Prodi Manajemen dan Bisnis Digital Universitas Binawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54771/jmbd.v2i1.979

Abstract

Abstrak: UMKM makanan dan minuman menjadi salah satu sektor ekonomi masyarakat yang perkembangannya cukup pesat dengan banyak variasi dan inovasi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pemasaran digital, kualitas produk dan inovasi hijau terhadap kinerja UMKM makanan dan minuman. Responden penelitian ini meliputi 60 pelaku UMKM makanan dan minuman di Bogor dan Karawang. Hasil analisis regresi berganda memperlihatkan bahwa pemasaran digital, kualitas produk dan inovasi hijau berpengaruh signifikan dan memberi dampak positif terhadap kinerja UMKM baik secara parsial maupun secara simultan. Kualitas produk memberi pengaruh terbesar bagi kinerja UMKM makanan dan minuman.   Kata kunci: digital, inovasi, kualitas, pemasaran, UMKM   Abstract: Food and beverage SMEs are one of the economic sectors of society whose development is quite rapid with many variations and innovations. This research was conducted to determine the effect of digital marketing, product quality and green innovation on the performance of food and beverage SMEs. Respondents to this study included 60 food and beverage MSME actors in Bogor and Karawang. The results of multiple regression analysis show that digital marketing, product quality and green innovation have a significant and positive impact on MSME performance both partially and simultaneously. Product quality gives the greatest influence for food and beverage SMEs.   Key words: digital, innovation, marketing, quality, SMEs
Pengaruh Kualitas Produk Dan Suasana Restoran Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Kafe Dan Restoran Local Pantry Di Kota Pekanbaru Julita Then; Jocelyn Dharma Karya; Sylvi Angelia
Jurnal Manajemen & Bisnis Digital Vol. 2 No. 1 (2023): Jurnal Manajemen & Bisnis Digital
Publisher : Prodi Manajemen dan Bisnis Digital Universitas Binawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54771/jmbd.v2i1.992

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas produk dan suasana restoran terhadap loyalitas konsumen di Local Pantry, yang merupakan sebuah kafe dan restoran di Kota Pekanbaru yang telah berdiri lama dan mampu bertahan selama pandemi. Melalui pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi dan kuesioner, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknik analisis regresi liner berganda untuk menguji hipotesis yang diajukan. Sejumlah 125 pengunjung sebagai sampel penelitian, hasilnya menunjukkan bahwa kualitas produk dan suasana restoran memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap loyalitas konsumen di Local Pantry. Variabel penelitian kualitas produk dan suasana restoran berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap loyalitas konsumen. Hal ini mengindikasikan bahwa kafe dan restoran Local Pantry dapat menarik lebih banyak kunjungan dengan meningkatkan kualitas produk dan menciptakan suasana yang menarik bagi konsumen.   Kata kunci: Kualitas Produk, Suasana Restoran, Loyalitas Konsumen   Abstract: This study aims to examine the effect of product quality and restaurant atmosphere on consumer loyalty at Local Pantry, which is a cafe and restaurant in Pekanbaru City that has been around for a long time and has been able to survive during the pandemic. By collecting data using interview, observation and questionnaire techniques, this study used a quantitative approach and multiple linear regression analysis techniques to test the proposed hypotheses. A total of 125 visitors as a research sample, the results show that product quality and restaurant atmosphere have a significant positive influence on customer loyalty at the Local Pantry. The research variables of product quality and restaurant atmosphere have a partial and simulataneous effect on consumer loyalty. This indicates that Local Pantry cafes and restaurants can attract more visits by enhancing product quality and creating an appealing atmosphere for consumers.   Key words: Product Quality, Restaurant Atmoshphere, Consumer Loyalty

Page 1 of 2 | Total Record : 15